Daftar Buku Klasik Dunia yang Diadaptasi ke Film/Serial TV Tahun 2020

Daftar Buku Klasik Dunia yang Diadaptasi ke Film/Serial TV Tahun 2020

. 4 min read

Apa yang kamu tunggu-tunggu pada tahun 2020? Karier yang cemerlang, jodoh yang segera datang, dan kebahagiaan yang berulang menjadi harapan baik yang ditunggu-tunggu untuk disambut saat tahun baru.

Bagaimana dengan buku baru karya penulis favoritmu atau film yang diadaptasi dari buku yang kamu suka? Buat kamu pencinta karya klasik, berikut beberapa novel klasik dunia yang diadaptasi menjadi film dan serial TV pada tahun 2020.

Dracula karya Bram Stoker

Dracula
Dracula karya Bram Stoker

Tepat 1 Januari 2020 saat tahun baru kemarin, serial TV Dracula (2020) rilis tayang di Netflix. Serial yang hanya terdiri atas tiga episode itu dibuat oleh tim kreator yang sama dengan serial TV Sherlock yaitu Steven Moffat dan Mark Gatiss.

Miniseri Dracula (2020) diadaptasi dari karya klasik tersohor karya Bram Stoker yang pertama kali rilis pada 1897. Dracula bercerita tentang Vlad Dracula yang menjadi haus darah setelah pasangannya Elisabeta melakukan bunuh diri.

Emma karya Jane Austen

Emma
Emma karya Jane Austen

Film Emma (2020) rencananya tayang pada Februari 2020 nanti. Sebetulnya Emma sudah diangkat menjadi film pada 1996 dengan sutradara Douglas McGrath. Kali ini, Emma disutradarai oleh Autumn de Wilde dengan Anya Taylor-Joy menjadi pemeran utamanya.

Jane Austen adalah yang pertama memperkenalkan Emma dalam buku karangannya yang berjudul sama. Buku tersebut diterbitkan pertama kali pada 1815 dan menceritakan tentang Emma Woodhouse yang terlahir dari keluarga terhormat namun tidak memiliki keinginan untuk menikah.

David Copperfield karya Charles Dickens

David
David Copperfield karya Charles Dickens (Sumber Gambar: Goodreads)

Nama David Copperfield diperkenalkan oleh Charles Dickens pada 1850. Karya ini memiliki judul lengkap The Personal History, Adventures, Experience and Observation of David Copperfield the Younger of Blunderstone Rookery (Which He Never Meant to Publish on Any Account). Ya, sepanjang itu!

Rencananya, karya kedelapan Charles Dickens tersebut tayang film adaptasinya pada Mei 2020. Bertajuk The Personal History of David Copperfield (2020), film tersebut disutradarai oleh Armando Iannucci. Karakter David Copperfield sendiri diperankan oleh aktor Dev Patel.

The Invisible Man karya H.G. Wells

The
The Invisible Man karya H.G. Wells

Kamu suka karya bergenre fiksi ilmiah? Ada The Invisible Man (2020) yang tayang pada Februari 2020. Film itu diarahkan oleh sutradara Leigh Whannell dan dibintangi oleh Elisabeth Moss dan Oliver Jackson-Cohen.

Film tersebut disarikan dari The Invisible Man karya H.G. Wells yang terbit pertama kali pada 1897. Ceritanya tentang seorang ilmuwan bernama Griffin yang menemukan cara untuk jadi tidak terlihat. Sayangnya, ia tidak bisa menampakkan tubuhnya kembali.

The Voyages of Doctor Dolittle karya Hugh Lofting

The
The Voyages of Doctor Dolittle karya Hugh Lofting (Sumber Gambar: Goodreads)

Pernah punya keinginan dapat berbicara dengan binatang? Doctor Dolittle bisa melakukannya. Diperankan oleh Robert Downey Jr., Dolittle (2020) tayang pada Januari 2020. Film tersebut disutradari oleh Stephen Gaghan.

Dolittle (2020) diadaptasi dari karya Hugh Lofting berjudul The Voyages of Doctor Dolittle. Pertama kali terbit pada 1922 dan memenangkan Newbery Medal tahun 1923, karya ini bercerita tentang seorang dokter hewan yang harus mencari obat ke sebuah pulau mistis untuk menyembuhkan Ratu Victoria.

The Secret Garden karya Frances Hodgson Burnett

The
The Secret Garden karya Frances Hodgson Burnett

The Secret Garden (2020) tayang pada April 2020. Film tersebut disutradarai oleh Marc Munden serta dibintangi oleh Colin Firth dan Julie Walters. Sebelumnya, cerita yang sama sempat dibuatkan filmnya pada tahun 1949 dan 1993.

Pengarang Amerika Serikat kelahiran Inggris Frances Hodgson Burnett menerbitkan The Secret Garden pertama kali pada 1911. Karya klasik tersebut bercerita tentang seorang anak yatim-piatu bernama Mary Lennox yang harus tinggal bersama pamannya di daerah bernama Yorkshire.

The Call of the Wild karya Jack London

The
The Call of the Wild karya Jack London

Karya klasik Jack London berjudul The Call of the Wild dibuat adaptasi filmnya dan rilis tayang pada Februari 2020. Film The Call of the Wild (2020) disutradari oleh Chris Sanders serta dibintangi oleh Harrison Ford dan Dan Stevens.

The Call of the Wild bercerita tentang kisah seekor anjing yang bertahan hidup di Alaska selama masa Klondike Gold Rush. Itu adalah masa migrasi sekitar 100.000 orang berkat adanya prospek emas yang tertimbung di sepanjang sungai Klondike, Yukon, Kanada.


Baca juga:


Sumber gambar header: Shutterstock / Stevemart