Novel Laris Ika Natassa yang Diangkat Menjadi Film

Novel Laris Ika Natassa yang Diangkat Menjadi Film

. 5 min read

Sebagai pembaca setia, Admin yakin Grameds semua sudah tahu betul siapa penulis terbaik Indonesia ini. Novel-novel karyanya selalu menjadi best seller, dan karirnya sebagai seorang bankir pun begitu sukses.

Sudah tahu siapa dia? Yap, penulis wanita kebanggaan Indonesia ini adalah Ika Natassa. Sejak belia, ia sudah menekuni kecintaannya dalam menulis. Novel debutnya pada A Very Yuppy Wedding, menjadi “Editor’s Choice” majalah Cosmopolitan Indonesia tahun 2008, dan masih banyak penghargaan lain yang di dapatnya.

Ceritanya yang kerap kali mengambil latar kehidupan urban yang relate dengan kehidupan masa kini, serta percintaan yang dialami pada usia matang dan seputar marriage life, membawa karyanya selalu dicintai dan ditunggu para penggemar.

Tak ayal, ceritanya yang selalu membawa pembaca ikut baper, menarik novel-novelnya ini dialihwahanakan menjadi film. Bahkan tahun lalu di tengah pandemi, ia membuat skenario untuk sebuah mini seri, dan diangkat menjadi novel, yaitu Sementara Selamanya yang dicetak secara terbatas.

Ada juga film yang akhirnya ia alihkan ke bentuk novel, yaitu Susah Sinyal. Tak hanya itu, ia pun mencoba untuk meluaskan kembali pembacanya dengan merilis novel-novelnya dalam bahasa Inggris. Seperti buku The Architecture of Love, Antologi Rasa (An Anthology of Feelings), Underground, dan Critical Eleven yang akan segera rilis.

Buku-buku dan tiket pemutaran filmnya selalu ludes terjual. Nah, lalu film apa saja yang berhasil ditayangkan berawal dari buku-buku Ika? Berikut daftarnya yang wajib kamu baca dan tonton filmnya!

Novel-Novel Ika Natassa yang Diangkat Menjadi Film

1. Critical Eleven

Cerita tentang kehidupan percintaan Ale dan Anya menjadi film pertama, yang diangkat dari novel Ika pada tahun 2017. Dalam dunia penerbangan, ada total 11 menit dari setelah take off dan sebelum landing yang jadi waktu paling kritis, karena umumnya kecelakaan terjadi pada saat itu.

Dalam novel ini, critical eleven jadi waktu di mana Ale dan Anya bertemu, berkenalan, bercengkerama untuk pertama kalinya di penerbangan Jakarta menuju Sydney. Dan ternyata, pertemuan pertama mereka kala itu membawa mereka dalam ikatan janji pernikahan.

"Karena secara statistik 80% kecelakaan pesawat umumnya terjadi dalam rentang waktu 11 menit itu. Menurutku, itu persis seperti waktu kita kenalan sama orang, tiga menit pertama kritis karena saat itulah kesan pertama terbentuk, lalu ada delapan menit sebelum berpisah—delapan menit ketika senyum, tindak tanduk, dan ekspresi wajah orang tersebut jelas bercerita apakah itu akan jadi awal sesuatu ataukah justru menjadi perpisahan. Sebelas menit itu tercermin dalam kisah Ale dan Anya," -Ika Natassa

Ale bekerja di rig kilang minyak dan Anya adalah seorang manager consultant. Kamu akan diajak senang, sedih, dan bercampur aduk naik turun dengan jalan percintaan mereka. Pernikahan yang begitu indah, akhirnya dilanda insiden yang membuat hubungan mereka kian rumit.

Selain ikut baper, kamu bisa mengambil pelajaran tentang hubungan dalam rumah tangga. Bukan hanya tentang cinta, tapi pengorbanan, ego, amarah, dan bagaimana cara mempertahankan bahtera rumah tangga itu sendiri.

criticalBaca Kisah Ale dan Anya Sekarang!


Baca juga: Film Indonesia Adaptasi dari Novel Best-Seller


2. Antologi Rasa

Menghiasi Valentine di tahun 2019, film Antologi Rasa hadir menghibur penonton Indonesia. Novel ini jadi buku kedua yang diangkat menjadi film, walau ada sedikit perbedaan cerita di antara dua wahana ini, namun tetap dengan rasa yang sama.

Menceritakan tentang para pegawai bank yang bersahabat baik, yaitu Harris, Keara, Denise, dan Ruly. Persahabatan mereka diwarnai saling mencintai dalam diam, serta ada benang cinta yang agak rumit. Pembaca setia Ika Natassa pasti tahu betul kalau tokoh Harris ini adalah adik dari Ale pada tokoh Critical Eleven.

Harris digambarkan sebagai lelaki playboy yang sering gonta-ganti pacar. Namun, diam-diam ia mencintai Keara. Namun Keara malah cinta dengan Ruly, karena kagum akan pribadinya yang dewasa dan taat beribadah. Sayangnya lagi, Ruly malah mencintai Denise, sahabat mereka lainnya yang sudah menikah.

Kamu akan diajak melihat persepektif mereka masing-masing akan cinta yang mereka rasakan. Cinta bertepuk sebelah tangan yang begitu rumit dan buat galau melanda, apalagi setelah Harris akhirnya berani menyatakan perasaannya pada Keara, dan Ruly mulai ingin PDKT dengan Keara. Cinta siapakah yang akan diterima Keara?

antologiBaca Kisah Cinta Segita Antara Harris, Keara, dan Ruly Sekarang!


Baca juga: Deretan Novel Wattpad yang Jadi Film dan Series Terbaru


3. Twivortiare

Film ketiga dari novel Ika Natassa rilis pada tahun 2019. Sebenarnya, Twivortiare ini buku seri setelah Divortiare dan sebelum Twivortiare 2. Produser film, Manoj Punjabi mengatakan bahwa kisah dalam Twivortiare lebih kuat, menarik, dan lebih terasa dekat dengan pembacanya. Walaupun begitu, film ini tetap memasukkan cerita dalam novel Divortiare.

Beno adalah seorang dokter dan Alexandra adalah seorang pegawai bank yang begitu ceria, dan kerap kali bercuit tentang kehidupannya di Twitter. Berbeda dengan Beno yang tidak terlalu hadir dalam dunia maya, dengan karakter yang pendiam dan serius.

Kisah cinta pasangan suami istri antara Alexandra dan Beno awalnya dari buku pertama pada Divortiare. Mereka berdua menikah, namun tak lama mereka mulai merasakan keindahan pernikahannya itu sirna. Mereka memutuskan untuk berpisah, dan Alexandra menjalin hubungan lagi dengan pria lain yang bernama Denny.

Twivortiare, akan melanjutkan kembali kisah cinta Alexandra dan Beno. Setelah mereka berpisah, mereka malah merasa cinta itu belum sepenuhnya hilang. Alex merasa tak bisa melupakan Beno, meskipun Denny hadir di hidupnya. Kamu akan disuguhkan bagaimana persoalan rumah tangga mereka dan arti pentingnya komunikasi dalam sebuah hubungan, hingga akhirnya mereka mencoba untuk kembali bersatu untuk yang kedua kalinya.

antologiBaca Kisah Beno dan Alex Sekarang!

Tiga film yang diangkat dari novel tersebut sudah bisa kamu tonton di beberapa platform streaming online. Namun saran Admin, baca dulu bukunya, baru nonton kemudian, hehe.

Selain tiga film tersebut, tahun 2020 lalu Ika berhasil menghasilkan miniseri bersama Reza Rahadian pada Sementara Selamanya. Menceritakan tentang pasangan yang harus terpisah, karena sang istri adalah seorang dokter. Ia berjibaku membantu penanganan pasien COVID-19, dan mereka berdua hanya bisa bertemu dalam video call, yang menjadi sarana 'penyelamat' pernikahan mereka.


Baca juga: Rekomendasi Novel Laris yang diangkat Menjadi Serial Populer


Novel karya Ika lainnya seperti The Architecture of Love dan A Verry Yuppy Wedding juga akan diangkat menjadi film, lho! Film The Architecture of Love yang seharusnya syuting pada tahun 2020 lalu, harus ditunda karena pandemi yang melanda. Kita tunggu saja untuk film-film keren lainnya dari Kak Ika ya!

Sambil menunggu, kamu bisa baca dulu semua buku Kak Ika. Semua bukunya yang dirilis bersama penerbit Gramedia Pustaka Utama (GPU) tersedia di Gramedia.com dan versi ebook-nya di Gramedia Digital. Beli sekarang selagi ada diskon spesial untuk seluruh #SahabatTanpaBatas.

PromoKlik untuk Info Promo

By the way, kalian penasaran nggak sih bagaimana akhirnya Kak Ika mau mengalihwahanakan novel-novelnya ini ke bentuk film? Sampai-sampai Kak Ika juga mulai menulis skenario, lho. Ada kesulitan nggak ya mengalihkan cerita panjang tersebut ke dalam film yang biasanya hanya berdurasi hingga 2 jam ini?

Jawabannya bisa kalian temukan dengan mengikuti obrolan bareng antara Kak Ika dan Kak Nathalie Indry di Live Instagram. Kamu bisa ikutan di hari Minggu, tanggal 12 September 2021, pada akun Instagram @bukugpu, @gramedia, @gramedia.com, atau langsung di akun Kak @ikanatassa.

Grameds sudah tahu belum? Gramedia.com punya layanan terbaru lho, namanya "Pesan Antar". Kamu bisa pesan apapun melalui chat WhatsApp, dan pilih pengiriman instant (khusus Jabodetabek), sehingga paketmu tiba di rumah lebih cepat!

PesanKlik untuk Info Lebih Lanjut dan Pesan Via Whatsapp!


Sumber foto header: Dok. Gramedia Pustaka Utama