Jurusan Elektronika Industri

Jurusan Elektronika Industri

Kategori Teknik dan Industri

Jurusan Elektronika Industri

Kategori Teknik dan Industri

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Elektronika Industri

Jurusan Elektronika Industri merupakan salah satu jurusan yang mendidik para siswanya supaya memiliki kemampuan atau keterampilan kepada anak didik dalam bidang system control dan juga maintenance peralatan industri yang berbasis “electrical control” dan “microprocessor”.

Jurusan Elektronika Industri adalah bidang teknik yang mempelajari tentang komponen listrik dan juga berbagai macam semikonduktor. Teknik elektronika masuk ke dalam golongan teknik listrik atau elektro yang menggunakan arus kecil. Umumnya, Jurusan Elektronika Industri ini merupakan jurusan kuliah pada program Vokasi D3 atau D4.

Di Jurusan Elektronika Industri ini, kamu akan mempelajari beberapa materi. Mulai dari elektronika umum, yakni komponen-komponen yang digunakan beserta dengan fungsinya, cara mendesain layout Pcb, sampai cara mencetak Pcb, lalu mikrokontroler dan mikroprocessor, pneumatic dan plc, programming yang berbasis komputer, hingga pemrosesan sinyal.

Kenapa Jurusan Elektronika Industri?

Umumnya, Jurusan Elektronika Industri ini dapat dipelajari dari mulai pendidikan formal di SMK dengan jurusan yang sama. Sekarang ini, sudah banyak SMK yang membuka jurusan yang satu ini. Kemudian, setelah lulus, kamu bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, baik itu D3 atau D4 dengan mengambil Jurusan Elektronika Industri. Kemudian, kamu juga bisa mengambil S1, S2, atau S3 untuk lebih mendalami bidang tersebut. Saat ini sudah ada banyak universitas ternama yang membuka program S2 dan S3 untuk Jurusan Elektronika Industri.

Perlu dipahami bahwa Jurusan Elektronika Industri menjadi salah satu jurusan favorit karena kamu akan mempelajari tentang kelistrikan dan sejenisnya. Hal itu tentunya berpeluang untuk para lulusannya dapat bekerja di perusahaan bonafit.

Jurusan Elektronika Industri ini sangat cocok untuk kamu yang suka dengan mata pelajaran berhitung atau matematika dan sejenisnya. Dengan mempelajari mata pelajaran yang kamu suka, pastinya akan lebih bersemangat lagi untuk belajar, khususnya di Jurusan Elektronika Industri.

Keahlian Jurusan Elektronika Industri

✓ Memahami dasar-dasar kelistrikan
✓ Memahami dasar-dasar elektronika
✓ Memahami dasar-dasar Teknik digital
✓ Memahami keselamatan, dan Kesehatan Kerja atau K3

Kebutuhan Lulusan Jurusan Elektronika Industri

Seiring dengan adanya perkembangan teknologi, Jurusan Elektronika Industri juga semakin relevan. Prospek kerja yang terkait dengan bidang Teknik Elektronika Industri juga bisa dikatakan cukup mumpuni, seperti misalnya PT PLN dan Indonesia Power, sektor migas dan pertambangan, PT Pertamina, PT Chebron, dan lain sebagainya. Selain bisa menjadi ASN dan tenaga pendidik, para lulusan Teknik Elektronika juga bisa menjadi entrepreneur, khususnya di bidang robotika.

Selain itu, seperti yang kita tahu bahwa sekarang ini segala sesuatunya sudah menggunakan elektronik. Bahkan mobil tambang sekalipun menggunakan elektronik. Sehingga, dapat dikatakan bahwa prospek kerja Jurusan Elektronika Industri ada dimana saja.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Elektronika Industri

Mata Kuliah Jurusan Elektronika Industri

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Elektronika Industri:

1. Matematika
2. Fisika Dasar
3. Kimia Dasar
4. Pengantar Desain Teknik
5. Rangkaian Elektrik
6. Sistem Digital
7. Matematika Teknik
8. Struktur Diskrit
9. Elektronika
10. Medan Elektromagnetik
11. Sinyal dan Sistem
12. Pemecahan Masalah dengan C
13. Pengolahan Sinyal Digital
14. Arsitektur Sistem Komputer
15. Material Teknik Elektro
16. Sistem Kendali
17. Sistem Tenaga Elektrik
18. Kalkulus
19. Mikroprosesor
20. Termodinamika dan Penggerak Awal

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Elektronika Industri

✓ Teliti
✓ Tekun
✓ Detil
✓ Rasional
✓ Terstruktur
✓ Senang Berhitung
✓ Senang menganalisis
✓ Senang melakukan riset

Universitas Terbaik Jurusan Elektronika Industri

Berikut ini adalah universitas terbaik untuk Jurusan Elektronika Industri di Indonesia:

  1. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  2. Politeknik Negeri Bengkalis

Prospek Kerja Jurusan Elektronika Industri

Electrical Design Engineer

Para lulusan Teknik Elektronika sangat diperlukan karena akan membantu proses pengembangan mesin produksi terbaru. Dengan mengandalkan komputer, para lulusan Teknik Elektronika berusaha untuk mengembangkan ide untuk membuat sistem aplikasi terutama pada bidang kelistrikan. Selain itu, Electrical Design Engineer juga bertanggung jawab untuk mengembangkan spesifikasi dan tata letak sistem, termasuk mengujinya sehingga dapat sesuai kebutuhan.

Telecom Engineer

Internet sebagai teknologi informasi memerlukan sarana telekomunikasi agar dapat berjalan dengan lancar. Inilah tugas seorang telecom engineer yakni mendesain, memastikan keamanan serta kinerja dari jaringan komputer, dan melakukan integrasi semua layanan telekomunikasi.

Robotic Engineer

Tugas dari seorang Robotic Engineer adalah merancang dan menciptakan robot sampai membuat sistem robotic. Dengan demikian, hasil kerja kamu nantinya dapat memudahkan pekerjaan manusia dan bahkan menggantikannya.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa yang dipelajari di Jurusan Elektronika Industri?

Mempelajari tentang komponen listrik dan juga berbagai macam semimonduktor.

Apa prospek kerja untuk para lulusannya?

Profesi di bidang pembinaan, pengusahaan, keteknikan, keselamatan kerja, dan lingkungan di bidang ketenagalistrikan.

Apa saja Jurusan yang serupa dengan Elektronika Industri?

Jurusan Elektronika dan Instrumentasi, Teknik Tenaga Listrik, Teknik Elektro, Teknik Listrik Bandara, dan lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *