Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Rekomendasi Novel Yang Diadaptasi Ke Film/Serial TV Pada Tahun 2022

Rekomendasi Novel Yang Diadaptasi Ke Film/Serial TV Pada Tahun 2022

Grameds, suka nonton film atau serial televisi nggak nih? Sebagai penonton, kalian pasti sering menemukan banyak cerita yang menurut kalian menarik yang membuat kalian menyukainya. Tapi kalian tahu nggak kalau beberapa cerita yang kalian tonton itu ceritanya bersumber dari novel yang kemudian diadaptasi ke bentuk film atau serial televisi?

Sudah sedari dulu alih wahana ke film atau serial televisi dengan cerita berdasarkan dari novel ditayangkan. Bahkan di tahun 2022, ada banyak sekali film yang merupakan adaptasi dari novel. Nah, kali ini Admin mau memberi tahu beberapa film dan serial televisi tahun ini yang diadaptasi dari novel. Simak terus artikelnya, ya!

Rekomendasi Novel yang Diadaptasi ke Film/Serial TV pada tahun 2022

1. Death on the Nile

Death on the Nile bermula dari kisah Simon Doyle dan Jacqueline de Bellefort, seorang perempuan dari latar belakang keluarga yang miskin. Mereka baru saja bertunangan. Suatu hari, de Bellefort memperkenalkan Doyle ke temannya yang bernama Linnet Ridgeway demi mendapatkan pekerjaan dan memulai hidup baru. Tidak disangka, Doyle jatuh cinta dengan Ridgeway dan meninggalkan de Bellefort.

NovelBeli Sekarang!

Keduanya pun akhirnya menikah dan berbulan madu di SS Karnak, sebuah kapal yang mengelilingi Sungai Nil. Namun bulan madunya berakhir tragis karena Ridgeway dibunuh oleh seseorang. Di kapal yang sama, ada Hercule Poirot, seorang detektif yang sedang melakukan perjalanan ke Mesir. Poirot pun akhirnya harus ikut mengungkap siapa dalang pembunuhan di kapal tersebut.

Novel Death on the Nile sudah tiga kali diadaptasi ke media lain yaitu media film pada tahun 1978 dan media serial televisi yang berjalan dari 1989 sampai 2013 dengan judul Poirot. Terbaru, pada 2022, adaptasi baru disutradarai oleh Kenneth Brannagh dan dibintangi oleh aktor papan atas seperti Russel Brand, Gal Gadot, Letitia Wright, dan banyak aktor lainnya. Film ini dapat ditonton di Disney+ Hotstar

Kalian juga bisa baca versi e-booknya di sini >>> Death on the Nile

2. No Exit

Darby Thorne, seorang pecandu yang direhabilitasi, baru saja mendapat kabar kalau ibunya sedang dirawat di rumah sakit karena penyakit otak. Mengetahui kabar itu, ia langsung kabur dari pusat rehabilitasi untuk mengunjungi ibunya. Sialnya dalam perjalanan pulang, ia terjebak oleh badai salju dan terpaksa bermalam di rest area dengan 4 pengemudi lainnya.

NovelBeli Sekarang!

Saat sedang berjalan-jalan untuk mencari sinyal telepon, Darby menyadari ada tangan kecil melambai dari dalam sebuah van di tempat parkir. Ia melihat ada seorang anak kecil sedang dikurung! Tidak salah lagi kalau empat pengemudi lainnya adalah tersangkanya. Dapatkah Darby menyusun rencana tanpa diketahui oleh tersangkanya dan menyelamatkan gadis itu?

Pada tahun 2022, novel ini diadaptasi menjadi film dengan Damian Power sebagai sutradaranya dan dibintangi oleh Havana Rose Liu yang berperan sebagai Darby Thorne. Film ini dapat ditonton di Disney+ Hotstar

3. Where the Crawdads Sing

Kota Barkley Cove adalah sebuah desa nelayan yang sering dihantui oleh mitos tentang Gadis Rawa, yang membuat penduduknya tidak merasa tenang. Di kota itu, tinggal Kya Clark, seorang wanita yang kelihatan liar dan sering berjalan tanpa alas kaki, dan juga tinggal dekat rawa.

NovelBeli Sekarang!

Suatu hari, seorang anak tampan bernama Chase Andrews ditemukan tewas di dekat rawa. Penduduk setempat pun langsung mencurigai Kya sebagai tersangka pembunuhan nomor satu. Asumsi para penduduk yang buruk tentang Kya membuatnya langsung dibuat jadi tersangka, tapi apakah Kya benar-benar sesuai dengan asumsi para penduduk? Apakah benar Kya membunuhnya? Atau Kya akan menemukan pembunuhnya sendiri?

Pada tahun 2022, adaptasi dari film Where the Crawdads Sing dirilis dengan dibintangi oleh aktor dan aktris muda yang sedang naik daun seperti Harris Dickinson dan Daisy-Edgar Jones. Film ini disutradarai oleh Olivia Newman.

Kalian juga bisa baca versi e-booknya disini >>> Where the Crawdads Sing

4. Persuasion

Anak bangsawan, Anne Elliot, harus rela berpisah dari kekasihnya, Frederick Wentworth, karena tidak disetujui oleh keluarganya yang menganggapnya tidak sederajat dengan nama besar keluarga Elliott. Setelah berpisah pun, Anne menyendiri terus dan tidak menerima pinangan dari pria lain.

NovelBeli Sekarang!

Delapan tahun kemudian, keduanya kembali bertemu lagi. Namun, Frederick bertindak seolah tidak mengenal dirinya dan Anne berusaha untuk tidak gugup tiap menatap Frederick. Akankah mereka berdua bisa bersatu kembali?

Pada tahun 2022, Persuasion diadaptasi menjadi film dengan Netflix sebagai distributornya. Film ini disutradarai oleh Carrie Cracknell dengan Dakota Johnson dan Cosmo Jarvis masing-masing berperan sebagai Anne Elliot dan Frederick Wentworth. Film ini merupakan modernisasi dari karya Jane Austen tersebut dengan Anne Elliot menembus dinding keempat (berinteraksi dengan penontonnya).

Kalian juga bisa baca versi e-booknya di sini >>> Persuasion


Baca juga: Daftar Buku Klasik Dunia yang Diadaptasi ke Film/Serial TV


5.  Maria Beetle

Maria Beetle berlatar di shinkansen (kereta cepat) di Jepang. Karakter utama dari cerita ini adalah Kimura Yuichi, seorang mantan pembunuh bayaran yang ingin membalas dendam dikarenakan anaknya dibuat koma oleh psikopat cilik bernama Satoshi, atau lebih akrab disebut Ouji. Ia berhasil melacak keberadaan Ouji di shinkansen dari Tokyo menuju Morioka.

NovelBeli Sekarang!

Nahasnya, ternyata Ouji bukan satu-satunya orang berbahaya disitu. Ada Nanao, pembunuh bayaran penakut dan selalu terkena sial, begitu juga duo pembunuh bayaran ulung. Bagaimana semua orang berbahaya itu bisa ada dalam satu tempat? Dapatkah Kimura membalaskan dendamnya disaat banyak orang berbahaya lainnya mungkin mengintai dirinya?

Maria Beetle diadaptasi menjadi sebuah film pada tahun 2022 dan menggunakan judul bahasa Inggris Bullet Train. Film ini disutradarai oleh David Leitch dan dibintangi oleh aktor-aktor papan atas yang memerankan para pembunuh bayaran seperti Brad Pitt, Aaron-Taylor Johnson, Brian Tyree Henry, dan Andrew Koji. Beberapa unsur dari filmnya diganti seperti genrenya yang thriller menjadi action-comedy namun secara cerita masih sama.

Kalian juga bisa baca versi e-booknya di sini >>> Maria Beetle


Baca juga: Novel Maria Beetle, Ketika 5 Pembunuh Berada di Satu Shinkansen


6. Luckiest Girl Alive

Ani Fanneli adalah wanita karir berusia 28 tahun yang sangat sukses. Pekerjaannya sebagai penulis di majalah wanita berjalan sukses, barang-barang mahal dapat dibelinya, dan juga memiliki pacar mapan yang sangat mencintai dirinya.

NovelBeli Sekarang!

Suatu hari, seorang sutradara dokumenter menghampirinya dan ingin menjadikannya narasumber. Sang sutradara ingin mewawancarainya tentang penembakan di sekolahnya saat masa remaja. Syuting dokumenter ini membuka memori lama yang dipendam oleh Ani dan membuat masa lalunya yang kelam kembali menghantuinya.

Luckiest Girl Alive diadaptasi menjadi film pada tahun 2022 yang didistribusikan oleh Netflix. Film ini disutradarai oleh Mike Barker dengan Mila Kunis berperan sebagai Ani Fagnelli dan Finn Wittrock berperan sebagai Luke, pacar Ani.

Kalian juga bisa baca versi e-booknya disini >>> Luckiest Girl Alive

7. School for Good and Evil

Setiap empat tahun sekali, banyak anak diculik untuk dimasukkan ke sekolah kebaikan dan sekolah kejahatan. Sekolah ini akan membimbing mereka untuk jadi pahlawan dan penjahat di dongeng. Agatha dan Sophie adalah pasangan sahabat. Sophie sangat yakin akan masuk ke sekolah kebaikan dengan penampilannya yang sangat anggun sedangkan Agatha dengan sifatnya yang kelihatan buruk diyakinkan akan masuk ke sekolah kejahatan.

NovelBeli Sekarang!

Namun kenyataan berkata sebaliknya. Sophie masuk ke sekolah kejahatan dan Agatha masuk ke sekolah kebaikan. Sophie yang yakin bahwa ada kesalahan berusaha membuktikan bahwa dirinya adalah putri sejati dan terobsesi untuk mewujudkannya. Sementara itu pula di sekolah kebaikan, Agatha menjadi anak yang lebih baik dan perlahan menjadi seperti putri sejati. Persahabatan keduanya pun perlahan juga mulai retak karena obsesi Sophie merubahnya menjadi penyihir agung.

School for Good and Evil diadaptasi menjadi sebuah film pada tahun 2022 yang didistribusikan oleh Netflix dan disutradarai oleh Paul Feig serta dibintangi oleh Sophia Anne Caruso dan Sofia Wylie yang berperan sebagai Sophie dan Agatha. Artis papan atas seperti Michelle Yeoh, Cate Blanchett, dan Charlize Theron juga ikut berperan di film ini sebagai pemeran pendukung.

Kalian juga bisa baca versi e-booknya di sini >>> School for Good and Evil


Baca Juga: Review Buku The School for Good and Evil, Sedang Tayang di Netflix!


8. Kisah Misteri Enola Holmes - Misteri Nona Bertangan Kidal

Enola adalah adik dari Sherlock dan Mycroft Holmes. Di cerita ini, Enola kabur dari kedua kakaknya ke Inggris dan membangun agensi detektif dengan detektif fiktif dan ia menyamar menjadi asisten dari detektif tersebut. Agensinya merupakan agensi untuk mencari orang hilang.

NovelBeli Sekarang!

Enola akhirnya mendapatkan kasus yaitu harus menemukan seorang wanita bernama Nona Cecily. Petunjuk yang ia ikuti menuntunnya ke hal yang luar biasa. Di waktu yang sama, Sherlock sedang sangat bertekad untuk menemukan adik bungsunya untuk dibawa ke sekolah akhir. Dapatkah Enola dan Sherlock menyelesaikan misi mereka masing-masing?

Enola Holmes sudah diadaptasi menjadi film dan didistribusikan oleh Netflix. Enola sendiri diperankan oleh Millie Bobby Brown. Filmnya ada dua seri, yang pertama rilis pada 2020 dan film keduanya rilis pada tahun 2022. Kedua filmnya dapat ditonton di Netflix


Baca juga: Sekuel Film Enola Holmes Segera Rilis di Netflix!


9. Wuthering Heights

Heathcliff adalah seorang gelandangan yang ditemukan oleh pria bernama Tn. Earnshaw. Ia dibawa oleh Tn. Earnshaw ke kediamannya yang ada di Wuthering Heights. Di sana, ia bertemu Catherine, wanita yang sangat dicintainya. Namun, ketika Catherine akhirnya menikah dengan Edgar Linton, yang merupakan saingan dari Heathcliff, ia kabur dan kelak akan kembali saat sudah menjadi kaya raya dan berpendidikan. Sejak saat itu, ia menyusun rencana balas dendam ke keluarga Linton dan Earnshaw yang diyakininya telah menghancurkan hidupnya.

NovelBeli Sekarang!

Ia pun akhirnya kembali dan mulai membalaskan dendamnya satu per satu ke orang yang dianggapnya membuat hidupnya hancur. Seiring berjalannya waktu, ia menjadi semakin murka saat mengetahui kalau Catherine meninggal dunia. Tujuannya pun berganti menjadi menyiksa siapapun yang membuat Catherine meninggal. Akankah ia berhasil membalaskan dendamnya?

Wuthering Heights tidak mendapatkan adaptasi film namun cerita Wuthering Heights adalah bagian penting dari adaptasi film Emily yang rilis pada tahun 2022. Emily sendiri adalah film tentang sang penulis dari Wuthering Heights, Emily Bronte. Filmnya adalah sebuah biografi tentang kehidupan Emily Bronte dan inspirasinya saat menulis Wuthering Heights di pedesaan Yorkshire. Emily diperankan oleh Emma Mackey.

10. Pachinko

Diceritakan melalui empat generasi yang berbeda, Pachinko adalah novel mengenai kehidupan di tahun 1950an saat Korea sedang dalam masa kolonisasi Jepang. Kim Sunja, putri pemilik pemondokan di desa nelayan dekat Busan, hamil di luar nikah setelah berhubungan dengan Koh Hansu, seorang makelar Korea. Sunja diselamatkan oleh Baek Isak, seorang rohaniwan muda yang bersedia menikahinya dan mereka pun bermigrasi ke Jepang.

NovelBeli Sekarang!

Di negeri asing, mereka pun tidak serta merta hidup bahagia. Sebagai orang Korea yang datang ke Jepang, mereka banyak mendapatkan diskriminasi dan banyak hal lainnya. Mereka dihadapkan oleh kehidupan baru yang keras dan tidak seperti yang digemborkan kehebatannya oleh orang-orang.

Pachinko diadaptasi ke serial televisi dan tayang pada tahun 2022 di platform streaming Apple TV. Serialnya tayang sebanyak delapan episode dan disutradarai oleh Kogonada dan Justin Chon. Serial ini dibintangi oleh aktor papan atas seperti Lee Min-Ho, Kim Min-Ha, Youn-Yuh Jung, dan banyak aktor lainnya.

Kalian juga bisa baca versi e-booknya di sini >>> Pachinko


Baca juga: Novel Best Seller Pachinko Kini Diadaptasi Menjadi Serial Drama Korea


11. Little Women

Little women bercerita tentang empat bersaudara keluarga March Meg yang artistik, Jo si tomboi, Beth yang rapuh, dan Amy yang artistik. Keempat saudari ini membantu ibunya dalam kesehariannya karena sang ayah menjadi prajurit  Perang Saudara di Washington.

NovelBeli Sekarang!

Novel ini banyak bercerita tentang keseharian empat bersaudari itu dan juga usaha mereka untuk meraih impian mereka masing-masing walau diterjang banyak halangan yang menimpa mereka.

Little Women sudah mendapatkan banyak alih wahana dan terbaru rilis di 2022, ada adaptasi dari drama korea yang mengambil inti ceritanya saja namun memiliki jalan penceritaan yang sangat berbeda dan berlatar di Korea zaman modern. Drama ini bahkan memiliki unsur fantasi yang tidak dimiliki bukunya. Saudarinya juga mengalami pengurangan dengan hanya ada tiga bersaudari di drama ini. Ketiga saudarinya diperankan oleh Kim Go-Eun, Nam Ji-Hyun ,dan Park Ji-Hu. Drama ini disutradarai oleh Kim Hee-won dan dapat ditonton di Netflix.

Kalian juga bisa baca versi e-booknya disini >>> Little Women


Baca juga: Perbedaan Cerita Drama Korea Little Women dengan Novel Aslinya


12. The Viscount Who Loved Me

Buku kedua dari seri buku Bridgerton ini bercerita tentang Antony Bridgerton, seorang pangeran bujangan yang sulit ditaklukkan dan bahkan tidak minat untuk menikah. Ia bahkan memiliki kolom tentang dirinya yang dicap sebagai playboy. Namun, ia membuktikan kolom itu salah dan menunjukan minat untuk menikah bahkan sudah memilih calon istri!

NovelBeli Sekarang!

Namun ia terhalang oleh calon kakak iparnya, Kate Sheffield, seorang wanita yang sangat suka ikut campur dalam hidup orang. Anthony berulang kali dibuat geram oleh ikut campur Kate. Kate tidak percaya playboy macam Anthony bisa menjadi suami yang baik dan bertekad untuk melindungi adiknya dari playboy itu. Namun apa daya, bahkan Kate jatuh hati setelah Anthony menyentuh bibirnya. Bagaimana kelanjutan kisah mereka?

Bridgerton telah diadaptasi menjadi serial Netflix sejak 2020 dan pada 2022, musim kedua dari serial ini tayang. Jonathan Bailey memerankan Anthony sejak musim pertama Bridgerton dan Simone Ashley menjadi Kate Sheffield. Serial ini diadaptasi ke serial televisi oleh Chris van Dusen.

Kalian juga bisa baca versi e-booknya di sini >>> The Viscount Who Loved Me


Baca juga: Intip Duluan Kisah Bridgerton Season Kedua dari Novel Ini!


13. One of Us is Lying

Lima murid masuk ruang detensi. Bronywn, si anak jenius, Addy si anak populer, Nate si anak bandel, Cooper si atlit handal, dan Simon, si pembuat onar yang membuat forum gosip untuk anak sekolahnya.

NovelBeli Sekarang!

Detensi nyaris berakhir namun kejadiaan nahas terjadi, Simon tiba-tiba tewas dan penyidik menemukan kalau kematiannya disengaja. Keempat siswa detensi lainnya langsung menjadi tersangka utama dan masing-masing mempunyai motif untuk membunuh Simon. Kira-kira siapa yang berbohong?

One of Us is Lying sudah tayang sejak 2021 di aplikasi streaming Peacock di Amerika Serikat dan di Indonesia, serialnya ditayangkan di aplikasi streaming Netflix. Musim keduanya baru saja rilis di Netflix pada 16 November 2022 kemarin. Kedua musimnya agak berbeda dari buku namun jalan cerita yang diambil tetap sama. Serial ini diadaptasi ke serial televisi oleh Dario Madrona di musim pertama dan Erica Saleh di musim kedua. Serial ini dibintangi oleh aktor dan aktris muda seperti Annalisa Cochrane dan Mark McKenna.

Kalian juga bisa baca versi e-booknya di sini >>> One of Us is Lying

14. Station Eleven

Flu Georgia adalah flu yang sudah banyak menyebar di seluruh dunia. Masa penyebarannya sangat dan jika tertular, manusia akan langsung mati dalam hitungan jam atau beberapa hari kemudian. Bahkan berita menghitung persentase kematian karena flu georgia sudah mencapai 99%.

NovelBeli Sekarang!

Station Eleven bercerita tentang korban-korban yang masih bertahan hidup yang tergabung dalam Travelling Symphony, grup orkestra yang menampilkan Shakespeare dan musikal lainnya. Alur ceritanya berjalan secara maju mundur dengan menceritakan kehidupan sebelum flu Georgia menyerang dan efek dari flu tersebut 19 tahun kemudian. Perjalanan mereka dalam bertahan hidup pun menemukan bahaya yang mungkin mengancam hidup mereka.

Station Eleven diadaptasi menjadi serial televisi oleh HBO dan diadaptasi ke serial terbatas oleh Patrick Somerville dan berjalan 10 episode. Aktor-aktris yang ikut berperan dalam serial ini diantaranya seperti Mackenzie Davis, Himesh Patel, dan David Wilmot.

Kalian juga bisa baca versi e-booknya di sini >>> Station Eleven

Nah itu dia beberapa daftar film dan serial televisi yang diadaptasi ke novel pada tahun ini. Kalau sudah selesai menonton, jangan lupa untuk membaca bukunya untuk mengetahui ceritanya lebih lanjut atau ingin sekadar membandingkan ceritanya. Semua buku di atas bisa kamu dapatkan di Gramedia.com. Segera beli bukunya ya!!

Jangan lupa juga untuk lihat penawaran spesial dari Gramedia.com hanya untuk kamu. Cek promonya di bawah ini yang bisa kamu gunakan agar belanja jadi lebih hemat! ⤵️

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber header: cairowestmag.com

Penulis: Mohammad Fachrul Rozy


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus