Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta

Profile
  

Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta

Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta merupakan perguruan tinggi swasta yang berkedudukan di Yogyakarta. Perguruan tinggi yang fokus pada bidang sains dan teknologi ini dinaungi oleh Yayasan Pembina Potensi Pembangunan (YPPP). Awalnya, Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta terbentuk dengan nama Akademi Perindustrian dan Akademi Teknologi Industri dengan Surat Keputusan yang diterbitkan oleh yayasan pada tanggal 7 Mei 1970.

Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 12 Mei 1987 Akademi Perindustrian dan Akademi Teknologi Industri resmi berubah menjadi Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta berdasarkan Surat Keputusan Yayasan Nomor : 003/YPPP/V/1987 dan diresmikan juga oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan SK No : 0145/0/1989 tanggal 16 Maret 1989 yang berpedoman pada Undang – Undang Nomor : 2 tahun 1989, serta Peraturan Pemerintah Nomor 30 tahun 1990.

Bersamaan dengan perubahan nama tersebut, Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta dapat menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang sains dan teknologi, yang terdiri dari tiga fakultas, yaitu Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Sains Terapan, dan Fakultas Teknologi mineral. Selain itu, Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta juga menyelenggarakan pendidik pada jenjang strata 1 atau Sarjana dan jenjang Diploma III.

Institus yang diresmikan oleh Sri Paduka Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara Paku Alam VIII ini, pada awal masa berdirinya hanya memiliki satu fakultas, yaitu Fakultas Teknik Industri yang terdiri dari jurusan Teknik Kimia dan jurusan Manajemen Industri. Kemudian, pada tahun 1975 Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta memuka jurusan baru, Maintenance Industri yang terdiri dari dua program studi, yaitu teknik Mesin dan Teknik Listrik. Menyusul kemudian, pembukaan program studi baru, yaitu statistika Industri.

Sesuai Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 043/O/1985 tanggal 28 Januari 1985 mengenai perubahan nama Akademi Perindustrian Akprind menjadi Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta. Istilah Akprind sendiri merupakan kepanjangan dari Amanat Keluarga Pejuang Republik Indonesia dengan mengusung prinsip JNANADHARMA yang memiliki arti ilmu pengetahuan dan teknologi untuk diabdikan kepada nusa, bangsa, dan negara.

Mengingat banyaknya kebutuhan tenaga ahli pada bidang sains dan teknologi yang berkompeten dan profesional. Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta meningkatkan jenjang pendidikannya pada jenjang yang lebih tinggi, yakni Strata 1 (S1) dengan tiga fakultas yaitu, Fakultas Teknologi Industri yang terdiri dari lima jurusan, diantaranya JurusanTeknik Kimia, Jurusan Teknik Industri, Jurusan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Elektro, dan JurusanTeknik Informatika. Kemudian, Fakultas yang kedua Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yang terdiri dari tiga jurusan, yaitu Jurusan Matematika, Jurusan Fisika, dan Jurusan Kimia. Terakhir, Fakultas Teknologi Mineral dengan satu jurusan, yaitu JurusanTeknik Geologi.

Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta sudah mengoptimalkan sistem e-learning dalam kegiatan belajar mengajarnya melalui program LMS (Learning Management System). Selain jadwal kuliah menjadi lebih efektif dan fleksibel, mahasiswa juga dapat lebih kreatif dan mandiri, bahkan materi modul pun dapat diakses secara bebas oleh mahasiswa.

Sejak 19 Juli 2014, Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta berhasil mendapatkan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dengan predikat “B” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Kementerian Pendidikan Nasional. Akreditas “B” tersebut tercantum dalam Surat Keputusan BAN-PT Nomor 243/SK/BAN-PT/Akred/PT/VII/2014.

Kemudian, pada tanggal 26 November 2019, Institut Sains dan Teknologi Aprind Yogyakarta melakukan akreditasi kembali. Dengan menggunakan Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi (AIPT) versi 3.0, Institut Sains dan Teknologi Aprind Yogyakarta berhasil mendapatkan predikat akreditasi “Baik Sekali”, berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Nomor :  419/SK/BAN-PT/Akred/PT/XI/2019.

Institut Sains dan Teknologi mempunyai tiga kampus cabang yang tersebar di kota Yogyakarta. Kampus pertama sekaligus kampus utama terletak di Jl. Kalisahak No.28 Kompleks Balapan, Yogyakarta 55222. Kampus kedua, terletak di Jl. I Dewa Nyoman Oka No.32, Yogyakarta, dan Kampus ketiga sekaligus terakhir terletak di Jl. Bimasakti No.3 Pengok, Yogyakarta.

Selain ingin mencetak mahasiswa yang unggul secara akademik. Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta juga ingin mengembangkan bakat dan potensi  non akademik mahasiswa di berbagai bidang. Mulai dari organisasi hingga komunitas. Harapannya, mahasiswa dapat memaksimalkan organisasi dan komunitas tersebut untuk mengasah soft skill yang nantinya akan dibutuhkan ketika terjun di tengah masyarakat dan di dunia kerja. Organisasi dan komunitas yang ada di Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta cukup beragam, mulai dari himpunan mahasiswa, komunitas, hingga UKM. Berikut adalah organisasi dan komunitas yang ada di Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta:

  1. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)
  2. Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HTMK)
  3. Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HTMI)
  4. Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM)
  5. Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HMTE)
  6. Himpunan Mahasiswa Informatika (HMI)
  7. Himpunan Mahasiswa Sistem Komputer (HMKOM)
  8. Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi (GAIA)
  9. Himpunan Mahasiswa Statistika (HIMASTA)
  10. Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL)
  11. Satuan Mahasiswa Bhayangkara (SATMABHARA)
  12. Satuan Resimen Mahasiswa (SATMENWA)
  13. Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALISTA)
  14. Theater Kampus – Sanggar 29 Terkam
  15. Pramuka Gugus Depan 03
  16. Paduan Suara Mahasiswa (PSM)
  17. Musik dan Band (KARISTA)
  18. Robotika
  19. Aeromodeling
  20. ISTA Student English Club (ISEC)
  21. Workshop Balap Motor (HARD)
  22. Kelompok Studi Linux (KSL)
  23. Kelompok Studi JAVA
  24. UKM Basket
  25. UKM Bola Voli
  26. UKM Tenis Meja
  27. UKM Pencak Silat
  28. UKM Catur
  29. UKM Sepak Bola
  30. Kerohanian Islam Jama’ah Al-Kautsar
  31. Kerohanian Kristen PMK “Galilea”
  32. Kerohanian Katolik St. Stanislaus
  33. Kerohanian Hindu
  34. Penalaran dan Penelitian

 

Dengan memaksimalkan lingkungan akademik dan non akademik, Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta berharap dapat memaksimalkan mahasiswa untuk menumbuhkan potensi diri dan berinovasi dengan melakukan penemuan kreatif agar dapat menciptakan karya yang bermanfaat bagi masyarakat. Senada dengan tujuan tersebut, Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta juga bekerja sama dengan beberapa instansi, mulai dari asosiasi, institusi pendidikan, industri, hingga pemerintah.

Demi menjalankan Tri Dharma perguruan tinggi, Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta juga berkontribusi dalam kegiatan pengabdian masyarakat, seperti memberi dukungan pada penerapan smart city di Kabupaten Wonogiri, terlibat dalam pengembangan potensi daerah Kabupaten Temanggung, dan melakukan pendampingan dan pengembangan penelitian di Gunung Ireng dan Patuk Gunung Kidul hingga menjadi ekowisata (konsep pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya, ekonomi masyarakat lokal, serta pembelajaran dan pendidikan).

Visi, Misi, Tujuan, dan Jati Diri Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta

Visi Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta

Menjadi Perguruan Tinggi yang unggul di bidang sains dan teknologi dengan reputasi internasional.

Misi Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang sains dan teknologi yang mengedepankan dan menjunjung tinggi tata nilai, norma, dan budaya.
  2. Mengembangkan sains dan teknologi yang berwawasan lingkungan dan berbasis penjaminan mutu.
  3. Menerapkan hasil-hasil pendidikan dan penelitian sains dan teknologi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tujuan Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta

  1. Mencetak lulusan yang berdaya saing di bidang sains & teknologi yang berjiwa wirausaha (entrepreneurs) berwawasan lingkungan, berbasis penjaminan mutu, dan memiliki karakter disiplin, jujur, bermoral serta kompeten di bidangnya.
  2. Mewujudkan IST AKPRIND yang unggul dan bereputasi internasional di bidang sains & teknologi.
  3. Menghasilkan karya penelitian dan pengabdian yag bermanfaat bagi kemajuan industri dan masyarakat.

Jati Diri Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta

  1. Institut profesional di bidang sains & teknologi
  2. Institut berwawasan lingkungan
  3. Institut berbasis penjaminan mutu

Akreditasi Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta: Baik Sekali

Akreditasi merupakan salah satu indikator penting dalam menentukan pilihan institusi pendidikan selanjutnya. Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta saat ini telah mengantongi akreditasi “Baik Sekali” berdasarkan Surat Keputusan 419/SK/BAN-PT/Akred/PT/XI/2019.

Video Profil Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta

Profil Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta dapat disaksikan di tautan ini.

Fakultas dan Jurusan di Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta

Biaya Kuliah di Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta

Segala rincian biaya kuliah bisa diakses melalui laman ini.

Beasiswa di Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta

Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta menyediakan beberapa program beasiswa, diantaranya:

  1. Beasiswa sampai lulus Sarjana (S1) dan Diploma III dari Yayasan Pembina Potensi Pembangunan (YPPP)
  2. Beasiswa Bidik Misi / KIP
  3. Beasiswa Putra dan Putri Alumni Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta
  4. Beasiswa Putra dan Putri Pegawai Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta
  5. Jalur Gelombang Khusus
  6. Beasiswa dari Perbankan

Untuk informasi lebih lengkap mengenai beasiswa dapat mengakses laman ini.

Fasilitas di Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta

Demi mendukung kelancaran kegiatan belajar mengajar, Institut yang berkedudukan di Kompleks, Jl. Kalisahak Jl. Balapan No.28, Klitren, Gondokusuman, Yogyakarta menyediakan berbagai sarana dan prasarana yang memadai dan representatif untuk mahasiswa-mahasiswanya, mulai dari asrama, ruang kelas, koperasi, hingga laboratorium. Berikut adalah fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta:

  1. Ruang kuliah dilengkapi dengan AC, white board, dan LCD projector
  2. Hotspot yang tersebar di setiap gedung
  3. Perpustakaan dengan koleksi digital
  4. Terminal komputer akses internet
  5. Portal lowongan pekerjaan
  6. Lapangan basket
  7. Koperasi Mahasiswa (KOPMA)
  8. Lapangan bola voli
  9. Wall Climbing atau panjat tebing
  10. Laboratorium
  11. Gedung rektorat
  12. Studio musik
  13. Masjid kampus
  14. Asrama mahasiswa
  15. Bank
  16. Kantin
  17. Radio istakalisa

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Buku Pelajaran SD, SMP, SMA
  • Buku SBMPTN
  • Buku Persiapan Ujian
  • Buku Uji Kompetensi
  • Buku Tes Masuk TNI & Polri
  • Berbagai macam kategori buku seperti buku novel, hobi, motivasi, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Buku Pelajaran SD, SMP, SMA
  • Buku SBMPTN
  • Buku Persiapan Ujian
  • Buku Uji Kompetensi
  • Buku Tes Masuk TNI & Polri
  • Berbagai macam kategori buku seperti buku novel, hobi, motivasi, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Biaya Hidup Di Yogyakarta

Biaya Hidup / Bulan

Terendah (Rp. 1.250.000)
Rata-rata (Rp. 600.000)
Tertinggi (Rp 3.000.000)

Biaya Sewa Kos per Bulan

Terendah (Rp. 500.000)
Rata-rata (Rp. 650.000)
Tertinggi (Rp 2.500.000)

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apakah di IST Akprind terdapat asrama?

IST Akprind menyediakan fasilitas asrama dengan harga yang terjangkau.

Apakah terdapat kampus cabang di luar kota Yogyakarta?

IST Akprind tidak mempunyai kampus cabang selain di kota Yogyakarta.

[algolia_carousel]
Spesialisasi
  • Teaching skills
Video

Event