10 Buku Dongeng Terlaris, Ini Manfaat Membacakan Dongeng untuk Anak

10 Buku Dongeng Terlaris, Ini Manfaat Membacakan Dongeng untuk Anak

. 7 min read

Saat kita kecil, mendengarkan dongeng dari buku yang dibaca oleh orang tua kita begitu menyenangkan bukan? Yap, walaupun terkesan seperti aktivitas santai biasa, kedekatan antara anak dan orang tua bisa meningkat lho.

Untuk para ayah dan bunda, coba lakukan kebiasaan membacakan buku dongeng untuk si kecil ya. Selain menghibur anak, kebiasaan ini mempunyai banyak manfaat untuk tumbuh kembangnya. Hal ini juga bisa menjadi cara untuk menumbuhkan minat anak dalam membaca buku.

Manfaat Membacakan Buku Dongeng untuk Anak

1. Membuat Minat Baca Terbentuk

Jika si kecil sering diperlihatkan bahwa buku adalah hal yang asyik hingga membuatnya senang mendengarkan cerita-cerita menarik, dengan begitu minat bacanya akan tumbuh. Anak pun akan dengan sendirinya tertarik membaca buku.

Orang tua yang rajin membacakan buku, dapat membuat anak menjadi pembaca yang lebih baik di sekolah, karena kosakatanya terbentuk dari hasil mendengarkan orang tua bercerita. Selain itu, rasa keingintahuan anak akan lebih besar, sehingga dapat melatih keberaniannya untuk bertanya dan jadi lebih aktif dalam berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya.

manfaat
Sumber foto: raisingchildre.net.au

2. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa

Sering membacakan buku untuk anak bisa membantunya mengenali dan mengucapkan kata-kata dan ungkapan baru. Anak yang belum mengetahui banyak kosakata akan jadi lebih penasaran, dan ingin tahu apa arti dari kata-kata yang baru ia dengar.

Lewat buku dongeng, orang tua terbantu dalam menjelaskan makna kata-kata lewat alur ceritanya. Anak juga belajar memahami tata bahasa dan struktur kalimat yang benar, dengan begitu anak akan mampu menggunakan kosakata dengan tepat dalam mengungkapkan sesuatu.

Walaupun si kecil belum bisa memahami dengan baik, tapi ternyata ia bisa mempelajari emosi dari intonasi yang disampaikan saat membacakan buku. Maka dari itu, jangan lupa untuk lakukan read aloud saat mendongengkan anak. Dengan begitu, anak akan belajar menghubungkan kaitan antar sebuah peristiwa.


Baca juga: Tips Membacakan Anak Buku Cerita agar Manfaatnya Lebih Maksimal


3. Melatih Imajinasi dan Meningkatkan Kreativitas

Membacakan cerita secara rutin akan mengasah daya imajinasi anak. Intonasi, gaya, atau gerakan yang ayah dan bunda lakukan dalam mendukung cerita yang sedang dibacakan, bisa membuat ia membayangkan seperti apa gambaran cerita tersebut dalam pikirannya.

Hal ini mengembangkan “theater of mind”, di mana anak akan memikirkan bagaimana rupa si karakter, tempat, atau plot cerita, yang membuat pikirannya terbuka dan bebas berimajinasi.

manfaat
Sumber foto: Shutterstock

4. Memperkenalkan Hal Baru dan Melatih Daya Ingatnya

Buku cerita memiliki gambar dan warna yang menarik. Saat bercerita, bisa sekaligus memperkenalkan pada bentuk, warna, huruf, hingga angka. Ayah dan bunda juga bisa menanyakan kembali cerita yang sudah dibacakan pada esok harinya, atau bertanya pada anak saat di tengah-tengah bercerita.

Kegiatan ini bisa melatih daya ingat dan mendorong konsentrasi anak, lho. Tapi, pastikan juga si kecil mendengarkan dan mengerti, sehingga rentang perhatiannya akan lebih meningkat, dan ia belajar menjadi pendengar yang baik.

5. Meningkatkan Hubungan

manfaat
Sumber foto: tyackhealth.com.au

Saat membacakan buku, biasanya si buah hati akan berada di pangkuan atau dekapan orang tua. Sambil bercanda dan bermanja, kegiatan ini bisa mempererat hubungan antara anak dan orang tua. Kedekatan fisik yang terjalin menjadi hal yang baik dari kegiatan membacakan buku cerita, untuk membangun dan memperkuat ikatan keluarga.

Selain itu, membacakan dongeng juga bisa membantu orang tua dalam menanamkan pesan moral kehidupan. Dongeng juga bisa membantu anak untuk memahami cara dalam menghadapi suatu masalah dengan baik di berbagai situasi.

Nah, berikut Admin berikan rekomendasi buku kumpulan dongeng yang seru, serta sarat akan pesan moral yang bisa dipilih Ayah dan Bunda. Buku dongeng ini jadi yang terlaris di Gramedia.com dan paling banyak dicari oleh orang tua lainnya, lho!

Rekomendasi 10 Buku Dongeng Terlaris

1. Disney Movie Collection: The Lion King

Cerita-cerita besutan Disney memang selalu jadi kisah klasik terbaik sepanjang masa, salah satunya Lion King ini. Selain dari film, kita bisa mendongengkan anak tentang cerita epik dari anak singa bernama Simba ini. Cerita ini bisa memberikan pemahaman pada anak tentang arti tanggung jawab, keberanian, dan tidak boleh serakah.

dongengBeli dan Dongengi Anak Sekarang!

Berawal dari kematian Mufasa, ayah dari Simba, membuat Simba kecil diasingkan dari kawananannya di Pride Lands oleh pamannya sendiri yang licik bernama Scar. Ia ingin merebut tahta sebagai raja hutan dari Simba.

Diasingkannya Simba membuatnya tak pernah berpikir untuk kembali. Ketenangan Pride Lands pun hilang karena Scar. Namun, saat teman lama Simba menemukannya bertahun-tahun kemudian, apakah Simba kembali untuk memenuhi takdirnya sebagai sang raja sejati dan menggantikan posisi ayahnya?

2. 12 Dongeng Anak Sebelum Tidur

dongengBeli dan Dongengi Anak Sekarang!

Dengan kumpulan buku dongeng, kamu tak perlu lagi kebingungan akan membacakan cerita apa lagi setiap harinya. Buku ini berisi 12 cerita yang akan mengantarkan anak tidur dengan kisah-kisah dongeng dari negeri ajaib. Ada kisah Aladdin dengan lampu ajaibnya, Alice yang masuk ke negeri ajaib, Peter Pan si anak ajaib dengan petualangan serunya, dan masih banyak cerita menarik lainnya!

3. Kumpulan Dongeng Klasik Sepanjang Masa

dongengBeli dan Dongengi Anak Sekarang!

Dongeng di dalam buku ini berisi cerita klasik dengan bahasa yang sederhana, dan dilengkapi dengan rangkaian ilustrasi menarik untuk setiap kata kuncinya. Beberapa dongeng terkenal mulai dari Cinderella, Putri Duyung, Itik Buruk Rupa, hingga Gadis Kecil dan tiga Beruang.

4. Dongeng Favorit PAUD: Hansel dan Gretel

dongengBeli dan Dongengi Anak Sekarang!

Hansel dan Gretel adalah cerita klasik dari Jerman yang mendunia. Serunya buku ini adalah setiap halamannya bisa ditarik dan kamu bisa temukan bagian menarik di dalamnya!

Kisah dari anak-anak bernama Hansel dan Gretel ini mampu mengajarkan si kecil tentang semangat juang dan jangan pernah menyerah, bahwa dengan selalu berusaha dan tidak lupa berdoa, maka kita bisa menyelesaikan segala masalah.

5. Suku Penunggang Layang-Layang

Tere Liye memang jagonya dalam membuat ide tulisan. Karya-karyanya selalu ditunggu banyak orang dengan jalan cerita yang epik, ajaib, dan selalu memiliki pesan moral yang mendalam. Maka dari itu, Tere Liye juga sukses menelurkan buku anak dengan latar belakang cerita yang tak biasa.

dongengBeli dan Dongengi Anak Sekarang!

Pertama, ada kisah dari Tetukong si anak penggembala ternak. Bagi sukunya, penting sekali untuk melewati ujian menunggang layang-layang di ulang tahun ke-12. Suku mereka mempunyai kebiasaan unik, yaitu menggiring ternak dengan cara menaiki layang-layang besar. Sayang, Tetukong punya rahasia yang membuatnya sulit melewat ujian tersebut.

Buku cerita anak ini memiliki pesan tersirat tentang mengusir rasa takut dan terus berusaha. Lewat keinginan Tetukong untuk bisa terbang di udara menaiki layang-layang bersama teman-temannya, ia pun terus berlatih dan mencoba mencari cara untuk mengatasi ketakutannya.


Baca juga: Ini Dia Rekomendasi Buku Anak yang Cocok Dibaca Semua Kalangan


6. Cerita Binatang Pengantar Tidur

dongengBeli dan Dongengi Anak Sekarang!

Fabel tak kalah seru dalam mewarnai cerita anak-anak. Dengan tokoh binatang, si kecil pun bisa belajar mengenal hewan-hewan. Dari buku dongeng ini, si kecil akan menemukan jawaban lucu dan seru tentang bagaimana gajah mendapatkan belalainya, bagaimana tiga babi kecil melarikan diri dari serigala jahat yang besar, dan menemukan jawaban apakah langit benar-benar jatuh ke atas Chicken Licken.

7. Laut Rumahku

dongengBeli dan Dongengi Anak Sekarang!

Serunya membaca cerita dengan pop up book! Yap, buku ini memungkinkan kita melihat gambar yang timbul setiap halaman baru kita buka. Buku ini cocok untuk mengenalkan si kecil dengan hewan-hewan laut. Setiap halaman di buka, kamu akan menemukan hewan-hewan yang muncul dalam buku. Yuk, ajak si kecil menyelam ke dasar laut dan dapatkan pengalaman baru dalam membaca!

8. Apel Emas

Buku anak kedua dari Tere Liye dan ceritanya tak kalah seru! Menceritakan tentang Apel Emas, buah paling berharga di Bumi yang merupakan mahkota dari seluruh buah dan raja dari segala jenis buah. Apelnya memang terlihat seperti biasa, namun warnanya emas dan mengkilap.

dongengBeli dan Dongengi Anak Sekarang!

Rasanya bukan sekadar seperti apel biasa, tapi mampu menyembuhkan penyakit apa pun yang diderita manusia. Kalau pun memakannya saat tidak sakit, apel ini bisa memberikan rasa bahagia dan damai sentosa.

Karena Apel Emas ini bukan semabarang Apel, tumbuhnya buah ini pun tak sembarangan. Apel Emas ini hasil dari perjuangan orang-orang yang menyayangi hutan, sungai, dan danau. Buku ini akan mengajari si kecil untuk mencintai dan melindungi lingkungan sekitar, jika ingin menikmati manisnya Apel Emas.

9. Toki si Kelinci Bertopi

dongengBeli dan Dongengi Anak Sekarang!

Lagi dari Tere Liye. Kali ini bentuknya cerita fabel tentang Toki si kelinci bertopi. Ia sering jail dan mengganggu hewan-hewan kecil lain. Toki ini selalu mencari perhatian dari orang tua maupun kakak-kakaknya dengan masalah yang dibuatnya.

Tapi, suatu hari Toki mengalami petualangan seru di hutan. Ia menemukan kawanan monyet dan belajar bergelantungan di dahan hingga dikejar ular besar. Petualangannya di hutan lebat pun mengajari Toki bahwa saling membantu, menghormati, dan senantiasa berbuat baik adalah perilaku terpuji.

10. Baby Shark si Tudung Merah

dongengBeli dan Dongengi Anak Sekarang!

Bersama Baby Shark, yuk ajak si kecil menemaninya di Bus Ikan untuk mengunjungi Grandma Shark. Baby Shark rindu sekali pada neneknya. Namun, perjalanan mereka terhambat. Buku dengan dua bahasa ini, yaitu bahasa Inggris dan Indonesia, mampu mengajak si kecil untuk berinteraksi dengan ikut membantu Baby Shark di perjalanan menemui neneknya.


Baca juga: 7 Nilai Pendidikan Moral untuk Anak dari Membaca Dongeng


Selain buku di atas, masih banyak buku dongeng menarik lainnya di Gramedia.com. Yuk, pilih bukunya bersama sang buah hati agar dapat bermain dan membaca bersama. 🤗

Jangan lupa untuk cek berbagai promo yang sedang berlangsung di Gramedia.com. Dapatkan penawaran menarik, harga spesial, dan diskon menguntungkan yang bisa kamu gunakan untuk belanja jadi lebih hemat. Langsung klik di bawah ini untuk cek semuanya! 😉

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: Unsplash