Perhatikan Cara Ini agar Manfaat Membacakan Buku Cerita pada Anak Lebih Maksimal

Perhatikan Cara Ini agar Manfaat Membacakan Buku Cerita pada Anak Lebih Maksimal

. 3 min read

Semuanya pasti setuju bahwa membacakan anak buku itu banyak sekali manfaatnya. Salah satunya, sangat bagus untuk perkembangan anak jika sudah terbiasa membaca buku. Nah, membacakan anak buku cerita, ternyata bisa menstimulasi perkembangan otak, terlebih pada penguasaan kosakata, pelafalan bahasa, dan keterampilan komunikasi yang jadi lebih baik.

Buku cerita mempunyai nilai-nilai positif yang terkandung di dalamnya. Dengan membacakan buku cerita pada anak, orang tua bisa terbantu dalam menanamkan pelajaran pesan moral. Nah, agar anak terus mengingat pesan tersebut dalam memorinya, bacakan buku sesering mungkin ya.

Dikutip dari beberapa sumber, agar membacakan buku kepada anak lebih maksimal manfaatnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

1. Perhatikan Artikulasi dan Intonasi Suara

perhatikan
Sumber foto: alamy.com

Anak-anak khususnya balita, akan lebih menyukai mendengar cerita yang memiliki ritme. Jadi, jangan sekadar membaca kalimat, tapi bacakan dengan artikulasi yang jelas dan lantang. Gunakan intonasi yang berbeda-beda menggunakan nada bicara yang benar. Lalu, sesuaikan dengan cerita yang sedang disampaikan. Misalkan tokoh sedang sedang marah dan berteriak, ucapkan juga dengan nada yang tinggi. Dengan begitu, anak bisa belajar mengucapkan kata yang benar dan menangkap jalan serta makna cerita yang tepat.

2. Sesuaikan Ekspresi

perhatikan
Sumber foto: parents.com

Memberikan sedikit dramatisasi saat membacakan buku, bisa membuat anak lebih tertarik dan semangat mendengarkannya. Pasang mimik wajah sesuai dengan adegan yang dilakukan pada tokoh di buku cerita. Contoh, jika tokoh sedang sedih, ikut pasang raut wajah sedih saat membacakannya.

3. Beri Kesempatan Anak untuk Bertanya

perhatikan
Sumber foto: motherspedia.com

Dengan anak bertanya saat kita membacakannya cerita, berarti ia menyimak dan menjadi tanda bahwa ia mencoba menginterpretasikan cerita dalam imajinasinya. Manfaat membaca buku adalah melatih anak berimajinasi dan merangsang kreativitasnya. Kemampuan berpikir anak pun jadi terasah, karena dengan ia bertanya, berarti kemampuan nalarnya berjalan, perhatian, dan mampu menggunakan kata-kata dalam komunikasi. Hal ini jadi bekal yang positif untuk anak bersosialisasi.

Selain menguatkan pemahaman pada otak anak, membacakan buku cerita juga menguatkan hubungan kedekatan antara anak dan orang tua. Nah, di Gramedia.com tersedia banyak buku cerita lucu dan terbaru yang bisa kamu pilih. Dan berikut beberapa rekomendasi dari kami.

Raja Boros dan Raja Hemat

rajaBeli Sekarang

Seri ini akan menanamkan kesadaran sejak dini pada anak mengenai masalah-masalah tentang pemborosan dan penghematan, serta memberitahukan bagaimana anak bisa mengatasinya.

Ambil Secukupnya, Cican!

ambilBeli Sekarang

Buku cerita ini mengenalkan tentang rasa cukup dan mengajak anak-anak untuk belajar berbagi.

Selalu Berhati-Hati, ya!

selaluBeli Sekarang

Seri ini akan mengajak anak untuk tetap berhati-hati saat di luar tanpa pengawasan orang tuanya. Serta mengajarkan anak untuk lebih waspada dengan orang yang tak dikenal, serta memberitahukan bagaimana anak bisa mengatasinya.

Kita Semua Juara

kitaBeli Sekarang

Berisi 20 cerita berbeda untuk mengembangkan karakter baik anak, lewat pengalaman sehari-hari yang sering dihadapi anak-anak.

Aku Anak Sehat dan Kuat

akuBeli Sekarang

Berisi kumpulan cerita yang mengajarkan anak untuk berperilaku hidup bersih dan sehat untuk melindungi diri dari virus, kuman, maupun bakteri. Buku ini akan membantu orang tua dalam memberi nasihat dan pengertian pada anak tentang penerapan kebiasaan baru yang penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan di masa pandemi seperti ini.

Masih banyak buku cerita lainnya yang bisa kamu pilih bersama buah hati, semuanya tersedia di Gramedia.com 😉 Lebih hemat lagi jika kamu belanja dan melakukan pembayaran menggunakan debit BCA atau OVO, karena sedang berlangsung diskon menarik! Untuk info selengkapnya, langsung klik di sini.


Sumber foto header: shutterstock.com