Politeknik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi STIA LAN Jakarta

Profile
  

Politeknik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi STIA LAN Jakarta

Politeknik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara Jakarta atau yang biasa dikenal dengan POLTEK STIA LAN merupakan perguruan tinggi kedinasan yang dikelola oleh badan pemerintah, yaitu Lembaga Administrasi Negara LAN.

Politeknik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi STIA LAN berada di bawah tanggung jawab Kepala Lembaga Administrasi Negara yang menggunakan perantara Sekretaris Utama. Pembinaan secara teknis akademi diampu oleh Menteri di Bidang Pendidikan Tinggi, sedangkan untuk pembinaan secara teknis operasional, Politeknik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi LAN dilaksanakan oleh Kepala Lembaga LAN.

Politeknik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi STIA LAN merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang memiliki sejarah yang cukup panjang dalam pendiriannya.  Berikut sejarah lengkap Politeknik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi STIA LAN Jakarta.

Hingga saat ini, Politeknik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi STIA LAN terhitung 58 tahun telah menyelenggarakan pendidikan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Pusat, Pemerintah Daera, Pegawai BUMN/D, TNI, POLRIm dan termasuk Pegawai Negeri Sipil di seluruh lembaga negara yang tergabung dalam Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia.

Sejak didirikan pada tanggal 24 Desember 1960, Politeknik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi STIA LAN diatur dengan Keputusan Menteri Pertama Republik Indonesia Nomor No. 578/MP/1960. Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1999 eksistensi Politeknik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi STIA LAN didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 100/1999 tentang STIA LAN.

Berawal dari Perguruan Tinggi Kedinasan Ilmu Administrasi Negara (PTDIAN) yang terbentuk berdasarkan Keputusan Menteri Pertama No 579/MP/1960. Saat itu, Perguruan Tinggi Kedinasan Ilmu Administrasi Negara mengemban tugas untuk menyelenggarakan pendidikan program Doktoral yang sekarang disebut dengan Strata 1 atau S1.

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan pegawai berpendidikan Sarjana Muda di bidang administrasi, pada tanggal 7 Juli 1964 dibentuklah Akademi Ilmu Administrasi (AIA) di Kampus Jakarta, berdasarkan dengan keputusan Presidium Kabinet Kerja No. Aa/C/77/1964.

Pada tahun 1967, Perguruan Tinggi Kedinasan Ilmu Administrasi Negara (PTDIAN) dan Akademi Ilmu Administrasi diintegrasikan menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA), berdasarkan Keputusan Direktur LAN No. 31/Pend/UP/1967. Kemudian, pengintegrasian tersebut dikukuhkan dengan Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1971.

Selanjutnya, pengaturan dan pengintegrasian Perguruan Tinggi Kedinasan Ilmu Administrasi Negara dan Akademi Ilmu Administrasi disempurnakan berdasarkan Keputusan Ketua LAN Nomor 41/LAN/UP/1972 dan Keputusan Ketua LAN Nomor 002/LAN/ KET/HK/1975 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Administrasi Negara.

Kemudian, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi LAN ditetapkan sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT), melalui Keputusan Presiden Nomor 20 tahun 1989 tentang Lembaga Administrasi Negara. Beberapa waktu kemudian, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi LAN ditetapkan sebagai Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) yang berfokus pada program akademik dan profesional di bidang ilmu administrasi bagi pegawai negeri. Saat ini, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi LAN sudah tersebar di tiga kota besar Indonesia, diantaranya Jakarta, Bandung, dan Makassar.

Politeknik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi LAN, mengemban tugas untuk melaksanakan pendidikan vokasi dan jika dapat memenuhi syarat, perguruan tinggi kedinasan tersebut diperbolehkan untuk menyelenggarakan pendidikan profesi di bidang administrasi.

Sejalan dengan tugas tersebut, Politeknik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi LAN menyelenggarakan fungsi-fungsi untuk memenuhi tugas-tugasnya, diantaranya:

  1. Penyusunan rencana dan program pendidikan.
  2. Penyelenggaraan pendidikan di bidang administrasi.
  3. Pelaksanaan penelitian.
  4. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.
  5. Pelaksanaan sistem penjaminan mutu.
  6. Pelaksanaan sistem pengawasan internal.
  7. Pelaksanaan pembinaan sivitas akademika.
  8. Pengelolaan laboratorium, perpustakaan, teknologi informasi dan penerbitan, serta sarana dan prasarana penunjang lainnya.
  9. Pelaksanaan kegiatan pelayanan administrasi akademik dan kerjasama.
  10. Pelaksanaan kegiatan pelayanan keuangan dan administrasi umum.
  11. Pelaksanaan kegiatan pelayanan administrasi kemahasiswaan, alumni dan hubungan masyarakat.
  12. Pelaksanaan perencaan dan evaluasi program kegiatan.

Politeknik Sekolah Tinggi Administrasi STIA LAN Jakarta, mempunyai tiga program jenjang pendidikan, diantaranya tiga program studi strata I atau sarjana, satu program studi pasca sarjana atau magister, dan satu program studi doktoral atau S3. Program Sarjana Terapan D-IV terdiri dari program studi Administrasi Pembangunan Negara, program studi Administrasi Bisnis Sektor Publik, dan program studi Manajemen Sumber Daya Manusia Aparatur.

Sedangkan untuk program pasca sarjana, terdapat program studi Magister Administrasi Pembangunan Negara dan untuk program doktoral atau S3 terdapat program Doktor Administrasi Pembangunan Negara.

Program studi Administrasi Pembangunan Negara merupakan program studi yang berfokus pada keilmuan dan kemampuan dalam penerapan bidang administrasi pembangunan negara. Ruang lingkung penerapan program studi ini terkait dengan kebijakan-kebijakan pemerintah.

Program studi Administrasi Pembangunan Negara menghasilkan riset terapan dan karya-karya ilmiah lainnya yang mempunyai manfaat untuk pengembangan dan praktik administrasi pembangunan negara dan perbaikan praktik penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

Mahasiswa yang mengambil program studi Administrasi Pembangunan Negara diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas kinerja birokrasi pemerintah dan mutu kehidupan masyarakat yang lebih baik.

Program studi Administrasi Bisnis Sektor Publik di Politeknik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi STIA LAN merupakan salah satu program studi yang banyak diincar oleh calon mahasiswa. Lantaran, program studi tersebut merupakan salah satu program studi yang memiliki karir yang menjanjikan.

Politeknik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi STIA LAN mengharapkan, mahasiswa lulusan program studi bisnis sektor publik, memiliki kemampuan dalam mengelola bisnis sektor publik, kompeten dalam mengelola keuangan sektor publik, dapat  mengkomunikasikan ide dan informasi secara efektif, baik secara lisan maupun tulisan, dan terampil dalam mengaplikasikan penggunaan teknologi informasi dalam penyelenggaraan administrasi bisnis sektor publik.

Selain itu, mahasiswa lulusan program studi Administrasi Bisnis Sektor Publik, juga diharapkan dapat memiliki kemampuan dalam memaksimalkan penggunaan teknologi informasi untuk menyelesaikan kegiatan administrasi bisnis sektor publik, seperti:

  1. Kemampuan dalam menerapkan pendekatan sistem dalam rangka memecahkan masalah administrasi bisnis sektor publik
  2. Kemampuan dalam menjalankan profesi dengan etika yang baik, berkepribadian dan berkarakter
  3. Kemampuan dalam membangun basis yang kuat untuk menjadi pemimpin yang sukses
  4. Kemampuan dalam pengambilan keputusan yang tepat baik dalam posisinya sebagai individu maupun kelompok
  5. Kemampuan dalam melakukan kajian empirik dan pemodelan dengan menggunakan metode ilmiah pada berbagai fungsi administrasi bisnis sektor publik

Program Studi Doktor Terapan di Politeknik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi LAN, memiliki peran yang sangat strategis dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM).

Pasalnya , Politeknik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi LAN merancang format pelaksanaan pendidikan program studi Doktor Terapan agar mencetak lulusan yang memiliki kemampuan dan pengetahuan yang tinggi dalam bidangnya, memiliki keterampilan untuk mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang sudah didapat selama masa perkuliahan, memiliki tanggung jawab dan etika profesi yang diterapkan.

Program Studi Doktor Terapan Politeknik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi LAN selalu memperbaiki mutu pelaksanaan pendidikannya agar dapat mencetak lulusan yang memiliki kualitas tinggi. Hal tersebut dilakukan, sebagai konsekuensi dari legitimasi peran kenegaraan dalam menjalankan fungsi pemerintahan dan pembangunan.

Sebagai perguruan tinggi kedinasan yang langsung dikelola oleh Lembaga Administrasi Negara. Politeknik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi LAN memiliki beberapa keunggulan, diantaranya:

  1. Belajar tanpa meninggalkan pekerjaan karena jam perkuliahan Pagi, Sore – Malam;
  1. Pembelajaran diorientasikan pada kompetensi akademik profesional;
  2. Dosen berasal dari kalangan akademis dan praktisi;
  3. Pengakuan SKS/alih kredit bagi para mahasiswa yang berijasah DI, DII, DIII, DIV serta S1;
  4. Memiliki standar nasional Perguruan Tinggi melalui akreditasi BAN PT dan Standar Internasional Pelayanan dalam wujud ISO 9001:2015 dari SGS
  5. Komputerisasi sistem administrasi akademik (SIMAK) mempermudah mahasiswa mengakses data akademik;
  6. Proses pembelajaran interaktif (Andragogi);
  7. Link dengan alumni DIKLATPIM sebagai praktisi administrasi dalam pengajaran;

Visi, Misi, dan Tujuan Politeknik Sekolah Tinggi Administrasi STIA LAN Jakarta

Visi Politeknik Sekolah Tinggi Administrasi STIA LAN Jakarta

Menjadi institusi yang handal dalam pendidikan tinggi di bidang ilmu dan praktek administrasi bagi penyelenggara negara.

Misi Politeknik Sekolah Tinggi Administrasi STIA LAN Jakarta

  1. Menyelenggarakan pendidikan program Sarjana dan program Magister yang berkualitas.
  2. Melakukan penelitian yang berkualitas bagi pengembangan ilmu administrasi.
  3. Melakukan kajian dan perkonsultasian yang profesional danakuntabel dalam bidang administrasi yang bermanfaat bagi peningkatan kinerja pemerintah dan pembangunan.
  4. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang mendukung pemberdayaan dan mutu pelayanan kepada masyarakat.
  5. Mewujudkan tata kelola perguruan tinggi yang baik (good university governance)

Tujuan Politeknik Sekolah Tinggi Administrasi STIA LAN Jakarta

  1. Mewujudkan penyelenggara negara yang professional dalam bidang administrasi sesuai dengan azas-azas Pancasila.
  2. Mewujudkan penyelenggara Negara yang memiliki integritas, serta mampu memelihara dan meningkatkan citra bangsa berperadaban tinggi dalam kehidupan nasional dan global.
  3. Mewujudkan hasil penelitian yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan praktek administrasi.
  4. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik di instansi pemerintah dalam memberikan pelayanan yang berkualitas.

Akreditasi Politeknik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi STIA LAN Jakarta: B

Akreditasi merupakan salah satu faktor yang harus dipertimbangkan dengan baik, pasalnya semakin baik akreditasinya maka sistem pendidikan dan fasilitas di perguruan tinggi tersebut semakin terjamin. Politeknik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi STIA LAN Jakarta telah mengantongi akreditasi “B” berdasarkan Surat Keputusan No 1127/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/PT/XII/2021.

Video Profil Politeknik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi STIA LAN Jakarta

Profil Politeknik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi STIA LAN Jakarta dapat dilihat di tautan ini.

Jurusan dan Program Studi di Politeknik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi STIA LAN Jakarta

Biaya Kuliah di Politeknik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi STIA LAN Jakarta

Biaya kuliah di Politeknik Sekolah Tinggi Administrasi STIA LAN dapat dilihat secara lengkap di link ini.

Fasilitas di Politeknik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi STIA LAN Jakarta

Perguruan tinggi kedinasan yang beralamat di Jl. Administrasi II, Pejompongan Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10260  menyediakan berbagai fasilitas demi menunjang kegiatan belajar mengajar, salah satu fasilitas unggulan yang ada di Politeknik Sekolah Tinggi Administrasi STIA LAN Jakarta adalah Lab Administrasi.

Lab Administrasi di Politeknik Sekolah Tinggi Administrasi STIA LAN sudah dilengkapi dengan fasilitas yang dapat menunjang kegiatan penelitian dan kajian terhadap isu-isu terkini dalam ilmu administrasi. Berikut fasilitas-fasilitas yang disediakan untuk mahasiswa:

 

    1. Gedung kuliah
    2. Ruang kelas
    3. Kantin
    4. Perpustakaan
    5. Lab Administrasi
    6. Unit bahasa
    7. Aula
    8. Auditorium
    9. Lapangan Parkir
    10. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Buku Pelajaran SD, SMP, SMA
  • Buku SBMPTN
  • Buku Persiapan Ujian
  • Buku Uji Kompetensi
  • Buku Tes Masuk TNI & Polri
  • Berbagai macam kategori buku seperti buku novel, hobi, motivasi, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Buku Pelajaran SD, SMP, SMA
  • Buku SBMPTN
  • Buku Persiapan Ujian
  • Buku Uji Kompetensi
  • Buku Tes Masuk TNI & Polri
  • Berbagai macam kategori buku seperti buku novel, hobi, motivasi, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Biaya Hidup Di Jakarta

Biaya Hidup / Bulan

Terendah (Rp 2.000.000)
Rata-rata (Rp 2.500.000)
Tertinggi (Rp 4.000.000)

Biaya Sewa Kos / Bulan

Terendah (Rp 800.000)
Rata-rata (Rp 1.500.000)
Tertinggi (Rp 3.000.000)

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apakah di Politeknik STIA LAN terdapat asrama?

Politeknik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi LAN Jakarta belum menyediakan fasilitas berupa asrama.

Apakah terdapat kampus cabang selain di Jakarta?

Politeknik STIA LAN terdapat di Makassar dan Bandung.

[algolia_carousel]
Spesialisasi
  • Teaching skills
Video

Event