Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Sekuel Film Enola Holmes Segera Rilis di Netflix!

Sekuel Film Enola Holmes Segera Rilis di Netflix!

Yang pernah baca novel misteri Sherlock Holmes, tau nggak sih kalau dia sebenarnya punya seorang adik? Sherlock ternyata punya adik perempuan yang bernama Enola Holmes. Jika merasa tidak familiar dengan karakter Enola di cerita asli Sherlock Holmes, itu karena dia memang baru dibuat pada tahun 2006 oleh Nancy Springer.

Nancy Springer sampai saat ini sudah menulis tujuh cerita tentang Enola Holmes yang tergabung dalam seri buku The Enola Holmes Mysteries. Di Indonesia sendiri, empat dari seri buku tersebut sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia dan diterbitkan oleh Penerbit M&C!

Popularitas bukunya pun akhirnya membuatnya mendapatkan adaptasi film pada tahun 2020 yang didistribusikan oleh Netflix. Enola Holmes diperankan oleh Millie Bobby Brown (pemeran utama serial Netfilx Stranger Things). Filmnya pun disukai oleh banyak kritikus dan penonton. Kesuksesan film pertamanya pun juga membuat sekuel filmnya diumumkan dan akhirnya akan tayang pada 4 November 2022!

Cerita Dibalik Penulisan Enola Holmes

Nancy Springer mendapatkan ide cerita Enola Holmes saat Michael Green, editornya, meminta dirinya untuk mengeksplorasi masa kelam London di masa Jack the Ripper. Setelah melakukan beberapa penelitian, ia sadar kalau Sherlock Holmes memiliki latar waktu yang sama dengan Jack the Ripper. Ide awalnya adalah memberikan Sherlock Holmes seorang putri namun berpikir bahwa memberikannya seorang adik akan lebih cocok.

Dalam menulis ceritanya, Nancy meneliti tentang Inggris era Victoria melalui penelitian bersejarah dan buku berwarna. Buku berwarna sangat membantu dirinya dalam memvisualisasikan ceritanya saat menulis.

Dalam membuat Enola, Nancy merasa Enola lebih cocok menjadi adik dari Sherlock. Perbedaan umur keduanya dijelaskan dengan Enola disebut sebagai “anak yang tidak direncanakan”. Untuk ide nama Enola, idenya datang setelah ia meneliti nama romantis pada zaman itu. Status lajang Sherlock dan ketidaktahuannya tentang wanita juga berperan dalam penulisan karakter Enola karena itu membuat Nancy dapat menulis karakter yang menjadi titik lemahnya Sherlock.

Sinopsis Enola Holmes

Film Enola Holmes mengadaptasi seri pertama dari bukunya yang berjudul Kisah Enola Holmes: Kasus Menghilangnya Sang Marquess

EnolaBeli Sekarang!

Enola Holmes adalah adik bungsu dari kakak-beradik detektif  terkenal, Sherlock Holmes dan Mycroft Holmes. Suatu hari, di ulang tahun Enola yang ke-14 tahun, ia terbangun dari tidurnya dan menemukan bahwa ibunya menghilang. Ibunya ternyata meninggalkan dirinya sebuah petunjuk untuk diikuti.

Untuk membantu dirinya memecahkan petunjuk itu, ia pun menghubungi kedua kakaknya namun kedua kakaknya malah berencana untuk memasukkannya ke dalam asrama karena tidak percaya dengan adiknya yang masih muda itu. Tidak menyetujui rencana kedua kakaknya, Enola pun kabur seorang diri ke London untuk memecahkan petunjuk dan mencari ibunya.

Di tengah perjalanan untuk memecahkan misteri ibunya ke London, ia malah menemukan misteri lainnya untuk dipecahkan. Ia menemukan misteri seorang marquess yang hilang. Melalui perspektif cerdasnya pun, Enola bisa tahu betul kalau ia juga sedang melarikan diri.  Ia pun akhirnya benar-benar berpapasan dengan sang marquess yang hilang. Keduanya pun akhirnya melakukan perjalanan memecahkan misteri bersama dan melewati banyak hal yang sangat menyulitkan mereka.

Seri Novel Kisah Misteri Enola Holmes

Setelah Kasus Menghilangnya Sang Marquess, masih ada lanjutannya loh misteri yang akan dipecahkan oleh Enola!

Kisah Misteri Enola Holmes: Misteri Nona Bertangan Kidal

EnolaBeli Sekarang!

Enola sekarang mulai tinggal sendiri di London dan sedang berjuang untuk mencari nafkah sendiri. Namun dengan bantuan ibunya, uang bukan masalah terlalu besar untuk Enola. Yang menjadi masalah untuk dirinya hanyalah pengawasan ketat dari kedua kakaknya yang memaksanya mengikuti keinginan mereka untuk masuk sekolah akhir.

Dengan uang yang dimilikinya, Enola pun mendirikan kantor detektif untuk Dr. Ragostin, perditorian ilmiah pertama dari London atau penemu orang hilang yang merupakan orang imajiner agar ia bisa membangun agensi sendiri. Ia pun menyamar menjadi Ivy Meshle, sekretaris dari Dr. Ragostin yang akan membantu memecahkan misteri orang hilang.

Kasus pertama datang dari hilangnya seseorang bernama Nona Cecily. Petunjuk pertama yang ia temukan adalah diari yang ditulis oleh Nona Cecily, namun Enola menemukan kejanggalan dari kasusnya karena ia menyadari penulisan diari nya berbeda dengan yang ditulis biasanya. Saat membaca diari, Enola merasakan keluh kesah  dan suara hati yang ditulis oleh Nona Cecily sama dengan yang dia rasakan.

Di waktu yang sama, Sherlock masih berusaha untuk menemukan adik bungsunya itu. Ia pun menemukan petunjuk yang ditinggalkan oleh ibunya sebelumnya dan berhasil memecahkannya. Dengan petunjuk itu, Sherlock sangat bertekad untuk menemukan adik bungsunya. Akankah Enola dan Sherlock berhasil menyelesaikan pekerjaan mereka masing-masing?

Kisah Misteri Enola Holmes: Misteri Buket Bunga Kematian

EnolaBeli Sekarang!

Dr. Watson, asisten Sherlock Holmes, menghilang! Sherlock dan Nyonya Watson berusaha untuk mencari keberadaan dari Dr. Watson. Enola yang mendengar kabar tersebut pun langsung bersumpah untuk menemukan Dr. Watson.

Enola pun menyamar lagi, kali ini menjadi seorang pria bernama Viola Everseau. Ia pun mengunjungi rumah Nyonya Watson dengan penyamaran itu. Di kediaman Watson, ia melihat sebuah karangan bunga yang terlihat aneh. Dia dan ibunya mempelajari tentang bunga dan simbolismenya sehingga ia sadar kalau bunga tersebut memiliki makna yang tidak baik. Penelusuran bunga tersebut pun mengantarkan Enola ke sebuah misteri yang tidak ia duga. Apakah kira-kira Enola dan Sherlock berhasil menyelamatkan Dr. Watson?

Kisah Misteri Enola Holmes: Kasus Kipas Merah Muda Misterius

EnolaBeli Sekarang!

Saat sedang berada di pemandian umum untuk wanita di London, Enola berpapasan dengan seorang yang ia kenal. Orang itu adalah Nona Cecily yang ia selamatkan dari penculikan. Ia datang dengan dua orang wanita tua dan Enola sadar kalau Cecily kemungkinan diculik lagi.

Nona Cecily membawa sebuah kipas berwarna merah muda dan Enola pun menggunakan kipasnya sendiri untuk berkomunikasi dengannya. Saat Cecily dibawa pergi, ia meninggalkan kipas merah mudanya. Enola pun menggunakan kipas merah muda tersebut sebagai petunjuk untuk menemukan Cecily

Disaat sedang mencari Cecily, dia secara tidak sengaja bertemu dengan kakaknya, Sherlock, yang dipekerjakan oleh ibunya Cecily untuk menemukan putrinya. Kakak-beradik Holmes tersebut pun bekerja sama mengumpulkan informasi untuk menemukan Cecily dan mengetahui kalau Cecily sedang dikurung di suatu tempat. Dapatkah mereka menyelamatkan Cecily? Dan akankah Sherlock menarik kembali adiknya untuk ikut dengannya?

Nah itu dia koleksi Novel Misteri Enola Holmes yang bisa kamu beli di Gramedia.com! Yuk segera koleksi dan baca bukunya sebelum Grameds menonton filmnya! 😍

Jangan lupa juga untuk lihat penawaran spesial dari Gramedia.com hanya untuk kamu. Cek promonya di bawah ini yang bisa kamu gunakan agar belanja jadi lebih hemat! ⤵️

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber header: collider.com

Penulis: Mohammad Fachrul Rozy


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus