Buku yang Cocok untuk Mahasiswa Semester Akhir

. 2 min read

Hari pertama kuliah, hari pertama hidupmu sebagai orang yang beneran dewasa. KAMU AKAN MENGHADAPI PERUBAHAN BESAR DI HIDUPMU.

Setelah sekian tahun kuliah, mungkin perasaan berdebar-debar ini sudah agak lewat. Kamu akan mulai bekerja dan menghadapi kehidupan nyata. Tapi, jangan khawatir. Ini justru momen bagimu untuk bersinar.

Temui teman-teman yang beragam, belajar hal-hal baru supaya pikiranmu lebih terbuka, dapatkan pacar baru (eh), dan tentu saja, baca buku-buku baru yang lebih mantap.Tantang dirimu dan siapkan dirimu mengarungi betapa cihuynya kehidupan dengan buku-buku asyik ini.

1. The Power of Habit karya Charles Duhigg

Buku
Sampul buku The Power of Habit karya Charles Duhigg

Kamu akan bertemu kerumunan baru, menghadapi rutinitas baru, bahkan mungkin tinggal di tempat dan kota yang baru pula. Waktunya untuk mulai mencari kebiasaan yang positif untuk mengisi hari-harimu!

Dengan buku ini, kamu bisa mulai mencari tahu apa yang bikin kebiasaan positif itu penting, serta gimana menggali potensi kamu dengan melakukan kebiasaan yang bagus.

2. Sapiens karya Yuval Noah Harari

Buku
Sampul buku Sapiens karya Yuval Noah Harari

Tantang dirimu untuk melangkah lebih jauh dengan buku-buku yang bikin kamu pintar. Buku ini bercerita tentang riwayat umat manusia, serta bagaimana spesies kita bertumbuh dan berubah sampai sekarang. Bacaan yang menarik, provokatif, dan bikin kamu bertanya-tanya soal hakikat kemanusiaan kamu sendiri.

3. Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer

Buku
Sampul buku Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer

Fase mahasiswa kamu belum lengkap kalau belum baca buku ini. Kisah seorang pemuda idealis yang belajar mempertahankan prinsipnya ini bisa menginspirasi kamu untuk membuat perubahan positif di keseharianmu, dan bikin kamu berpikiran lebih terbuka. Buku ini adalah mahakarya sastra Indonesia. Wajib baca!

4. Seni Hidup Minimalis karya Francine Jay

Buku
Sampul buku Seni Hidup Minimalis karya Francine Jay

Baru pindah ke kosan baru dan tidak mau tempat tinggalmu berantakan? Coba gaya hidup minimalis sejak awal saja. Kamu bisa belajar untuk merawat tempat tinggal yang rapi, hidup secukupnya dan tidak boros, serta melestarikan lingkunganmu. Buku yang cocok dibaca anak baru kantoran!

5. Masuk Toko Keluar di Tokyo karya Farhanah

Buku
Sampul buku Masuk Toko Keluar di Tokyo karya Farhanah

Di buku puisi ini, kamu akan menemukan syair-syair yang lucu, topik yang nakal dan enggak biasa, serta gaya menulis yang unik. Bacaan yang pas kalau kamu butuh referensi buku puisi yang enggak itu-itu saja!


Sumber gambar header: Pexels