Universitas Surabaya (UBAYA)

LOGO UBAYA
Profile
  

Universitas Surabaya (UBAYA)

Universitas Surabaya merupakan perguruan tinggi swasta favorit yang berlokasi di Jalan Ngagel Jaya Selatan, Surabaya. Universitas Surabaya merupakan pengganti Universitas Trisakti Surabaya yang berdiri pada tahun 1966. Berdirinya Universitas Surabaya dipelopori oleh tokoh masyarakat, pengusaha, pendidik hingga pemerintah. Pada 11 Maret 1968 Universitas Surabaya melakukan pembangunan kampus dan tanggal tersebut diperingati sebagai perayaan dies natalis Universitas Surabaya.

Pada awal pendiriannya, Universitas Surabaya membuka tiga fakultas, yakni Fakultas Farmasi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Ekonomi. Ketiga fakultas tersebut mampu menjadikan Universitas Surabaya memiliki sekitar 850 peserta didik.

Dunia pendidikan tanah air terus berkembang seiring berjalannya waktu. hal tersebut menjadikan Lembaga Pendidikan Kejuruan Ajun Akuntansi (LPK AA) berganti nama menjadi Politeknik Ubaya pada tahun 1977. Kemudian Universitas Surabaya membuka beberapa fakultas baru dalam rentang tahun 1982-1986, yakni Fakultas Psikologi yang resmi dibuka tahun 1982 dan Fakultas Teknik yang resmi dibuka pada tahun 1986. Lalu pemerintah mempercayakan Universitas Surabaya sebagai perguruan tinggi swasta untuk mendirikan program Pascasarjana pada tahun 1992. Program Pascasarjana mengelola Program Studi Magister Manajemen dan Program Studi Magister Humaniora.

Di tahun 1993, Fakultas Teknik kembali membuka program studi baru sebagai pelengkap program studi yang sudah ada, yakni Program Studi Teknik Manufaktur. Dalam rentang tahun 1976-1983, Ketua Yayasan Universitas Surabaya H.R. Soeparno, Prof. Soebijono, dan Drs. Moehadji Widjaya melanjutkan pembangunan kampus Gedung A dan Gedung D.

Setelah itu, Universitas Surabaya kembali membuka fakultas baru pada tahun 2005. Fakultas tersebut ialah Fakultas Teknobiologi. Lima tahun kemudian, perguruan tinggi swasta favorit ini membangun kampus ke-3, yakni Universitas Surabaya Training Center (UTC).

Universitas Surabaya saat ini memiliki tiga kampus di lokasi yang berbeda. Berikut lokasi ketiga kampus Universitas Surabaya.

  • Kampus 1 (Kampus Ubaya Ngagel) terletak di Jalan Ngagel Jaya Selatan, Surabaya.
  • Kampus 2 (Kampus Ubaya Tenggilis) terletak di Jalan Raya Kalirungkut, Surabaya.
  • Kampus 3 (Kampus Ubaya Trawas) terletak di Tamiajeng, Trawas, Mojokerto.

Universitas Surabaya memberikan sumbangsih dalam rangka mendukung pengelolaan sumber energi terbarukan dan mengambil potensi alam untuk pembangunan Indonesia dengan mendirikan Pusat Stusi Energi Terbarukan atau (PSET) pada tahun 2011.

Perguruan tinggi swasta yang berdiri sejak tahun 1968 ini telah menorehkan beragam prestasi. Universitas Surabaya pada tahun 2008 pernah memenangkan Kategori Peduli Prestasi Olahraga. Pada tahun berikutnya, Universitas Surabaya berprestasi di bidang Kemahasiswaan dan bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Pada perayaan dies natalis ke-40, Universitas Surabaya berencana maju menuju Word Class University (WCU). Universitas Surabaya juga meraih 2 bintang dalam QS World University Ranking pad tahun 2015.

Kemudian Universitas Surabaya kembali melebarkan sayapnya dengan membuka fakultas baru dalam rentang tahun 2012-2016, yakni Fakultas Industri Kreatif dan Fakultas Kedokteran. Universitas Surabaya memiliki tiga kampus dengan fungsi yang berbeda-beda. Kampus 1 yang berada di Ngagel difokuskan untuk gedung rektorat dan poliklinik. Kampus 2 yang berada di Rungkut difokuskan untuk gedung pendidikan jenjang S1 dan Pascasarjana. Sementara Kampus 3 yang berada di Trawas difokuskan untuk kegiatan pembelajaran outdoor.

Visi, Misi, dan Tujuan Universitas Surabaya

Visi:

Menjadikan Universitas Surabaya sebagai The First University in Heart and Mind.

Misi:

Memajukan masyarakat bisnis dan industri melalui pengembangan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi secara berkesinambungan demi kesejahteraan umat manusia.

Tujuan:

  1. Menghasilkan lulusan pada jenjang pendidikan tinggi yang memiliki kompetensi keilmuan, keterampilan, dan karakter yang sesuai degan kebutuhan untuk memajukan masyarakat bisnis dan industri.
  2. Memajukan penelitian, penerapan ilmu dan teknologi, dalam rangka perannya menjadi mitra masyarakat bisnis dan industri.
  3. Memfasilitasi terciptanya komunitas yang menghormati nilai-nilai kehidupan (pro life) humanisme, dan demokrasi yang diwujudkan dalam bingkai kedamaian dan keadilan.
  4. Mengelola sumber daya manusia, dana, sarana, dan prasarana yang diperlukan.
  5. Mengembangkan kerja sama dengan lembaga lain yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri.

Akreditasi Universitas Surabaya (UBAYA) : A

Universitas Surabaya yang didirikan pada tahun 1966, secara institusi telah terakreditasi “A” oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Video Profil Universitas Surabaya (UBAYA)

Profil Universitas Surabaya dapat disaksikan melalui tautan video berikut ini:

https://www.youtube.com/watch?v=GlyG8xorHBU

Fakultas dan Jurusan di Universitas Surabaya (UBAYA)

Biaya Kuliah di Universitas Surabaya (UBAYA)

Rincian biaya kuliah di Universitas Surabaya dapat dilihat di sini.

Jurusan Favorit Saintek di UBAYA

Jurusan Favorit Soshum di UBAYA

Fasilitas

Universitas Surabaya sebagai perguruan tinggi swasta terfavorit di Surabaya menghadirkan berbagai fasilitas penunjang untuk kegiatan akademik dan non akademik. Berikut ini berbagai fasilitas penunjang yang dapat dinikmati mahasiswa Universitas Surabaya.

1. Klinik Medis

Universitas Surabaya membangun fasilitas klinik medis sebagai salah satu misi Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengamalan ilmu pengetahuan dan teknologi secara langsung untuk memberikan pelayanan  kepada keluarga kampus Ubaya dan masyarakat sekitar. Fasilitas klinik medis hadir untuk menyediakan layanan kesehatan yang representatif bagi civitas academica dan masyarakat umum. Klinik medis Universitas Surabaya memberikan pelayanan dokter umum serta layanan kesehatan gigi dan mulut.

2. Ubaya Training Center (UTC)

Perguruan tinggi swasta yang dibangun sejak tahun 1968 ini menyediakan fasilitas Ubaya Training Center (UTC) sebagai bagian dari Integrated Outdoor Campus (IOC). Fasilitas ini menjadi bagian dari Kampus 3 yang berada di daerah Trawas. Fasilitas ini berdiri di atas lahan seluas 36 hektare yang menawarkan konsep pembelajaran luar ruangan. Pembelajaran di Ubaya Training Center (UTC) berfokus pada alam, pengelolaan, dan pemanfaatan yang efektif serta maksimal.

Fasilitas ini dibangun sebagai wujud atau aplikasi nyata masyarakat modern yang membutuhkan alam sebagai jawaban solusi terbaik dalam melakukan pembelajaran. Desain Ubaya Training Center (UTC) menggunakan bahan alami, seperti kayu dan batu alam. Ubaya Training Center (UTC) mengutamakan penataan taman bernuansa hijau yang berseri dengan penanaman berbagai jenis tanaman dan bunga. Hal tersebut bertujuan agar lingkungan sekitar Ubaya Training Center (UTC) semakin hidup dan segar. Fasilitas ini dinilai cocok untuk mahasiswa yang ingin melangsungkan pembelajaran dengan suasana alam sesungguhnya. Selain itu, masyarakat luar juga dapat menikmati fasilitas Ubaya Training Center (UTC) untuk sekadar mengajak keluarga berekreasi menikmati alam sambil belajar tentang alam dan sistem pengolahannya.

3. Perpustakaan

Universitas Surabaya menghadirkan sarana penunjang berupa perpustakaan yang memiliki peran strategis dalam menyediakan informasi. Selain itu, civitas academica sebagai pengguna di lingkungan Universitas Surabaya dapat mengetahui perkembangan ilmu pengetahuan melalui fasilitas ini. Perpustakaan Ubaya berusaha memberikan yang terbaik untuk menjadi tempat pemenuhan kebutuhan informasi yang dapat menunjang kegiatan akademik.

Layanan yang disediakan perpustakaan Ubaya ialah layanan sirkulasi dimana peminjaman, perpanjangan, pengembalian, dan pemesanan buku dapat dilakukan. Layanan sirkulasi dilengkapi teknologi informasi yang dapat memudahkan mahasiswa melakukan penelusuran bahan pustaka dan layanan perpustakaan dengan efektif. Kelebihan dari layanan sirkulasi adalah mahasiswa dapat memperpanjang masa pinjam dan melakukan pemesan buku yang sedang dipinjam mahasiswa lain.

4. Ubaya Language Center (ULC)

Ubaya Languange Center atau yang kerap disingkat ULC merupakan fasilitas berupa pusat bahasa yang menjadi unit penunjang kegiatan akademik. Fasilitas ini didirikan dengan tujuan menyediakan pelatihan bahasa dan keterampilan komunikasi yang bermutu bagi civitas academica maupun masyarakat umum. Pusat bahasa ini memiliki tenaga pengajar yang berkualitas serta suasana akademik yang menyenangkan untuk mencapai tujuan ULC.

Ubaya Language Center (ULC) menyediakan beragam layanan pelatihan bahasa, yakni:

  • Bahasa Indonesia untuk mahasiswa/orang asing;
  • Kursus bahasa Inggris, Jerman, Belanda, Perancis, Spanyol, Korea, Mandarin, dan Jepang;
  • Layanan Persiapan Tes Bahasa, seperti IELTS, TOEFL, TSE, Ibt, dan Japanese Proficiency Test; dan lain sebagainya.

5. Akses Internet Wi-Fi/Hotspot

Fasilitas teknologi informasi yang satu ini merupakan kebutuhan yang cukup penting untuk proses belajar-mengajar di lingkungan Universitas Surabaya. Saat ini, Universitas Surabaya telah dilengkapi dengan koneksi internet sebesar 395 Mbps yang menggunakan teknologi terbaru. Fasilitas ini dapat diakses oleh seluruh civitas academica Universitas Surabaya di berbagai area kampus, baik Kampus 1 yang berada di Ngagel dan Kampus 2 yang berada di Tenggilis. Fasilitas penting yang mendukung proses belajar-mengajar ini mulai diuji coba pada bulan November 2007.

Beasiswa

Universitas Surabaya bekerja sama dengan berbagai pihak, baik pemerintah maupun instansi swasta dalam memberikan bantuan biaya pendidikan yang bertujuan untuk mendukung kelancaran studi mahasiswanya. Berikut berbagai jenis beasiswa yang ditawarkan oleh Universitas Surabaya.

1. Beasiswa dari Pemerintah

  • Beasiswa Supersemar
  • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA),
  • Beasiswa Belajar Mahasiswa (BBM),
  • Beasiswa Korban Kerusuhan, dan
  • Beasiswa Student’s Grant.

2. Beasiswa dari instansi swasta/partisipasi masyarakat

  • Beasiswa PT Kuda Laut,
  • Beasiswa Yayasan Salim,
  • Beasiswa Asuransi Ramayana,
  • Beasiswa Asuransi Bumi Asih,
  • Beasiswa Alumni,
  • Beasiswa Telkom, dan
  • Beasiswa Yayasan Adi Jasa.

3. Beasiswa dari Universitas Surabaya untuk mahasiswa kurang mampu secara ekonomi dan anak-anak karyawan

  • Beasiswa Simpati (Sosial-Ekonomi), dan
  • Beasiswa Putra-Putri Karyawan Tetap.

Informasi selengkapnya mengenai beasiswa yang ditawarkan Universitas Surabaya dapat disimak di sini.

Sewa Kos

Tersedia cukup banyak tempat kos dekat kampus Universitas Surabaya. Mayoritas tempat kos menawarkan sistem pembayaran per bulan, dengan harga sewa paling murah Rp 250.000. Fasilitas yang ditawarkan dengan harga sewa tersebut kamar kosongan dan kamar mandi luar dengan kloset jongkok saja. Fasilitas bersama yang ditawarkan dengan harga tersebut ialah ruang jemur dan parkir motor

Adapun harga sewa kos paling mahal dekat kampus Universitas Surabaya adalah Rp 4.000.000 per bulan. Fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap, yakni AC, bantal, cermin, kasur, kursi, lemari baju, meja, TV Kabel, Wi-Fi, dan kamar mandi dalam dengan kloset duduk beserta shower. Sementara fasilitas bersama yang ditawarkan adalah balkon, CCTV, dapur, dispenser, ruang jemur, kulkas, ruang santai, ruang tamu, taman, dan parkiran.

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Buku Pelajaran SD, SMP, SMA
  • Buku SBMPTN
  • Buku Persiapan Ujian
  • Buku Uji Kompetensi
  • Buku Tes Masuk TNI & Polri
  • Berbagai macam kategori buku seperti buku novel, hobi, motivasi, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Buku Pelajaran SD, SMP, SMA
  • Buku SBMPTN
  • Buku Persiapan Ujian
  • Buku Uji Kompetensi
  • Buku Tes Masuk TNI & Polri
  • Berbagai macam kategori buku seperti buku novel, hobi, motivasi, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Biaya Hidup Di Surabaya

Biaya Hidup / Bulan

Terendah (Rp. 720.000)
Rata-rata (Rp. 900.000)
Tertinggi (Rp.1.350.000)

Sewa Kos

Terendah (Rp. 250.000)
Rata-rata (Rp. 413.500)
Tertinggi (Rp.600.000)

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Dimana lokasi UBAYA?

Di Jl. Ngagel Jaya Selatan No. 169. Surabaya

Ada berapa kampus UBAYA?

UBAYA memiliki tiga kampus yaitu di Ngagel, Rungkut, dan Outdoor Campus di Trawas.

Jurusan favorit di UBAYA?

Beberapa jurusan favorit, yang memiliki banyak peminatnya yaitu Akuntansi, Ilmu Hukum, hingga Psikologi.

Spesialisasi
  • Teaching skills
Video