Daftar Jurusan Kuliah IPA dan IPS

Jurusan Instrumentasi Kontrol Industri

Jurusan Instrumentasi Kontrol Industri

Kategori Teknik dan Industri

Jurusan Instrumentasi Kontrol Industri

Kategori Teknik dan Industri

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Instrumentasi Kontrol Industri

Jurusan Instrumentasi Kontrol Industri adalah jurusan yang mempelajari tentang cara menggunakan alat ukur sebagai sistem pengendali didalam suatu industri. Selain itu, jurusan jni juga berhubungan dengan bidang pengembangan peralatan yang biasanya digunakan untuk kebutuhan industri. Terkait dengan hal tersebut, istilah instrumen sendiri memiliki arti “peralatan”. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa Jurusan Instrumentasi Kontrol Industri ini akan menghasilkan lulusan yang bisa menciptkana berbagai macam peralatan baru di dalam dunia industri supaya semakin canggih dan sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Lulusan dari Jurusan Instrumentasi Kontrol Industri ini dapat dipastikan akan mempunyai kemampuan yang memadai, tidak hanya dari segi teori, namun juga pada segi praktik. Kemampuan yang diasah berhubungan dengan bidang pengukuran, pengendalian kerja, penyusunan instrumen, pengemabngan instrumen, dan pastinya tentang cara kerja dari sebuah instrumen.

Kenapa Jurusan Instrumentasi Kontrol Industri?

Terdapat banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan dari seorang lulusan Instrumentasi Kontrol Industri, antara lain:

1. Jurusan yang satu ini cocok untuk kamu yang mempunyai minat di bidang sains dan teknik. Kamu bisa semakin berkembang dan mempunyai skill yang mumpuni untuk bekal memasuki dunia kerja.

2. Ada banyak hal yang menantang selama belajar di jurusan ini. Tantangan tersebut akan membuat mentalmu semakin kuat dan tentunya pengetahuan juga bertambah.

3. Kebutuhan di lapangan terkait lulusan dari Jurusan Instrumentasi Kontrol Industri ini tergolong cukup banyak. Akan tetapi, keberadaan Jurusan Instrumentasi Kontrol Industri di Indonesia tergolong masih terbatas.

4. Kemampuan bahasa asing akan lebih terasah. Mahasiswa Jurusan Instrumentasi Kontrol Industri akan memperoleh pelajaran Bahasa Inggris untuk mempersiapkan mereka saat go international dan untuk bisa mengenali berbagai komponen alat yang banyak menggunakan istilah asing.

5. Ada banyak kesempatan untuk mengikuti kompetisi skala regional, nasional, dan juga internasional. Keuntungannya yaitu menambah pengalaman, teman, sertifikat, ilmu, uang saku, hadiah, dan pastinya pengalaman mendatangi berbagai tempat.

Keahlian Jurusan Instrumentasi Kontrol Industri

✓ Kemampuan riset
✓ Kemampuan berpikir logis dan sistematis
✓ Kemampuan problem solving
✓ Kemampuan bekerja dalam tim
✓ Pemahaman dasar teknologi

Kebutuhan Lulusan Jurusan Instrumentasi Kontrol Industri

Para lulusan dari Jurusan Instrumentasi Kontrol Industri ini akan sangat mudah untuk masuk ke dalam dunia kerja karena mereka dibutuhkan di berbagai jenis industri besar. Setelah lulus, kamu dapat bekerja sebagai teknisi di perusahaan elektronika dan telekomunikasi. Bidang telekomunikasi dan juga elektronika merupakan bidang yang selalu berkaitan dengan pengaplikasian ilmu instrumentasi. Misalnya saja, dalam hal pengembangan listrik hemat energi dan internet of things.

Selain dua industri tersebut, industri yang bergerak dibidang perminyakan dan juga tambang juga membutuhkan lulusan dari Jurusan Instrumentasi Kontrol Industri sebagai tenaga teknis. Implementasi ilmu instrumentasi di bidang perminyakan dan juga tambang ini berkaitan dengan perancangan dan perawatan berbagai alat atau instrumen yang digunakan pada industri tersebut.

Selain itu, perusahaan manufaktur juga memerlukan lulusan dari jurusan ini. Perusahaan manufaktur merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perakitan bahan baku yang kemudian dijadikan sebagai produk tertentu. Misalnya saja, produk otomotif seperti motor atau mobil, lalu obat-obatan dan juga multivitamin, serta alat-alat elektronik.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Instrumentasi Kontrol Industri

Mata Kuliah Jurusan Instrumentasi Kontrol Industri

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Instrumentasi Kontrol Industrii:

1. Untai Listrik
2. Konsep Fisika
3. Teknologi Informasi
4. Kalkulus
5. Elektronika Analog
6. Sains Manajemen
7. Sistem Kontrol

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Instrumentasi Kontrol Industri

✓ Teliti
✓ Tekun
✓ Detil
✓ Rasional
✓ Terstruktur
✓ Senang Berhitung
✓ Senang menganalisis
✓ Senang melakukan riset

Universitas Terbaik Jurusan Instrumentasi Kontrol Industri

Berikut ini adalah universitas terbaik untuk Jurusan Instrumentasi Kontrol Industri di Indonesia:

  1. Politeknik Negeri Jakarta
  2. Universitas Gadjah Mada
  3. Universitas Brawijaya

Prospek Kerja Jurusan Instrumentasi Kontrol Industri

Bidang Manufaktur

Para lulusan dari Jurusan Instrumentasi Kontrol Industri bisa bekerja di beberapa posisi dalam bidang manufaktur yakni product engineering, instrumentation engineer, quality assurance, dan research and development.

Industri Rekayasa dan Konstruksi

Sektor industri yang satu ini mempunyai tanggung jawab dalam melakukan rancang bangun pabrik, fasilitas pabrik, dan lainnya. Proses rancang bangun tersebut berlangsung sejak pembuatan rancangan di atas kertas hingga fasilitas mulai beroperasi.

Industri Produk Sistem Instrumentasi dan Integrator Sistem

Profesi yang satu ini bertugas untuk memastikan jika produk yang dibuat bisa bekerja dengan baik. Tidak jarang juga, pihak perusahaan juga menyediakan layanan ekstra berupa integrasi sistem sekaligus.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa yang dipelajari di Jurusan Instrumentasi Kontrol Industri?

Mempelajari tentang cara menggunakan alat ukur sebagai salah satu sistem pengendali di dalam sebuah industri.

Apa prospek kerja untuk para lulusannya?

Profesi di bidang control engineer, product engineer, quality assurance, instrumentation engineer, dan lain sebagainya.

Apa saja Jurusan yang serupa dengan Instrumentasi Kontrol Industri?

Jurusan Teknik Otomasi Manufaktur dan Mekatronika, Teknik Mekatronika, Teknis Persenjataan, Proses Manufaktur, dan lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *