Jurusan Musik

Jurusan Musik

Kategori Seni, Desain & Musik

musik

Jurusan Broadcasting

Kategori Sosial dan Humaniora

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Musik

Jurusan Musik mempelajari berbagai sejarah musik, analisa musik, vokal dan praktik instrumen musik serta ilmu kependidikan. Jurusan ini juga mempelajari keterampilan serta pengetahuan seni musik bernuansa global meliputi berbagai bidang perancangan, penelitian, dan penyajian, baik itu karya maupun hasil dari perancangan musik.

Mata kuliah yang akan dipelajari mulai dari filsafat seni, sejarah musik, dasar orkestrasi, teori budaya, solfegio, music computer, instrument dasar piano, harmoni, teknik vokal, produksi musik, hingga komposisi musik. Jurusan seni musik ini juga kemudian mengajarkan beragam keahlian berikut agar lulusannya siap memasuki dunia karir, baik yang berhubungan langsung dengan musik ataupun tidak. Berkuliah di Jurusan ini akan mengasah berbagai kemampuanmu diantaranya:

  • Ketangkasan fisik yang baik, memori dan konsentrasi
  • Keahlian komunikasi dan bekerjasama dalam tim, baik dalam band, orkestra, ataupun sebagai pemimpin
  • Kemampuan self-management
  • Mampu berada dibawah tekanan, serta dapat tampil dan melakukan pertunjukan di depan banyak orang
  • Kemampuan dalam merencanakan dan mengelola pertunjukan
  • Keahlian tekniks serta menggunakan teknologi untuk membuat dan merekam musik, juga menerima serta sebagai pemberi  kritik
  • Belajar dari kesalahan dan terus berusaha menghasilkan karya yang lebih baik.

Kenapa Jurusan Musik

Berkuliah di Jurusan Musik akan sangat menyenangkan sebab proses pembelajarannya yang santai. Pasalnya, memasuki jurusan ini dapat dilakukan dengan cara yang sederhana, mulai dari penggunaan pakaian hingga penampilan yang bebas tanpa dibatas-batasi.

Jurusan ini juga memiliki pilihan pekerjaan dengan gaji yang cukup menggiurkan bagi para lulusannya, mulai dari menjadi Soundman, Music Director, Arranger, dan masih banyak lagi. Kamu juga memiliki kesempatan besar untuk berburu berbagai beasiswa ke luar negeri. Dengan musik, kamu juga memiliki kesempatan untuk go international serta terlibat dalam berbagai kesempatan satu project di konser penyanyi ternama, terlibat dalam produksi film sebagai pembuat soundtrack, dan masih banyak peluang menyenangkan lainnya.

Tak hanya itu jika kamu memiliki kemampuan yang mumpuni, bukan tidak mungkin kamu juga dapat berkarier sebagai Konduktor, Komponis, sekaligus Penata Musik, seperti Erwin Gutawa dan Addie MS. Jika tertarik dengan dunia pendidikan, kamu juga dapat menjadi Guru Vokal atau Guru Instrumen Musik. Jika suka berbisnis kamu dapat membuka Sekolah Musikmu sendiri.

musik

Keahlian Jurusan Musik

✓ Kemampuan bermusik

✓ Pemikiran out of the box

✓ Kemampuan melakukan analisis

✓ Kemampuan bekerja dalam tim

✓ Kemampuan mengelola pertunjukan

✓ Kemampuan mengekspresikan gagasan ke dalam bentuk musik

✓ Kemampuan menyajikan musik secara kreatif

Kebutuhan Lulusan Jurusan Musik di Dunia Kerja

Musik menjadi salah satu bidang atau industri yang akan selalu ada. Persaingan di industri musik sendiri memang cukup ketat. Namun dengan bakat yang dimiliki serta ilmu yang diperoleh dari studi Seni Musik di perguruan tinggi, lulusan jurusan Seni Musik diharuskan untuk bertahan di tengah persaingan industri musik yang selalu berkembang dengan cepat. Lulusan Seni Musik juga dapat berkarya sebagai komposer, pemain musik solo ataupun grup. Selain itu, lulusan Seni Musik juga berkesempatan menjadi seorang Film Scorer yang bertugas membuat musik untuk film dan serial tv, selain itu lulusannya juga berkesempatan menjadi:

  • Jingle Writer yang membuat musik untuk iklan
  • Audio Engineer
  • Produser
  • Representatif A&R yang tugasnya menjaring para talenta-talenta ke label dan perusahaan rekaman, atau manajemen keartisan.
  • Lulusan Seni Musik juga berkesmpatan menjadi seorang pengajar musik.

Apalagi hinga saat ini juga didukung dengan perkembangan teknologi informasi, musik kemudian kian mudah dinikmati dimanapun dan kapanpun yang kemudian menjadi kesempatan bagi para lulusannya untuk membuat konten musik yang dapat ‘menghasilkan’. Misalnya saja dengan mengunggah karyanya ke berbagai media streaming baik spotify, hingga ke Youtube dan mendapat pemasukan dari Adsense.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Musik

Jurusan Musik menyajikan berbagai mata kuliah yang berhubungan dengan musik, diantaranya teori musik, sejarah musik, teori bentuk musik, instrument mayor, dan masih banyak lagi. Kamu juga dapat mempelajari aliran musik, termasuk aliran tradisional, pop, jazz, dan lainnya. Jurusan musik sendiri merupakan pilihan terbaik bagi mahasiswa yang tekun, mandiri, suka mengamati, mampu bekerjasama dalam tim, memiliki kemampuan interpersonal dan senang melalukan analisis.

Perkuliahan di Jurusan Musik juga merupakan bagian dari program-program Fakultas Seni Pertunjukan. Lulusan Jurusan Musik akan meraih gelar Sarjana Seni (S.Sn.) di bidang musik untuk program-program akademik, dan gelar Sarjana Terapan Seni (S.Tr.Sn.) di bidang penyajian musik untuk program vokasi. Program-program yang ditawarkan meliputi Seni Musik, Pendidikan Musik, Penciptaan Musik, dan Penyajian Musik.

Mata Kuliah Jurusan Musik

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Musik:

  1. Filsafat Seni
  2. Sejarah Musik
  3. Choirs/Ensemble/Band/Orchestra
  4. Choirs & Orchestra Conducting
  5. Praktek Individual Instrumen
  6. Teori Musik
  7. Solfegio
  8. Harmoni Teori & Praktek
  9. Dasar Orkestrasi
  10. Transkripsi Musik
  11. Semiotika
  12. Teori Budaya
  13. Etnomusikologi
  14. Sosiologi
  15. Metode Musik Sekolah
  16. Cipta Karya Vokalia
  17. Instrumen Dasar Piano
  18. Baca Partitur
  19. Kontrapung
  20. Teori Bentuk Musik
  21. Harmoni
  22. Instrumen Mayor
  23. Analisis Bentuk Musik
  24. Kondakting
  25. Kritik Musik
  26. Akustik dan Organologi
  27. Musik Komputer
  28. Pembelajaran Media Musik
  29. Primavista Vokal
  30. Aplikasi Mikrofon
  31. Metode Penciptaan
  32. Garapan Musik Elektronik
  33. Eksplorasi Bunyi

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Musik

  • Tekun
  • Kreatif
  • Observan
  • Berwawasan luas
  • Menyukai dunia permusikan
  • Keterampilan komunikasi
  • Keterampilan interpersonal
  • Senang bekerja sendiri dan dapat bekarjasama dengan team

Universitas Terbaik Jurusan Musik

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Musik di Indonesia:

  1. Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Jakarta
  2. Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI Surakarta)
  3. Sekolah Tinggi Seni Musik Bandung (STiMB), Bandung
  4. Universitas Pelita Harapan (UPH), Jakarta
  5. Institut Musik Indonesia (IMI), Jakarta

 

Prospek Kerja Jurusan Musik

Music Director

Music director atau biasa juga dikenal dengan kurator musik, tugasnya diantaranya mulai dari memilih lagu yang ingin digunakan untuk berbagai macam keperluan. Contohnya musik yang digunakan untuk film, playlist untuk sebuah radio, dan masih banyak lagi. Jika ingin menjadi seornag music director, kamu harus memiliki pengetahuan yang luas seputar musik dari berbagai macam era. Demikian delapan prospek kerja bagimu yang ingin menempuh pendidikan di sekolah musik.

Manajemen Industri Musik

Kamu dapat bekerja di bagian manajemen industri musik. Jika ingin menjadi orang yang bekerja di belakang layar, kamu dapat memilih bidang profesi ini. Tugasmu diantaranya mengelola sebuah pertunjukan musik, distribusi musik dan lain-lain. Di luar negeri sendiri gaji seorang yang masuk dalam staf manajemen industri musik dapat mencapai US$45,000 per tahun.

Musisi

Setelah lulus dari sekolah musik, prospek kerja yang paling umum tentu saja adalah menjadi seorang musisi. Di sekolah musik, semester awal kamu akan diajarkan berbagai macam dasar teori dan praktik musik. Setelah itu, akan dilakukan penjurusan yang lebih spesifik. Apakah kamu ingin fokus ke bidang tarik suara, piano klasik, komposisi lagu, atau penjurusan lain seperti penataan suara dan masih banyak lagi dapat ditentukan kemudian. Kamu juga dapat menjadi seorang penyanyi, pemain alat musik, penulis lagu dan lain-lain. Gaji yang ditawarkan untuk seorang musisi sangatlah besar, apalagi jika karya yang Kamu buat disukai masyarakat dan meledak di pasaran. Kamu berpeluang mendapatkan royalti dari penjualan album, merchandise, fee konser, kontrak kerja sama, dan masih banyak sumber pendapatan lainnya.

Sound Engineer

Peluang atau prospek kerja seni musik berikutnya adalah menjadi seorang audio atau sound engineer. Seorang sound engineer biasanya bekerja di studio rekaman. Kamu akan bekerja di studio untuk mengatur proses manipulasi suara, gabungan audio dan lain-lain.  Untuk bekerja diprofesi ini, dibutuhkan Pemahaman teknis bermusik, Hal ini menjadi penting karena profesi ini, seseorang diharuskan untuk memiliki kemampuan memainkan alat musik beserta teknologi di belakangnya. Selain itu ia juga harus pandai dalam mengolah teknologi di belakang layar, tapi juga berani melakukan otak-atik demi mendapat pemahaman baru disetiap teknologi. Gaji yang ditawarkan untuk seorang audio engineer adalah sekitar Rp6.000.000 per bulan.

Administrasi Seni

Seni musik sendiri bersifat universal sehingga Kamu dapat menjadi apa saja yang diinginkan setelah lulus kuliah seni musik. Lulusan seni musik dapat berkarir di bidang administrasi seni. Tugas seorang administrasi sangat besar sesuai dengan gaji yang ditawarkan antara 30-50 ribu dollar. Administrasi seni sendiri bertanggung jawab pada penggalangan dana, melakukan kerja sama dengan panitia pertunjukan dan tugas berat yang lain.

Pengaransemen Lagu

Kamu dapat bekerja sebagai seorang yang mengaransemen lagu. Tak harus menjadi seorang penyanyi, Kamu juga dapat memanfaatkan kemampuanmu untuk mengaransemen lagu. Tugasnya diantaranya Menciptakan karya musik mulai dari aransemen, lirik, hingga pengisian vokal dalam lagu, ia juga bertugas menjamin suatu kualitas musik telah bagus dan layak untuk diproduksi mulai dari sisi komposisi musik, keseimbangan bunyi, hingga efek dan aransemen. Penata musik juga bertugas mengoperasikan peralatan musik, mengatur keseimbangan bunyi (bunyi musik, suara artis, dsb), dan menciptakan bunyi yang dibutuhkan. Membuat music score (musik latar tanpa lirik) dan soundtrack film

Agen Musik

Lulusan seni musik juga dapat memilih karir sebagai agen musik. Penghasilannya cukup menggiurkaan hingga ratusan ribu – jutaan dollar per tahun. Kamu juga dapat belajar menjadi seorang profesional untuk mengatur jadwal manggung, manajemen tim artis dan lain-lain. Untuk menjadi seorang agen musik, Kamu perlu memiliki kemampuan manajemen dan pengaturan waktu yang baik. Karena Kamu akan berhadapan dan mengurusi banyak orang dibutuhkan juga kemampuan komunikasi yang baik.

Accompanist

Kamu dapat bekerja sebagai seorang accompanist. Accompanist adalah seorang pengiring musik. Musik yang dimainkan biasanya adalah piano. Kamu juga dapat bertanggung jawab mengiringi peserta koor, kelas menari, dan pertunjukan musik yang memerlukan iringan. Tanggung jawab seorang Accompanist cukup besar dalam memastikan suatu pertunjukan agar dapat berjalan lancar.

Broadcast Sound Engineer

Peluang atau prospek kerja seni musik berikutnya adalah menjadi seorang broadcast sound engineer, ia akan bekerja di perusahaan media penyiaran, seperti radio dan televisi. Tugasnya sendiri pada area tata suara. Tanggung jawabnya diantaranya memastikan tidak ada masalah pada suara saat acara penyiaran sedang berlangsung. Misalnya pada pertunjukan di lapangan Kridosono dan kemudian ditayangkan secara langsung melalui media televisi swasta, maka suara yang kamu dengar pada saat menonton televisi adalah hasil kerja pengaturan mixer tata suara oleh broadcast sound engineer.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa saja prospek kerja untuk para lulusannya?

Sutradara, Pengarah Musik Radio, Produser TV/ Film/Video, Kurator Musik, Musik Komposer dan Arranger, Musisi Instrumental, Terapis Musik dan Guru Musik.

Apakah Jurusan ini cocok untukmu?

Jurusan ini diperuntukkan bagi mereka yang memiliki bakat dan minat di bidang musik. Jurusan Musik sendiri tidak hanya mengajarkan cara membaca dan memainkan musik, namun juga mempelajari teori musik. Untuk menyelesaikan kuliah di jurusan ini kamu harus bisa mendemonstrasikan bakat dan keahlian di bidang musik..

Apakah mata kuliah yang penting di jurusan ini?

Mata kuliah penting di Jurusan Musik diantaranya Sejarah Musik, Direksi, padukan Suara, Ansamble Mayor, Instrumen Minor, dan lain-lain..

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *