Sekolah Tinggi Intelijen Negara STIN

Profile
  

Sekolah Tingi Intelijen Negara (STIN)

Sekolah Tingi Intelijen Negara (STIN) merupakan sebuah perguruan tinggi kedinasan yang dikelola oleh badan Pemerintah. Perguruan tinggi kedinasan, yang masih menggunakan sistem kedinasan tersebut berada di bawah naungan Badan Intelijen Negara (BIN).

Berbeda dengan perguruan tinggi kedinasan lainnya yang sudah berdiri sebelum tahun 2000. Sekolah Tinggi Intelijen Negara STIN, baru terbentuk pada tahun 2004. Dengan terbentuknya Sekolah Tinggi Intelijen Negara STIN, diharapkan dapat mencetak kader penerus agen rahasia Indonesia, dalam lingkungan Badan Intelijen Negara.

Seiring dengan harapan tersebut, Sekolah Tinggi Intelijen Negara STIN berusaha menyiapkan mahasiswanya untuk menjadi anggota masyarakat intelijen yang memiliki berkompeten dalam akademik dan mempunyai keahlian profesional.

Sehingga, mahasiswa Sekolah Tinggi Intelijen Negara diharapkan mampu mengimplementasikan dan mengembangkan ilmu-ilmu intelijen. Ilmu-ilmu intelijen yang dimaksud, seperti ilmu pengetahuan, ilmu teknologi, dan ilmu seni di bidang intelijen yang bertujuan untuk mempertahankan kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

Masa pendidikan di Sekolah Tinggi Intelijen Negara STIN adalah empat tahun, yang mempelajari mata kuliah umum seperti ekonomi, sosial, politik, hukum, dan sejarah. Selain mendapat mata kuliah umum, taruna Sekolah Tinggi Intelijen Negara STIN, tentunya juga akan mendapatkan ilmu keintelijenan. Para taruna juga harus bisa menguasai satu bahasa asing.

Taruna Sekolah Intelijen Negara STIN, diberikan pilihan beberapa bahasa seperti bahasa Arab, bahasa Mandarin, bahasa Jepang, dan bahasa Prancis. Bahasa Inggris tidak termasuk dalam kategori, lantaran taruna Sekolah Intelijen Negara STIN diwajibkan dari awal untuk menguasai bahasa pengantar internasional tersebut. Bahasa-bahasa yang diwajibkan untuk dikuasai oleh taruna, harus dipilih sejak awal perkuliahan atau semester awal.

Selain, melatih kemampuan intelektual. Taruna Sekolah Tinggi Intelijen Negara STIN, juga dilatih secara fisik. Pasalnya, ketika bertugas di lapangan nanti, taruna Sekolah Tinggi Intelijen Negara pasti terlibat dalam situasi-situasi yang mengharuskan menggunakan kemampuan fisik mereka. Maka dari itu, kemampuan fisik mereka dilatih agar bisa menghadapi segala macam kondisi saat bertugas di lapangan, nantinya.

Meskipun memiliki sejarah pendirian yang cukup singkat, Sekolah Tinggi Intelijen Negara STIN tetap menjadi primadona di kalangan lulusan siswa SMA, SMK, dan sederajat. Pasalnya, selain terjamin dari segi karir. Calon taruna yang lolos seleksi masuk Sekolah Intelijen Negara STIN, tidak dipungut biaya operasional kuliah dalam bentuk apapun.

Awalnya, Sekolah Intelijen Negara STIN ini dimulai dari satu gagasan, bahwa intelijen  adalah suatu disiplin ilmu yang dapat dipelajari, seperti ilmu-ilmu umum lainnya. Berangkat dari gagasan tersebut, pada tahun 2002 Prof. Dr. A. M. Hendropriyono, Kepala Badan Intelijen Negara Jenderal TNI (purn) memprakarsai pendirian perguruan tinggi kedinasan dalam bidang ilmu intelijen.

Satu tahun setelahnya, tepatnya pada tanggal 9 Juli 2003, Megawati Soekarnoputri selaku Presiden Republik Indonesia, meresmikan berdirinya Institut Intelijen Negara (IIN). Namun, pada tahun 2004 Institut Intelijen Negara berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Intelijen Negara berdasarkan dengan UU 17/2011 tentang alumni Sekolah Tinggi Intelijen Negara menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) utama dalam lingkungan Badan Intelijen Negara . Di tahun yang sama, Sekolah Intelijen Negara STIN menyelenggarakan kuliah perdananya.

Walaupun masih terbilang muda, kualitas pendidikan Sekolah Intelijen Negara STIN tidak dapat dipandang sebelah mata. Perguruan tinggi yang berkedudukan di Sumur Batu, Babakan Madang Bogor, Jawa Barat tersebut sudah memetakan kurikulum pendidikannya dengan baik. Terlihat, dari penyusunan sasaran, fungsi, dan tujuan didirikannya Sekolah Intelijen Negara STIN, sebagai berikut.

Sasaran dari Sekolah Intelijen Negara STIN:

  1. Untuk terwujudnya kurikulum aktual yang berbasis kompetensi
  2. Untuk terwujudnya pengembangan program studi agen intelijen dan juga analisis intelijen, baik pada jenjang pendidikan ataupun di dalam perkembangan kajian dan juga kompetensi pada agen dan analisis intelijen
  3. Untuk tercapainya lulusan yang berdaya saing internasional dan sesuai dengan ekbutuhan masyarakat.
  4. Untuk meningkatkan kuantitas dan juga kualitas sarana dan prasarana dalam akademik serta penunjanganya pada lingkungan kampus STIN
  5. Untuk terbangungya sistem informasi akademik berbasi data dan juga teknologi iformasi yang berupa LAN, Ethernet dan internet sehingga para mahasiswa / mahasiswi dapat melakukan pendaftaran ulang atau mengurus KRS , dan melihat nilai secara online.
  6. Untuk terwujudnya partisipasi sivitas akademika STIN di dalam berbagai kegiatan baik di dalam lingkup sekolah tinggi ataupun di dalam cakupan lokal, nasional dan juga internasional.
  7. Untuk terjalinya jaringan kerjasama kelembagaan dengan berbagai pihak, baik institusi negri maupun swasta yang berskala lokal ataupun internasional.
  8. Untuk terwujudnya pengelolaan kelembagaan yang sinergis, efisien dan juga produktif dengan carakerja dan manajemen yang sudah profesional.
  9. Untuk terwujudnya kepemimpinan yang trasnparan konsisten dan juga mengutamakan kebersamaan melalui sebuah partisipasi aktif, yang menyeluruh, dan terbuka dari sivitas akademika dan melalui penguatan peran aktif unit – unit dasar.
  10. Untuk terwujudnya apresiaisi terhadap tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan mahasiswa yang ebrbasis kinerja sesuai dengan peran dan juga tugasnya masing – masing.
  11. Untuk terwujudnya layanan kepada mahasiswa, baik di dalam hal layanan administrasi maupun tersedianya layanan untuk emnggunakan perangkat teknologi untuk mengakses ebuah informasi secara online dan dari berbagai sumber.
  12. Untuk terwujudnya kompetensi dan juga profesionalisme sivitas akedmika yang sesuai dengan peran dan tugas bidang garapanya.

Tugas Sekolah Tinggi Intelijen Negara STIN:

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik di bidang intelijen dan dapat menyelenggarakan pendidikan profesi sesuai dgn ketentuan peraturan-perundang-undangan.

Fungsi Sekolah Tinggi Intelijen Negara STIN:

  1. Pelaksanaan dan pengembangan pendidikan di bidang intelijen.
  2. Pelaksanaan penelitian.
  3. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Pelaksanaan pembinaan sivitas akademika.
  5. Pelaksanaan kegiatan pelayanan administrasi..

Demi mempertahankan kualitas lulusannya, Sekolah Tinggi Intelijen Negara STIN mempunyai sistem seleksi yang ketat. Terdapat dua jalur seleksi yang dapat diikuti, yaitu jalur umum dan jalur talent scouting.

Jalur umum merupakan jalur penerimaan calon taruna yang terbuka bagi lulusan SMA, SMK, dan MA. Terdapat dua persyaratan yang harus diperhatikan saat ingin mendaftar melalui jalur umum, yaitu persyaratan umum dan persyaratan administrasi. Untuk informasi lebih lengkapnya bisa melihat di laman resmi PTB STIN. 

Jalur Talent scouting  merupakan jalur penerimaan taruna yang proses seleksinya cukup berbeda dari jalur umum. Jalur talent scouting ini dibuat secara khusus oleh Sekolah Intelijen Negara STIN untuk menyeleksi calon taruna terbaik yang sesuai dengan ketentuan dan penilaian dari pihak Sekolah Intelijen Negara STIN dan Badan Intelijen Negara.

Berbeda dengan jalur umum yang bisa umum bisa diikuti oleh siapa saja, asalkan minimal pendidikan SMA, SMK, dan MA serta berkewarganegaraan Indonesia. Jalur talent scouting hanya bisa diikuti oleh calon taruna yang telah memenuhi persyaratan umum penerimaan serta calon taruna yang telah dipilih oleh Sekolah Intelijen Negara STIN dan Badan Intelijen Negara.

Beberapa faktor yang menjadi pertimbangan Sekolah Intelijen Negara STIN dan Badan Intelijen Negara untuk menyeleksi calon taruna melalui jalur talent scouting ini, di antaranya bakat, prestasi, ketokohan, atau kemampuan lain yang bisa mendukung tugas intelijen.

Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah Intelijen Negara STIN

Visi Sekolah Intelijen Negara STIN

Menjadi Perguruan Tinggi Intelijen bertaraf Internasional (World Class Intelligence College) yang mempunyai keunggulan dan kewibawaan dalam mendukung terwujudnya keamanan nasional.

Misi Sekolah Intelijen Negara STIN

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan sarjana Intelijan yang mempunyai oreientasi pada keunggulan, kejujuran, karakter dan juga intergritas serta kewibawaan akademik yang selalu menjunjung tinggi nilai – nilai kemanusiaan, HAM, Demokrasi serta hukum dalam rangaka memberikan sumbangan kemajuan masyarakat.
  2. Menghasilkan lulusan yang mempunyai loyalitas tinggi, mandiri, profesional, kompetitif dan jgua berakhlka mulia yang dapat memenuhi kebutuhan pemangku kepentingan dengan menjunjung tinggi kode etik intelijen negara.
  3. Mengembangkan keilmuan pada bidang inteljen melalui kerjasama kemitran dengan berbagai pihak sesuai dengan pengembangan memenuhi kebutuhan pengetahuan intelijen yang luas dan ketrampilan berpikir analisis yang tajam serta keunggulan di dalam penyelidikan, pengamanan dan penggalangan baik di tingkat nasional dan internasional.
  4. Mengembangkan gagasan kreatif dan inovatif melalui kajian intelijen strategis yang ilmiah dan proses belajar dan mengajar aktif, sehingga dapat beradaptasi untuk mengantisipasi perubahan serta perkembangan ilmu, teknologi dan juga seni inteljien mutakhir berkelanjutan.

Tujuan Sekolah Tinggi Intelijen Negara STIN

  1. Mengembangkan kurikulum aktual berbasis kompetensi.
  2. Mengembangkan pengembangan program studi agen intelijen dan analisis intelijen, baik dalam jenjang pendidikan maupun perkembangan kajian dan kompetensi di agen dan analisis intelijen.
  3. Meningkatkan lulusan yang berdaya saing internasional dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  4. Meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana akedemik serta penunjangnya di lingkungan kampus STIN.
  5. Mengembangkan sistem informasi akademik berbasis data dan teknologi informasi berupa LAN, ethernet dan internet sehingga mahasiswa dapat melakukan pendaftaran ulang, mengurus KRS dan melihat nilai secara online.
  6. Meningkatkan partisipasi sivitas akademika STIN dalam berbagai kegiatan, baik di lingkup sekolah tinggi dalam cakupan lokal, nasional dan internasional.
  7. Mengembangkan jaringan kerjasama kelembagaan dengan berbagai pihak, baik institusi negeri maupun swasta berskala lokal maupun internasional.
  8. Menerapkan pengelolaan kelembagaan yang sinergis, efisien, dan produktif dengan cara kerja dan manajemen yang profesional.
  9. Mengembangkan kepemimpinan yang transparan, konsisten, dan mengutamakan kebersamaan melalui partisipasi aktif, menyeluruh, dan terbuka dari sivitas akademika melalui penguatan peran aktif unit-unit dasar.
  10. Meningkatkan apresiasi terhadap tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan mahasiswa berbasis kinerja sesuai dengan peran dan tugasnya masing-masing.
  11. Meningkatkan layanan kepada mahasiswa, baik dalam hal layanan administrasi maupun tersedianya layanan untuk menggunakan perangkat teknologi dan mengakses informasi secara online dari berbagai sumber.

Akreditasi Sekolah Tinggi Intelijen Negara STIN: Unggul

Akreditasi merupakan salah satu faktor yang harus dipertimbangkan dengan baik, pasalnya semakin baik akreditasinya maka sistem pendidikan dan fasilitas di perguruan tinggi tersebut semakin terjamin. Sekolah Tinggi Intelijen Negara STIN telah mengantongi akreditasi “unggul” berdasarkan Surat Keputusan 1019/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2020.

Video Profil Sekolah Tinggi Intelijen Negara STIN

Profil Sekolah Tinggi Intelijen Negara STIN dapat dilihat di link berikut ini. 

Jurusan dan Program Studi Sekolah Tinggi Intelijen Negara STIN

Biaya Kuliah Sekolah Tinggi Intelijen Negara STIN

Seluruh biaya pendidikan taruna Sekolah Tinggi Intelijen Negara STIN sudah ditanggung oleh pemerintah. Mulai dari biaya pendaftaran hingga biaya asrama.

Fasilitas Sekolah Tinggi Intelijen Negara STIN

Berdiri di lahan seluas 10 hektar yang berkedudukan di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat, membuat Sekolah Tinggi Intelijen Negara dapat memaksimalkan penyediaan fasilitasnya.

Sekolah Tinggi Intelijen Negara STIN mengalami beberapa kali renovasi gedung, diantaranya gedung rektorat, gedung auditorium, asrama taruna, gedung perkuliahan, laboratorium bahasa, dan tempat ibadah.Berikut adalah beberapa fasilitas-fasilitas penunjang yang ada di Sekolah Tinggi Intelijen Negara:

  1. Ruang kelas
  2. e-Library Knowledge Center
  3. Laboratorium Bahasa
  4. Laboratorium Fotografi
  5. Laboratorium Cyber
  6. Laboratorium Intelligence Device
  7. Laboratorium Tembak Bawah Tanah
  8. Pusat Kebugaran
  9. Stadion Sepak Bola
  10. Poli Klinik
  11. Auditorium

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Buku Pelajaran SD, SMP, SMA
  • Buku SBMPTN
  • Buku Persiapan Ujian
  • Buku Uji Kompetensi
  • Buku Tes Masuk TNI & Polri
  • Berbagai macam kategori buku seperti buku novel, hobi, motivasi, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Buku Pelajaran SD, SMP, SMA
  • Buku SBMPTN
  • Buku Persiapan Ujian
  • Buku Uji Kompetensi
  • Buku Tes Masuk TNI & Polri
  • Berbagai macam kategori buku seperti buku novel, hobi, motivasi, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Biaya Hidup Di Bogor

Biaya Hidup / Bulan

Terendah (Rp. 2.000.000)
Rata-rata (Rp. 700.000)
Tertinggi (Rp 3.000.000)

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apakah di STIN disediakan asrama?

Sekolah Tinggi Intelijen Negara sudah menyediakan asrama untuk taruna dan taruni.

Apakah STIN termasuk sekolah kedinasan?

Iya, Sekolah Tinggi Intelijen Negara merupakan perguruan tinggi kedinasan yang menggunakan sistem ikatan dinas.

[algolia_carousel]
Spesialisasi
  • Teaching skills
Video

Event