Daftar Jurusan Kuliah IPA dan IPS

Jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan

Jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan

Kategori Sosial dan Humaniora

04 Jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan-01

Jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan

Kategori Sosial dan Humaniora

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan

Jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan merupakan ilmu yang mempelajari strategi dalam pemecahan masalah-masalah sosial yang terjadi di masyarakat, pensejahteraan dan pembangunan masyarakat pasca penanganan masalah. Untuk dapat menyelesaikan berbagai macam permasalahan sosial, kamu harus mempelajari dulu berbagai kebijakan sosial dan proses pembuatan kebijakan tersebut, mulai dari perencanaan, implementasi, hingga evaluasi. Kemudian menganalisa apakah kebijakan tersebut menguntungkan dan dapat menyelesaikan permasalahan sosial, atau sebaliknya. Selain itu kamu juga akan mempelajari berbagai kebijakan sosial, pemberdayaan masyarakat, dan tanggung jawab sosial perusahaan. Meskipun termasuk cabang ilmu di ranah sosial, apa yang diajarkan di Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan juga berhubungan dengan disiplin ilmu lain seperti Kesehatan Masyarakat, Reforma Agraria dan Lembaga Keirigasian, Ekonomi Kerakyatan dilihat dari perspektif pembangunan sosial, edufriends.

Kenapa Jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan

Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Kesejahteraan Sosial, apalagi Lulusannya dianggap memiliki kemampuan advokasi yang baik, juga kepekaan dan empati yang tinggi. Sehigga peluang kerjanya terbuka lebar. Kamu bisa bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sebagai Ahli Analisis Kebijakan Sosial juga pendamping sosial. Bidang pekerjaan jurusan ini sangat cocok bagimu yang suka bekerja dengan terjun langsung ke tengah-tengah masyarakat. Selain itu, kamu juga bisa menjadi konsultan dalam berbagai program pengembangan masyarakat, di perusahaan biasanya menjadi Community Development Officer (CDO) di bidang CSR (Corporate Social Responsibility, selain itu kamu juga bisa menjadi Ahli Pembangunan Masyarakat (Community Development Specialist) untuk LSM, dan Lembaga Legislatif Peneliti Sosial hingga tenaga Akademisi atau Dosen.

04 Jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan-03

Keahlian Jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan

✓ Kemampuan komunikasi

✓ Kemampuan advokasi

✓ Kemampuan melakukan analisis

✓ Kemampuan melakukan observasi

✓ Kemampuan problem solving

✓ Peka dan empati

04 Jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan-03

Kebutuhan Lulusan Jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan di Dunia Kerja

  • Lulusan jurusan ini dapat berkarir di berbagai Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan perusahaan-perusahaan dalam menangani program Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai ahli pengembangan masyarakat (community development specialist) dan ahli kebijakan sosial pada dinas sosial ataupun sebagai ahli pemberdayaan masyarakat dan peneliti.
  • Bekerja sebagai Ahli Pembangunan Masyarakat (Community Development Specialist)
  • Kamu juga bisa bekerja di berbagai lembaga internasional seperti UNICEF dan Save The Children, karena diperlukan orang dengan kemampuan advokasi sosial yang baik di profesi ini
  • Kamu pun bisa mengeksplorasi kemampuanmu dengan masuk ke bidang lain melalui jalur management trainee atau officer development program.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan

Perkuliahan di Jurusan di Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan akan melibatkanmu dalam proses pembelajaran di dalam kelas dan berbagai aktivitas lapangan secara langsung. Kamu akan belajar banyak seputar teori kebijakan sosial, proses penyusunan strategi, implementasi, evaluasi dan monitoring kebijakan sosial, juga pengembangan masyarakat melalui berbagai program yang sifatnya preventif, rehabilitatif, kuratif, maupun developmental. Tiga fokus utama pembelajarannya adalah Kebijakan Sosial (Social Policy) yang  berfokus pada kajian tentang upaya negara dalam pemecahan masalah sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Corporate Social Responsibility, edufriends.

Mata Kuliah Jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan

Berikut ini adalaah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan, edufriends:

  1. Kebijakan Sosial
  2. Masalah Sosial
  3. Kebijakan Pembangunan
  4. Pemberdayaan Masyarakat
  5. Perubahan Sosial
  6. Institusi Sosial
  7. Kemiskinan dan Pembangunan
  8. Teori Perubahan Sosial dan Kesejahteraan
  9. Masalah-Masalah Sosial
  10. Teori-Teori Pembangunan
  11. Perencanaan dan Kebijakan Sosial
  12. Kapital dan Jaminan Sosial
  13. Negara
  14. Pasar dan Kesejahteraan Sosial
  15. Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat
  16. Organisasi Masyarakat dan Pembangunan Sosial
  17. CSR dan Pembangunan Sosial
  18. Analisis dan Perumusan Kebijakan Sosial
  19. Pengorganisasian Masyarakat dan Advokasi Kebijakan
  20. Metode dan Teknik Fasilitasi
  21. Kesehatan Masyarakat
  22. Pluralisme Kesejahteraan
  23. Tata Kelola CSR
  24. Demografi
  25. Filantropi Sosial
  26. Hubungan Industrial
  27. Ekonomi Kerakyatan
  28. Kepemimpinan Sosial
  29. Migrasi dan Pembangunan Kawasan

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan

  • Tekun
  • Kritis
  • Observan
  • Berwawasan luas
  • Senang menganalisis
  • Senang melakukan riset
  • Keterampilan komunikasi
  • Keterampilan interpersonal
  • Senang memecahkan masalah
  • Bisa bekarjasama dengan team

Universitas Terbaik Jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan

Hanya ada satu universitas yang menawarkan Jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan (Akreditasi A) di Indonesia, yaitu Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta. Tersedia Jenjang S1, dan S2 di Universitas Ini.

  • S1 Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan (PSdK): Mempelajari pembangunan dengan menekankan bagaimana tujuan sosial itu tercapai dalam pembangunan.
  • S2 Pascasarjana Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan (PSdK): Merupakan pengembangan Prodi Sosiologi minat khusus untuk Kebijakan dan Kesejahteraan Sosial, edufriends.
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan

Lulusan Jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan memiliki kemampuan advokasi yang baik, juga kepekaan dan empati yang tinggi. Sehingga kamu bisa menjadi konsultan dalam berbagai program pengembangan masyarakat setelah sebelumya mempelajari Tiga fokus utama PSDK di perkuliahan, yaitu Kebijakan Sosial yang berfokus pada kajian tentang upaya negara dalam pemecahan masalah sosial baik aspek preventif maupun pengembangannya melalui pelayanan kesejahteraan sosial, Pemberdayaan Masyarakat yang berfokus pada elaborasi konsep dan pendekatan yang bertujuan untuk mengembangkan kapasitas masyarakat yang mandiri dan berkelanjutan dalam mengelola lembaga, sumber daya dan potensi lokal, terakhir Corporate Social Responsibility sebagai respon atas berkembangnya komitmen swasta untuk terlibat aktif dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat. Berikut ini beberapa gambaran lain lulusan jurusan ini edufriends:

SPESIALIS CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR)

Kamu bisa bekerja sebagai Spesialis Corporate Social Responsibility (CSR) di berbagai perusahaan ternama. Pekerjaannya berfokus pada pemberdayaan masyarakat yang membutuhkan. Seorang Spesialis Corporate Social Responsibility (CSR) akan membuat program-program sosial yang mampu menjembatani kepentingan perusahaan dan masyarakat di sejumlah daerah sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan untuk masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraannya, edufriends.

LEMBAGA PEMERNTAHAN

Kamu juga bisa bekerja sebagai Ahli Analisis Kebijakan di Pemerintahan dan Lembaga Legislatif. Sebagai pegawai pemerintahan, kamu memiliki peluang besar untuk terlibat langsung dalam membuat kebijakan yang dapat mengatasi berbagai isu kemiskinan, kekurangan air bersih, ketertinggalan daerah, dan lainnya. Kamu juga bisa bekerja di Kementrian Sosial yang tugasnya merumuskan, menetapkan, dan melaksanakan kebijakan di bidang rehabilitasi sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial, perlindungan sosial, dan penanganan kepada orang-orang yang membutuhkan, tak hanya itu Kementerian Sosial juga bertanggung jawab dalam pelaksanaan pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengembangan kesejahteraan sosial, serta penyuluhan sosial kepada masyarakat yang kurang mampu.

LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT (LSM)

Dengan menjadi pekerja sosial di LSM, kamu bisa bergerak langsung membantu mereka yang membutuhkan. Karena pekerja sosial lebih banyak bekerja di lapangan dan bertemu banyak orang. Mulai dari keluarga, lingkungan masyarakat, sampai kebijakan yang mempengaruhi seorang individu atau kelompok yang bermasalah. Tujuanya agar dapat mengetahui cara untuk membantu mengatasi tantangan tersebut. Sebagai pekerja sosial, kamu membutuhkan keterampilan organisasi, kemampuan komunikasi yang baik, ketahanan emosional, dan kemampuan akademis agar dapat bekerja secara efektif.

SOCIOPRENEUR

Kamu juga berpeluang untuk mendirikan usaha sendiri sekaligus meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dengan menjadi seorang pengusaha sosial alias social entrepeneur. Seorang pengusaha sosial tak hanya berbisnis demi keuntungan, tapi juga memberdayakan orang-orang di sekelilingnya, edufriends. Contoh sociopreneur di Indonesia yang menginspirasi diantaranya:

  • Kitabisa.com, sebagai situs donasi dan menggalang dana (fundraising) untuk inisiatif, campaign dan program sosial.
  • Du’Anyam, membantu ibu-ibu dan wanita di 15 desa di Flores untuk lebih banyak menghasilkan produk kerajinan anyaman dari daun lontar dengan menghasilkan tas, sepatu, dan beragam souvenir serta produk kerajinan berbahan daun lontar lain. Hal ini didasari oleh Masalah malnutrisi yang diidap para ibu dan anak-anak di Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sekitar 45 persen anak-anak dan 50 persen ibu-ibu yang tinggal di wilayah tersebut mengalami malnutrisi.
  • Klinik Asuransi Sampah milik Gamal Albinsaid, dimana Masyarakat yang kurang mampu bisa mendapatkan fasilitas kesehatan dengan menukarkan sampah miliknya.
  • Batik Kultur yang memperkerjakan 80 orang karyawan, dengan 40 di antaranya merupakan kaum difabel yang memiliki semangat dan pekerja keras.

TENAGA PENDIDIK/DOSEN

Untuk menjadi dosen, kamu perlu mengambil pendidikan lanjutan yaitu program magister, jika perlu sampai doktor edufriends. Seorang dosen Kesejahteraan Sosial juga dituntut untuk melakukan penelitian akademik, maupun yang berpengaruh bagi kebijakan pemerintah.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa saja yang dipelajari di jurusan ini?

Mempelajari strategi dalam pemecahan masalah-masalah sosial yang terjadi di masyarakat, serta penyejahteraan dan pembangunan masyarakat pasca penanganan masalah edufriends.

Jurusan kuliah apa yang mirip dengan jurusan ini?

Hukum Internasional dan Ekonomi Pembangunan.

Apa saja prospek kerja lulusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan

Bekerja di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan perusahaan-perusahaan dalam menangani program Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai ahli pengembangan masyarakat dan ahli kebijakan sosial pada dinas sosial ataupun sebagai ahli pemberdayaan masyarakat dan peneliti edufriends.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *