Daftar Jurusan Kuliah IPA dan IPS

Jurusan Teknologi Hasil Pertanian

Jurusan Teknologi Hasil Pertanian

Kategori Pertanian & Peternakan

Jurusan Teknologi Hasil Pertanian

Kategori Pertanian & Peternakan

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Teknologi Hasil Pertanian

Jurusan Teknologi Hasil Pertanian merupakan jurusan yang mempelajari tentang penggunaan, pemeliharaan, dan juga pengembangan alat serta mesin untuk budidaya pertanian. Bidang yang satu ini sangat bertumpu pada bidang ilmu teknik untuk bisa memecahkan berbagai masalah di bidang pertanian. Secara umum, ruang lingkup Jurusan Teknologi Hasil Pertanian ini meliputi kegiatan penanganan, pengamanan, dan juga pengelolaan hasil pertanian.

Selain itu, Jurusan Teknologi Hasil Pertanian juga mempelajari tentang bagaimana cara merancang sebuah mesin ataupun alat yang bisa digunakan untuk mengolah hasil pertanian. Jurusan yang satu ini juga biasa disebut dengan Teknik Pangan. Disini, kamu akan menerapkan berbagai prinsip matematika dan ilmu pengetahuan alam untuk pendayagunaan secara ekonomis sumber daya pertanian dan juga sumber daya alam.

Kenapa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian?

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dari seorang lulusan Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, antara lain:

1. Lulusan dari Jurusan Teknologi Hasil Pertanian sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan yang bergerak di industri pangan, terutama di bagian research and development.

2. Sarjana Teknologi Hasil Pertanian juga memiliki peran yang cukup penting di dalam struktur kegiatan produksi. Misalnya saja, dengan menjadi pengawas mutu produk. Pekerjaan tersebut adalah salah satu pekerjaan yang paling penting di industri pangan.

3. Teknologi hasil pertanian ini mempunyai peran yang penting dalam mengelola dan juga mengembangkan hasil panen. Apabila dulu hasil panen bernilai sangat rendah, dengan memahami cara pengolahan dan pengembangannya, maka akan membuat nilai dari hasil panen melonjak tinggi. Tidak semua orang paham dan mengerti dengan baik terkait cara mengolah dan mengembangkan hasil panen. Hanya orang-orang yang sudah mempelajari dan mendalami ilmu tersebutlah yang bisa melakukannya.

4. Ilmu pengetahuan yang diperoleh tak hanya seputar pertanian saja loh, tapi juga ilmu yang berhubungan dengan teknologinya. Jurusan yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang suka dengan praktikum ataupun kerja di lapangan. Perkuliahan akan terasa sangat menyenangkan karena tak hanya melulu menghafal teori, tapi juga langsung praktik. Sehingga bisa memahami teori lebih mudah dan cepat.

Keahlian Jurusan Teknologi Hasil Pertanian

✓ Kemampuan melakukan analisis
✓ Kemampuan meneliti
✓ Kemampuan komunikasi
✓ Kemampuan berpikir rasional dan sistematis
✓ Detail, teliti, tekun
✓ Inovatif dan kreatif

Kebutuhan Lulusan Jurusan Teknologi Hasil Pertanian

Sebagai lulusan yang akan mendapatkan Gelar Sarjana Teknologi Pertanian, kamu akan mendapatkan peluang untuk bekerja di Dinas Pertanian, Dinas Perkebunan, Dinas Perhutanan, Badan Pertahanan Nasional, dan juga Balai Benih. Tak hanya itu saja, kamu juga dapat mempunyai pekerjaan di sektor lainnya yang masih berkaitan dengan pengelolaan hasil pertanian, misalnya saja pabrik pengolahan makanan.

Selain itu, lulusan dari Jurusan Teknologi Hasil Pertanian ini juga bisa mengarah ke enabler atau entrepreneur. Biasanya, ahli teknologi hasil pertanian akan memiliki nilai lebih. Perusahaan besar akan berbondong-bondong untuk mencari lulusan Teknologi Hasil Pertanian. Bisa dikatakan bahwa ahli teknologi hasil pertanian ini masih sangat kurang, karena mengingat bahwa wilayah di Indonesia sangat luas. Perusahaan nasional dan multinasional juga membutuhkan campur tangan dari tenaga ahli supaya bisa terus maju dan berkembang.

Lulusan dari Jurusan Teknologi Hasil Pertanian juga berpeluang untuk menjadi seorang peneliti. Industri pertanian banyak membutuhkan peneliti supaya bisa memajukan sektor pertanian. Pekerjaan tersebut dapat diperoleh, baik itu dari lembaga pemerintahan atau milik negara, ada pula yang dimiliki swasta.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Teknologi Hasil Pertanian

Mata Kuliah Jurusan Teknologi Hasil Pertanian

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Teknologi Hasil Pertanian:

1. Biokimia Pangan
2. Ekonomi Teknik
3. Fisika
4. Kimia Fisika
5. Mikrobiologi Umum
6. Satuan Operasi
7. Fisiologi dan Teknologi Pasca Panen
8. Ilmu Gizi dan Pangan
8. Kimia Pangan
9. Pengetahuan Bahan
10. Satuan Operasi

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Teknologi Hasil Pertanian

✓ Teliti
✓ Tekun
✓ Detail
✓ Rasional
✓ Observer
✓ Terstruktur
✓ Independen
✓ Senang melakukan riset
✓ Bisa bekerjasama dengan team

Universitas Terbaik Jurusan Teknologi Hasil Pertanian

Berikut ini adalah universitas terbaik untuk Jurusan Teknologi Hasil Pertanian di Indonesia:

  1. Universitas Gadjah Mada
  2. Universitas Brawijaya
  3. Universitas Padjadjaran
  4. Universitas Jember

Prospek Kerja Jurusan Teknologi Hasil Pertanian

Pegawai Badan Pengawasan Obat dan Makanan atau BPOM

Apabila kamu bekerja di bidang ini, nantinya kamu akan bertugas untuk meneliti dan memastikan keamanan dari sebuah obat ataupun makanan yang akan diberikan kepada masyarakat. Disini, kamu akan digaji selayaknya ASN dan memperoleh tunjangan yang cukup besar.

Manajer Produksi

Profesi ini bertugas untuk melakukan koordinasi, perencanaan, dan kontrol proses produksi. Tugas Manajer Produksi menjadi salah satu hal yang cukup vital dalam menjalankan perusahaan, terlebih untuk mengawasi berbagai hal yang berhubungan dengan operasional produksi.

Product Developer

Profesi ini bertanggung jawab untuk mengembangkan produk baru atau yang sudah ada, sehingga perusahaan bisa memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih maksimal. Pengembang produk ini bisa bekerja sebagai bagian dari tim atau secara individual.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa yang dipelajari di Jurusan Teknologi Hasil Pertanian?

Mempelajari tentang penggunaan, pemeliharaan, dan juga pengembangan alat serta mesin untuk budidaya pertanian.

Apa prospek kerja untuk para lulusannya?

Profesi di bidang Ahli Teknologi Pangan, Manajer Industri Pangan, Wirausaha di Bidang Pangan, Industri Pertanian, Manajer Pertanian dan Peternakan, dan lain sebagainya.

Apa saja Jurusan yang serupa dengan Jurusan Teknologi Hasil Pertanian?

Jurusan Teknologi Produksi Ternak, Teknologi Hasil Perairan, Teknologi Pasca Panen, Sosial Ekonomi Pertanian, dan lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *