Rekomendasi Novel Laris yang diangkat Menjadi Serial Populer

Rekomendasi Novel Laris yang diangkat Menjadi Serial Populer

. 6 min read

Kehadiran aplikasi streaming membuat kita memilih hiburan sederhana di rumah dengan cara menonton acara serial. Siapa nih yang sukanya marathon nonton serial? Berjam-jam menatap layar saking penasarannya sama kelanjutan kisah di tiap episodenya.

Tapi kalian tahu nggak sih kalau beberapa serial populer tersebut diadaptasi dari novel-novel best seller loh. Nah, buat yang belum nonton filmnya, yuk baca bukunya lebih dulu. Admin udah ngumpulin beberapa serial populer adaptasi novel, yang bisa dijadikan referensi bacaan kamu selanjutnya.

Anne with an E

Setelah digarap dan rilis oleh Netflix pada tahun 2017, musim pertama serial ini langsung mencuri perhatian banyak orang. Diadaptasi dari novel klasik laris pada awal tahun 1900-an, kisah ini menceritakan tentang gadis yatim piatu yang ceria dan pintar bernama Anne, namun sebenarnya ia memiliki kisah kelam.

anneBeli Bukunya dan Baca Sekarang!

Dengan latar tahun 1819, kamu akan dibawa ke daerah bernama Avonlea, di mana Anne akhirnya diangkat anak oleh kakak beradik, Matthew Cuthbert dan Marilla Cuthbert. Pengangkatan Anne tidak semulus itu. Ia sempat ditolak oleh Marilla karena sebenarnya ia mencari anak lelaki yang bisa membantu Matthew nantinya bekerja di kebun. Karakter Anne yang banyak bicara juga membuatnya sedikit terganggu.

Serial yang diangkat dari karya L.M. Montgomery ini sudah bisa kamu tonton hingga 3 musim di Netflix, dengan elemen yang terlihat lebih modern. Banyak sekali isu yang diangkat mengenai perempuan, kulit berwarna, dan hal-hal lainnya yang dibalut dengan kisah hangat keluarga Cuthbert di kebun Green Gables.

Shadow and Bone

Serial ini berdasarkan novel populer Grishaverse, gabungan trilogi Shadow and Bone dan sekuel Six of Crows karya Leigh Bardugo. Inspirasi cerita ini berdasarkan mitologi Rusia, tentang remaja perempuan bernama Alina yang bergabung ke militer ajaib bernama Grisha yang mampu mengendalikan elemen, setelah ia mengungkap kemampuan langka memanggil cahaya.

shadowBeli Bukunya dan Baca Sekarang!

Serial ini sudah bisa kamu tonton di Netflix, di mana kisahnya penuh keajaiban dan kekacauan, tapi juga menyorot tentang pahlawan wanita. Kamu juga akan disuguhkan pertarungan dengan sekelompok penjahat karismatik yang berpacu untuk melakukan aksi pencurian besar.

Bridgerton

Setelah serialnya tayang di Netflix, novel historical romance karya Julia Quinn dalam seri The Bridgertons, kembali laris dicari masyarakat. Siapa sih yang nggak kesemsem sama kisah romantis antara Daphne dengan Duke of Hastings alias Simmon. Apalagi dengan latar kehidupan bangsawan London di era awal 1800-an.

Sejak rilis, serial ini langsung jadi populer di berbagai negara. Kamu akan disuguhkan tampilan gaun-gaun cantik dan kostum yang indah ala kerajaan di masa 1800-an, serta musik yang apik di setiap pesta dansa.

theBeli Bukunya dan Baca Sekarang!

Bukan sekadar kisah percintaan, tapi juga tentang usaha perjodohan yang dibalut drama bumbu gosip yang aduhai. Keseluruhan seri novel The Bridgertons bisa kamu dapatkan semua di Gramedia.com.


Baca juga: Film Indonesia Adaptasi dari Buku Novel Best-Seller


The School Nurse Files

Serial ini diadaptasi dari novel yang memenangkan penghargaan karya Jung Se Rang. Novel fiksi laris berjudul School Nurse Ahn Eunyoung ini mengisahkan seorang perawat yang mempunyai kemampuan melihat makhluk supranatural. Makhluk ini berasal dari sisa keinginan makhluk hidup, dengan bentuk seperti jeli dan ukuran yang beragam.

schoolBeli Bukunya dan Baca Sekarang!

Walaupun ia bekerja sebagai perawat di sebuah SMA, ia ternyata juga pembasmi monster jahat! Hal ini karena jika manusia terkontaminasi makhluk tersebut, mereka akan membawa nasib buruk. Psst, kamu juga akan disuguhkan efek CGI yang apik dari karakter monster yang mempunyai berbagai macam bentuk loh.

Lupin

Tidak sepenuhnya diadaptasi dari buku, tapi buku karya Maurice Leblanc lah yang menjadi inspirasi dari serial ini. Karakter dalam buku bernama Arsène Lupin menjadi kunci aksi-aksi menakjubkan dari si karakter utama dalam serial ini, yaitu Assane Diop.

Aksi pencurian dan penyamaran Assane Diop semuanya mencontoh dari kehidupan Arsène Lupin. Assane melakukan hal ini untuk melakukan pembalasan dendam atas ayahnya yang meninggal karena dituduh melakukan kejahatan.

Buku Arsène Lupin sudah dikenalkan sejak tahun 1905 dan juga menginspirasi sejumlah buku, film, pementasan drama, komik, bahkan video game. Setelah rilisnya serial Lupin di Netflix, buku perdana Lupin kembali laris di berbagai negara.

sherlockBeli Bukunya dan Baca Sekarang!

Di Gramedia.com ada komik seru kisah Sherlock, Lupin, dan Irene, dalam memecahkan misteri dan kriminal. Semua koleksi serinya lengkap, bisa langsung kamu beli di sini ya>>> Koleksi Sekarang!

Kisah untuk Geri

Diangkat dari novel laris karya Erisca Febriani, yang juga menulis Dear Nathan, serial ini menceritakan tentang benci jadi cinta. Geri anak SMA yang labil tapi juga terkenal nakal dan arogan, sedangkan Dinda mempunyai karakter yang sangat manja karena hidup serba ada. Karakter yang sangat berbeda ini ternyata malah bisa menyatukan mereka. Apalagi mereka bertemu setiap hari dalam satu kelas.

kisahBeli Bukunya dan Baca Sekarang!

Suatu ketika kehidupan Dinda berubah drastis karena Ayahnya terjerat korupsi. Yang tadinya serba enak, akhirnya malah harus berjuang di hidup yang pas-pasan. Ditambah lagi sakit hati karena hubungannya bersama Geri.

Tadinya Kisah untuk Geri akan diadaptasi ke bentuk film. Namun karena pandemi akhirnya berganti menjadi serial. Kamu sudah bisa menonton serial ini lewat iflix atau WeTV.

Big Little Lies

Dipenuhi bintang berkelas, serial ini diadaptasi dari novel laris yang berjudul sama karya Liane Moriarty. Mengulik cerita tentang kehidupan rumah tangga dari para ibu muda di Amerika, jalan ceritanya benar-benar nggak bisa ketebak!

Ada Jane yang merupakan ibu tunggal pindah ke daerah Monterey dan anaknya langsung mendapat masalah di sekolah barunya. Lalu Medeline yang selalu menemani Jane dan mendukungnya ketika menghadapi masalah. Serta Celeste yang dinilai memiliki kehidupan sempurna, namun mempunyai rahasia kelam akan KDRT yang diderita.

Suatu ketika ketiga ibu muda tersebut terlibat masalah besar, ketika pria ditemukan tewas di tempat mereka tinggal. Selain novelnya yang laris, serial ini juga telah memenangkan penghargaan Golden Globes, dan sudah bisa kamu tonton di HBO Go.

bigBeli Bukunya dan Baca Sekarang!

Asyiknya lagi, novel ini sudah bisa kamu beli versi e-book-nya dan dibaca lewat Gramedia Digital. Atau kalau mau versi cetaknya, kamu bisa beli lewat di Gramedia.com. Yuk, jajal novelnya sekarang dengan klik gambar sampul buku di atas.

Sharp Object

Masih dari serial populer di HBO Go, kali ini adaptasi novel terlaris berjudul sama yang mendapat banyak penghargaan. Novel thriller psikologi ini ditulis oleh Gillian Flynn yang juga menulis novel laris Gone Girl. Mengisahkan tentang Camille Preaker yang bekerja sebagai reporter dan tengah melakukan investigasi pada kematian dua anak di sebuah kota kecil.

Camille sebenarnya juga sedang melawan kecanduannya pada alkohol dan tindakan menyakiti diri sendiri. Hal ini terjadi karena masa kelam saat kecil. Terlepas dari kondisi mentalnya, ia berusaha menyelesaikan tugasnya itu. Serial ini banyak diberi pujian karena visual dan suasana kelam yang ditampilkan begitu apik.

sharpBeli Bukunya dan Baca Sekarang!

Bagi kamu yang mau baca bukunya, bisa lakukan print on demand atau langsung beli e-book-nya untuk baca di Gramedia Digital ya!

Imperfect

Kesuksesan novel Imperfect yang juga pada filmnya, membuat spin-off dari film tersebut hadir dalam bentuk serial. Novel laris Imperfect hadir dengan masalah standar kecantikan yang ditulis langsung oleh Meira Anastasia, istri dari sutradara terkenal, Ernest Prakarsa.

bukuBeli Bukunya dan Baca Sekarang!

Menyoal pada standar kecantikan, serial yang dibalut komedi ini menjawab kegelisahan para wanita yang insecure, untuk tidak menyalahkan keadaan dan menerima diri sendiri.

Lika-liku kehidupan dari para anggota geng indekos ini nggak bakalan berhenti mengocok perut kalian. Dari kisah cinta Neti yang bucin banget, Maria yang baru datang dari wilayah Timur dan sulit beradaptasi di Jakarta, Endah yang dilema karena dilamar aparat desa, serta konflik Prita dengan adiknya yang sangat berbeda penampilan yang akhirnya jadi Selebgram.

Mumpung akhir pekan sudah tiba, yuk langsung baca buku-buku rekomendasi di atas, yang semuanya tersedia di Gramedia.com. Langsung klik setiap gambar sampul buku yang kamu mau, lalu masukkan keranjang, dan segera checkout!

Selamat membaca dan menonton Grameds! 🍿😎


Sumber foto header: netflix.com, wetv.vip, Dok. Gramedia.com