Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Rekomendasi Buku Self Improvement untuk Mahasiswa Baru

Rekomendasi Buku Self Improvement untuk Mahasiswa Baru

Menjadi mahasiswa baru merupakan hal yang mengejutkan bagi para siswa yang baru lulus SMA. Perbedaan dari budaya SMA ke perkuliahan membuat kita harus beradaptasi dengan lingkungan baru yang pastinya sangat terasa asing.

Walaupun terdengar menakutkan, tapi sebenarnya tidak lho! Sebelum memasuki kehidupan perkuliahan, kamu para mahasiswa baru bisa mempelajari banyak hal yang nantinya akan berguna semasa berkuliah.

Nah, di sini admin mau kasih tahu beberapa buku untuk mengembangkan diri kamu sebagai mahasiswa baru, untuk dibaca dan diaplikasikan ke kehidupan perkuliahan. Apa saja sih bukunya? Simak artikelnya hingga akhir ya!

Rekomendasi Buku Self Improvement untuk Mahasiswa Baru

1. Effortless

RekomendasiBeli Bukunya di Sini!

Pasti ada satu titik di mana kita merasa bahwa pekerjaan menjadi semakin berat dan semakin lama menjadi semakin bertumpuk. Ingin melanjutkan kegiatan, namun sudah terlalu lelah pikiran dan energi habis? Jangan khawatir, melalui buku ini Greg McKeown menawarkan solusi yang dapat diterapkan untuk mengerjakan kegiatan penting dengan cara-cara paling mudah untuk mendapatkan hasil sebaik mungkin.

Untuk mahasiswa baru, kamu bisa menerapkan banyak cara yang dituliskan di sini, seperti salah satunya dalam mengerjakan tugas. Ia berusaha mengajarkan cara agar banyak orang termasuk mahasiswa bisa mengubah tugas-tugas yang mungkin menjemukan menjadi ritual yang dapat dinikmati. Nggak lagi bete saat ngerjain tugas, deh! 🤩

2. Badai Pasti Berlalu - Padamkan Burnoutmu, Bingkai Kembali Bahagiamu

RekomendasiBeli Bukunya di Sini!


Ada masa di mana mahasiswa dapat merasakan tekanan yang luar biasa entah itu dari kehidupan pribadi ataupun karena tugas yang sangat banyak. Tekanan seperti itu dapat mengakibatkan stres yang berujung ke burnout. Burnout dapat mengakibatkan kehilangan semangat, menurunnya performa belajar, bahkan biasanya akan menutup diri dari sosialisasi.

Para mahasiswa baru yang takut akan mengalami burnout bisa mencoba membaca buku ini yang menjelaskan cara menangani burnout, bersumber dari pengalaman praktik psikolog yang sudah terpercaya!

3. 6 Rahasia Menjadi Produktif Tanpa Rasa Malas

RekomendasiBeli Bukunya di Sini!


Malas pasti pernah dirasakan oleh banyak orang, seperti malas bergerak atau malas belajar. Malas dalam melakukan kegiatan merupakan hal yang kurang baik karena waktu yang digunakan untuk bermalas-malasan dapat digunakan untuk hal lain yang lebih penting.

Mahasiswa bukan pengecualian. Pasti ada waktu di mana rasanya malas sekali untuk belajar atau bekerja. Sebelum memasuki dunia perkuliahan, kalian bisa sekali mencoba baca buku ini. Melalui buku ini, malas akan diuraikan, dicari sebabnya, dan apa saja sih risiko yang datang dari malas. Tidak hanya malas, buku ini juga menjelaskan hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan diri agar lepas dari malas dan mengubah rasa malas menjadi produktifitas!


Baca juga: Rekomendasi Buku yang Wajib Dibaca Pria Muda Masa Kini


4. Buku Antimalas dan Suka Menunda

RekomendasiBeli Bukunya di Sini!

Kamu pernah belajar terus-terusan tapi masih dicap malas? Ada yang menghakimi kalau kamu malas karena mendapatkan nilai jelek? Atau dicap malas karena pekerjaan kamu targetnya tidak tercapai? Atau memang kamu orangnya pemalas?

Melalui buku ini, kamu bisa mengetahui apakah kalian malas atau ada hal lain yang membuat terlihat malas. Penyebab kemalasan ada beberapa macam dan solusinya dapat ditemukan di buku ini untuk mencari tahu akar kemalasan dan membasmi rasa malas tersebut. Rekomendasi banget untuk kalian mahasiswa yang sering tiba-tiba merasa malas saat lagi belajar atau ngerjain tugas! 💡

5. Master Your Time Master Your Life

RekomendasiBeli Bukunya di Sini!


Pemanfaatan waktu merupakan hal yang penting. Jika ingin produktif, maka gunakan waktu semaksimal mungkin agar hal yang dilakukan mendapatkan hasil terbaik. Jika ingin bersenang-senang pun gunakan waktu semaksimal mungkin. Ada banyak kejadian di mana hal-hal yang ingin dilakukan tidak dapat dilakukan karena adanya masalah waktu.

Mahasiswa yang nantinya akan sibuk dengan berbagai tugas dan kegiatan mahasiswa lainnya, dapat membaca buku ini karena dijelaskan bagaimana pemanfaatan waktu yang benar dan prinsip manajemen waktu terbaik yang dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari. Dengan manajemen waktu yang baik, maka kegiatan yang dilakukan akan produktif dan menghasilkan ilmu bagi mahasiswa.

6. Seni Manajemen Waktu

RekomendasiBeli Bukunya di Sini!

Manajemen waktu merupakan hal yang sangat penting agar hal-hal yang dilakukan tetap maksimal dan sesuai dengan waktu. Namun, masih banyak orang yang tidak memerhatikan waktu dan tidak menerapkan manajemen waktu yang baik.

Melalui buku ini, banyak orang termasuk para mahasiswa bisa mempelajari manajemen waktu yang baik dan benar beserta penerapannya. Dengan menguasai manajemen waktu, tidak hanya akan meningkatkan produktivitas namun juga dapat meminimalisir stres dan memperbaiki keseluruhan kualitas hidup.

kumpulanTemukan Semua Bukunya di Sini!

7. Kakeibo: Seni Cerdas Finansial ala Jepang

RekomendasiBeli Bukunya di Sini!


Grameds pasti sering menggunakan uang entah untuk kebutuhan sehari-hari atau bersenang-senang. Tanpa disadari, uang sudah tidak cukup untuk sisa hari kedepan. Tanpa pengelolaan uang yang baik, maka hal-hal seperti itu pastinya dapat terjadi. Untuk mencegah hal tersebut, kita dapat melakukan kakeibo atau metode pencatatan anggaran dari Jepang untuk menjaga stabilitas finansial.

Mahasiswa terutama yang merantau dan harus hidup mandiri, penting sekali untuk membaca buku ini. Jauh dari orang tua membuat kamu harus mengurus uang dengan sendiri. Melalui buku ini, akan dijelaskan cara mencatat pengeluaran sekecil apapun di buku khusus, perencanaan belanja yang baik, dan banyak lagi. Kalau mau tentang kakeibo lebih banyak, baca bukunya ya!

8. Buku Berbicara Memikat, Orang Lain Terpikat, Hubungan Semakin Dekat

RekomendasiBeli Bukunya di Sini!

Kemampuan berbicara yang baik merupakan hal yang penting dalam bersosialiasi. Dalam bersosialisasi pastinya ingin disukai, dan agar disukai maka harus membangun percakapan dengan topik yang menarik. Saat sudah berhasil memikat orang lain untuk bersosialisasi, maka akan lebih mudah kedepannya untuk membangun relasi dengan orang lain.

Melalui buku ini, Grameds bisa baca banyak pedoman untuk dapat menerapkan beragam cara untuk berbicara yang menarik serta dapat memikat orang lain, dan membuat hubungan dengan orang lain menjadi semakin dekat. Buku ini recommended banget untuk mengetahui cara membangun relasi di kampus!


Baca juga: Rekomendasi Buku untuk Meningkatkan Skill Berkomunikasi dengan Baik


9. Anti Panik Berbicara di Depan Umum

RekomendasiBeli Bukunya di Sini!


Berbicara di depan umum adalah hal yang mungkin dianggap menakutkan untuk beberapa orang. Ketakutan bicara depan umum biasanya disebabkan karena hal yang tidak mengenakan pernah terjadi atau takut dihakimi yang akhirnya menyebabkan pembicara menjadi demam panggung. Mahasiswa yang ingin meningkatkan kemampuan berbicaranya dapat mencoba untuk membaca buku ini agar semakin pede saat menjadi MC acara kampus atau saat sedang presentasi dalam kelas.

Melalui buku ini, tidak hanya mengulas tentang melenyapkan demam panggung, namun juga banyak penjelasan lainnya mengenai public speaking seperti perbedaan MC dan presenter, keterampilan berbahasa, bekal yang perlu dimiliki, dan banyak lagi. Melalui buku ini juga diberi contoh banyak pidato inspiratif yang bisa dipelajari.

10. Cara Kekinian untuk Belajar

RekomendasiBeli Bukunya di Sini!

Saat belajar pasti ada saja kendala yang dihadapi. Entah stres, fokus teralihkan karena gadget, atau pikiran yang teralihkan karena memikirkan hal lain yang mengganggu diri. Sebagai mahasiswa pasti sering mengalami momen tersebut saat sedang belajar.

Nah, Grameds jangan khawatir, karena melalui buku ini kamu akan dibimbing agar pembelajaran dapat berlangsung dengan menyenangkan. Sang penulis menyajikan kisah inspiratif, tips dan trik belajar yang menyenangkan, tutorial praktis dalam mengatasi masalah belajar, dan lain-lain.


Baca juga: Siap Masuk Kuliah, Ini Rekomendasi Buku untuk Kamu si Mahasiswa Baru


Itulah beberapa rekomendasi buku untuk para mahasiswa baru yang ingin mengembangkan diri. Yuk, segera koleksi buku-bukunya agar diri mendapat bekal yang lebih siap untuk menghadapi dunia perkuliahan!

Masih ada banyak buku-buku untuk semua Sahabat Kuliah yang bisa didapatkan dengan tambahan potongan harga, lho. Dengan minimum transaksi sebesar Rp150.000 dan memasukkan kode SAHABATKULIAH2022, kamu bisa mendapatkan diskon sebesar 20% untuk buku-buku pilihan. Tidak hanya diskon untuk buku, ada juga diskon untuk perlengkapan kuliah seperti tas dan perlengkapan alat tulis pilihan.

RekomendasiCek Promonya di Sini!

Diskon ini berlaku dari 1 September sampai 31 Oktober 2022, jadi segera check out sebelum masa diskonnya berakhir ya! Yuk, langsung cek semuanya! 😍


Baca juga: Buku yang Cocok untuk Mahasiswa Semester Akhir


Sumber foto header: freedesignfile.com

Penulis: Mohammad Fachrul Rozy


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus