Daftar Jurusan Kuliah IPA dan IPS

Jurusan Teknologi Industri Cetak Kemasan

Jurusan Teknologi Industri Cetak Kemasan

Kategori Teknik dan Industri

Jurusan Teknologi Industri Cetak Kemasan

Kategori Teknik dan Industri

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Teknologi Industri Cetak Kemasan

Jurusan Teknologi Industri Cetak Kemasan atau TICK adalah pendidikan vokasi jenjang sarjana terapan. Program studi yang satu ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai pengetahuan teoritis dan juga kemampuan praktis dalam bidang kemasan atau packaging yang berbasis teknologi serta adaptif terhadap perkembangan teknologi kemasan.

Selain itu, para lulusan juga diharapkan bisa merencanakan dan mengelola usaha produksi kemasan serta mempunyai jiwa kewirausahaan dalam menciptakan lapangan kerja. Para lulusan nantinya akan dibekali dengan pengetahuan material kemasan, proses produksi kemasan, proses manufacturing guna meningkatkan hasil cetakan menjadi produk akhir kemasan, dan pengetahuan terkait manajemen industri untuk menunjang proses produksi kemasan, baik itu pengelolaan manusia, fasilitas, sistem produksi, dan juga pemasaran produk kemasan.

Secara umum, Jurusan Teknologi Industri Cetak Kemasan ini bertujuan untuk menyiapkan sumber daya manusia untuk menjadi tenaga ahli menengah profesional dan juga kompeten yang bisa mengisi posisi penyedia atau pelaksana dalam bidang grafika, penerbitan, dan juga percetakan naskah untuk media elektronik dan juga cetak.

Kenapa Jurusan Teknologi Industri Cetak Kemasan?

Pendirian Jurusan Teknologi Industri Cetak Kemasan ini dilatarbelakangi karena adanya pertumbuhan industri kemasan yang terus meningkat dengan rata-rata 6-8 persen setiap tahunnya. Industri kemasan mencakup 3 jenis yakni industri converter selaku produsen kemasan, industri supplier sebagai penyedia material kemasan, dan juga industri brand owner selaku pengguna kemasan.

Hal tersebut menjadi peluang yang cukup besar terhadap kebutuhan tenaga kerja yang berkompeten di bidang ilmu dan juga teknologi kemasan. Sehingga perlu diselenggarakan sebuah program studi yang bisa memenuhi kebutuhan industri kemasan dan memberikan pendalaman materi tentang teknik kemasan secara teori dan juga praktik.

Program studi Teknologi Industri Cetak Kemasan berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan juga berdaya saing tinggi. Sehingga mahasiswa akan dibekali dengan 60 persen kemampuan praktik dan 40 persen pengetahuan teori.

Keahlian Jurusan Teknologi Industri Cetak Kemasan

✓ Kemampuan riset
✓ Kemampuan berpikir logis dan sistematis
✓ Kemampuan problem solving
✓ Kemampuan bekerja dalam tim
✓ Pemahaman dasar teknologi

Kebutuhan Lulusan Jurusan Teknologi Industri Cetak Kemasan

Peluang kerja untuk lulusan dari Jurusan Teknologi Industri Cetak Kemasan ini cukup luas, yakni bisa menempati posisi-posisi strategis yang ada di suatu industri. Mulai dari Riset and Development atau RnD, Packaging Development, Production, PPIC, Quality Control, Logistik, dan juga Sales Marketing.

Selain bisa bekerja di industri, lulusan Jurusan Teknologi Industri Cetak Kemasan juga bisa mempunyai peluang kerja untuk menjadi seorang PNS di Instansi Pemerintah, Dosen, Peneliti, atau menjadi seorang wirausahawan dengan membuka lapangan pekerjaan di bidang kemasan.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Teknologi Industri Cetak Kemasan

Mata Kuliah Jurusan Teknologi Industri Cetak Kemasan

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Teknologi Industri Cetak Kemasan:

1. Material Kemasan
2. Proses Produksi Kemasan
3. Teknik Kemasan
4. Penjadwalan Produksi
5. Kalkulasi Biaya Produksi
6. Manajemen Kualitas Kemasan
7. Regulasi Kemasan
8. Desain Kemasan
9. Pengembangan Kemasan
10. Teknologi Kemasan
11. Sistem Pengambilan Keputusan
12. Pemasaran dan Kewirausahaan
13. Logistik dan Distribusi Kemasan

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Teknologi Industri Cetak Kemasan

✓ Teliti
✓ Tekun
✓ Detil
✓ Rasional
✓ Terstruktur
✓ Senang Berhitung
✓ Senang menganalisis
✓ Senang melakukan riset

Universitas Terbaik Jurusan Teknologi Industri Cetak Kemasan

Berikut ini adalah universitas terbaik untuk Jurusan Teknologi Industri Cetak Kemasan di Indonesia:

  1. Politeknik Negeri Jakarta

Prospek Kerja Jurusan Teknologi Industri Cetak Kemasan

Packaging Development

Profesi ini memiliki tugas untuk melakukan pengembangan kemasan, melakukan review dan juga analisa kemasan, bekerja sama dengan departemen lain terkait dengan pengembangan kemasan, serta bertanggung jawab untuk memastikan semua fungsi di bagian packaging berjalan dengan baik.

Quality Assurance

Tugas Quality Assurance adalah menetapkan standar kualitas yang harus dipenuhi oleh layanan atau produk. Selain itu, mereka juga bertanggung jawab untuk menyusun dan mengiplementasikan sistem manajemen kualitas yang sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan.

PPIC Supervisor

Profesi yang satu ini bertanggung jawab atas semua kegiatan perencanaan, kontrol proses produksi, baik itu kebutuhan bahan baku dan juga proses produksi. Selain itu, profesi ini juga memiliki tugas untuk menjalankan fungsi koordinasi dengan tim dan antar departemen yang berkaitan dengan perencanaan dan pelaksanaan proses produksi, serta mengontrol kinerja yang ada dibawahnya.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa yang dipelajari di Jurusan Teknologi Industri Cetak Kemasan?

Mempelajari tentang cara merencanakan, menganalisis, mengambil keputusan, dan pengetahuan mengenai sistem produksi kemasan untuk melakukan pengendalian kualitas.

Apa prospek kerja untuk para lulusannya?

Profesi di bidang Research and Development Staff, Packaging Development, Quality Assurance, PPIC Supervisor, Quality Control Supercisor, dan lain sebagainya.

Apa saja Jurusan yang serupa dengan Jurusan Teknologi Industri Cetak Kemasan?

Jurusan Desain Produk, Teknik Kemasan, Teknik Grafika, dan lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *