Daftar Jurusan Kuliah IPA dan IPS

Jurusan Manajemen Bandar Udara

Jurusan Manajemen Bandar Udara

Kategori Teknologi Kedirgantaraan

Jurusan Manajemen Bandar Udara

Kategori Teknologi Kedirgantaraan

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Manajemen Bandar Udara

Jurusan Manajemen Bandar Udara merupakan semua hal yang berkaitan dengan pengelolaan bandara dan maskapai penerbangan. Hal-hal yang dikelola yaitu arus penumpang dan juga lintasan pesawat, kemudian keamanan bandara, customer service, kepatuhan terhadap peraturan penerbangan, bagasi, serta perekrutan pegawai bandara. Selain itu, bidang yang satu ini juga mengatur tentang strategi bandara dalam mengumpulkan dan menyediakan informasi mengenai berbagai prioritas komersial dan operasional untuk maskapai penerbangan.

Mahasiswa yang memilih Jurusan Manajemen Bandar Udara ini akan belajar tentang cara mengelola bandara dan maskapai penerbangan di berbagai kondisi dan lokasi. Mereka juga akan memperoleh gambaran umum tentang industri penerbangan dan kontribusinya pada perekonomian dunia. Tak hanya itu saja, mereka juga akan diperkenalkan pada faktor pokok yang mempengaruhi manajemen sebuah maskapai penerbangan, seperti misalnya pemasaran, operasional dan keuangan, serta berbagai faktor lain.

Kenapa Jurusan Manajemen Bandar Udara?

Kurikulum yang ada di Jurusan Manajemen Bandar Udara ini akan melatih keterampilan mahasiswa dalam memecahkan sebuah masalah dan mengambil keputusan bisnis di industri penerbangan, dengan fokus khusus pada pengelolaan perubahan dalam lingkungan kerja yang dinamis serta cepat berubah. Selain itu, mahasiswa juga akan belajar tentang prioritas komersial dan operasional dari sebuah maskapai dan semua karakteristik utama untuk pemilihan jenis pesawat serta dampak pengambilan keputusan di bandara.

Jurusan Manajemen Bandar Udara ini sangat cocok untuk kamu yang ingin turut serta dalam perkembangan industri penerbangan secara global, dan tertarik pada kompetisi konektivitas global serta daya saing ekonomi negara-negara yang ada di dunia. Jurusan Manajemen Bandar Udara ini adalah pilihan yang tepat untuk kamu yang memiliki minat bekerja di maskapai penerbangan internasional, agensi penerbangan, organisasi kargo internasional, dan perusahaan katering untuk maskapai.

Keahlian Jurusan Manajemen Bandar Udara

✓ Kemampuan desain dan analisis sistem
✓ Memahami teknik kendali terbang
✓ Kemampuan matematika dan fisika terapan
✓ Kemampuan manajemen resiko

Kebutuhan Lulusan Jurusan Manajemen Bandar Udara

Di era yang sudah serba modern ini, perjalanan udara semakin menjadi bagian paling penting dalam kehidupan masyarakat global. Menurut laporan dari Organisasi Penerbangan Sipil Internasional, jumlah penerbangan dalam 2 dekade mendatang akan meningkat sampai dengan 200.000 penerbangan setiap harinya. Apabila tingkat pertumbuhan tersebut tercapai, maka industri penerbangan komersial akan menyerap tenaga kerja sejumlah 15,5 juta jiwa secara global dan menyumbang 1,5 triliun USD ke perekonomian dunia.

Industri manajemen bandar udara ini memang mempunyai prospek kerja yang menjanjikan di berbagai belahan dunia. Akan tetapi perkembangannya kini juga sudah disertai dengan kebutuhan akan tenaga ahli yang mengerti tentang cara mengelola industri penerbangan dengan cara yang ramah lingkungan dan memikirkan keberlanjutan sumber daya alam. Oleh sebab itu, jurusan kuliah Manajemen Bandar Udara ini perlu dipertimbangkan apabila kamu tertarik bekerja di industri penerbangan di berbagai negara.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Manajemen Bandar Udara

Mata Kuliah Jurusan Manajemen Bandar Udara

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Manajemen Bandar Udara:

1. Matematika
2. Fisika Dasar
3. Kimia Dasar
4. Pengantar Rekayasa & Desain
5. Pengenalan Teknik Mesin dan Dirgantara
6. Gambar Teknik
7. Statika Struktur
8. Pengenalan Teknik Dirgantara
9. Matematika Teknik
10. Rekayasa Termal
11. Kinematika dan Dinamika
12. Material Pesawat dan metode Manufaktur
13. Mekanika Fluida
14. Astrodinamika
15. Mekanika Kekuatan Material
16. Manufaktur
17. Dasar Elektronik
18. Aerodinamika
19. Analisis Perancangan Struktur
20. Desain Pesawat Udara
21. Aspek Lingkungan Teknik Dirgantara

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Manajemen Bandar Udara

✓ Teliti
✓ Tekun
✓ Detil
✓ Rasional
✓ Observan
✓ Terstruktur
✓ Independen
✓ Senang berhitung
✓ Senang menganalisis
✓ Senang bekerja sendiri
✓ Senang melakukan riset

Universitas Terbaik Jurusan Manajemen Bandar Udara

Berikut ini adalah universitas terbaik untuk Jurusan Manajemen Bandar Udara di Indonesia:

  1. Sekolah Tinggi Penerbangan Aviasi
  2. Politeknik Penerbangan Palembang
  3. Politeknik Penerbangan Surabaya

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Bandar Udara

Asuransi Penerbangan

Untuk para lulusan dari Jurusan Manajemen Bandar Udara dapat bekerja sebagai agen asuransi penerbangan yang bertugas untuk menangani berbagai macam risiko yang dapat dialami pengguna transportasi udara, misalnya saja biaya perawatan medis, kompensasi bagasi hilang, risiko kecelakaan pesawat, dan lain sebagainya.

Dirjen Perhubungan Udara

Profesi ini bertugas untuk menangani pemberdayaan SDM, aspek industri penerbangan dan juga transportasi udara, serta tugas penting lainnya yang akan diberikan oleh pimpinan.

Ground Handling

Menjadi seorang Ground Handling dapat menjadi salah satu pilihan karir ketika kamu lulusan dari Jurusan Manajemen Bandar Udara. Profesi ini bertugas untuk mengatur dan mengelola kegiatan penerbangan di bandara sesuai dengan divisi masing-masing. Misalnya saja bagian staff ticketing, check in counter, dan lain sebagainya.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa yang dipelajari di Jurusan Manajemen Bandar Udara?

Mempelajari tentang cara mengelola bandara dan juga maskapai penerbangan di berbagai lokasi dan situasi.

Apa prospek kerja untuk para lulusannya?

Profesi di bidang Asuransi Penerbangan, Dirjen Perhubungan Udara, Ground Handling, Cargo Agent, dan lain sebagainya.

Apa saja Jurusan yang serupa dengan Jurusan Manajemen Bandar Udara?

Jurusan Teknik Penerbangan, Administrasi Perhubungan Udara, Manajemen Transportasi Udara, Operasi Bandar Udara, dan lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *