Politeknik Transportasi Darat Indonesia STTD

Profile
  

Politeknik Transportasi Darat Indonesia STTD

Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD merupakan perguruan tinggi kedinasan yang dikelola oleh lembaga pemerintah, yaitu Kementerian Perhubungan. Perguruan tinggi kedinasan yang berdiri sejak tahun 1951 ini, awal mulanya bernama Akademi Lalu Lintas (ALL) yang diresmikan oleh presiden pertama Republik Indonesia, Presiden Ir. H. Soekarno pada tanggal 8 September 1951. Namun, pada tahun 1964 Akademi Lalu Lintas dberhenti dioperasikan karena suatu hal. Namun, melihat perkembangan teknologi transportasi jalan,  pertumbuhan lalu lintas, dan kompleksitas permasalahan lalu lintas, Akademi Lalu Lintas dioperasikan kembali pada tanggal 5 Desember 1980 dengan nama Balai Pendidikan dan Latihan Ahli Lalu Lintas Angkutan Jalan Raya (BPL – ALLAJR).

Pada saat itu BPL – ALLAJR telah menyelenggarakan program pendidikan dengan jenjang Diploma III Ahli LLAJR. Kemudian, pada tanggal 10 Maret 2000 status BPL – ALLAJR ditingkatkan menjadi Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), berdasarkan  dengan Kepres No.41 Tahun 2000. Peningkatan status tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan kualifikasi tenaga ahli yang lebih tinggi dan pengembangan sistem pendidikan.

Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2019 Sekolah Tinggi Transportasi Darat diubah menjadi Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD berdasarkan persetujuan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam Surat Nomor B/584/M.KT.01/2019 tanggal 09 Juli 2019 perihal Penataan Organisasi Unit Pelaksanaan Teknis di Lingkungan BPSDM Perhubungan dan persetujuan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dalam surat Nomor B/90/M/KB.03.00/2019 tanggal 5 Maret 2019 tentang Rekomendasi Perubahan Bentuk Sekolah Tinggi Transportasi Darat menjadi Politeknik Transportasi Darat Indonesia STTD. Serta PM Nomor 50 tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD.

Sebagai Unit Pelaksana Teknis dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan, Politeknik Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD mengemban tugas, yaitu menyelenggarakan program pendidikan profesional di bidang transportasi darat. Selain itu, Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD juga memiliki fungsi-fungsi, diantaranya:

  1. Pelaksanaan dan pengembangan pendidikan profesional transportasi darat;
  2. Pelaksanaan penelitian teknologi terapan di bidang transportasi darat;
  3. Pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  4. Pengelolaan perpustakaan, laboratorium sarana dan prasarana;
  5. Pembinaan civitas akademika dan hubungannya dengan lingkungan;
  6. Pengelolaan administrasi umum, akademik dan ketarunaan;

 

Visi dan Misi Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD

Visi Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD

Politeknik Transportasi Darat Indonesia STTD memiliki visi sebagai pusat pendidikan transportasi darat modern, unggul dan profesional

Misi Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD

Politeknik Transportasi Darat Indonesia memiliki misi yang terdiri atas:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasional di bidang transportasi darat yang sesuai dengan perkembangan teknologi;
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam rangka penerapan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang transportasi darat;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang transportasi darat;
  4. Menciptakan kehidupan kampus dengan dukungan sarana dan prasarana yang memadai, humanis serta berwawasan lingkungan;
  5. Menyelenggarakan tata kelola pendidikan yang profesional dan akuntabel;
  6. Membentuk SDM lulusan transportasi darat yang prima dan beretika;
  7. Mengembangkan kerjasama lembaga baik dalam maupun luar negeri.

Akreditasi Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD: Baik

Akreditasi merupakan salah satu faktor yang harus dipertimbangkan dengan baik, pasalnya semakin baik akreditasinya maka sistem pendidikan dan fasilitas di perguruan tinggi tersebut semakin terjamin. Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD telah mengantongi akreditasi “Baik” berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT Nomor 97/SK/BAN-PT/Ak-PKP/PT/II/2022.

Video Profil Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD

Profil Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD dapat disaksikan melalui tautan ini.

Jurusan dan Program Studi Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD

Biaya Kuliah di Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD

Seluruh rincian biaya kuliah di Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD dapat dilihat melalui laman ini. 

Fasilitas di Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD

Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD  merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan dengan fasilitas yang memadai. Salah satu fasilitas unggulannya adalah berbagai macam laboratorium yang digunakan sebagai penunjang dalam kegiatan praktik. Berikut adalah fasilitas yang terdapat di Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD:

Laboratorium Komputer

Laboratorium komputer merupakan fasilitas yang disediakan untuk taruna dan taruni demi meningkatkan keterampilan dan pengetahuan komputer khususnya pada aplikasi manajemen lalu lintas

Laboratorium Bahasa

Laboratorium bahasa meupakan fasilitas yang digunakan sebagai tempat berlatih komunikasi bahasa inggris, mulai dari tingkat umum hingga ke standar untuk berkomunikasi.

Laboratorium ACTS

Laboratorium ACTS digunakan taruna dan taruni untuk melatih keterampilan dalam memantau dan mengatur lalu lintas di jalan raya.

Laboratorium Apill

Laboratorium Apill merupakan sarana yang digunakan taruna dan taruni untuk memahami prinsip kerja sistem APILL di jalan raya

Laboratorium Mengemudi

Laboratorium mengemudi merupakan sarana yang digunakan taruna dan taruni untuk melatih kemampuan mengemudi, mulai dari simulasi mengemudi kendaraan roda dua hingga kendaraan besar seperti truk dan bus.

Laboratorium Perlengkapan Jalan

Laboratorium Perlengkapan Jalan merupakan fasilitas yang diperuntukkan taruna dan taruni untuk melatih kemampuan dalam melaksanakan pemilihan bahan dan pembuatan perlengkapan jalan.

Laboratorium Kereta

laboratorium kereta merupakan laboratorium yang digunakan oleh taruna dan taruni jurusan Transportasi Darat dan Perkeretaapian yang berisi permodelan (mock-up) gerbong, kereta, ruang penumpang, dan lain-lain.

Laboratorium Lokomotif

Laboratorium Lokomotif merupakan laboratorium yang digunakan oleh taruna dan taruni untuk belajar mengenal bentuk komponen penunjang keselamatan dan pengoperasian lokomotif.

Laboratorium Sintelis

Laboratorium Sintelis merupakan laboratorium yang digunakan untuk penggunaan alat-alat dan komponen sintelis.

Laboratorium Jalan Rel

Laboratorium Jalan Rel merupakan fasilitas yang digunakan oleh taruna dan taruni teknika untuk melatih kemampuan dalam pengoperasian dan maintenance jalan rel.

Laboratorium PKB

Laboratorium PKB merupakan sarana latihan untuk mempelajari alur kerja dan pelaksanaan dalam sebuah sistem pengujian kendaraan bermotor.

Asrama

Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD  menyediakan fasilitas asrama yang diperuntukkan untuk taruna dan taruni yang sedang menempuh masa pendidikan. Asrama di Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD  sudah dilengkapi dengan tempat tidur, kamar mandi, toilet, serta sarana prasana belajar yang memadai. Terdapat beberapa gedung asrama yang dapat digunakan untuk taruna dan taruni, diantaranya Asrama Maleo, Asrama Cendrawasih, Asrama Merak, Asrama Rajawali, Asrama Elang, Asrama Eksekutif dan Asrama Dadali.

Ruang Kelas

Ruang kelas untuk perkuliahan di Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD sudah dilengkapi dengan proyektor LCS, papan tulis, pendingin udara, dan koneksi wi-fi di seluruh sudut.

Gedung Rektorat Herjan Kenasin

Gedung Rektorat Herjan Kenasin disediakan untuk bagian manajemen seperti Direktur, Wakil Direktur, Kepala Bagian dan Sub Bagian lainnya yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas kerja yang diperlukan.

Gedung Auditorium Giri S. Hadihardjono

Gedung Auditorium Giri S. Hadihardjono dapat menampung lebih dari 5000 orang peserta yang dilengkapi dengan panggung, sound system, penerangan, serta tribun penonton yang memadai dan nyaman.

Gedung Garuda

Gedung Garuda atau Aula Garuda biasanya digunakan untuk kegiatan taruna seperti kegiatan diklat yang mempunyai kapasitas ratusan orang. Gedung Garuda merupakan bangunan paling bersejarah dan salah satu bangunan yang paling tua di Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD.

Pusbintar

Pusbintar merupakan fasilitas yang digunakan sebagai sarana bimbingan karakter taruna dan taruni Politekni Transportasi Darat Indonesia – STTD. Di Gedung Pusbintar terdapat ruang ketua pusbintar, ruang pengasuh, ruang taruna piket dan ruang lainnya.

Ruang Makan Taruna

Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD menyediakan ruang makan yang dapat digunakan oleh taruna dan taruni selama tinggal di asrama. Ruang makan yang memiliki dua lantai ini mampu menampung 3000 orang taruna dan taruni dalam satu kali waktu makan.

Kantin

Kantin Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD terdiri dari dua lantai yang dapat digunakan oleh seluruh civitas akademika pada saat waktu istirahat.

Sarana Olahraga

Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD memiliki sarana olahraga yang terdiri dari gedung olahraga indoor dan outdoor. Di gedung olahraga indoor terdapat lapangan futsal, lapangan bulu tangkis, lapangan voli, dan lapangan basket yang mana dilengkapi dengan ruang ganti baju, toilet serta tribun yang memiliki kapasitas 3000 orang. Selain itu, di gedung indoor juga terdapat fasilitas gym atau fitness dan meja billiard. Sedangkan, gedung outdoor Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD meliputi lapangan basket, lapangan futsal, lapangan tenis, lapangan sepakbola, sarana panjat tebing dan sarana outbond serta gym outdoor.

Ruang Resimen Taruna

Ruang Resimen Taruna merupakan ruangan yang disediakan untuk Organisasi Resimen Taruna. Organisasi tersebut dibentuk pada tahun 2019, sebelumnya organisasi tertinggi di Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD dipegang oleh Batalyon Taruna. Ruang Resimen Taruna biasnaya digunakan oleh taruna untuk menjalankan tugasnya di Resimen Taruna.

Perpustakaan

Gedung perpustakaan Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD tergabung menjadi satu dengan laboratorium komputer, laboratorium bahasa, dan beberapa ruangan yang mendukung kegiatan akademik di lingkungan kampus. Perpustakaan Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD menyediakan berbagai macam koleksi buku, mulai dari ilmu sains, ilmu sosial, hingga pengetahuan umum. Koleksi buku di perpustakaan Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD dapat diakses melalui situs https://perpustakaan.ptdisttd.ac.id/.

Gedung workshop

Gedung workshop merupakan sarana prasarana yang digunakan untuk memproduksi rambu, marka jalan, dan perlengkapan jalan lainnya. Di Gedung workshop ini taruna dan taruni maupun peserta diklat dapat mengetahui proses dan standar pembuatan rambu jalan, pengerjaan marka jalan, maupun perlengkapan jalan lainnya.

Area Parkir

Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD juga menyediakan lahan parkir kendaraan untuk seluruh civitas akademika yang tersebar hampur di setiap sudut kampus.

Bus Kampus

Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD menyediakan delapan unit bus kampus untuk melayani kebutuhan transportasi taruna dan taruni seperti kunjungan atau survei ke tempat yang berhubungan dengan industri tranasportasi darat serta keperluan pesiar. Selain itu, bus kampus Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD juga melayani kebutuhan transportasi pegawai yang tinggal di luar lingkungan kompleks kampus dengan rute Cibitung – Terminat Bekasi dan Cibitung – Stasiun Bekasi.

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Buku Pelajaran SD, SMP, SMA
  • Buku SBMPTN
  • Buku Persiapan Ujian
  • Buku Uji Kompetensi
  • Buku Tes Masuk TNI & Polri
  • Berbagai macam kategori buku seperti buku novel, hobi, motivasi, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Buku Pelajaran SD, SMP, SMA
  • Buku SBMPTN
  • Buku Persiapan Ujian
  • Buku Uji Kompetensi
  • Buku Tes Masuk TNI & Polri
  • Berbagai macam kategori buku seperti buku novel, hobi, motivasi, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Biaya Hidup Di Bekasi

Biaya Hidup / Bulan

Terendah (Rp. 1.250.000)
Rata-rata (Rp. 600.000)
Tertinggi (Rp 3.000.000)

Biaya Hidup / Bulan

Terendah (Rp. 500.000)
Rata-rata (Rp. 650.000)
Tertinggi (Rp 2.500.000)

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Di mana alamat lengkap PTDI - STTD?

Jalan Raya Setu No.89 Bekasi

Apakah ada asrama?

Politeknik Transportasi Darat Indonesia - STTD menyediakan asrama untuk taruna dan taruninya.

[algolia_carousel]
Spesialisasi
  • Teaching skills
Video

Event