7 Penulis Indonesia yang Hobi Bertengger di Jajaran Best Seller

7 Penulis Indonesia yang Hobi Bertengger di Jajaran Best Seller

. 4 min read

Indonesia memiliki banyak sekali penulis-penulis berbakat dari berbagai macam genre. Mulai dari novel romance, komik, puisi, dan berbagai genre lainnya.

Namun salah jika kalian berpikir bahwa posisi best seller hanya dapat dipijaki mereka yang telah memiliki nama besar. Beberapa di antaranya bahkan adalah ‘anak baru’, yang dengan cepat duduk manis di posisi ini.

Berikut ini 7 penulis berbakat Indonesia yang hobi bertengger di jajaran best seller. Siapa saja?

1. Eka Kurniawan

Eka-Kurniawan-TRFsource: latitudes.nu

Novelis Indonesia ini kian mencuat namanya di dunia penulisan setelah giat berulang kali menerima penghargaan. Tulisannya tidak hanya dicintai di Indonesia, namun juga di luar negeri setelah berhasil dialihbahasakan, seperti Cantik itu Luka dan Lelaki Harimau yang telah berulang kali dicetak ulang dan masih tetap menjadi incaran para penikmat sastra gaya Eka Kurniawan.

Baru-baru ini, Eka telah merilis novel barunya dengan judul, O, yang telah siap bersanding dengan deretan buku best seller lainnya.

2. Valerie Patkar

Valerie-Patkar-1source: BIP

Bekal iseng nyatanya tidak selalu berbuah buruk. Contohnya adalah keisengan yang dilakukan Valerie Patkar yang gemar menulis di platform Wattpad.

Claires, adalah novel romance pertama dari Valerie, yang diangkat dari Wattpad dan sukses masuk jajaran best seller. Kini, Valerie tengah sibuk menyiapkan novel seri yang akan segera terbit, Loversation dengan Nonversation sebagai judul pertamanya.

3. Almira Bastari

Almira-Bastari-2source: Instagram Almira Bastari

Sama halnya dengan Valerie Patkar, Almira Bastari mengawali karir menulisnya dengan Wattpad. Untuk mendapatkan novel fisiknya, novel Resign! bahkan disebut-sebut sebagai ‘PO Berdarah’ karena begitu ditunggu banyak penggemarnya di Wattpad.

Resign! begitu melejit sampai begitu lamanya bertengger pada posisi best seller bersama dengan para penulis ternama lainnya. Sebelumnya, Almira telah meluncurkan novel pertamanya, yaitu Melbourne Wedding Marathon.

4. Najwa Shihab

najwa-shihab-mambaca-1source: Pesona.co.id

Mustahil jika kalian tidak mengenal nama ini dengan baik, sosoknya sebagai jurnalis wanita yang cerdas membuatnya dikagumi berbagai kalangan.

Tidak hanya pandai berbicara, ia pun pandai menuangkan isi kepalanya ke dalam tulisan hingga lahirlah buku Catatan Najwa. Buku ini merupakan hasil refleksi Najwa Shihab atas isu yang dibahas di program Mata Najwa dengan gaya rima khas seorang Najwa. Karirnya begitu gemilang, ia bahkan terpilih menjadi Duta Baca Indonesia 2016-2020.

5. Bernard Batubara

Bernard-Batubara-1source: 2.bp.blogspot.com

Sudah pernah nonton film Radio Galau FM? Film tersebut merupakan adaptasi dari novel karya Bernard Batubara yang dengan apik diperankan oleh Dimas Anggara sebagai Bara.

Gaya penuturannya perihal patah hati yang begitu mengena, membuatnya disukai begitu banyak pembaca. Metafora Padma dan Elegi Rinaldo kini masih menjadi novel karyanya yang banyak dicari. Saat ini, Bara tengah menjalani project barunya, novel digital berjudul Espresso.

6. Muhammad Misrad

micw_2-2

Benny & Mice merupakan salah satu komik strip yang populer di Indonesia. Muhammad Misrad, menjadi salah satu kartunis yang setiap karyanya identik dengan kritik keseharian dan realita yang selalu saja menarik untuk diperbincangkan, apalagi dikomedikan seperti yang ia tuangkan dalam Benny & Mice.

Kini Benny & Mice (Muhammad Misrad) telah berpisah dan mulai menuangkan isi kepala ke dalam bukunya masing-masing. Meski tanpa Benny, komik strip baru karya Muhammad Misrad, Rumah Mice masih tetap digandrungi.

7. Sapardi Djoko Damono

Sapardi-Djoko-Damono-2

Di usianya yang kian senja, Sapardi Djoko Damono (SDD) seolah semakin gencar mengabadikan dirinya merupa puisi-puisi yang dibukukan. Yang Fana Adalah Waktu, Hujan Bulan Juni, Duka-Mu Abadi, hanyalah 3 dari sederetan novel dan kumpulan puisi yang masih banyak diburu hinga kini.

SDD bahkan tidak hanya membiarkan kita menikmati puisi dalam bentuk tulisan, namun juga merupa lagu yang biasa disebut dengan musikalisasi puisi. Kabarnya dalam waktu dekat SDD akan merilis buku terbarunya lho!


Sekarang sudah tahu dong siapa saja penulis yang menjadi langganan bangku best seller?

Kalian bisa berkesempatan bertemu dengan mereka semua, lho! Caranya, cukup datang ke The Readers Fest 2018. Di event ini kalian bisa menikmati bazar buku dengan diskon besar, talk show, workshop, music performance, dan masih banyak lagi rangkaian acara lainnya.

Readers

Siap-siap untuk The Readers Fest 2018! Sebuah selebrasi literasi dan musik dalam festival!