Jurusan Sastra Jerman

Jurusan Sastra Jerman

Kategori Sastra dan Budaya

Jurusan Sastra Jerman_[626x626]

Jurusan Marketing Communication

Kategori Sosial dan Humaniora

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Sastra Jerman

Jurusan Sastra Jerman Mempelajari kompetensi utama di bidang kebahasaan Jerman, sastra, budaya, dan penerjemahan, serta kompetensi pendukung di bidang pariwisata, diplomasi, kajian budaya, dan kewirausahaannya. Hal yang menjadi titik utama pembelajaran adalah tata bahasa. Dengan mempelajarinya diharapkan kamu akan mampu menguasai penggunaan bahasa tersebut, baik secara lisan maupun tulisan. Kamu juga akan mempelajari mulai dari penyusunan kata, frasa, bahkan memproduksi teks yang kompleks.

Tidak hanya penguasaan tata bahasa, kamu juga akan dibekali dengan teori linguistik, sastra, serta pengetahuan kebudayaan. Teori-teori yang diberikan ini kemudian digunakan untuk menganalisis karya sastra serta fenomena budaya Jerman. Gelar yang akan diperoleh oleh para lulusan Sastra Jerman adalah Sarjana Humaniora (S.Hum.).

[algolia_carousel]

Kenapa Jurusan Sastra Jerman

Berkuliah di Jurusan ini Kamu tidak hanya mahir berbahasa asing, tetapi juga memiliki wawasan yang luas. Karena selama berkuliah akan banyak membahas sejarah dan kebudayaan Jerman. Selain itu Jerman adalah salah satu negara paling kuat di Eropa. Kebudayaan, ekonomi, dan politiknya juga sangat berpengaruh.

Bahasa dan sastra Jerman akan menjadi pilihan belajar yang menantang sekaligus menyenangkan, dengan peluang karir yang cukup menjanjikan di lembaga-lembaga internasional Kementerian Luar Negeri, dan kedutaan besar. Lulusannya dapat bekerja di sejumlah sektor seperti pariwisata, keimigrasian, media massa, serta lembaga lainnya yang membutuhkan ahli bahasa dan budaya. Kamu juga dapat bekerja di Laboratorium Fonetik, Laboratorium Leksikologi dan Leksikografi, dan Laboratorium Bahasa, edufriends.

Jurusan Sastra Jerman_[626x626]

Keahlian Jurusan Sastra Jerman

✓ Kemampuan analitis konseptual dan teoritis

✓ Kemampuan berpikir logis dan terstruktur

✓ Kemampuan menulis

✓ Kemampuan linguistik

✓ Kemampuan presentasi

✓ Kemampuan memahami bacaan

✓ Kemampuan membuat analisis

✓ Kemauan belajar hal-hal baru

✓ Kemampuan berpikir kritis

Jurusan Sastra Jerman_[626x626]

Kebutuhan Lulusan Jurusan Sastra Jerman di Dunia Kerja

  • Penerjemah, Menjadi seorang translator atau penerjemah merupakan pekerjaan yang menjanjikan dewasa ini. Translator biasanya merujuk pada penerjemah tulisan. Profesi ini bertugas menerjemahkan berbagai macam buku karya sastra, dokumen bisnis, materi akademik, maupun film dari bahasa sumber ke bahasa Indonesia
  • Penulis, Menjadi penulis dapat menjadi salah satu prospek kerja Sastra Jerman. Semua ilmu yang Kamu peroleh saat berada di bangku kuliah baik sastra, budaya, sejarah dan nilai sosial masyarakat dapat menjadi bahan utama risetmu sebagai penulis kekinian. Kamu dapat menulis buku atau menjadi blogger yang mengupas segala hal seputar Jerman
  • Ahli Bahasa, Menjadi seorang ahli bahasa adalah kesempatan emas untuk para lulusan sastra asing, terutama yang sewaktu kuliah lebih memilih konsentrasi linguistik, Tugas seorang ahli bahasa di antaranya melakukan logika pembentukan kata, meneliti interaksi unsur bahasa, hingga meneliti hubungan antara satu bahasa dengan bahasa yang lain.
  • Kantor Kedutaan Jerman, Kamu berpeluang besar menjadi staf pekerja di kantor kedutaan besar Jerman yang ada di Indonesia
  • Kementerian Luar Negeri, Selain bekerja pada lembaga Jerman, Kamu juga memiliki prospek bekerja sebagai staf duta diplomatik Indonesia yang berada di Jerman. Kamu dapat berkarir sebagai pekerja non PNS atau staf KBRI yang berstatus PNS
  • Akademisi – Peluang karir lainnya adalah mejadi guru Bahasa Jerman untuk Jenjang SD/SMP/SMA. Bagimu yang senang mengajar dan berbagi ilmu, maka profesi ini sangat cocok untukmu. Jika ingin menjadi dosen, miliki gelar magister atau S2, edufriends

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Sastra Jerman

Perkuliahan di Jurusan ini Mempelajari kompetensi utama di bidang kebahasaan, sastra, budaya, dan penerjemahan, serta kompetensi pendukung di bidang pariwisata, diplomasi, kajian budaya, dan kewirausahaan. Kamu juga akan mempelajar sastra, serta ilmu penerjemahan. Tidak hanya teori, berbagai kegiatan praktikum meliputi latihan percakapan dalam bahasa Jerman, latihan menerjemahkan artikel-artikel dalam bahasa Jerman, latihan melakukan kritik sastra, serta ujian praktek berupa pementasan drama untuk umum yang diangkat dari karya sastra Jerman yang terkenal.

Pada semester awal kamu akan banyak berlatih membaca, menulis, mendengarkan, serta berbicara dalam bahasa Jerman, setelahnya mengupas lebih dalam mengenai ilmu linguistik, yang secara sederhana adalah sebuah ilmu yang menjadikan bahasa sebagai objek kajiannya. Mata kuliah yang akan dipelajari di Jurusan Sastra Jerman, yang termasuk ke dalam konsentrasi Linguistik adalah Fonologi, Morfologi, Semantik, dan Sintaksis.

  • Fonologi: Ilmu yang mempelajari tentang bunyi bahasa ditinjau dari fungsinya.
  • Morfologi: Ilmu yang melepajari tentang kelompok, struktur, bagian, serta cara pembentukan kata.
  • Semantik: Ilmu yang mempelajari tentang makna bahasa.
  • Sintaksis: Ilmu yang mempelajari tentang hubungan antar kata dalam sebuah tuturan.

Mata Kuliah Jurusan Sastra Jerman

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Sastra Jerman edufriends:

  1. Bahasa Jerman
  2. Pengetahuan Kebudayaan Jerman
  3. Perkembangan Kesusasteraan Jerman
  4. Kesusastraan Jerman
  5. Pengantar Filsafat dan Pemikiran Modern
  6. Menulis dan Berbicara Bahasa Jerman
  7. Fonetik dan Fonologi Jerman
  8. Telaah Teks Bahasa Jerman
  9. Terjemahan Jerman-Indonesia
  10. Morfologi dan Sintaksis Jerman
  11. Sastra Kontemporer Jerman
  12. Budaya Jerman Kontemporer
  13. Sastra Urban Jerman
  14. Semantik dan Pragmatik Jerman
  15. Korespondensi dan Bahasa Jerman Bisnis
  16. Wacana dalam Budaya Kontemporer Jerman
  17. Kritik Sastra

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Sastra Jerman

  • Kritis
  • Rasional
  • Observan
  • Berwawasan luas
  • Senang menganalisis
  • Senang melakukan riset
  • Keterampilan komunikasi
  • Keterampilan interpersonal
  • Senang memecahkan masalah
  • Bisa bekarjasama dengan team

Universitas Terbaik Jurusan Sastra Jerman

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Sastra Jerman terakreditasi A oleh BAN-PT di Indonesia:

  1. Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Surabaya
  2. Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung
  3. Universitas Indonesia (UI), Depok
  4. Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT), Manado
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Sastra Jerman

DIPLOMAT

Prospek kerja bagi lulusan Sastra Jerman untuk menjadi seorang diplomat cukup besar karena kemampuan berbahasa asing adalah syarat mutlak untuk menjadi duta negara. Dengan bekerja di Departemen atau Kementerian Luar Negeri, kamu dapat berpergian ke berbagai negara sebagai perwakilan Indonesia untuk melakukan berbagai proyek dan penelitian. Pada masa kerja di luar negeri, kamu akan mendapat asuransi, pendapatan dari pemerintah, dan berbagai fasilitas penunjang karena sudah bekerja untuk negara. Dengan menjadi diplomat, keuntungan lainnya yaitu dapat mempelajari seni budaya asing yang memperkaya pengalaman dan wawasan.

WRITER

Salah satu pekerjaan yang cocok untuk lulusan Sastra Jerman adalah menjadi penulis. Kamu bisa menjadi copywriter, penulis perjalanan, penulis artikel, atau buku cerita yang berdasarkan dari cerita-cerita tradisional Jerman. Di Jurusan ini, kamu juga akan diajarkan untuk mengulik berbagai macam karya sastra seperti kritik sastra.

TOUR GUIDE

Suka jalan-jalan dan berinteraksi dengan banyak orang, pilihan karier sebagai pemandu wisata cocok untukmu. Kamu bisa memandu wisatawan Jerman saat berlibur di Indonesia bahkan bisa memandu masyarakat Indonesia untuk berwisata ke Jerman, Asyik bukan? Seorang pemandu wisata bertugas menjelaskan informasi obyek wisata yang dikunjungi. Selain itu, tak jarang pemandu wisata bertugas memastikan lancarnya perjalanan wisata, edufriends.

LEKSIKOGRAFER

Leksikografer merupakan orang-orang yang mengerti dan bekerja secara teknis untuk menyusun kamus. Nah, jika kamu lulusan Sastra Jerman dan sangat menyukai bahasa Jerman, maka profesi sebagai ini dapat menjadi pilihan.

PUBLIC RELATION

Jika suka menulis, mampu berbahasa Jerman secara fasih, bertemu orang baru dan berbicara banyak hal, berkarir sebagai public relation cocok untukmu. Public Relation bertugas merencanakan, mengarahkan, atau mengkoordinasi kegiatan yang dirancang untuk menciptakan atau menjaga citra publik yang baik atau meningkatkan awareness. Kecakapan berkomunikasi, kecerdasan verbal, dan kecerdasan interpersonal tentu menjadi nilai tambah untuk bekerja sebagai seorang public relation.

PERUSAHAAN MULTINASIONAL

Setelah lulus dari Sastra Jerman kamu berkesempatan untuk bekerja di perusahaan multinasional milik Jerman. Lulusannya biasanya ditempatkan di bagian operasional perusahaan. Jika bekerja dengan baik dan mampu berbahasa Jerman, kamu juga kesempatan untuk bekerja di Jerman lho, edufriends.

JURNALIS

Bekerja di media massa cetak maupun elektronik mempunyai prospek yang cukup menjanjikan bagi para lulusan Sastra Jerman. Dengan kemampuan berbahasa asing yang didapatkan selama kuliah, mereka dapat bekerja di media massa sebagai wartawan, editor, penulis, redaktur, maupun jurnalis untuk penulisan artikel-artikel dengan sumber berbahasa asing. Kemampuan gramatikal dibutuhkan jika ingin bekerja di bidang tulis-menulis, sedangkan kemampuan verbal dibutuhkan jika ingin bekerja sebagai pembaca maupun peliput berita yang baik di TV. Saingan bagi lulusan Sastra Jerman untuk bekerja di media massa adalah lulusan Komunikasi karena selama kuliah mereka telah mempelajari banyak teknik dan ilmu komunikasi di berbagai media.

INTERPRETER

Pekerjaan ini juga cocok untuk peluang kerja lulusan sastra Jerman yang suka menerjemahkan bahasa. Walaupun mirip dengan translator, namun pekerjaan Interpreter berbeda dalam penyampaiannya. Interpreter bertugas menerjemahkan bahasa Jerman secara lisan dan langsung tanpa menulisnya. Sehingga, seorang interpreter harus berkonsentrasi tinggi dalam menerjemahkan orang yang berbicara. Interpreter sering digunakan saat pertemuan antar negara dunia berlatar bahasa yang berbeda.

TRANSLATOR

Profesi penerjemah dapat dibedakan menjadi dua, yaitu penerjemah secara lisan (interpreter) dan penerjemah secara tulisan (translater). Gaji penerjemah lisan bisa menjadi lebih besar daripada penerjemah tulisan apabila bekerja di proyek resmi seperti menerjemahkan pidato pejabat atau wawancara selebritis asing secara lisan pada siaran langsung di TV. Para lulusan Sastra Jerman juga dapat melamar pekerjaan sebagai penerjemah di perusahaan-perusahaan penerbitan untuk menerjemahkan buku, majalah, hingga komik.

GUEST RELATION OFFICER

Guest Relation Officer adalah seorang petugas yang melayani tamu hotel atau resor properti kelas atas. Banyak hotel high-end di seluruh dunia mempekerjakan Guest Relation Officer termasuk di Indonesia. Profesi ini mempunyai prospek yang menjanjikan bagi lulusan Sastra Jerman karena kemampuan berbahasa asing sangat diperlukan agar dapat berkomunikasi dengan tamu dari luar negeri. Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, bekerja di sebuah hotel dapat sangat sibuk dan stres karena harus sering berurusan dengan tamu secara sabar. Jika ingin menjadi Guest Relation Officer, kamu harus mampu bekerja secara efisien di bawah tekanan sekaligus tetap mempertahankan sikap yang menyenangkan.

TENAGA PENGAJAR

Semakin banyak yang ingin belajar Bahasa Jerman, membuat kebutuhan akan seorang pengajar semakin meningkat. Jika kamu suka bahasa ini dan senang berinteraksi dengan orang lain maka menjadi pengajar merupakan pilihan yang tepat. Baik itu pengajar di suatu lembaga pendidikan bahasa Jerman mengajar siswa SD, SMP, dan SMA, atau menjadi Dosen dengan minimal pendidikan S2/Magister.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apakah gelar yang didapat oleh lulusan Jurusan Sastra Jerman?

Apa saja yang dipelajari di Jurusan ini?

Mempelajari kemampuan dasar berbahasa, yaitu mendengar, membaca, menulis, dan berbicara serta mempelajari ilmu-ilmu seputar Jerman yang berkaitan dengan bidang linguistik, sastra, dan penerjemahan.

Apa saja prospek karir seorang sarjana Jurusan Sastra Jerman?

Lulusan program studi ini dapat bekerja di sejumlah sektor seperti Kementerian Luar Negeri, Kedutaan Besar, Pariwisata, Keimigrasian, media massa, serta lembaga lainnya yang membutuhkan ahli bahasa dan budaya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *