Daftar Jurusan Kuliah IPA dan IPS

Jurusan Teknik Otomasi Listrik Industri

Jurusan Teknik Otomasi Listrik Industri

Kategori Teknik dan Industri

Jurusan Teknik Otomasi Listrik Industri

Kategori Teknik dan Industri

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Teknik Otomasi Listrik Industri

Jurusan Teknik Otomasi Listrik Industri merupakan salah satu bidang teknik yang mempelajari tentang perakitan berbagai sistem yang ada di dunia industri berbasis otomatis. Otomasi ini umumnya digunakan untuk mengendalikan mesin-mesin industri dan juga kontrol proses untuk menggantikan operator tenaga manusia. Adapun tujuan dari jurusan ini yaitu untuk mempersiapkan siswanya supaya bisa menguasai Gambar Teknik Listrik dan Elektronika, menguasai pekerjaan mekanik listrik dan elektronika, memasang dan juga mengoperasikan Pengendali Programable Logic Control (PLC), menguji Karakteristik motor dan merawat 1 fasa atau motor 3 fasa, memasang dan mengoperasikan Sistem Pengendali Elektro magnetik, memasang dan mengoperasikan Sistem Pengendali Pneumatik, serta memasang dan mengoperasikan Sistem Pengendali Elektronika Daya.

Secara umum, Jurusan Teknik Otomasi Listrik Industri adalah disiplin ilmu yang mempelajari tentang otomatisasi perangkat atau sistem. Dimana pemanfaatan sistem kontrol seperti misalnya komputer yang digunakan untuk mengendalikan mesin-mesin industri dan juga kontrol proses untuk menggantikan operator tenaga manusia.

Kenapa Jurusan Teknik Otomasi Listrik Industri?

Sekarang ini, hampir semua industri menggunakan mesin otomatis untuk menjalankan usahanya. Di satu sisi, ada banyak yang melihat hal ini sebagai ancaman karena ini artinya tenaga manusia tidak lagi dibutuhkan untuk mengerjakan berbagai tugas manufaktur. Padahal, apabila jeli melihat peluang, hal tersebut justru menjadi sebuah lapangan pekerjaan baru. Tenaga ahli yang paham mengenai cara mengoperasikan dan melakukan maintenance terkait mesin-msein tersebut banyak dicari oleh berbagai perusahaan. Untuk lulusan dari Jurusan Teknik Otomasi Listrik Industri tentunya mempunyai peluang untuk bersaing dalam bidang ini. Di jurusan ini, kamu akan diberikan pengetahuan lebih mendalam tentang kontrol proses sebuah mesin dan praktik tentang bagaimana cara merakit, merawat, dan juga mengoperasikannya.

Keahlian Jurusan Teknik Otomasi Listrik Industri

✓ Memahami dasar-dasar kelistrikan
✓ Memahami dasar-dasar elektronika
✓ Memahami dasar-dasar Teknik digital
✓ Memahami keselamatan, dan Kesehatan Kerja atau K3

Kebutuhan Lulusan Jurusan Teknik Otomasi Listrik Industri

Sebagai lulusan dari Jurusan Teknik Otomasi Listrik Industri, kamu bisa menjadi seorang industrial automation engineer yang bertugas untuk merancang, melaksanakan, mengawasi, dan menjaga tingkat layanan sistem otomasi indusrti dengan memperhatikan berbagai syarat teknis yang berkaitan dengan keselamatan pengguna keamanan sistem otomasi serta aspek lingkungan. Hal tersebut penting karena bisa menyelesaikan permasalahan di bidang sistem otomasi industri.

Selain itu, para lulusan Jurusan Teknik Otomasi Listrik Industri dapat bekerja di perusahaan manufaktur. Umumnya perusahaan manufaktur ini membutuhkan banyak jenis mesin otomatis yang digunakan untuk memudahkan dalam pembuatan produk yang diinginkan. Perusahaan akan selalu membutuhkan lulusan dari jurusan ini untuk membuat mesin-mesin baru yang lebih canggih.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Teknik Otomasi Listrik Industri

Mata Kuliah Jurusan Teknik Otomasi Listrik Industri

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Teknik Otomasi Listrik Industri:

1. Gambar Teknik Listrik
2. Dasar Listrik dan Elektronika
3. Pekerjaan Dasar Elektromekanik
4. Piranti Sensor dan Aktuato
5. Sistem Kontrol Elektromekanik dan Elektronik
6. Sistem Kontrol Elektropneumatik
7. Sistem Kontrol Terprogram
8. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Teknik Otomasi Listrik Industri

✓ Teliti
✓ Tekun
✓ Detil
✓ Rasional
✓ Terstruktur
✓ Senang Berhitung
✓ Senang menganalisis
✓ Senang melakukan riset

Universitas Terbaik Jurusan Teknik Otomasi Listrik Industri

Berikut ini adalah universitas terbaik untuk Jurusan Teknik Otomasi Listrik Industri di Indonesia:

  1. Politeknik Negeri Bandung
  2. Politeknik Negeri Jakarta
  3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Prospek Kerja Jurusan Teknik Otomasi Listrik Industri

Perusahaan Pembangkit Listrik

Lulusan dari Jurusan Teknik Otomasi Listrik Industri juga bisa bekerja di perusahaan pembangkit listrik seperti halnya PLN. Perusahaan pembangkit litsrik seperti PLN ini akan terus mengembangkan sistem dan juga mesin-mesin yang baik untuk memproduksi listrik.

Automation Engineer

Bagi kamu yang mempunyai kemampuan untuk merancang, mengembangkan, memasang, sampai berbagai masalah perawatan mesin yang ada dapat menjadi seorang automation engineer di perusahaan yang membutuhkannya.

Perusahaan Minyak dan Gas

Dapat meniti karir di perusahaan minyak dan gas mungkin menjadi impian untuk beberapa orang, untuk lulusan Teknik Otomasi Listrik Industri, peluang kerja di perusahaan minyak dan gas akan sangat terbuka lebar. Umumnya, perusahaan minyak, gas, dan pertambangan memerlukan mesin berteknologi tinggi. Sehingga lulusan dari jurusan ini sangat dibutuhkan.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa yang dipelajari di Jurusan Teknik Otomasi Listrik Industri?

Mempelajari tentang bidang keahlian otomasi dan juga kontrol di sebuah industri.

Apa prospek kerja untuk para lulusannya?

Profesi di bidang Automation/Mechatronics Engineer, Programmer, Manager, Rekayasa Teknik, Maintenance Engineer, dan lain sebagainya.

Apa saja Jurusan yang serupa dengan Jurusan Teknik Otomasi Listrik Industri?

Jurusan Elektronika dan Instrumentasi, Teknik Tenaga Listrik, Teknik Elektro, Teknik Listrik Bandara, dan lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *