7 Nilai Pendidikan Moral untuk Anak dari Membaca Dongeng

7 Nilai Pendidikan Moral untuk Anak dari Membaca Dongeng

. 4 min read

Anak-anak akan lebih merasa terhibur dari cerita atau dongeng yang diceritakan. Dengan suasana yang menyenangkan, maka nilai-nilai yang akan ditanamkan pun mudah diterima oleh anak. Selain itu, gambar yang menarik dari buku cerita atau dongeng, mampu meningkatkan rasa ingin tahunya. Dengan begitu, ayah dan bunda bisa mudah menjelaskan untuk membentuk pemahaman diri pada anak.

Dikutip dari Kompas.com (22/03/21), berikut 7 nilai pendidikan moral dalam cerita anak, yang menunjukkan moral positif dari laman resmi Anggunpaud Kemendikbud. Admin juga menambahkan buku-buku cerita atau dongeng yang bisa membantu ayah dan bunda mengajarkan nilai-nilai norma tersebut.

1. Sikap Bekerja Keras

Kita semua tahu bahwa jika kita ingin sesuatu maka bekerja keraslah, agar mendapatkan hal yang diinginkan walaupun sulit. Sikap ini perlu ditanamkan sejak dini agar ia mengerti bahwa setiap apapun yang ia inginkan harus dicapai melalui usaha.

7
Sumber foto: Shutterstock

Contohnya, anak diberikan tanggung jawab untuk selalu menjaga kebersihan dan kerapian kamar atau membantu orang tua untuk mencuci piring. Kebiasaan ini diharapkan dapat tumbuh sifat bekerja keras pada anak. Nah, dari buku dongeng ini, anak bisa dikenalkan akan tugas untuk membantu orang tua.

Seri Nona, Anak Dan Lingkungannya: Ayo, Bantu Ayah Ibu!

seriBeli Sekarang!

2. Patuh Terhadap Orang tua

7
Sumber foto: Corbis

Moral ini menyangkut dengan hubungan sosial antara seseorang dengan orang lain. Karena patuh kepada orang tua menjadi hal pertama si kecil untuk belajar lebih hormat dan tidak berkata keras pada orang lain apalagi kepada yang lebih tua. Hal ini penting diajarkan pada si kecil, karena akan menumbuhkan kepribadian yang baik.

Terima Kasih, Ibu!

terimaBeli Sekarang!

Buku ini menceritakan tentang Byul yang kesal dengan Ibu sampai membentak dan membanting pintu kamar. Malamnya, Byul bermimpi tentang Ibu dan kasih sayang Ibu kepada Byul. Byul jadi malu dan merasa bersalah kepada Ibu.

3. Peduli pada Orang Lain

7
Sumber foto: kiddomag.com.au

Anak perlu tahu bahwa hidup tidak sendiri dan ada orang lain. Peduli terhadap orang lain merupakan sikap untuk memberikan pertolongan dan tidak mengabaikan orang yang sedang kesusahan. Dengan begitu, anak akan tumbuh menjadi karakter yang perhatian dan tidak acuh terhadap orang lain.

Kembalikan Rumahku!

kembalikanBeli Sekarang!

Buku ini menceritakan tentang seorang anak yang bertemu dengan beberapa hewan yang sedang menangis di hutan. Para hewan memberitahukan masalahnya dan anak itu pun membantu mereka dengan krayon ajaibnya, sehingga para hewan menjadi gembira lagi.

4. Bisa Memaafkan dan Bisa Meminta Maaf

Menyadari kesalahan perlu ditanamkan sejak kecil, karena berkaitan dengan hati yang bersih dan sikap rendah hati seseorang. Anak juga akan lebih menghargai orang lain.

7
Sumber foto: The Asian Parents

Anak yang bisa menilai dirinya sendiri, apalagi sadar telah melakukan kesalahan, ia akan belajar bahwa hal tersebut bisa dijadikan pelajaran. Tanamkan rasa bahwa kesalahan bukanlah beban, tapi sebagai cara untuk bisa memperbaiki diri dan tidak mengulang kesalahan yang sama.

Berdamai dengan Adikku

berdamaiBeli Sekarang!

Buku ini menceritakan tentang kakak yang sebal dengan adiknya yang mengambil makanannya dan merebut mama. Tapi, ia tau bahwa sang adik selalu menyayanginya.

5. Bersikap Sabar

Sabar adalah tahan menghadapi cobaan. Tidak hanya untuk orang dewasa, tapi juga dengan anak-anak. Dengan bersikap sabar, anak akan belajar bahwa tidak semua yang diharapkannya akan terwujud. Sabar adalah bentuk belajar bagaimana cara mengendalikan emosi dan tindakan si kecil.

7
Sumber foto: pbs.org

Sikap sabar penting untuk ditanamkan sejak kecil, agar ia dapat mengembangkan rasa toleransinya. Sehingga nantinya mereka tak akan mudah bertindak gegabah ketika menghadapi hal semacam ini di masa depan

Nikmatnya Bersabar

nikmatnyaBeli Sekarang!

Hujan turun saat Gema dan Gina bermain. Lalu Gina ingin sekali makan es krim tetapi cuaca sedang dingin. Buku ini mengajarkan untuk bersabar menunggu.

6. Bersyukur

7
Sumber foto: motherandbaby.co.id

Penanaman sikap syukur dalam diri anak dapat dilakukan melalui hal sederhana, misalnya membiasakan diri untuk mengucapkan terima kasih saat diberikan pertolongan.Dengan belajar rasa bersyukur, si kecil akan jauh lebih bahagia dan merasa cukup dengan apa yang mereka punya, serta memiliki sikap yang lebih positif terhadap keluarga maupun orang lain.

Ayah dan Ibu Pahlawan Hidupku

ayahBeli Sekarang!

Buku ini mengajarkan rasa syukur atas hadirnya pahlawan hebat dalam hidup, yaitu ayah dan ibu. Keduanya sangat menjaga dan menyayangi sang anak, begitupun sebaliknya.

7. Menjaga Lingkungan dan Kelestarian Alam

7
Sumber foto: Freepik

Ajarkan si kecil untuk menjaga kelestarian alam dengan cara menghargai lingkungan sebagai sumber daya yang harus dijaga dan dipelihara fungsinya untuk kehidupan. Anak akan lebih mengerti arti lingkungan, yang membuatnya bisa hidup dengan tenang dan bahagia dari alam di sekitarnya. Nilai moral tersebut juga dapat ditunjukkan dengan upaya mengajak anak untuk menanam pohon, menyiram tumbuhan dan melestarikannya, atau berpartisipasi dalam kerja bakti.

Bumiku Sehat Kembali

bumikuBeli Sekarang!

Buku ini menceritakan tentang bumi yang penuh sampah dan mengajak untuk bisa membantu bumi dengan mengurangi dan memanfaatkan sampah.

Nah, untuk ayah dan bunda yang ingin mencari buku-buku cerita atau dongeng lainnya, masih banyak lho pilihannya di Gramedia.com. Yuk, beli sekarang dan baca buku bersama si kecil, agar pesan moral yang disampaikan selalu ia ingat dalam memorinya. 😉


Sumber foto header: Freepik