Rekomendasi Novel Sci-Fi & Fantasi Best Seller

Rekomendasi Novel Sci-Fi & Fantasi Best Seller

. 5 min read

Memang, dengan membaca novel bergenre science fiction (sci-fi) dan fantasi, selalu dapat membawamu ke dalam imajinasi yang tak terbatas.

Beruntung bagimu para penggemar novel sci-fi dan fantasi, Gramedia.com memiliki beragam koleksi buku best seller yang dapat kamu baca.

Kamu ingin cerita mengenai kehidupan di planet lain atau peperangan antar klan di planet Mars? Ada pula kisah-kisah sci-fi menarik lainnya.

Yuk, simak rekomendasi novel sci-fi dan fantasi best seller selengkapnya di bawah ini!

1. Red Rising #1 (Kebangkitan Merah) - Pierce Brown

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Red Rising merupakan cerita awal trilogi novel dari Pierce Brown, yang terdiri dari Red Rising, Golden Son, dan Morning Star.

Bukunya mengisahkan tentang Darrow, seorang penambang dari klan Merah. Saat ini, bumi sudah sekarat. Misi Klan Merah adalah mengumpulkan elemen-elemen berharga di Mars, agar manusia dapat hidup di sana.

Itulah yang diyakini, sampai Darrow menyadari semua itu bohong. Ternyata, Mars sudah layak huni, bahkan sudah dihuni selama ratusan tahun oleh klan Emas.

Mereka adalah golongan yang menganggap klan Merah hanyalah budak yang bisa dieksploitasi serta disingkirkan tanpa ragu.

Red Rising bisa dibilang merupakan kombinasi antara The Hunger Games dan Game of Thrones. Terlihat menjanjikan jika difilmkan.

Bagi para sutradara dan studio film, ada yang tertarik?

2. The Martian (Si Penghuni Mars) - Andy Weir

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Mungkin kamu familiar dengan novel yang satu ini. Yups, novel The Martian telah diadaptasi ke film, yang dibintangi oleh Matt Damon sebagai Mark Watney.

The Martian berkisah tentang astronaut Mark Watney, yang hidupnya berubah, setelah ia secara tak sengaja tertinggal di Mars, karena rekan-rekannya mengira ia telah tewas dalam badai pasir.

Mark pun sebatang kara di planet lain. Tapi, ia tak menyerah. Ia memulai misi untuk bertahan hidup, menanam kentang untuk dimakan, dan bahkan menyusun rencana gila untuk menghubungi Bumi.

Ketika Mark mulai yakin bisa keluar dari Mars hidup-hidup, planet ini ternyata menyimpan banyak rahasia dan kejutan untuknya.

3. Contact (Kontak) - Carl Sagan

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Setelah sukses dengan Kosmos, yang menjelaskan alam semesta. Di sini, Carl Sagan memprediksi masa depan alam semesta dan umat manusia.

Menceritakan sosok Dr. Eleanor Arroway, direktur Proyek Argus, yang berusaha menangkap sinyal kehidupan di alam semesta.

Dialah yang pertama kali menyadari dan menerjemahkan pesan dari suatu kehidupan di dekat bintang Vega yang berjarak 26 tahun cahaya dari Bumi di mana keberadaannya diragukan.

Ia berusaha meyakinkan para kepala negara agar tidak memperlakukan pesan itu sebagai ancaman. Selain berkontak dengan makhluk alam semesta lain, Ellie juga melakukan perjalanan spiritual dengan dirinya sendiri.

4. Penjelajah Antariksa 1: Bencana di Planet Poa - Djokokelono

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Terra atau Bumi yang manusia tempati, telah hancur akibat perang. Kini, mereka berpencar mencari planet yang bisa ditinggali.

Cerita dimulai saat satu koloni penduduk Terra tiba di Planet Poa, sebuah planet kecil yang tak berpenghuni. Namun setelah bencana besar menghantam penduduk Terra, tiba-tiba penduduk asli Poa muncul.

Penduduk Terra telah memiliki janji, yaitu tidak menempati planet yang sudah berpenduduk. Sayangnya, ketika mereka akan pergi, koloni penduduk Terra lainnya datang.

Mereka melupakan janji perdamaian. Perang akhirnya pecah. Dalam kekacauan ini, Raz, bersama sang kakek, gadis ini terpisah dari tiga kakaknya.

Keempat anak ini terlibat dalam kekisruhan yang terjadi. Apakah mereka berhasil selamat? Berhasilkah penduduk Terra damai kembali?


Baca juga: 8 Novel Thriller dengan Plot Twist Mengejutkan


5. Strange The Dreamer (Strange Si Pemimpi) - Laini Taylor

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Bercerita tentang Lazlo Strange, sejak kecil ia sangat terobsesi dengan kisah Weep, kota yang hilang.

Ketika kesempatan untuk mencari kota tersebut tiba, tanpa berpikir panjang Lazlo memutuskan untuk menerima, sebelum dia kehilangan mimpinya.

Memang apa yang terjadi pada kota Weep dua ratus tahun lalu, sehingga memutus kota tersebut dari dunia luar?

Banyak misteri di kota itu. Termasuk sosok dewi berkulit biru yang muncul dalam mimpi Lazlo.

Bagaimana bisa Lazlo memimpikannya, sebelum dia tahu wanita itu ada? Jika semua dewa sudah mati, kenapa wanita itu tampak sangat nyata?

Ikuti rangkaian kisah Lazlo selanjutnya dalam buku Batari Mimpi Buruk (Muse of Nightmare)

6. The Paper Magician #1 - Charlie N. Homberg

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Novel ini adalah awal dari seri Paper Magician, yang terdiri dari The Paper Magician, The Glass Magician, dan The Master Magician.

Menceritakan sosok penyihir Ceony Twill yang sedang magang di pondok seorang penyihir bernama Emery Thane. Namun, ia kecewa karena masa magangnya harus dihabiskan sebagai Pengendali Kertas.

Ternyata, menjadi Pengendali Kertas tidak seburuk yang dibayangkan. Sayang, kebahagiaannya terusik ketika Lira, seorang Penyihir Pembelot, datang untuk mengambil jantung Emery Thane.

Dengan bekal pembelajaran sihir kertas, dia berhasil membuat jantung kertas untuk Emery. Tapi ini hanya sementara, karena jantung tersebut hanya bertahan selama dua hari saja.

Apakah ia berhasil mengalahkan Lira, dan mendapatkan jantung Emery kembali?

7. Bumi - Tere Liye

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Tere Liye kembali memuaskan para pembacanya dengan mengreasikan imajinasinya ke dalam beberapa rangkaian cerita seri Bumi.

Buku ini akan memerkenalkan sosok Raib, yaitu seorang gadis belia berusia lima belas tahun yang memiliki kemampuan bisa menghilang.

Bersama kedua temannya, Seli dan Ali, mereka bertualang ke negeri asing, dan berusaha untuk mengungkap misteri kekuatannya, dan kebenaran tentang leluhurnya.

Buku ini adalah awal yang hebat untuk seri Bumi. Temukan rangkaian kisahnya dalam buku Bulan, Matahari, Bintang, Ceros dan Batozar, Komet, dan Komet Minor.

8. The Disasters - M. K. England

rekomendasi
Beli bukunya di sini

Menceritakan sosok bernama Nax Hall, bercita-cita menjadi pilot serta menjelajahi koloni yang telah didirikan seratus tahun yang lalu, dan Akademi adalah satu-satunya cara untuk melakukannya.

Namun, ia dikeluarkan dari Akademi Ellis Station yang terkenal, dalam waktu kurang dari sehari saja!

Tapi rencana perjalanan pulang Nax bersama tiga orang lainnya kembali ke Bumi gagal, ketika ada sekelompok teroris yang menyerang Akademi.

Sebagai satu-satunya saksi atas pembunuhan ribuan orang, mereka dituduh menjadi tersangka untuk sesuatu yang tidak mereka lakukan.

Tak ada pilihan lain, mereka harus melakukan pelarian yang berbahaya, dan berusaha agar tidak tertangkap. Akankah mereka berhasil?


Baca juga: 7 Novel Horor Terbaru di Tahun 2020


Jadi, judul novel sci-fi dan fantasi mana yang ingin kamu eksplorasi?

Temukan beragam novel fiksi pilihan lainnya yang dapat kamu baca, hanya di Gramedia.com!


Photo header from IMDB.com