Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Perbedaan Cerita Drama Korea Little Women dengan Novel Aslinya

Perbedaan Cerita Drama Korea Little Women dengan Novel Aslinya

Novel klasik Louisa May Ascott, yaitu Little Women, kini bisa kamu nikmati dalam wahana baru! Little Women sudah banyak diadaptasi dalam bentuk media seperti teater, film, dan televisi, tapi adaptasi Little Women kali ini adalah adaptasi serial drakor atau Drama Korea yang membawa genre lebih menegangkan! Drama ini disutradarai oleh Kim Hee Won dengan naskah yang ditulis oleh Jung Seo Kyung.

Little Women dibintangi oleh tiga aktris cantik yang sudah tak perlu diragukan lagi dalam berakting, seperti Kim Go Eun yang pernah membintangi drakor Yumi's Cells, Nam Ji Hyun pada film The Tunnel, dan Park Ji Hoo pada drama All of Us are Dead. Selain itu masih ada penampilan apik dari Wi Ha Joon, Uhm Ji Won, dan Uhm Ki Joon. Drama ini tayang di saluran tvN dan tayang juga di layanan streaming Netflix.

Sinopsis Drakor Little Women

Drama Korea Little Women menceritakan tentang tiga saudari yang hidup dalam kemiskinan sejak kecil. Pada suatu hari, sebuah insiden membuat keluarga mereka terlibat dengan keluarga terkaya dan sangat kuat di Korea Selatan. Tiga saudari ini terdiri dari Oh In Joo (diperankan oleh Kim Go Eun), Oh In Kyung (Nam Ji Hyun), dan Oh In Hye (Park Ji Hoo).

Sebagai kakak tertua, Oh In Joo hanya ingin adik-adiknya hidup dengan damai karena mereka hidup miskin sejak kecil. Kehidupan miskin mereka membuat dirinya sadar bahwa uang merupakan hal yang sangat penting dan membuat Oh In Joo memilih pekerjaan sebagai seorang akuntan.

Oh In Kyung adalah anak kedua dari tiga saudari ini. Ia bekerja sebagai seorang reporter dan ia memiliki idealisme yang sangat tinggi. Ia menjunjung kebenaran fakta dan tidak tunduk dengan uang.

Oh In Hye merupakan anak termuda dari tiga bersaudari ini. Menjadi anak termuda membuat dirinya sangat disayang oleh kedua kakaknya. Oh In Hye merupakan seniman hebat. Walaupun tidak pernah mempunyai peralatan seni yang memadai, dirinya berhasil masuk ke sekolah kesenian berkat bakat seninya yang hebat.

Ketiga bersaudara ini tak menyangka akan mengalami insiden tak terduga dan mengharukan. Kamu akan mendapatkan pengalaman baru dalam menikmati kisah Little Women dengan genre yang sangat seru dan penuh tantangan.

Perbedaan Drama Korea Little Women dengan Versi Bukunya

Walaupun memiliki judul yang sama, namun drakor Little Women tidak sepenuhnya mengadaptasi buku Little Women dan hanya mengambil beberapa inti dari ceritanya. Berikut beberapa perbedaan di antara kedua versi dari Little Women ini.

1. Cerita

Versi drama korea dan versi buku memiliki jalan cerita yang sangat berbeda. Versi buku berlatar pada tahun 1868 tentang kehidupan empat saudari dan perjalanan mereka dari masa kecil menuju kedewasaan.

Dalam versi drakornya sendiri, berlatar pada masa sekarang tentang kehidupan tiga saudari dan perjalanan mereka dalam menghadapi kemiskinan serta masalah pribadi yang mereka hadapi. Untuk kesamaan cerita dari kedua versi adalah para saudari di keluarganya yang menghadapi kemiskinan.

2. Genre

Genre yang diusung di kedua versi ini sangat berbeda jauh. Jika versi buku memiliki genre coming-of-age drama, versi drama korea merupakan drama bergenre misteri dan thriller.

kumpulanTemukan Semua Bukunya di Sini!

3. Karakter

Jumlah saudari dalam kedua versi Little Women memiliki perbedaan. Jika dalam versi bukunya ada empat saudari, versi drakor memiliki tiga saudari. Walaupun berbeda jumlah, karakter tiga saudari dalam drama ini memiliki kemiripan dengan tiga saudari yang ada pada buku Little Women.

Oh In Joo si kakak tertua memiliki kemiripan dengan kakak tertua dari versi buku, yaitu Meg March yang sama-sama ingin hal terbaik untuk para adiknya. Oh In Hyung, si anak kedua memiliki kemiripan dengan Jo March yang sama sama memiliki ketertarikan tinggi pada bidang penulisan, dengan perbedaan Oh In Hyung adalah seorang reporter, sedangkan Jo March adalah seorang penulis buku. Lalu si anak paling muda yaitu Oh In Hye, memiliki kemiripan dengan Amy March di mana mereka merupakan anak termuda dan mempunyai bakat dalam bidang seni.

Sinopsis Novel Little Women

Jika kita melihat pada cerita Little Women aslinya, cerita ini berfokus pada empat saudari dalam keluarga March, yaitu Margaret March atau akrab disebut Meg, Josephine March yang lebih akrab disebut Jo, Elizabeth March atau Beth, dan Amy Curtis March. Keempat saudari ini tinggal bersama ibunya selagi ayahnya pergi ke medan perang. Ketidakhadiran dari ayah mereka membuat mereka harus saling membantu dalam mencari nafkah.

Novel ini menggambarkan kehidupan sehari-hari dari keluarga March. Keseharian mereka yang sederhana digambarkan dalam buku ini. Penulis menggambarkan juga dinamika keempat saudari ini seperti keluarga pada umumnya, di mana mereka pasti akan sering meributkan banyak hal namun tetap menyayangi satu sama lain

Penasaran seperti apa keseharian keluarga March? Sebelum menonton drama Koreanya, yuk, baca dahulu novelnya yang bisa kamu dapatkan secara lengkap hanya di Gramedia.com! Jadi, kamu bisa membandingkan cerita novelnya dengan cerita di drama korea saat nanti sudah tayang. 🤩

Koleksi Novel Little Women di Gramedia.com

1. Little Women - Gadis-Gadis March (Versi Bahasa Indonesia)

littleBaca dan Koleksi Sekarang!

Kisah kehidupan keluarga March yang mempunyai empat orang putri, tinggal di daerah Concord, Amerika Serikat pada abad ke-19. Meg yang cantik, Jo yang tomboi, Beth yang rapuh, dan Amy yang artistik. Bersama Laurie, pemuda tetangga yang menjadi teman mereka sejak kecil, keempat gadis ini berusaha meraih impian masing-masing di tengah kondisi keluarga yang berat dan tengah ditinggal sang ayah yang harus ikut berperang.

2. Little Women (Versi Bahasa Inggris)

Selain novel versi bahasa Indonesia, kamu juga bisa baca dalam versi bahasa Inggris melalui buku di bawah ini. Buku ini juga bisa jadi media belajar reading comprehension dalam bahasa Inggris, lho!

littleBaca dan Koleksi Sekarang!

Oiya, kalau kamu lebih suka membaca dalam versi buku digital, kamu bisa baca melalui aplikasi Gramedia Digital, lho! Klik di sini untuk baca versi bahasa Indonesia dan di sini untuk versi bahasa Inggris.


Baca juga: Daftar Buku Klasik Dunia yang Diadaptasi ke Film/Serial TV


Yuk, temukan berbagai penawaran menarik yang bisa kamu gunakan untuk belanja di Gramedia.com melalui gambar di bawah ini! Belanja jadi makin hemat deh! 😉

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: tvN

Penulis: Mohammad Fachrul Rozy


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus