Mendongeng dan Mengajari Anak Bahasa Inggris Lewat E-Book Animasi Interaktif di BOOKR Class

Mendongeng dan Mengajari Anak Bahasa Inggris Lewat E-Book Animasi Interaktif di BOOKR Class

. 6 min read

Manfaat membaca buku sudah tidak diragukan lagi, tak hanya meningkatkan kemampuan literasi dan kecerdasan, tapi juga berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Kebiasaan membaca buku ini perlu diterapkan sejak kecil agar minat baca langsung terbentuk.

Anak-anak yang terbiasa membaca buku sejak kecil terbukti memiliki kemampuan mengolah bahasa dan kosakata lebih baik, sehingga mampu meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Otak mereka pun terasah karena membaca membiarkan mereka berimajinasi dan meningkatkan kreativitas.

Namun, mengajak anak-anak untuk membaca tentunya susah-susah gampang. Kemungkinan mereka akan sulit untuk duduk berkonsentrasi dan malah terdistraksi dengan mainan lain. Terlebih dengan gadget yang terlihat lebih menggoda untuk bermain game atau menonton tayangan yang mereka sukai.

Tapi, kemajuan teknologi ini juga bisa membantu anak membaca lewat gadget, lho. Membaca buku cerita sekarang bisa diakses melalui e-book. Ayah dan bunda bisa membacakan anak-anak cerita lewat gadget yang biasa mereka mainkan.

Alih-alih hanya melihat dan menggeser halaman gambar dua dimensi, kini sudah ada buku digital interaktif dengan gambar animasi serta suara yang menambah keseruan dalam membaca buku (audio-visual book). Setelah itu akan ada educational games berdasarkan cerita yang sudah dibaca. Ayah dan bunda bisa mencobanya lewat aplikasi BOOKR Class.

BOOKR
Tampilan Halaman Depan Aplikasi (Sumber Gambar: Dok. BOOKR Class)

Apa Itu BOOKR Class?

BOOKR Class adalah aplikasi yang menyimpan ratusan buku digital interaktif sebagai platform pendidikan untuk mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Jadi, selain meningkatkan minat baca anak-anak, BOOKR Class bisa dijadikan bahan untuk mengajarkan anak umur 4-14 tahun belajar bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan.

Aplikasi yang berasal dari Hungaria ini telah menjadi pilihan untuk 25 ribu guru di seluruh dunia, sehingga buku ini tak hanya bisa digunakan secara individu namun dapat menjadi tambahan platform belajar di sekolah.

BOOKR Class, Aplikasi Buku Cerita Anak Digital yang Interaktif

Aplikasi ini memang dibuat oleh para expert di bidang pendidikan dan mengikuti metodologi yang terbukti efektif. Selain mampu menjadi aktivitas bermain sambil belajar antara orang tua dan anak, BOOKR Class juga bisa membantu guru dalam menyiapkan bahan ajar sekaligus memudahkan dalam pemberian tugas dan menilai kemampuan anak-anak.

Dalam satu aplikasi, anak-anak bisa berlatih reading, listening, spelling, pronounciation, vocabulary, dan grammar. Aplikasi BOOKR Class dapat diakses melalui handphone, tablet, maupun PC, yang bisa diunduh melalui Android, iOS, Windows, dan Mac. Aplikasi ini pun dapat diakses secara online maupun offline.

Buku-Buku dari BOOKR Class

BOOKR Class memberikan pengalaman membaca yang unik. Ada banyak buku baik cerita klasik, cerita rakyat, maupun modern terfavorit di dunia, bekerjasama dengan penerbit buku terkenal dunia seperti Oxford University Press, Blue Apple Books, Albert Whitman & Co, White Star Kids, Edutainment Licensing, dan Moomin. Judul-judul dari cerita terkenal seperti The Jungle Book, The Wizard of Oz, Mulan, The Little Prince, dan masih banyak yang lainnya tersedia dalam BOOKR Class.

Buku digital ini ditampilkan secara animasi, dilengkapi dengan narasi voice over dari native speaker (aksen Amerika dan Inggris), text highlight, permainan edukatif dan kuis di setiap buku cerita. Animasi ini membantu anak-anak untuk mengerti tiap kata dan kalimat dari cerita tersebut tanpa membuat mereka terdistraksi. Permainannya juga membantu anak-anak untuk melatih fokus saat membaca cerita, sehingga orang tua dan guru dapat mengetahui pemahaman mereka terkait cerita yang sudah dibaca.

Koleksi Perpustakaan yang Ada di BOOKR Class

Buku-buku, permainan, dan segala konten yang tersedia disusun oleh profesional di bidang literatur dan pendidikan anak-anak. Sehingga guru-guru bisa mencocokkan dengan buku pelajaran atau kurikulum yang digunakan. Cerita-ceritanya berkutat tentang budaya, lingkungan, dan kehidupan sehari-hari, yang juga menyisipkan pendidikan moral.

Karena ditujukan untuk anak berusia 4-14 tahun, maka buku-buku ini pun dibagi menjadi enam tingkatan berdasarkan standar kecakapan berbahasa atau CEFR (Common European Framework of Reference for Languages) dan melalui tes singkat mengukur kemampuan bahasa Inggris secara Lexile System. Enam tingkatan tersebut dibagi menjadi level beginner, elementary, dan intermediate. Pembagian level ini membedakan pada kompleksitas cerita, kosakata, dan tata bahasa.

Tak hanya buku cerita saja, di BOOKR Class juga tersedia lagu-lagu anak sambil berkaraoke, sajak anak-anak, serta flash cards dan lembar kerja yang bisa dicetak, sehingga sangat membantu untuk para guru menyiapkan tugas untuk anak-anak, baik tugas kelompok maupun individu.

BOOKR
Flash Cards dan Educational Games (Sumber Gambar: Dok. BOOKR Class)

Manfaat dari BOOKR Class

Membaca cerita mampu meningkatkan skill seperti berpikir kritis dan kreatif, problem solving, kemampuan bersosial, serta kecerdasan emosional. BOOKR Class sebagai aplikasi edukatif melalui dongeng-dongeng animasi menarik, telah mampu memberikan manfaat tersebut, serta mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris, literasi, dan pemahaman membaca anak-anak.

Melalui dongeng atau membaca cerita, mempelajari bahasa baru yakni bahasa Inggris pun dapat dipelajari lebih cepat. Hal tersebut karena mampu mengenalkan anak-anak pada grammar (tata bahasa) dan menguasai vocabulary (kosakata) yang lebih banyak.

BOOKR Class juga dilengkapi dengan 'Teacher Dashboard' yang akan sangat membantu para guru untuk mengecek data metrik buku yang telah dibaca dan lama waktu membaca per anak murid. Bisa juga untuk memberikan tugas, menilai perkembangan level maupun keterampilan bahasa, dan dilengkapi dengan activity tips.

BOOKR
Tampilan dari Teacher Dashboard (Sumber Gambar: Dok. BOOKR Class)

Hasil dari BOOKR Class

Penelitian pada tahun 2019 dari Kementerian Pendidikan di Hungaria bekerjasama dengan EΓΆtvΓΆs LorΓ‘nd University, University of Szeged, dan Corvinus University, menemukan bahwa BOOKR terbukti mampu menjaga perhatian anak-anak dalam membaca buku-bukunya.

Siswa yang menggunakan BOOKR 15-20% lebih memahami teks dibanding mereka yang membaca hanya lewat buku cetak. Dengan bantuan animasi, anak-anak memiliki ingatan yang lebih baik dan berkontribusi dalam pemahaman mereka. Lalu, 98% dari murid-murid tersebut senang membaca melalui BOOKR.

BOOKR Class sudah digunakan oleh guru-guru di negara Hongkong, Yunani, Lebanon, dan lainnya. Keseruannya juga sudah dirasakan oleh BunMin, mom influencer dibalik akun Instagram @santaidulubun dalam mengajak anak membaca buku cerita.

Tak hanya BunMin yang merasakan kemudahan membaca buku di mana saja dan kapan saja, Bunda @selvielvina juga tak perlu kerepotan lagi membawa banyak buku fisik, karena sudah ada ratusan e-book anak seru yang berada dalam genggaman handphone lewat aplikasi Gramedia Digital maupun BOOKR Class.

Selain itu, Bunda @fikabayasut bersama si kecil Leca seru banget bermain flash cards yang ada di BOOKR Class. Leca excited banget mainnya!

Nggak ketinggalan dengan Bunda @regapealinarni dan Bunda Isco @babyisco yang mulai mengajak bermain sambil belajar lewat BOOKR Class.

BOOKR Class akan Bisa Dibeli Melalui Gramedia!

BOOKR Class sudah diberikan predikat β€œoutstanding” atau luar biasa oleh Education Alliance Finland (EAF) sebagai produk teknologi pendidikan yang memenuhi standar internasional tertinggi. Ayah, bunda, dan guru-guru sekalian sudah tidak perlu khawatir lagi untuk menggunakan BOOKR Class yang sudah mendapatkan predikat dari negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

Ini saatnya mengajak anak-anak kita tercinta berkenalan dengan dunia literasi dan mengembangkan kemampuannya berbahasa Inggris melalui BOOKR Class! Aplikasi ini sudah dapat diunduh melalui Google Play dan App Store untuk versi mobile, atau pada Microsoft Store dan Mac App Store untuk versi desktop.


Download BOOKR Class Sekarang!

  1. Google Play: https://tinyurl.com/GooglePlayBOOKRClass
  2. App Store: https://tinyurl.com/BOOKRClassAppStore
  3. Microsoft Store: https://tinyurl.com/BOOKRClassMicrosoftStore
  4. Mac App Store: https://tinyurl.com/BOOKRClassMacAppStore

Nantinya, tak perlu lagi repot membeli akses ke BOOKR Class, karena dalam waktu dekat paket berlangganannya sudah bisa dibeli melalui Gramedia.com dan Gramedia GO.

Kamu bisa berlangganan paket BOOKR Class dengan harga spesial! Kamu bisa mengakses aplikasi BOOKR Class dengan $2.99/Rp49.000 selama sebulan penuh atau seharga $29.99/Rp479.000 untuk langsung selama setahun.

Bagi sekolah atau instansi lainnya yang ingin menggunakan BOOKR Class sebagai tambahan platform mengajar, dengan $3,99/Rp65.000 selama satu bulan atau $39.99/Rp649.000 untuk setahun, sudah bisa mengakses Teacher Dashboard dan memberikan akses kepada murid-murid untuk membuka BOOKR.

Ssttt.. serunya lagi, nantinya akan ada puluhan e-books Indonesia dengan cerita-cerita khas Nusantara yang akan tersedia dalam bentuk animated books di aplikasi BOOKR Class. Ayah, bunda, dan guru-guru sekalian pasti sudah tidak sabar kan untuk mengajak si kecil untuk membacakan dongeng-dongeng super interaktif ini?


Baca juga:

BOOKR Class, Aplikasi yang Memudahkan Guru Mengajar Bahasa Inggris

Mengajarkan Anak Bahasa Inggris dengan Cara yang Menyenangkan


bookrKlik untuk Mengetahui BOOKR Lebih Lanjut!

Tunggu BOOKR Class di Gramedia ya!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: Dok. BOOKR Class

Sumber hasil riset: corp.bookrkids.com/blog/case-study-of-bookr-kids-pilot-project/ ; bookrclass.com/blog/education-alliance-finland/