Jurusan Manajemen Keuangan

Jurusan Manajemen Keuangan

Kategori Ekonomi dan Bisnis

Jurusan Manajemen Keuangan

Kategori Ekonomi dan Bisnis

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Manajemen Keuangan

Jurusan Manajemen Keuangan merupakan gabungan dari ilmu manajemen dan juga keuangan atau yang dapat diartikan sebagai pengaplikasian ilmu manajemen di bidang keuangan. Di dalam jurusan ini, kamu akan mempelajari tentang cara merencanakan, mengelola, sampai menggunakan keuangan perusahaan dengan baik. Selain itu, kamu juga akan belajar untuk menganalisis aspek keuangan dan moneter termasuk juga kinerja perusahaan bisnis, lembaga perbankan, dan juga organisasi lainnya.

Termasuk juga pemahaman dan memberikan instruksi dalam prinsip-prinsip akuntansi, perencanaan modal, instrumen keuangan, akuisisi dana, manajemen aset dan hutang, analisa keuangan, anggaran, dan juga manajemen investasi serta portofolio.

Ilmu yang akan kamu peroleh dari jurusan ini sangat bermanfaat. Dimana kamu akan belajar tentang bagaimana cara manajemen kas perusahaan, mengendalikan hutang piutang, mengoptimalkan pemanfaatan modal dan juga investasi, serta mengawasi berbagai aspek keuangan supaya tidak terjadi kesalahan ataupun kecurangan.

Kenapa Jurusan Manajemen Keuangan?

Ada banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan dari seorang lulusan Jurusan Manajemen Keuangan, antara lain:

1. Jurusan Manajemen Keuangan lebih fokus pada bidang manajemen keuangan. Sehingga akan sangat berkaitan erat dengan bisnis. Disini, kamu akan belajar tentang strategi bisnis terutama dalam merencanakan dan mengelola sumber daya keuangan perusahaan.

2. Untuk kamu yang suka dengan pelajaran matematika dan juga hitungan, namun ingin masuk ke bidang soshum, maka jurusan ini adalah salah satu pilihan terbaik. Disini, kamu akan banyak menemukan materi matematika yang digunakan untuk memecahkan berbagai masalah praktis.

3. Prospek kerja para lulusannya tergolong cukup luas. Bisa diaplikasikan di perusahaan, pemerintahan, lembaga perbankan, pendidikan, dan juga bisnis kamu sendiri.

4. Sudah menjadi rahasia umum jika pekerjaan yang berkaitan dengan finansial biasanya digaji tinggi sejak awal mulai berkarir. Karena pekerjaan ini mempunyai risiko yang tinggi dan juga tanggung jawab yang besar. Sebab, keuangan merupakan aspek yang sangat krusial dalam suatu perusahaan.

5. Jurusan ini akan sangat diperlukan dalam berbagai macam sektor. Sehingga para lulusan dari Jurusan Manajemen Keuangan ini berpeluang magang di perusahaan besar. Jadi, pengalaman magang tersebut dapat menambah nilai pada CV kamu.

Keahlian Jurusan Manajemen Keuangan

✓ Keterampilan analisis
✓ Kemampuan mengoperasikan software analisis keuangan
✓ Kemampuan berpikir kreatif dan terstruktur
✓ Ketelitian
✓ Kemampuan membuat dan membaca laporan keuangan
✓ Pemahaman matematika dalam analisis keuangan

Kebutuhan Lulusan Jurusan Manajemen Keuangan

Jurusan Manjemen Keuangan ini sangat erat kaitannya dengan keuangan. Sehingga lulusan dari jurusan ini mempunyai prospek kerja yang cukup luas dan menjanjikan. Kamu bisa mengaplikasikan gelar dan juga ilmu yang diperoleh semasa kuliah di berbagai macam sektor. Pilihan karir yang umumnya menjadi cita-cita mahasiswa di Jurusan Manjemen Keuangan yaitu menjadi seorang manajer keuangan. Di posisi ini, kamu akan lebih fokus untuk menciptakan dan menerapkan strategi keuangan untuk menunjang eksistensi bisnis yang ada di sebuah perusahaan.

Selain itu, lulusan Jurusan Manjemen Keuangan ini berpotensi untuk berkarir sebagai akuntan. Dimana pekerjaan yang satu ini memerlukan tenaga ahli untuk menganalisa dan juga mempersiapkan laporan keuangan, sedangkan kamu telah mendapatkan ilmunya ketika kuliah. Untuk mematenkan posisi sebagai seorang akuntan, maka kamu hanya perlu mengikuti ujian sertifikasi akuntan publik.

Berbagai macam instansi, organisasi, dan juga perusahaan, baik itu milik pemerintah ataupun swasta tentu membutuhkan tenaga profesional yang bisa mengelola keuangan perusahaan dengan baik. Lulusan Jurusan Manjemen Keuangan bisa berkarir di lembaga keuangan seperti misalnya Otoritas Jasa Keuangan, Departemen Keuangan, Asuransi, Bank, Lembaga Penyimpanan dan Pinjaman, serta Lembaga Kredit.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Manajemen Keuangan

Mata Kuliah Jurusan Manajemen Keuangan

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Manajemen Keuangan:

1. Obligasi
2. Keuangan Perusahaan
3. Ekonometri
4. Keuangan Pemerintahan
5. Manajemen Portofolio
6. Statistik
7. Ekonomika
8. Ekonomi Bisnis
9. Matematika Bisnis
10. Komputerisasi Penganggaran
11. Manajemen Keuangan
12. Bank dan Lembaga Keuangan
13. Akuntansi Keuangan Menengah
14. Manajemen Sumberdaya Manusia
15. Manajemen Pemasaran
16. Perdagangan Internasional
17. Manajemen Dana Bank
18. Analisis Laporan Keuangan
19. Manajemen Produksi
20. Asuransi dan Manajemen Resiko
21. Akuntansi Biaya
22. Manajemen Keuangan Syariah
23. Ekonomi Uang dan Bank
24. Manajemen Perkreditan
25. Manajemen Investasi
26. Etika Bisnis
27. Studi Kelayakan Bisnis
28. Sistem Informasi Bisnis Keuangan
29. Perpajakan
30. Ekonomi Moneter
31. Hubungan Industrial Pancasila
32. Ekonomi Koperasi
33. Hukum Bisnis

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Manajemen Keuangan

✓ Kritis
✓ Rasional
✓ Observan
✓ Independen
✓ Senang berhitung
✓ Senang menganalisis
✓ Senang melakukan riset
✓ Senang memecahkan masalah

Universitas Terbaik Jurusan Manajemen Keuangan

Berikut ini adalah universitas terbaik untuk Jurusan Manajemen Keuangan di Indonesia:

  1. Binus University
  2. Universitas Brawijaya
  3. Universitas Indonesia
  4. Universitas Gadjah Mada
  5. Universitas Gunadarma

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Keuangan

Akuntan

Pekerjaan yang satu ini memerlukan tenaga ahli untuk bisa menganalisis dan juga mempersiapkan laporan keuangan. Sedangkan para lulusan dari Jurusan Manajemen Keuangan sudah memperoleh ilmunya ketika kuliah. Untuk mematenkan posisi sebagai seorang akuntan, kamu hanya perlu mengikuti ujian sertifikasi akuntan publik.

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)

Lulusan dari Jurusan Manajemen Keuangan dapat bekerja di salah satu lembaga pemerintah yang fokus pada pengawasan pengauditan lembaga-lembaga negara yakni Badan Pemeriksa Keuangan. Lembaga yang satu ini membuka kesempatan untuk lulusan S1 Jurusan Manajemen Keuangan untuk menduduki jabatan pemeriksa ahli pertama.

Konsultan Pajak

Konsultan Pajak adalah sebutan untuk orang yang menawarkan jasa konsultasi di bidang perpajakan untuk membantu wajib pajak perorangan atau wajib pajak badan dalam melaksanakan hak serta memenuhi kewajiban perpajakannya. Selain itu, Konsultan Pajak juga bertugas untuk membantu mengurus berbagai hal yang berhubungan dengan kepatuhan pajak kliennya, mulai dari menghitung, membayar, dan juga melaporkannya.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa yang dipelajari di Jurusan Manajemen Keuangan?

Mempelajari tentang bagaimana cara merencanakan, mengelola, dan juga menggunakan sumber daya keuangan perusahaan dengan baik serta menganalisis aspek keuangan dan moneter beserta kinerja perusahaan bisnis, lembaga perbankan, ataupun organisasi lainnya.

Apa prospek kerja untuk para lulusannya?

Profesi di bidang Perencana Bisnis Berkelanjutan, Manajer Pemasaran, Pemeriksa Keuangan, Akuntan, Analis Manajemen Bisnis, Manajer Pencegah Kerugian, dan lain sebagainya.

Apa saja Jurusan yang serupa dengan Jurusan Manajemen Keuangan?

Jurusan Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan Syariah, Ekonomi Islam, Manajemen Bisnis Telekomunikasi Informatika, dan lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *