Universitas Bina Darma (UBD)

Profile
  

Universitas Bina Darma (UBD) Palembang

Universitas Bina Darma merupakan perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Seberang Ulu, Palembang. Perguruan tinggi swasta ini berdiri di atas lahan seluas 3.057 m2. Pada 28 Desember 1993, Yayasan Bina Darma yang diprakarsai Prof. Ir. H. Bochari Rachman, M. Sc resmi berdiri dan saat ini bergerak memberikan layanan nirlaba. Yayasan Bina Darma didirikan dengan maksud membantu pemerintah melaksanakan pembangunan nasional demi mewujudkan cita-cita nasional. Seiring berjalannya waktu, pengelolaan Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Graha Darma diambil alih oleh Yayasan Bina Darma dan berganti nama menjadi STBA Bina Darma. Kemudian Yayasan Bina Darma menaungi STMIK Bina Darma dan STIE Bina Darma. Pada tahun 2002, ketiga sekolah tinggi yang dikelola Yayasan Bina Darma bergabung menjadi Universitas Bina Darma. Hal tersebut diputuskan melalui SK Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 112/D/0/2002.

Pada awal pendiriannya, Universitas Bina Darma membuka 5 fakultas, di antaranya Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi, Fakultas Bahasa dan Sastra, Fakultas Teknik, dan Fakultas Psikologi. Universitas Bina Darma membangun empat gedung kampus, yakni Kampus A, Kampus B, Kampus C, dan Kampus D. Universitas Bina Darma kembali membuka 2 fakultas baru, yakni Fakultas Ilmu Komunikasi dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Visi dan Misi Universitas Bina Darma

Visi

Menjadi universitas berstandar internasional berbasis teknologi informasi pada tahun 2025.

Misi

  1. Menyelenggarakan program pendidikan yang berstandar internasional;
  2. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berstandar internasional melalui pemanfaatan teknologi informasi;
  3. Membangun komunitas intelektual yang berkualitas;
  4. Melakukan penelitian yang berstandar internasional;
  5. Melakukan pengabdian guna meningkatkan kemandirian masyarakat; dan
  6. Menyelenggarakan kerja sama dengan pihak lain yang saling menguntungkan.

Universitas Bina Darma menorehkan beragam prestasi membanggakan sepanjang perjalanannya. Perpustakaan Universitas Bina Darma telah terakreditasi “B”. Pencapaian tersebut dikeluarkan oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI pada 3 Desember 2012. Dua tahun kemudian, UBD berhasil menjadi Sumatera TeSCA Winner 2014. Penghargaan tersebut diberikan karena Universitas Bina Darma memberikan sumbangsih terhadap pengembangan dan kemajuan penerapan ICT di lingkungan kampus. Lalu Universitas Bina Darma sebagai kategori College dari lembaga surver MarkPlus.inc mendapatkan penghargaan Kampus Service Excellent pada tahun 2013.

Makna Logo Universitas Bina Darma

Setiap komponen pada logo Universitas Bina Darma memiliki makna tersendiri. Bina Darma yang telah menuju era globalisasi di bidang pendidikan dalam konsep unity atau kesatuan bangsa dan negara dilambangkan dengan komponen bola dunia. Lalu sumber kehidupan yang mengalir tanpa henti dilambangkan dengan tiga garis air pada logo. Jika dilihat secara geografis, garis air tersebut melambangkan posisi UBD yang dekat dengan Sungai Musi, Palembang. Terdapat inisial nama Bina Darma pada logo sebagai lambang kesatuan. Komponen toga pada logo menggambarkan lembaga pendidikan yang akan menciptakan peserta sumber daya manusia yang menjadi pemimpin unggul di era globalisasi.

Akreditasi Universitas Bina Darma (UBD) : B

Universitas Bina Darma telah terakreditasi “B” berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT Nomor 1417/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2018.

Video Profil Universitas Bina Darma

Profil Universitas Bina Darma dapat disaksikan pada tautan video berikut ini:

https://www.youtube.com/watch?v=k4fGnM8DdrI&t=40s

Fakultas dan Jurusan di Universitas Bina Darma (UBD)

Biaya Kuliah di Universitas Bina Darma (UBD)

Rincian biaya kuliah di Universitas Bina Darma dapat dilihat di sini.

Jurusan Favorit di UBD

Fasilitas di Kampus UBD

1. Aula Serba Guna

Tersedianya fasilitas pendukung sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan mahasiswa dapat mendukung proses belajar-mengajar. Universitas Bina Darma menyediakan fasilitas aula serba guna yang didesain mampu menampung 1.000 orang di dalamnya. Aula ini secara khusus digunakan untuk berbagai acara kampus, seperti yudisium, pagelaran, seminar nasional maupun internasional, job expo, dan berbagai acara lainnya.

2. Laboratorium Komputer

Universitas Bina Darma menyediakan fasilitas laboratorium di kampus. Laboratorium Kompuber UBD menjadi sarana penunjang bagi mahasiswa untuk meningkatkan keterampilan agar mampu bersaing di era globalisasi. Enam belas ruang laboratorium komputer hadir bagi mahasiswa UBD yang akan melakukan praktikum.

3. Layanan Internet

Di lingkungan Universitas Bina Darma tersedia hotspot internet tanpa password yang dibutuhkan civitas academica untuk mencari materi perkuliahan, mengakses layanan kampus seperti sistem informasi akademik hingga mengirim email. Mahasiswa Universitas Bina Darma diberikan akun untuk mengakses internet yang memiliki kecepatan sebesar 350 Mbps.

4. Unit Dokumentasi/B-Media

Universitas Bina Darma memiliki fasilitas berupa unit dokumentasi atau yang biasa disebut B-Media. Unit ini kerap digunakan oleh mahasiswa untuk berkolaborasi dengan staf dalam dunia photography, acara televisi, dan jurnalistik.

5. Ruang Kelas Representatif

Ruang kelas yang nyaman dapat memengaruhi pembelajaran mahasiswa untuk mencapai tujuan. Universitas Bina Darma menghadirkan ruang kelas representatif yang dilengkapi dengan fasilitas berupa proyektor dan AC.

6. Ruang Penyiaran Radio Kampus

Universitas Bina Darma berupaya mengembangkan hobi serta talenta mahasiswa di bidang penyiaran. Upaya tersebut diwujudkan melalui hadirnya ruang penyiaran radio kampus. B-Radio hadir dengan frekuensi 107.7 FM untuk menyalurkan bakat mahasiswa dan memberikan informasi seputar kampus. B-Radio ini dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat sekitar kampus. “Spirit Komunitas Muda Palembang” menjadi slogan dari B-Radio.

7. Atrium Kegiatan Kewirausahaan

Atrium Kegiatan Kewirausahaan UBD hadir sebagai ruangan yang digunakan untuk kegiatan kewirausahaan mahasiswa. Kegiatan tersebut terlihat jelas dari lantai 2 hingga lantai 7.

8. Ruang Pelatihan Pengajaran atau Microteaching

UBD menyediakan fasilitas lainnya berupa ruang pelatihan pengajaran untuk mendukung proses belajar-mengajar. Ruangan tersebut difungsikan sebagai tempat bagi mahasiswa untuk melakukan praktikum pengajaran sebagai bentuk model praktik kependidikan.

Beasiswa Di Universitas Bina Darma (UBD)

Universitas Bina Darma menawarkan berbagai beasiswa atau bantuan biaya pendidikan kepada mahasiswa dan calon mahasiswanya. Beasiswa yang ditawarkan bersumber dari pemerintah, yayasan, dan perusahaan swasta.

Informasi selengkapnya dapat dilihat di sini.

Berikut daftar beasiswa yang ditawarkan Universitas Bina Darma:

1. Beasiswa Prestasi Kampus

Beasiswa Prestasi Kampus bersumber dari Yayasan Bina Darma Palembang. Beasiswa ini dikhususkan bagi mahasiswa dengan berbagai capaian prestasi yang membanggakan, seperti pemenang lomba tingkat nasional dan internasional, pemenang Bujang Gadis Kampus. Selain itu, Beasiswa Prestasi Kampus memberikan kesempatan beasiswa kepada mahasiswa tidak mampu yang memiliki prestasi dan potensi akademik yang baik.

2. Beasiswa PPA dan BBM

Kedua beasiswa ini bersumber dari Kemenristekdikti. Bantuan biaya pendidikan diberikan secara perorangan untuk menunjang pendidikan calon penerima. Beasiswa ini Beasiswa ini berasal dari Dana Kemenristekdikti yang diberikan kepada perorangan dengan tujuan agar biaya yang diberikan digunakan untuk menunjang pendidikan yang ditempuh. Kemenristekdikti berharap beasiswa ini dapat membantu meringankan beban biaya pendidikan.

3. Beasiswa Kualifikasi bagi Guru PNS dan Guru Honor

Beasiswa tersebut bersumber dari Pemprov Sumatera Selatan. Bantuan biaya pendidikan ini diberikan melalui Dinas Pendidikan Pemprov Sumatera Selatan. Beasiswa Kualifikasi ini khusus diberikan kepada Guru SD/MI SMP/MTS, SMA/MA, dan SLB.

4. Beasiswa Bidikmisi

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang bersumber dari pemerintah dan khusus diberikan kepada calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan tinggi. Syarat Beasiswa Bidikmisi ialah calon pendaftar berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi, tetapi unggul secara prestasi dan akademik. Tata cara pendaftaran, persyaratan, jadwal pelaksanaan, kuota penerimaan, dan informasi lainnya mengenai beasiswa ini tersedia online pada laman khusus milik Bidikmisi Dikti.

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Buku Pelajaran SD, SMP, SMA
  • Buku SBMPTN
  • Buku Persiapan Ujian
  • Buku Uji Kompetensi
  • Buku Tes Masuk TNI & Polri
  • Berbagai macam kategori buku seperti buku novel, hobi, motivasi, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Buku Pelajaran SD, SMP, SMA
  • Buku SBMPTN
  • Buku Persiapan Ujian
  • Buku Uji Kompetensi
  • Buku Tes Masuk TNI & Polri
  • Berbagai macam kategori buku seperti buku novel, hobi, motivasi, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Biaya Hidup Di Palembang

Biaya Hidup / Bulan

Terendah (Rp. 900.000)
Rata-rata (Rp.1.350.000)
Tertinggi (Rp.1.800.000)

Sewa Kos Dekat Universitas Bina Darma (UBD)

Terendah (Rp. 500.000)
Rata-rata (Rp. 900.000)
Tertinggi (Rp.1.600.000)
Something went wrong: cURL error 28: Operation timed out after 5000 milliseconds with 0 bytes received
Spesialisasi
  • Teaching skills
Video