Daftar Jurusan Kuliah IPA dan IPS

Jurusan Teknik Manufaktur PSDKU Kab. Pekalongan

Jurusan Teknik Manufaktur PSDKU Kab. Pekalongan

Kategori Teknik

Jurusan Teknik Manufaktur PSDKU Kab. Pekalongan

Kategori Teknik

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Teknik Manufaktur PSDKU Kab. Pekalongan

Jurusan Teknik Manufaktur PSDKU Kab. Pekalongan ini memang masih tergolong baru dan belum banyak peminatnya. Akan tetapi, lulusan dari Jurusan Teknik Manufaktur ini mempunyai prospek kerja yang cukup luas dan sangat dibutuhkan oleh industri atau perusahaan manufaktur. Oleh karena itu, jurusan yang satu ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang mempunyai minat di bidang teknik dan ingin bekerja di sebuah industri.

Mahasiswa di Jurusan Teknik Manufaktur akan fokus mempelajari tentang perancangan berbagai macam produk manufaktur, lalu perancangan proses pembuatan produk manufaktur, sampai manajemen produksi. Ketiganya merupakan rangkaian bidang keilmuan yang terintegrasi dalam bisnis di industri manufaktur.

Selama masa perkuliahan, kamu akan belajar tentang perancangan untuk hampir semua jenis produk, mulai dari produk transportasi, alat-alat rumah tangga, consumer goods, medical product, sport products, produk elektronik, dan juga berbagai produk lain yang seringkali ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Kenapa Jurusan Teknik Manufaktur PSDKU Kab. Pekalongan?

Ada banyak sekali keuntungan yang didapatkan dari seorang lulusan Teknik Manufaktur, antara lain:

1. Teknik Manufaktur termasuk ke dalam jurusan yang eksklusif. Hal tersebut terjadi karena masih belum banyak kampus di Indonesia yang membuka jurusan ini. Untuk jumlah kursi yang disediakan juga masih relatif sedikit. Walaupun demikian, fasilitasnya sangat lengkap untuk melakukan praktikum.

2. Jurusan Teknik Manufaktur sebenarnya mempunyai prospek kerja yang cukup luas. Kamu bisa bekerja di pabrik ataupun industri yang bergerak di bidang apapun itu.

3. Disini, kamu akan belajar tentang mesin produksi dan juga proses produksi mulai dari perancangan sampai pembentukan. Dengan kata lain, ilmunya gabungan antara Teknik Mesin dan Teknik Industri.

4. Di jurusan ini, kamu akan dibentuk sebagai individu yang mempunyai jiwa kewirausahaan. Selain itu, kamu juga bisa mengembangkan teknologi mutakhir untuk mengembangkan usahanya, atau yang disebut dengan technopreneurship. Dengan demikian, kamu juga akan berpeluang membangun bisnis sendiri sebagai high-tech business yang memanfaatkan inovasi teknologi.

Keahlian Jurusan Teknik Manufaktur PSDKU Kab. Pekalongan

✓ Detail, tekun, teliti
✓ Pemahaman logika
✓ Kemampuan analisis
✓ Kemampuan bekerja individu maupun dalam tim
✓ Kemampuan berpikir terstruktur

Kebutuhan Lulusan Jurusan Teknik Manufaktur PSDKU Kab. Pekalongan

Kamu bisa bekerja di pabrik ataupun industri yang bergerak di bidang apapun. Selain itu, kamu juga bisa bekerja di perusahaan dengan posisi non teknis, seperti sales atau marketing. Selain bisa bekerja di industri, kamu juga dapat bekerja seacara mandiri dengan menjadi konsultan ataupun berwirausaha. Jika kamu melanjutkan pendidikan sampai ke jenjang pascasarjana, maka kamu akan berpeluang untuk berkarir sebagai dosen di Jurusan Teknik Manufaktur.

Terdapat beberapa posisi di perusahaan manufaktur yang mengutamakan lulusan dari jurusan ini, misalnya saja untuk posisi product design and development. Profesi tersebut mempunyai tugas untuk mengembangkan produk dari ide atau konsep. Pekerjaan yang dilakukan meliputi merancang desain, konsep, pengembangan, sampai pengemasan produk. Selain itu, ada pula posisi product planning and inventory control yang memiliki tugas untuk merencanakan dan mengontrol rangkaian produksi agar sesuai dengan rencana.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Teknik Manufaktur PSDKU Kab. Pekalongan

Mata Kuliah Jurusan Teknik Manufaktur

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Teknik Manufaktur:

1. Teknik Manufaktur
2. Menggambar Teknik
3. Computer Aided Design
4. Mekanika Teknik
5. Program Komputer
6. Pengantar Ilmu Ekonomi
7. Kekuatan Material
8. Tenaga Listrik dan Pesawat Penggerak
9. Pengantar Analisis Biaya
10. Proses Manufaktur
11. Desain Produk
12. Ergonomi Industri
13. Proses Manufaktur: Pembentukan
14. Analisis dan Perancangan Mekanisme
15. Penyelidikan Operasional
16. CNC & CAM
17. Metrologi Industri
18. Perencanaan dan Pengendalian Produksi
19. Tool Design
20. Perancangan Sistem Manufaktur

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Teknik Manufaktur

✓ Teliti
✓ Tekun
✓ Detil
✓ Rasional
✓ Terstruktur
✓ Senang berhitung
✓ Senang menganalisis
✓ Senang bekerja sendiri
✓ Senang melakukan riset

Prospek Kerja Jurusan Teknik Manufaktur PSDKU Kab. Pekalongan

Industri Manufaktur dan Otomasi

Para lulusan dari Jurusan Teknik Manufaktur dapat bekerja di industri manufaktur dan otomasi. Di industri ini, kamu akan mencoba untuk menerapkan sebuah sistem kontrol yang diharapkan bisa mengoperasikan peralatan secara mandiri tanpa adanya bantuan manusia.

Divisi Produksi

Profesi ini bertugas untuk menangani berbagai macam hal dalam hal proses produksi di sebuah pabrik. Selain itu, kamu juga harus bisa mengatur sistem kerja yang efektif dan efisien, serta bisa mengatur keseluruhan tim produksi untuk bisa menghasilkan produktivitas kerja yang efisien.

Divisi Engineering

Di dalam divisi ini, kamu akan bertanggung jawab untuk memastikan kelancaran berbagai mesin produksi agar bisa beroperasi sesuai dengan kapasitas dari mesin tersebut. Selain itu, kamu juga harus bisa mengatur tim engineering di dalam setting mesin-mesin produksi supaya selalu dalam kondisi yang baik.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa yang dipelajari di Jurusan Teknik Manufaktur PSDKU Kab. Pekalongan?

Mempelajari tentang perancangan berbagai jenis produk manufaktur, kemudian perancangan proses pembuatan produk manufaktur, hingga manajemen produksi.

Apa prospek kerja untuk para lulusannya?

Profesi di bidang Wirausaha, Marketing Executive, Teknisi dan Operator Pabrik, Product Manager, dan lain sebagainya.

Apa saja Jurusan yang serupa dengan Jurusan Teknik Manufaktur?

Jurusan Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri, dan lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *