Manfaat Membacakan Buku Cerita untuk Perkembangan Anak

Manfaat Membacakan Buku Cerita untuk Perkembangan Anak

. 4 min read

Saat kita kecil, mendengarkan dongeng dari buku yang dibaca oleh orang tua kita begitu menyenangkan bukan? Yap, walaupun terkesan seperti aktivitas santai biasa, kedekatan antara anak dan orang tua bisa meningkat lho.

Untuk para ayah dan bunda, coba lakukan kebiasaan membacakan buku cerita untuk si kecil ya. Selain menghibur anak, kebiasaan ini mempunyai banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak nantinya. Hal ini juga bisa menjadi cara untuk menumbuhkan minat anak dalam membaca buku.

Dikutip dari beberapa sumber, ini dia manfaat membacakan buku cerita untuk perkembangan anak.

1. Membuat Minat Baca Terbentuk

manfaat
Sumber foto: savvytokyo.com

Karena si kecil sering diperlihatkan bahwa buku adalah hal yang asyik hingga membuatnya senang mendengarkan cerita-cerita menarik, dengan begitu minat bacanya akan tumbuh. Anak pun akan dengan sendirinya tertarik membaca buku. Orang tua yang rajin membacakan buku, dapat membuat buah hati kita menjadi pembaca yang lebih baik di sekolah, karena kosakatanya terbentuk dari hasil mendengarkan orang tua bercerita. Selain itu, rasa keingintahuan anak akan lebih besar, sehingga dapat melatih keberaniannya untuk bertanya dan jadi lebih aktif dalam berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya.

2. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa

Sering membacakan buku untuk anak bisa membantunya mengenali dan mengucapkan kata-kata dan ungkapan baru. Anak yang belum mengetahui banyak kosakata akan jadi lebih penasaran, dan ingin tahu apa arti dari kata-kata yang baru ia dengar. Hal ini juga bisa memudahkan orang tua dalam menjelaskan makna kata-kata lewat cerita. Anak juga belajar memahami tata bahasa, serta struktur kalimat yang benar, dengan begitu anak akan mampu menggunakan kosakata dengan tepat dalam mengungkapkan sesuatu.

manfaat
Sumber foto: raisingchildre.net.au

Walaupun si kecil belum bisa memahami dengan baik, tapi ternyata ia bisa mempelajari emosi dari intonasi yang disampaikan saat membacakan buku. Dengan begitu, anak akan belajar menghubungkan kaitan antar sebuah peristiwa.

3. Melatih Imajinasi dan Meningkatkan Kreativitas

manfaat
Sumber foto: Shutterstock

Membacakan cerita secara rutin akan mengasah daya imajinasi anak. Intonasi, gaya, atau gerakan yang ayah dan bunda lakukan dalam mendukung cerita yang sedang dibacakan, bisa membuat ia membayangkan seperti apa gambaran cerita tersebut dalam pikirannya. Hal ini mengembangkan “theater of mind”, anak akan memikirkan bagaimana rupa si karakter, tempat, atau plot cerita, yang membuat pikirannya terbuka, bebas berimajinasi.

4. Memperkenalkan Hal Baru dan Melatih Daya Ingatnya

manfaat
Sumber foto: fourwaysreview.co.za

Buku cerita memiliki gambar dan warna menarik. Saat bercerita bisa sekaligus memperkenalkan pada bentuk, warna, huruf, hingga angka. Ayah dan bunda juga bisa menanyakan kembali cerita yang sudah dibacakan pada esok harinya ya. Atau bertanya pada anak saat di tengah-tengah bercerita. Ternyata hal ini bisa melatih daya ingat dan mendorong konsentrasi anak loh. Dan pastikan juga sang anak mendengarkan dan mengerti, sehingga rentang perhatiannya akan lebih meningkat, serta ia belajar menjadi pendengar yang baik.

5. Meningkatkan Hubungan

manfaat
Sumber foto: tyackhealth.com.au

Membacakan buku biasanya anak akan berada di pangkuan atau dekapan orang tua. Sambil bercanda dan bermanja, kegiatan ini bisa mempererat hubungan antara anak dan orang tua. Kedekatan fisik yang terjalin menjadi hal yang bagus dari kegiatan membacakan buku cerita, untuk membangun dan memperkuat ikatan keluarga.

Selain itu, membacakan buku cerita juga bisa membantu orang tua dalam menanamkan pesan moral kehidupan. Dan buku cerita bisa membantu anak untuk memahami cara dalam menghadapi suatu masalah dengan baik di berbagai situasi.

Nah, ini dia Admin berikan rekomendasi buku kumpulan dongeng yang seru, serta sarat akan pesan moral yang bisa dipilih Ayah dan Bunda.

Opredo Kumpulan Dongeng Klasik Sepanjang Masa

opredoBeli Sekarang!

Dongeng di dalam buku ini berisi cerita klasik, dengan bahasa sederhana dan dilengkapi rangkaian ilustrasi menarik untuk setiap kata kuncinya. Beberapa dongeng terkenal, mulai dari Cinderella, Putri Duyung, Itik Buruk Rupa, serta Gadis Kecil dan tiga Beruang.

Sepekan Dongeng Anak Satu Hari Satu Cerita: Dodo si Kelinci dan Negeri Mimpi

sepekanBeli Sekarang!

Menceritakan Dodo, si Kelinci yang merasa bosan berada di toko mainan. Teman-teman bonekanya diam saja saat dia mengajak mereka bermain. Saat Dodo pergi keluar untuk mencari teman baru, dia melihat jejak kaki di sebuah bukit pasir. Dodo lalu pergi ke bukit pasir agar bisa bertemu teman baru. Berhasilkah Dodo bertemu si pemilik jejak kaki itu? Buku ini akan mengajak bertualang selama 7 hari dengan 7 teman baru, dengan dongeng yang indah plus pelajaran berharga.

Buku Dongeng Paling Populer

bukuBeli Sekarang!

Dalam buku dongeng paling populer ini, anak-anak dapat mengambil contoh dari sebuah perbuatan dan akibatnya. Sehingga mereka akan lebih mengerti akan konsekuensi atas sebuah perbuatan.

Sepekan Dongeng Anak : Putri Dari Pulau Kecil

sepekanBeli Sekarang!

Sang putri mulai bosan tinggal di pulau kecilnya. Suatu hari, sang putri berlayar meninggalkan pulau dengan kapal pemberian orang tuanya. Tak disangka ia mulai menemukan teman. Berbagai kejutan dan keajaiban pun terus mengiringi petualangan mereka!

Cerita Negeri Tetangga : Kumpulan Dongeng Asia Tenggara

ceritaBeli Sekarang!

Kumpulan dongeng menghibur dari negara-negara di Asia Tenggara akan mengajak sang buah hati memahami rupa-rupa cerita kehidupan dari berbagai negara. Terdapat lebih dari 15 dongeng sederhana namun mengena, yang bisa membawa berpetualang ke negeri seberang.

Selain buku di atas, masih banyak buku dongeng menarik lainnya di Gramedia.com. Yuk, pilih bukunya bersama sang buah hati, agar dapat bermain dan membaca bersama 😊


Sumber foto header: Unsplash