Daftar Jurusan Kuliah IPA dan IPS

Jurusan Terapan Teknik Elektro

Jurusan Terapan Teknik Elektro

Kategori Teknik

Jurusan Terapan Teknik Elektro

Kategori Teknik

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Terapan Teknik Elektro

Jurusan Terapan Teknik Elektro adalah salah satu bidang ilmu yang mempelajari tentang listrik dan aplikasinya di dalam kehidupan sehari-hari. Disini kamu akan dibekali dengan ilmu dan juga pengetahuan seputar konsep, pengembangan, perancangan, dan juga produksi perangkat listrik dan elektronik. Selain itu, kamu juga akan membahas tentang metode pembangkit dengan sumber energi baru, metode kontrol penghematan energi, dan juga metode penyimpanan energi.

Secara umum, Terapan Teknik Elektro ini adalah ilmu teknik yang mempelajari tentang sifat-sifat elektron yang kita kenal sebagai listrik. Para mahasiswa Terapan Teknik Elektro akan mempelajari terkait aplikasi dan pemanfaatan listrik di dalam kehidupan sehari-hari, dan juga ternologi terkait.

Kenapa Jurusan Terapan Teknik Elektro?

Ada banyak keuntungan yang didapatkan dari seorang lulusan Jurusan Terapan Teknik Elektro, antara lain:

1. Seseorang dengan kualifikasi pendidikan Teknik Elektro biasanya sangat dibutuhkan hampir di semua lini industri untuk menangani berbagai macam persoalan kelistrikan dan juga sistem peralatan elektronik.

2. Lulusan dari Jurusan Terapan Teknik Elektro ini banyak dibutuhkan berbagai perusahaan untuk membangun sistem distribusi tenaga listrik, jadi kamu tidak perlu khawatir akan prospek kerja dari jurusan ini.

3. Pertumbuhan infrastruktur telekomunikasi yang semakin pesat membutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni. Walaupun sekarang ini beberapa Perguruan Tinggi mulai menyediakan Jurusan Teknik Telekomunikasi, namun kebutuhan akan ahli Teknik Elektro di bidang ini masing cukup tinggi.

4. Perusahaan-perusahaan dengan suplai tenaga listrik besar seperti misalnya pada industri minyak dan juga gas sangat membutuhkan lulusan dari Terapan Teknik Elektro.

Keahlian Jurusan Terapan Teknik Elektro

✓ Kemampuan mendesain sistem
✓ Kemampuan eksperimen
✓ Kemampuan melakukan analisis
✓ Kemampuan memecahkan masalah bidang rekayasa teknik
✓ Pemamhaman matematika
✓ Pemahaman fisika

Kebutuhan Lulusan Jurusan Terapan Teknik Elektro

Salah satu bidang yang cukup populer di Terapan Teknik Elektro ini adalah tenaga listrik. Tidak heran jika banyak lulusan dari Jurusan Terapan Teknik Elektro yang membidik industri energi dan juga tenaga listrik sebagai tujuan utama. Walaupun begitu, prospek kerjanya tergolong cukup luas. Hampir semua industri membutuhkan Sarjana Teknik Elektro, mulai dari industri telekomunikasi, semikonduktor, minyak dan gas, aerospace, otomotif, manufaktur, transportasi, jasa dan juga pelayanan, serta bio engineering.

Lulusan dari Terapan Teknik Elektro yang bekerja di industri telekomunikasi misalnya, mereka akan memegang peran cukup penting dalam melakukan kodefikasi informasi menjadi sinyal listrik. Selain itu, instansi pemerintah seperti Kementerian ESDM juga memerlukan lulusan dari jurusan ini. Luasnya prospek kerja dari lulusan Terapan Teknik Elektro ini juga diimbangi dengan bervariasinya jenjang karir yang ditawarkan. Berikut ini adalah beberapa pilihan karir yang dapat kamu geluti, antara lain Product Manager, Bagian Perencanaan Produk Otomotif, Perancang dan Teknisi Mesin, Teknisi dan Operator Pabrik, dan lain sebagainya.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Terapan Teknik Elektro

Mata Kuliah Jurusan Terapan Teknik Elektro

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Terapan Teknik Elektro:

1. Matematika
2. Fisika Dasar
3. Kimia Dasar
4. Pengantar Desain Teknik
5. Rangkaian Elektrik
6. Sistem Digital
7. Matematika Teknik
8. Struktur Diskrit
9. Elektronika
10. Medan Elektromagnetik
11. Sinyal dan Sistem
12. Pemecahan Masalah dengan C
13. Pengolahan Sinyal Digital
14. Arsitektur Sistem Komputer
15. Material Teknik Elektro
16. Sistem Kendali
17. Sistem Tenaga Elektrik
18. Kalkulus
19. Mikroprosesor
20. Termodinamika dan Penggerak Awal

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Terapan Teknik Elektro

✓ Teliti
✓ Tekun
✓ Detil
✓ Rasional
✓ Terstruktur
✓ Senang Berhitung
✓ Senang menganalisis
✓ Senang melakukan riset

Universitas Terbaik Jurusan Terapan Teknik Elektro

Berikut ini adalah universitas terbaik untuk Jurusan Terapan Teknik Elektro di Indonesia:

  1. Telkom University
  2. Universitas Pelita Harapan
  3. Institut Teknologi PLN

Prospek Kerja Jurusan Terapan Teknik Elektro

Pengembang Perangkat Lunak

Pengembang Perangkat Lunak atau yang seringkali disebut dengan software developer adalah salah satu peluang kerja dari Terapan Teknik Elektro yang dapat kamu pilih. Profesi ini merupakan seorang profesional yang bertugas membuat perangkat lunak di berbagai jenis komputer. Perangkat lunak ataupun aplikasi yang dibuat dapat berupa aplikasi mobile, aplikasi desktop, dan lainnya.

System Engineer

Seseorang yang bekerja sebagai system engineer ini harus memahami teknik dan juga manajemen dengan baik. Selain itu, mereka juga bertugas untuk melakukan implementasi sistem perangkat lunak, mulai dari analisis data sampai menyempurnakan sistem yang telah tersedia.

Project Engineer

Supaya bisa sukses menjadi seorang project engineer, maka kamu harus mempunyai keterampilan dalam manajemen, pengetahuan teknik, dan juga kemampuan bekerja dalam tim. Profesi ini bertanggung jawab untuk mengembangkan dan memasang sistem teknik kelistrikan di suatu proyek. Selain itu, mereka juga bertugas untuk mengembangkan desain, memberikan tugas kepada pekerja lainnya, serta menjalankan proyek sesuai dengan anggaran yang tersedia.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa yang dipelajari di Jurusan Terapan Teknik Elektro?

Mempelajari tentang sifat-sifat elektron yang kita kenal sebagai listrik.

Apa prospek kerja untuk para lulusannya?

Profesi di bidang Ahli Teknik Elektronik, Ahli Teknik Mekatronik, Ahli Robotik, Ahli Teknik Energi Angin, Ahli Listrik, dan lain sebagainya .

Apa saja Jurusan yang serupa dengan Terapan Teknik Elektro?

Jurusan Elektronika dan Instrumentasi, Teknik Tenaga Listrik, Teknik Listrik Bandara, Teknik Mesin, Teknik Informatika, dan lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *