Film Mariposa (2020), Adaptasi Novel Wattpad Laris karya Luluk HF

Film Mariposa (2020), Adaptasi Novel Wattpad Laris karya Luluk HF

. 3 min read

Sudah siap dibuat baper dengan karakter Acha dan Iqbal di layar lebar? Buat kamu yang sudah lama menunggu film Mariposa (2020), siap-siap karena film ini mulai tayang pada 12 Maret 2020!

Falcon Pictures sebagai salah satu rumah produksi film ini merilis trailer pada 10 Februari 2020. Berdurasi 2 menit 8 detik, trailer ini menampilkan Zara Adhisty sebagai Acha dan Angga Yunanda sebagai Iqbal.

Trailer yang sudah ditonton lebih dari 4 juta tayangan di Youtube ini berlatar musik dari HIVI! dan Langit Sore. Sambil menunggu filmnya tayang di bioskop, simak fakta menarik yang perlu kamu ketahui tentang film Mariposa (2020) berikut!

1. Berawal dari kesuksesan di Wattpad

Tak heran jika novel Mariposa dibuat ke dalam versi film. Pasalnya, karya fiksi remaja yang rilis pertama kali di wattpad ini sudah dibaca lebih dari 100 juta pengguna dan dihujani banyak komentar dari para pembacanya.

Ketika dirilis menjadi buku, novel yang diterbitkan oleh Coconut Books ini juga sukses terjual 8.000 eksemplar dalam sehari. Wah, apakah kamu salah satu yang sudah punya novelnya?

Mariposa-Gramediacom
Penulis Mariposa, Luluk HF (Sumber: Instagram @luluk_hf)

2. Terdapat spin-off film Mariposa (2020)

Kesuksesan novel Mariposa juga membawa Luluk HF sebagai penulisnya merilis karya terbaru berjudul 12 Cerita Glen Anggara. Karyanya itu bercerita tentang tokoh Glen Anggara yang ada hubungannya dengan tokoh Acha dan Iqbal dalam novel Mariposa.

Berita Mariposa akan dibuat film sudah ada sejak Oktober 2018. Konon, kabar 12 Cerita Glen Anggara yang juga akan diadaptasi ke layar lebar sudah ada dari Desember 2019 dan nantinya bakal jadi spin-off dari film Mariposa (2020).


Baca juga:


3. Diproduksi dua production house sekaligus

Film Mariposa (2020) tidak hanya dibuat oleh satu rumah produksi melainkan dua rumah produksi sekaligus yaitu Falcon Pictures dan Starvision. Dalam sebuah konferensi pers yang dilansir dari IDNTimes, Chand Parwez selaku produser Starvision mengaku senang dan bersemangat kembali membuat film bersama Falcon Pictures.

Perlu diketahui, film drama biografis Buya Hamka (rencana tayang 2020) merupakan film pertama yang dibuat oleh kedua rumah produksi ini sebelum film Mariposa (2020).

4. Disutradarai oleh Fajar Bustomi

Fajar Bustomi terkenal lewat film-film yang sukses dibuatnya seperti film Surat Kecil untuk Tuhan (2017) dan film Dilan 1990 (2018). Film Dilan 1990 (2018) yang juga diadaptasi dari novel karya Pidi Baiq bahkan meledak dan memiliki banyak penggemar.

Di film Mariposa (2020) ini, Fajar Bustomi mengaku akan membuat alur cerita film semirip mungkin dengan novelnya. Hal ini dilakukan selain agar ceritanya tergambar secara detail dalam film, juga agar para penggemar tidak kecewa.


Baca juga: Hal-Hal Wajib Kamu Tahu tentang Film Milea: Suara dari Dilan


5. Bukan cuma cerita cinta remaja

Film Mariposa (2020) secara garis besar mengangkat cerita cinta karakter Acha dan Iqbal, murid SMA yang sama-sama pintar dan saling jatuh cinta. Keduanya memiliki sifat yang bertolak belakang bagaikan air dan api.

Namun, film ini tak hanya terfokus pada kisah cinta. Dalam konferensi pers yang diselenggarakan XXI pada Februari 2020 lalu, film Mariposa (2020) akan menyoroti latar belakang dan drama keluarga dari tokoh Acha dan Iqbal.

6. Zara Adhisty penggemar Mariposa

Sebelum resmi dipilih sebagai pemeran Acha, Zara Adhisty sudah membaca cerita Mariposa yang terkenal di Wattpad. Ia bahkan berniat untuk menawarkan diri untuk memerankan sebagai tokoh Acha apabila dibuat filmnya.

Zara mengaku sangat mengagumi tokoh Acha. Meskipun terkesan centil, Acha terlihat imut dan pantang menyerah mengejar Iqbal. Penasaran dengan tingkat gemas Acha yang diperankan oleh Zara Adhisty?

7. Zara belajar berenang sebulan

Dalam trailer film, terlihat adegan ketika karakter Acha tenggelam ke kolam renang. Ternyata, Zara Adhisty awalnya takut melakukan adegan ini karena memang tidak bisa berenang.

Akan tetapi, setelah melalui training yang berlangsung selama satu bulan saja, Zara sukses melakukan adegan tenggelam. Ia bahkan mampu berenang tanpa bantuan alat apa pun!

film
Mariposa karya Luluk HF

Buat kamu yang penasaran dengan filmnya tapi belum punya novel aslinya, saatnya miliki Mariposa sekarang dan baca keseruan percintaan Acha dan Iqbal secara lebih lengkap.

Dapatkan Mariposa karya Luluk HF di Gramedia.com!


Baca juga: Fakta yang Tidak Kamu Tahu di Balik Film Dilan 1991


Sumber foto header: Youtube