Jurusan Teknik Fisika

Jurusan Teknik Fisika

Kategori Teknik

Jurusan Teknik Fisika _[626x626]

Jurusan Aktuaria

Kategori Matematika & IPA (MIPA)

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Teknik Fisika

Jurusan Teknik Fisika merupakan jurusan keteknikan yang memadukan konsep-konsep engineering, ilmu Fisika dan Matematika untuk menghasilkan sesuatu yang kreatif dan inovatif. Kamu akan dibekali dengan kemampuan riset dan pengembangan, serta perancangan dan analisa untuk berbagai sistem fisis di Industri.

Lulusannya akan mampu menganalisis permasalahan teknik berbasis ilmu Teknik Fisika (Instrumentasi, Energi dan Pengkondisian Lingkungan, Material, Vibrasi dan Akustik, dan Fotonika) dan berperan aktif dalam menyelesaikan permasalahan di berbagai industri. Metode pengajaran di Jurusan ini menggunakan pendekatan lab based education (LBE) untuk menyeimbangkan pengetahuan teoritis dan penerapan ilmu teknik fisika di lapangan, edufriends.

Kenapa Jurusan Teknik Fisika

Jurusan Teknik Fisika cocok untukmu yang tertarik dengan bidang teknologi maupun ilmu-ilmu dasar seperti fisika, kimia, dan matematika. Apalagi, dengan perkembangan advanced technologies yang sangat cepat membuat kebutuhan akan insinyur-insinyur dengan kemampuan antar-disiplin ilmu semakin meningkat.

Lulusan Teknik Fisika dapat bekerja sebagai insinyur profesional dalam bidang instrumentasi, bidang tata udara, tata cahaya dan suara, bidang rekayasa sistem dan teknologi informasi dan lain sebagainya. Selain itu lulusan Teknik Fisika juga dapat bekerja sebagai dosen di perguruan tinggi, peneliti dan birokrat pada lembaga-lembaga pemerintah dan swasta seperti Departemen Pertambangan, Dalam Negeri, Pendidikan Nasional, BPPT, LIPI, PT. PAL, BBI, Caltex, Arco, Unilever, PT Badak, PT Telkom, PT Pupuk Kaltim, Maspion, Pertamina dan lain-lain.

Jurusan Teknik Fisika _[626x626]

Keahlian Jurusan Teknik Fisika

✓ Kemampuan melakukan riset

✓ Kemampuan analisis

✓ Kemampuan senang berhitung

✓ Kemampuan observan

✓ Kemampuan bekerja dibawah tekanan

✓ Pemahaman matematika

✓ Pemahaman fisika dan astronomi

Jurusan Teknik Fisika _[626x626]

Kebutuhan Lulusan Jurusan Teknik Fisika di Dunia Kerja

  • Lulusan Teknik fisika bisa mulai meniti karier di bidang perminyakan dan pertambangan sebagai teknisi tambang, minyak, dan material. Lulusan ilmu ini juga berpeluang mendapatkan hak paten dari alat-alat atau penemuan yang mereka ciptakan atau temukan, edufriends.
  • Teknik Fisika sebagai dasar bidang keteknikan, karenanya kamu juga bisa masuk di berbagai industri, terutama industri pengolahan dasar, seperti listrik, dan manufaktur (Pertamina, PLN, Medco Energy, Group Astra (perakitan mobil), Sat Nusapersada (perakitan smartphone), dan berbagai perusahaan elektronik seperti Maspion dan Polytron.
  • Lulusan Fisika juga bisa bekerja sebagai peneliti di LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ), Balai Penelitian Daerah, Balai Penelitian SDA, BATAN, dan PUSPIPTEK (Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi).
  • Bidang Teknologi Informasi juga bisa tidak lepas dari Fisika, jadi lulusannya pun dapat bekerja sebagai software developer maupun analis data sains di berbagai perusahaan negeri atau swasta edufriends.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Teknik Fisika

Perkuliahan di Jurusan Teknik Fisika akan mempelajari Fisika Dasar, Fisika Modern, Fisika Material, Analisis Termal, Mekanika, Fluida, Termodinamika, Pemodelan, Probabilitas dan Statistik, Otomasi, Industri Elektronika, Analog + Digital Medan Elektromagnetik dan melakukan penelitian di berbagai bidang, yang secara umum dikelompokkan ke dalam Bidang minat Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol (PLC, instrumentasi industri, kontrol automatik, instrumetasi kedokteran, serta kalibrasi dan pengukuran), Bidang minat Rekayasa Energi dan Pengkondisian Lingkungan (Pengadaan pembangkit energi, konversi energi dan konservasi energi, serta manajemen energi), Bidang minat Rekayasa Bahan (Simulasi atau komputasi divais elektronik, semikonduktor, korosi). Bidang minat Vibrasi dan Akustik (Getaran, kebisingan, pencahayaan bangunan). Bidang minat Rekayasa Fotonika (Sensor serat optik, fotonika biomedis, laser).

Mata Kuliah Jurusan Teknik Fisika

Berikut ini beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Teknik Fisika, edufriends:

  1. Matematika
  2. Fisika Dasar
  3. Kimia Dasar
  4. Pengantar Rekayasa & Desain
  5. Menggambar Teknik
  6. Teknologi Informasi
  7. Matematika Rekayasa
  8. Pemodelan Probabilitas dan Statistik
  9. Mekanika Material
  10. Termodinamika
  11. Rangkaian Listrik dan Elektronika
  12. Medan Elektromagnetik
  13. Teknik Komputasi
  14. Sistem Logika dan Digital
  15. Mekanika Fluida
  16. Fenomena Gelombang
  17. Konversi Energi
  18. Dinamika Sistem dan Simulasi
  19. Metoda Pengukuran
  20. Mekanika Kuantum
  21. Sensor dan Aktuator
  22. Transfer Kalor dan Massa
  23. Pemrosesan Sinyal
  24. Fisika Material
  25. Lingkungan dan Energi
  26. Kontrol Otomatik
  27. Teknik Akustik
  28. Desain Sistem Termal
  29. Etika Rekayasa dan Kerja Praktek
  30. Metoda Perancangan dan Eksperimen
  31. Manajemen Rekayasa Industri

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Teknik Fisika

Berikut ini beberapa karakter yang sesuai dengan jurusan Ilmu Fisika, jika kamu berminat untuk mengambil jurusan ini:

  • Teliti
  • Tekun
  • Detil
  • Rasional
  • Terstruktur
  • Independen
  • Senang berhitung
  • Senang menganalisis
  • Senang melakukan riset
  • Senang memecahkan masalah

Universitas Terbaik Jurusan Teknik Fisika

Berikut ini beberapa list universitas terbaik untuk Jurusan Teknik Fisika  berakreditasi A oleh BAN-PT di Indonesia:

  1. Universitas Multimedia Nusantara, Jakarta
  2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya
  3. Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung
  4. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
  5. Telkom University, Bandung

Prospek Kerja Jurusan Teknik Fisika

AHLI FISIKA

Jenjang karir Lulusan Teknik fisika bisa diawali dengan menjadi asisten laboratorium ataupun guru privat semasa kuliah. Selepas lulus, ahli fisika dapat bekerja sebagai asisten peneliti, teknisi instrumentasi, konsultan, quality assurance (penjamin mutu), quality control (pengontrol mutu), dan sejenisnya di perusahaan manufaktur, teknologi informasi, kesehatan, pertambangan, perminyakan, dan industri yang sesuai. Tentu saja ahli fisika juga dapat menjadi peneliti profesional atau dosen khususnya setelah memperoleh gelar Magister di bidangnya. Ahli fisika atau fisikawan adalah profesi yang sangat erat kaitannya dengan penyelesaian masalah berbagai fenomena alam. Profesi ini akan menganalisis berbagai sifat dan gejala unsur pembentuk alam semesta beserta akibat-akibatnya. Tugas lainnya yang dibutuhkan di masa kini adalah melakukan penelitian dan mengungkap hal-hal yang bisa bermanfaat untuk mendukung perkembangan teknologi. Fisika merupakan dasar ilmu pengetahuan yang memelopori beberapa jenis keilmuan, seperti halnya fisika medis, fisika nuklir, fisika material, geofisika, dan sebagainya. Oleh karena itu, para ahli fisika memiliki peluang yang besar untuk bekerja dimana saja.

MANUFAKTUR DAN TELEKOMUNIKASI

Di industri pengolahan atau fasilitas produksi juga memerlukan insinyur dalam bidang instrumentasi dan kontrol untuk melakukan perawatan dan perbaikan peralatan, penyelesaian masalah ataupun perancangan sistem baru yang akan ditambahkan pada panel atau fasilitas produksi. Hal ini karena semua industri sekarang menggunakan otomatisasi dan kontrol sebagai bagian integral dari unit proses atau fasilitas produksi. Tanpa otomatisasi atau instrumentasi pabrik atau fasilitas produksi akan menjadi sangat tidak efisien dan seringkali membahayakan bagi sang operator. Industri pengolahan dan manufaktur memiliki banyak ragam, mulai industri hulu hingga hilir seperti industri minyak dan gas, industri pupuk, industri semen, industri makanan dll. Industri manufaktur memiliki banyak ragam dari mulai industri manufaktur elektronika, manufaktur kendaraan bermotor , manufaktur peralatan industri, dan lain-lain. Berikut adalah beberapa perusahaan nasional maupun multinasional yang memiliki fasilitas produksi dan banyak membutuhkan insinyur instrumentasi didalamnya, yakni PT Badak LNG PT ExxonMobil Oil Indonesia, PT Chevron Indonesia, PT. Total E&P Indonesie, PT Pertamina E&P, PT Medco Indonesia, PT Pupuk Kaltim, PT Chandra Asri, PT Asahimas Chemical, PT Semen Gresik, PT Unilever Indonesia, PT Panasonic Indonesia, PT Astra International, PT Indonesia Power, PT PJB, dan lain-lain.

TENAGA PENDIDIK/DOSEN

Selain bekerja di dunia industri, lulusan mahasiswa teknik fisika juga bisa bekerja di perguruan tinggi untuk menjadi dosen dengan syarat minimal s2. Biasanya juga bisa ahli jenjang ke jurusan teknik lain seperti teknik elektro, teknik mesin, dan lain-lain. Selain menjadi dosen juga bisa menjadi peneliti di pusat penelitian sebagai penemu dan pencipta alat atau sejenisnya. Sedangkan di lembaga pemerintahan juga banyak membutuhkan di bidang ahli instrumentasi khususnya kalibrasi alat industri atau lembaga penguji kelayakan kendaraan dan lain-lain. Bagimu yang ingin berkuliah di luar negeri, berikut ini 5 universitas terbaiknya:

  • Massachusetts Institute of Technology (Amerika Serikat)
  • University of Cambridge (Inggris)
  • Harvard University (Amerika Serikat)
  • Stanford University (Amerika Serikat)
  • University of California, Barkeley (Amerika Serikat)

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa saja yang dipelajari di Jurusan Teknik Fisika?

Ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari berbagai bidang aplikasi ilmu dasar, ilmu terapan dan pemanfaatan teknologi, edufriends

Gelar apa yang didapat oleh Para Lulusannya?

Gelar yang didapat oleh Lulusan Teknik Fisika adalah Sarjana Teknik (ST).

Apa prospek kerja untuk para lulusannya?

Bekerja di Bidang instrumentasi dan kontrol (instrumentation and control), akustik dan teknik pencahayaan (lighting), teknologi bahan (material science), serta tata udara (refrigeration and air conditioning), staf peneliti di bidang teknologi terapan, staf pengajar di institusi pendidikan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *