Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Ini Dia Rekomendasi Buku Anak yang Cocok Dibaca Semua Kalangan

Ini Dia Rekomendasi Buku Anak yang Cocok Dibaca Semua Kalangan

Siapa nih yang masa kecilnya diisi dengan membaca majalah Bobo? Atau baca komik Doraemon dan komik pendidikan? Setiap halaman yang dipenuhi gambar, cerita menarik dengan bahasa yang ringan, selalu jadi kesukaan kita untuk membaca buku saat masih kecil.

Menariknya buku anak-anak ini memang memiliki tema cerita yang ringan, gaya bahasa ringkas, serta alur yang mudah dipahami. Nah, buku anak-anak bisa banget kamu coba untuk bahan bacaan kamu selanjutnya, lho! Buku anak-anak bisa dijadikan tempat istirahat dari kehidupan duniawi orang dewasa yang cukup menguras jiwa dan raga. 😌

Melalui buku cerita yang ringan, menghibur, dan memiliki banyak pesan moral ini, Admin berikan 11 rekomendasi buku anak yang wajib dibaca oleh semua kalangan sekarang juga!

11 Rekomendasi Buku Anak yang Cocok Dibaca Semua Kalangan

1. Petualangan Jack & Piggy Natal - J.K. Rowling

Buku ini kisahkan seorang anak bernama Jack yang sangat menyayangi mainan favortinya bernama si Piggy. Boneka babi ini selalu ada untuk Jack dalam suka maupun duka, karena Jack sering sekali mencurahkan hatinya pada si Piggy. Hingga suatu hari, ada hal mengerikan yang terjadi dalam hidup Jack, yaitu si Piggy kesayangannya menghilang.

bukuBeli Bukunya Sekarang!

Jack merasa begitu kehilangan si Piggy, sampai akhirnya ia diberikan mainan baru yang mampu membawa Jack berpetualang ke kota Terhilang. Pada malam natal ini mainan baru Jack mampu mengubah semuanya termasuk bisa menghidupkan semua mainan yang tidak bernyawa.

Mainan baru Jack ini memiliki rencana dalam memulai perjalanan ajaibnya untuk mencari dan menyelamatkan boneka kesayangan Jack. Berhasil kah mereka menemui si Piggy?

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi e-book di sini >>> Petualangan Jack & Piggy Natal

2. Apel Emas - Tere Liye

Buku cerita ini mampu mengenalkan anak-anak tentang menyayangi dan menjaga alam yang memiliki berbagai manfaat baik untuk lingkungan ataupun manusia. Jalan ceritanya yang tak biasa, cukup seru untuk kamu ikuti pula.

bukuBeli Bukunya Sekarang!

Diceritakan bahwa apel emas merupakan buah paling berharga di seluruh muka Bumi. Buah ini bagaikan mahkota bagi seluruh buah atau raja dari segala jenis buah. Bentuknya memang seperti apel pada umumnya, namun lebih spesial karena warnanya emas.

Bukan hanya mengenyangkan, tapi sebutir apel emas ini ternyata bisa menyembuhkan segala penyakit yang diderita manusia. Bahkan, konon katanya jika orang yang memakannya tidak sedang sakit, maka yang mengunyah apel ini akan merasakan perasaan bahagia, damai, dan tentram. Sayangnya, apel emas ini tidak bisa sembarangan tumbuh. Buah ajaib ini merupakan hasil dari perjuangan sekelompok manusia yang amat menyayangi hutan dan danau.

3. Toki si Kelinci Bertopi - Tere Liye

Selain tentang buah apel yang ajaib, cerita seru yang bisa kamu ikuti pula adalah tentang seekor kelinci yang jail bernama Toki. Kelinci bertopi ini selalu mencari perhatian dari orang tua dan kakak-kakaknya. Namun, Toki sering kali jail dan membuat masalah kepada hewan-hewan kecil lainnya.

bukuBeli Bukunya Sekarang!

Hingga suatu hari, Toki mendapatkan petualangan seru dan menakjubkan di hutan yang sangat lebat. Toki belajar bergelantungan di dahan-dahan pohon sampai melarikan diri dari ular besar yang mengejarnya.

Dari petualangan Toki, kita akan menemui berbagai hal menarik. Dari perjalanan petualangannya pula, Toki akhirnya tahu bahwa saling membantu, menghormati, dan senantiasa berbuat baik merupakan perilaku terpuji.

4. Suku Penunggang Layang-layang - Tere Liye

Setelah dari cerita fabel, kita kembali dengan cerita menarik lainnya, yaitu dari sebuah suku yang menunggang layang-layang. Buku cerita ini mengisahkan tentang Tetukong, anak dari penggembala ternak yang pada ulang tahunnya ke-12 harus melewati ujian yang penting bagi sukunya.

bukuBeli Bukunya Sekarang!

Ujian suku ini ialah menunggang layang-layang. Suku hebat ini tidak menggiring ternak dengan cara yang biasa, melainkan dengan menaiki layang-layang besar. Sayangnya, Tetukong kesulitan melewati ujian tersebut.

Tetukong yang ternyata memiliki rahasia besar yang membuatnya kesulitan menaiki layang-layang ini, ternyata ia tidak pernah menyerah dan berusaha menaiki layang-layang bersama teman-temannya dan menaklukan rasa takut dari dalam dirinya.

5. The Voyages of Doctor Dolittle - Hugh Lofting

Kisah petualangan dokter Dolittle dijamin membuat kamu bisa nyengir tanpa henti. Buku ini mengisahkan petualangan dokter Dolittle dan krunya ke Pulau Monyet Laba-Laba. Melewati perjalanan yang super seru ini, membuat banyak pembaca menjadikan dokter Dolittle sebagai role model karena ia sangat baik hati bagi sesama.

bukuBeli Bukunya Sekarang!

Awalnya dokter Dolittle pergi berlayar bersama Tommy Stubbins, asisten kecilnya, juga Polynesia yang merupakan burung nuri, Chee-Chee si monyet, serta beberapa teman setianya ke Pulau Monyet Laba-Laba.

Di tengah perjalanan yang menyenangkan ini, kapal mereka tiba-tiba karam sehingga harus mendarat di sebuah pulau terapung yang misterius. Di sana mereka bertemu dengan siput raksasa yang menyimpan suatu rahasia yang luar biasa.

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi e-book di sini >>> The Voyages Of Doctor Dolittle

6. The Secret Garden - Frances Hodgson Burnett

Di dunia ini tidak ada yang mustahil untuk ditaklukan, seperti kisah Mary yang ternyata bisa berhasil bertahan di kehidupan barunya. Selagi tetap berpikir positif dan tidak mudah menyerah, ternyata kisah Mary ini mampu dijadikan sebagai refleksi diri jika alam merupakan obat rindu paling mujarab bagi jiwa-jiwa yang terkukung. Nah, cocok untuk kalian yang saat ini terus-terusan bekerja depan komputer dan pergi ke kantor yang dikelilingi gedung-gedung tinggi, hihihi. 😁

Kisah ini dimulai ketika Mary Lennox yang ditinggal mati oleh ayah dan ibunya karena kolera, harus pindah ke Inggris dari India. Di India, Mary memiliki banyak pelayan yang memanjakannya, tetapi mereka semua juga pergi meninggalkannya akibat kolera, hingga tidak ada satu orangpun yang mengingat Mary masih tinggal di rumahnya.

bukuBeli Bukunya Sekarang!

Sampai akhirnya Mary harus tinggal di Inggris, di rumah pamannya yang bernama Mr. Archibald Craven. Sang paman digambarkan sebagai sosok pendiam dengan punuk di punggungnya. Lelaki itu juga sering bepergian, entah apa yang membuat pamannya enggan berlama-lama di rumah.

Suatu hari selepas keberangkatan Mr. Craven, Mary mencoba memberanikan diri untuk berjalan-jalan di sekitar rumah pamannya itu dan akhirnya ia menemukan banyak misteri dan kejanggalan dalam rumah ini, seperti adanya burung robin, taman rahasia, dan suara tangis anak kecil.

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi e-book di sini >>> The Secret Garden

7. The Jungle Book - Rudyard Kipling

Buku ini akan membuatmu kembali bernostalgia ke masa kecilmu, di mana imajinasi serasa ditarik kembali dan membuatmu merindukan masa-masa itu. Berawal dari misi kawanan serigala yang menyelamatkan Mowgli kecil dari harimau pemangsa bernama Shere Khan.

bukuBeli Bukunya Sekarang!

Mowgli kemudian diangkat oleh kawanan serigala dan diajari hukum rimba, sampai akhirnya Mowgli bersama sahabat-sahabatnya yang bernama Baloo si beruang, dan Bagheera si macan kumbang, pergi berpetualang di hutan dan melawan musuh terbesarnya, yaitu harimau pemangsa bernama Shere Khan.

Menariknya, buku ini bukan hanya berisi cerita Mowgli, kamu juga akan diberikan kisah fabel tentang Kotick si singa laut putih, Rikki-Tikki-Tavi si garangan pemberani, dan Toomai kecil si pawang gajah. The Jungle Book adalah kisah klasik abadi yang menggabungkan mitos, petualangan, dan moral dalam cerita persahabatan antara anak manusia dengan hewan.

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi e-book di sini >>> The Jungle Book

8. Mata di Tanah Melus - Okky Puspa Madasari

Buku pertama pada seri Mata ini berawal dari kisah peswat kecil yang mendarat di negeri antah berantah. Saat pesawat itu mulai merendah, seorang gadis berusia 12 tahun bernama Matara bisa langsung melihat hamparan hijau yang tidak terlalu lebat dan tidak benar-benar hijau juga.

bukuBeli Bukunya Sekarang!

Hingga akhirnya Matara mengetahui bahwa ia sedang berada di sebuah perjalanan ke salah satu wilayah terluar di Indonesia, kisah petualangan menakjubkan yang belum pernah ia bayangkan sebelumnya.

Dunia yang Matara lihat seperti hamparan hijau kering dan lesu, namun terlihat ramah dan tidak menakutkan. Ikuti kisah Matara akan dunia yang serba ganjil itu, dan temukan sebuah kenyataan baru bersama perualangan Mata di Tanah Melus!

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi e-book di sini >>> Mata di Tanah Melus

9. Mata dan Rahasia Pulau Gapi - Okky Puspa Madasari

Pada buku kedua masih mengisahkan tentang Matara, namun kali ini ia gagal masuk ke sekolah impiannya. Didampingi oleh orang tuanya, akhirnya Matara memilih pindah ke Pulau Gapi di wilayah Timur laut kepulauan Indonesia.

bukuBeli Bukunya Sekarang!

Kepindahannya ini bukan hanya membawa Matara ke tempat baru, tapi ternyata mampu membawanya menyusuri waktu dan menjelajahi masa lalu. Mulai dari masa ketika kapal-kapal besar pertama kali mendarat dan menjadikan pulau itu sebagai salah satu pusat dunia, masa ketika ilmuwan besar Wallace menulis surat pada Darwin dari salah satu sudut pulau, hingga masa ketika bendera merah putih telah dikibarkan di seluruh pulau, tapi justru membuat pulau itu sepi dan terlupakan. Sampai akhirnya Pulau Gapi membawanya ke rahasia masa terbaru, ketika Matara dan dua sahabatnya harus menyelamatkan pusaka-pusaka Pulau Gapi.

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi e-book di sini >>> Mata dan Rahasia Pulau Gapi

10. Peter Pan - J. M. Barrie

Buku ini berisi pertualangan anak-anak Darling yang diajak berkelana oleh Peter ke negeri Neverland. Cerita yang tidak pernah membosankan ini memang patut dinikmati berulang kali.

Peter mengajak ketiga anak keluarga Darling yang bernama Wendy, John, dan Michael untuk pergi dengannya ke negeri Neverland. Di sana mereka disambut oleh berbagai petualangan seru bersama dengan Peter, Tinker Bell, dan para Anak Hilang sebagai pengikut setia Peter.

bukuBeli Bukunya Sekarang!

Hingga akhirnya, mereka harus berhadapan dengan Kapteen Hook dan para gerombolan bajak laut jahat dari Indian, putri duyung, dan si buaya yang di dalam perutnya ada jam yang selalu berbunyi tik-tik-tik.

Di Neverland semuanya terasa begitu menyenangkan bagi tiga anak keluarga Darling ini, tanpa terasa waktu berlalu begitu cepat sampai suatu ketika ingatan tentang rumah membuat anak-anak keluarga Darling ingin pulang. Sayangnya tidak semudah itu untuk kembali ke rumah, sebab saat mereka sedang bersiap-siap, rombongan bajak laut mengacaukan semuanya.

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi e-book di sini >>> Peter Pan

11. The Railway Children - E. Nesbit

Buku ini kisahkan cerita keluarga yang selalu sukses menggugah hati pembaca. Berawal dari tinggal di rumah mewah hingga ke pondok kecil, cerita sehari-sehari tiga bersaudara dengan akhlak super terpuji ini memiliki segudang pesan moral yang baik untuk diikuti, seperti tentang ketulusan, pengorbanan, dan kepercayaan.

Buku ini kisahkan tiga bersaudara bernama Roberta, Peter, dan Phyllis yang hidup bahagia di Vila Edgecombe, tetapi mereka tidak menyadari betapa bahagianya mereka sampai sesuatu terjadi dan memaksa mereka menjalani kehidupan yang sama sekali berbeda.

bukuBeli Bukunya Sekarang!

Ayah mereka pergi begitu lama dan entah apakah masih ada kesempatan untuk ia kembali, hingga membuat ketiga bersaudara itu dan ibunya meninggalkan rumah mereka di London, dan pindah ke pondok kecil di sebuah pedesaan.

Mereka yang merasa sedih, akhirnya mencari hiburan dengan pergi ke stasiun kereta api di dekat pondok mereka dan berkawan dengan Pak Perks, portir stasiun, dan bahkan juga dengan Kepala Stasiun.

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi e-book di sini >>> The Railway Children


Baca juga: Rekomendasi Buku Ini Kisahkan Tingkah Lucu Kakak Adik


Penasaran kan dengan kisah-kisah mereka? Kisah perjuangan, persahabatan, petualangan, dan kekeluargaan, memang memiliki berbagai pesan moral ajaib yang wajib untuk terus kamu ikuti. Walaupun ditujukkan untuk anak-anak, buku-buku ini tetap seru untuk kamu baca kembali.🌻💛

Jangan sampai ketinggalan untuk ikuti semua diskon spesial yang ada di Gramedia.com ya! Cek semua promo menarik yang sedang berlangsung di bawah ini.

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!

Belanja di Gramedia.com juga bisa dikirim dan diambil dari seluruh toko Gramedia yang terdekat dari kotamu, lho. Belanja jadi makin asyik, tanpa ribet, hemat ongkir, dan cepat sampai rumah!

multiKlik untuk Cara Belanja di Gramedia.com


Sumber foto header: Dok. Gramedia.com


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus