Siap Masuk Kuliah, Ini Rekomendasi Buku untuk Kamu Si Mahasiswa Baru

Siap Masuk Kuliah, Ini Rekomendasi Buku untuk Kamu Si Mahasiswa Baru

. 8 min read

Setelah memasuki bulan Juni, jajaran murid senior di SMA tengah sibuk mempersiapkan kelanjutan jenjang pendidikannya. Baik yang masih berjuang mengikuti tes-tes masuk ke perguruan tinggi, atau yang sudah diterima dan tengah mempersiapkan diri untuk mulai menjajaki kehidupan perkuliahan nanti.

Masa transisi dari SMA ke perguruan tinggi biasanya akan terasa sangat berbeda lho, Grameds. Dari segi cara belajar, beradaptasi, dan kamu akan menemukan banyak hal-hal baru untuk membuatmu siap terjun ke dunia nyata yang sesungguhnya.

Bisa dibilang, mahasiswa akan menjadi tonggak kemajuan negara dalam waktu beberapa tahun ke depan. Maka dari itu, kamu perlu dibekali ilmu dan pengetahuan lebih agar masa kuliahmu jadi terarah. Ini bukan hanya ilmu pelajarannya saja ya, tapi juga persiapan mental dan skill interpersonal untuk mengembangkan dirimu jadi lebih baik.

Dapatnya dari mana? Bisa dari buku-buku di bawah ini dong! Admin sudah rangkum beberapa rekomendasi buku agar pikiranmu lebih terbuka dan siap mengarungi masa kuliah yang serba dagdigdugder!

Rekomendasi Buku untuk Mahasiswa Baru

Kuliah Jurusan Apa?

Grameds, kalian mau pada masuk jurusan apa pas kuliah? Broadcasting? Kebidanan? Kedokteran? Teknik? Manajemen? Hukum? Atau apa nih? Sudah tahu mau pilih apa? Kalau sudah, langsung aja baca buku seri Kuliah Jurusan Apa? berikut ini untuk mempelajari seluk beluk perkuliahan di jurusan tersebut.

KuliahBeli dan Baca Sekarang!

Kamu akan diberi penjelasan mengenai apa saja yang akan kamu pelajari nantinya, prospek kerja, suka duka yang biasa terjadi jika kita mengambil jurusan tersebut, dan tentunya tips dan trik menjalani dunia perkuliahan. Klik gambar di atas untuk pilih sesuai jurusan yang kamu mau ya.

Super Star Student

Siapa nih yang nantinya mau jadi seleb kampus yang berprestasi? Kuliah tetap jalan, organisasi oke, bisa ikut lomba, atau volunteer lainnya. Coba aja deh langsung baca buku ini yang bakal jadi pedoman kamu biar jadi mahasiswa sukses dambaan lainnya.

SuperBeli dan Baca Sekarang!

Sibuk nugas dan belajar jadi lebih efektif dengan mengikuti tips dan trik dari buku ini biar kamu lulus dengan IPK cumlaude. Ada juga cara sukses raih beasiswa, dan tentunya cara jadi mahasiswa berprestasi favorit teman-teman dan dosen. Ihiiw! Asik banget kan tuh? Langsung aja ikutin dari buku ini, semuanya dibahas secara tuntas!

Langkah Nyata Mahasiswa Menginspirasi

langkahBeli dan Baca Sekarang!

Buat apa terlihat tinggi tapi tak bermanfaat untuk orang lain? Udah jadi seleb kampus berprestasi, yuk tambah lagi jadi mahasiswa yang menginspirasi 😎 Buku ini berisi langkah-langkah nyata yang praktis dijalani untuk menjadi mahasiswa inspiratif. Karena berprestasi aja belum cukup, kamu harus menebar inspirasi, baik untuk bermimpi, bergerak, dan berkarya!

Belajar Cara Belajar

Kalau pas masih di SMA, kemungkinan kamu akan diberitahukan harus membaca buku apa dan ada di halaman berapa. Saat di kuliah, kamu dituntut untuk bisa mencari tahu dari sumber manapun bahan pelajaran yang perlu kamu kuasai.

BelajarBeli dan Baca Sekarang!

Kalau kamu tahu channel YouTubenya Hujan Tanda Tanya, ini nih buku yang merangkum serial Learning How to Learn (LHTL) yang sudah ditonton jutaan kali. Isinya khusus dirancang untuk mengembangkan keterampilan belajar, mempertahankan keunggulan akademik dan membangun kecakapan literasi. Cocok banget biar belajar kamu di kuliah jadi makin efektif!

Buku Antimalas dan Suka Menunda

Yaa namanya juga kuliah, rutinitas sehari-hari yang begitu saja, pasti ada rasa malas dan jenuh untuk mengikuti kelas atau mengerjakan tugas. Pasti nanti kamu akan merasakannya. Sebelum terlalu larut, kamu perlu baca buku ini biar tahu apa sih masalah yang buat kamu malas.

bukuBeli dan Baca Sekarang!

Dalam buku ini dijelaskan bahwa kemalasan disebabkan oleh masalah emosi, sehingga perlu dicari tahu akar permasalahannya untuk membasmi rasa malas tersebut. Buku ini juga dilengkapi dengan solusi untuk mengatasi rasa malasmu.

Menjadi Pribadi Tahan Banting

Nggak heran banyak banget yang kaget setelah melewati beberapa waktu di masa kuliah. Tugas yang menggunung, dimarahin dosen, revisi tugas, teman tugas kelompok yang menyebalkan, penuh rapat organisasi, dan segala masalah yang dihadapi untuk menggapai impian di masa perkuliahan. Buku ini adalah obat bagi siapa saja yang mudah menyerah dan putus asa.

menjadiBeli dan Baca Sekarang!

Kalau kamu gagal meraih sesuatu, jangan lantas menyerah ya. Jadikan itu ujian untuk perbaikan di masa depan. Buku ini akan menjadikan kamu pribadi yang tahan banting segala macam permasalahan! Kamu akan pintar mengevaluasi kesalahan, dan sukses meraih cita-cita yang dilangitkan dengan visi dan misi yang terstruktur.

Mahasiswa di Atas Rata-Rata

Impianmu akan semakin dekat ketika kamu menjadi mahasiswa. Beranjak dewasa membuatmu memikul tanggung jawab yang lebih besar. Tak hanya belajar, kamu juga bisa berorganisasi, mengikuti lomba, dan kegiatan lain yang tak kalah menyenangkan.

mahasiswaBeli dan Baca Sekarang!

Apapun kegiatan, rencana, dan impian yang ingin kamu lakukan di masa perkuliahan, kamu akan merasa ditemani dengan buku ini yang akan menjadi teman mewujudkan impian. Buku ini akan membuatmu stay on track dan selalu termotivasi untuk mewujudkan impian!

Bicara Itu Ada Seninya

Kuliah jadi saat di mana kamu harus bisa 'tampil' di depan semua orang. Maksudnya adalah tampil dengan komunikasi yang baik untuk presentasi, berbicara dengan dosen, berbicara di depan teman-teman komunitas atau organisasi, untuk memperluas link, dan lain-lain.

bicaraBeli dan Baca Sekarang!

Penulis buku ini yang juga pakar komunikasi, mengatakan bahwa komunikasi menjadi hal yang penting untuk bersaing. Selain untuk peningkatan diri, buku ini juga memuat tentang teknik komunikasi, persuasi, dan negosiasi, yang bisa menggetarkan hati, serta memiliki daya tarik tersendiri.

Kalau kamu pintar bicara, percaya deh, kamu akan terlihat lebih maju dibanding yang lain. Buat kamu yang masih malu-malu berbicara, baca segera buku ini untuk mengetahui metode komunikasi yang efisien sekaligus bisa meningkatkan rasa percaya diri kamu!

The Secret of Relationship

Jadikan masa-masa kuliah untuk memperluas pertemanan dan networking. Hal ini bakal bermanfaat untuk kamu kedepannya. Entah untuk membantu kamu dalam dunia perkuliahan, pekerjaan, bahkan bisnis.

theBeli dan Baca Sekarang!

Buku ini membantu kamu untuk menjalin hubungan dengan orang lain agar mendapat keuntungan bersama. Rahasia-rahasia membangun hubungan diulas secara lengkap, termasuk rahasia menaklukkan lawan semudah mengedipkan mata!

Tak Masalah jadi Orang Payah

Ada masa di mana nanti kamu merasa nggak ada apa-apanya dibanding teman kita yang lebih keren, cakep, aktif, dan pintar. Masa kuliah memang jadi masa di mana kita insecure melihat pencapaian orang lain.

takBeli dan Baca Sekarang!

Kalau kamu punya mimpi untuk jadi orang yang 'berisi' dan memiliki kehidupan yang luar biasa, stop membandingkan diri kamu sama orang lain! Ini jadi cara ampuh utama yang harus kamu lakukan. Dengan buku ini, kamu akan diajak untuk mensyukuri atas segala pencapaian yang kamu dapati, dan terus percaya diri dalam menggapi mimpi-mimpi kamu, walaupun jalannya tak secepat orang lain.

Introvert and Extrovert is Fine

Jangan kaget sama macam-macam jenis mahasiswa di kampus nanti ya. Tidak ada yang salah sama kupu-kupu (kuliah pulang) atau pun kura-kura (kuliah rapat). Sama dengan karakter pribadi introvert maupun extrovert. Tidak ada yang lebih unggul diantara keduanya, yang ada ialah masing-masing kepribadian memiliki kelebihan dan kekurangan.

introvertBeli dan Baca Sekarang!

Jadi, jangan minder ya, Grameds! Kamu bisa ketahui ciri, kelebihan, dan kekurangan yang biasa ada dalam diri masing-masing karakter tersebut. Selain keduanya, masih banyak kelompok kepribadian lain yang bisa jadi kita belum memahaminya, lho. Yuk, cari tahu dan kenali kepribadian dari buku ini!

Seni Berpikir dan Bertindak Kreatif: Kiat-Kiat Berpikir Kreatif Kaum Muda Milenial

Sebagai generasi muda yang akan membangun negeri sebentar lagi, mahasiswa harus punya sisi kreativitas yang mampu menciptakan sesuatu yang baru. Eits, bukan cuma sama yang di jurusan seni aja ya, termasuk kamu anak teknik, kamu juga perlu berpikir kreatif untuk menciptakan ide baru.

seniBeli dan Baca Sekarang!

Semua orang mempunyai daya kreativitas hanya beda kadarnya saja. Jangan anggap kamu ngga bisa mikirin ide baru, karena proses berpikir kreatif itu memang ada tahapannya. Berpikitr kreatif juga perlu diasah biar tetap “tajam”. Nah, dari buku ini kita akan belajar gimana gaya berpikir kreatif, menemukan hal yang menghambat berpikiran kreatif, dan tentunya berlatih untuk mengembangkan kreativitas!

Passion?: Seni Meraih Cita-Cita dengan atau Tanpa Passion

Entah karena disuruh orang tua atau hanya ikut-ikut teman, ada beberapa mahasiswa yang akan merasa bahwa jurusan kuliahnya tidak sesuai dengan passion atau kesukaannya. Yap, bekerja sesuai passion sepertinya memang surga dunia ya. Kapan lagi hobi bisa menghasilkan uang kan? Tapi tunggu dulu!

passionBeli dan Baca Sekarang!

Bekerja sesuai passion bukan keharusan untuk mendapatkan kepuasan batin dan hidup kok! Gimana caranya, langsung aja baca dari buku ini. Kamu juga akan mengetahui tentang mereka yang bekerja tidak sesuai passion, tapi tetap bisa enjoy dan menonjol dalam pekerjaannya sehingga mampu meraih kesuksesan dan sama membahagiakannya.

Hidup Antigalau: Menata Karier dan Masa Depan di Umur 20-an

Pas kuliah berjalan, kamu akan menemukan dua tipe mahasiswa. Dia yang sudah tau mau melakukan apa untuk menggapai mimpi dan tujuan hidupnya, dan yang kedua, dia tidak tahu apa yang dia mau selanjutnya, hanya terus-menerus menjalani rutinitas kuliah sambil mencari apa yang mau dilakukan (atau bahkan lupa dipikirin).

hidupBeli dan Baca Sekarang!

Masa muda cuma sekali seumur hidup, jadi ini saatnya kamu menentukan arah hidup selamanya. Nggak perlu khawatir mau mulai dari mana, bersama buku ini kamu bisa menyusun fondasi kehidupan kamu. Dari mengidentifikasi impian hidup, membentuk kebiasaan baru, meningkatkan keterampilan, memperluas relasi, dll.

Kerja Nggak Sesuai Jurusan: Future of Work in Industry 4.0

Fenomena ngerasa salah jurusan nih emang nggak pernah hilang setiap tahunnya. Pasti nanti akan selelalu ada yang merasa begini.  Sebenarnya mau pekerjaannya apapun juga, hal-hal berikut ini nih yang wajib kamu kuasai biar kamu bisa dicari banyak perusahaan.

kerjaBeli dan Baca Sekarang!

Dari kreativitas, emotional intelligence, kemampuan komunikasi, dan lain-lain yang bisa kamu pelajari dalam buku ini. Jadi, daripada kebanyakan ngeluh salah jurusan, manfaatkan perkuliahan kamu untuk mengasah skill-skill tersebut!

Survive Menghadapi Quarter Life Crisis

Memasuki kuliah akan ada masa dimana kamu merasa belum mendapatkan apa-apa sedangkan teman kita yang lain sudah bisa melakukan sesuatu. Teman sudah tahu apa yang ingin mereka lakukan sedangkan kita saja masih tidak tahu mau melakukan apa.

surviveBeli dan Baca Sekarang!

Mengalami kebingungan dalam menentukan arah hidup dan merasa cemas ketika menghadapi masa depan atau yang disebut sebagai quarter life crisis ini memang biasa terjadi kok. Tapi penting untuk kamu segera menentukan pilihan hidup pada fase ini. Di buku ini, kamu akan menemukan curhatan yang umumnya dirasakan saat sedang berada pada fase usiamu.

Nah, itu dia deretan buku yang bisa kamu baca, di mana semua buku tersebut nya akan memberikan kamu wawasan dan membawamu jadi orang yang maju dan sukses!

Lihat juga berbagai koleksi buku pengembangan diri yang bisa kamu jajal, langsung cek di Gramedia.com.

PesanKlik untuk Info Lebih Lanjut dan Pesan Via Whatsapp!


Sumber foto header: Freepik