Politeknik Energi dan Mineral Akamigas

Profile
  

Politeknik Energi dan Mineral Akamigas

Politeknik Energi dan Mineral Akademi Minyak dan Gas Bumi (PEM Akamigas) merupakan perguruan tinggi kedinasan yang dikelola di bawah naungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia. Politeknik Energi dan Mineral Akamigas menyelenggarakan pendidikan di bidang pendidikan profesional di bidang minyak dan gas.

Politeknik Energi dan Mineral Akamigas menyelenggarakan jenjang pendidikan Program Diploma I, II, III, dan IV yang berfokus pada keahlian dan kompetensi dalam bidang perminyakan, gas bumi, panas bumi, dan petrokimia.

Walaupun dikelola oleh badan pemerintah, yaitu Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia. Politeknik Energi dan Mineral Akamigas tidak memakai sistem kedinasan lagi sehingga mahasiswa lulusan Politeknik Energi dan Mineral Akamigas  tidak diangkat sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil) atau yang sekarang dikenal dengan ASN (Aparatur Sipil Negara).

Berdiri pada tahun 1966, membuat Politeknik Energi dan Mineral Akamigas mempunyai sejarah yang cukup panjang. Dalam riwayat pendiriannya, sebelum menyandang status politeknik. Politeknik Energi dan Mineral Akamigas masih berstatus sebagai akademi. Berikut sejarah lengkap mengenai pendirian Politeknik Energi dan Mineral Akamigas.

Pada tahun 1966, terbentuklah Akademi Minyak dan Gas Bumi (AMGB) berdasarkan keputusan Nomor 91/DD/Migas/1966, tanggal 24 Oktober 1966 tentang Pendirian Akademi Minyak dan Gas Bumi. Saat itu, Akademi Minyak dan Gas Bumi diperbolehkan untuk menlaksanakan pendidikan tiga tahun.

Beberapa waktu kemudian, Akademi Minyak dan Gas Bumi meningkatkan statusnya menjadi Sekolah Tinggi Energi dan Mineral yang disebut STEM AKAMIGAS Cepu. Akademi Minyak dan Gas Bumi yang didirikan pada tahun 1966 merupakan penggabungan antara Akademi Perminyakan Pertamina (APP_ di Bandung dengan Pendidikan Kejuruan Perminyakan (PKP) di Plaju berdasarkan keputusan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Nomor 91/DD/Migas/1966 tanggal 24 Oktober 1966.

Penggabungan antara kedua institusi pendidikan tersebut, bertujuan untuk mendidik dan meningkatkan kompetensi pegawai-pegawai Pertamina. Akademi Minyak dan Gas Bumi resmi dibuka pada tanggal 7 Februari 1967 dengan menyelenggarakan empat jurusan, yaitu Eksplorasi dan Eksploitasi, Pemboran, Pengolahan, dan Logistik dengan jumlah mahasiswa 72 orang.

Latar belakang terpilihnya Cepu sebagai lokasi berdirinya Akademi Minyak dan Gas Bumi, berdasarkan pertimbangan bahwa Cepu merupakan daerah perminyakan dengan sumur-sumur minyak dan kilang yang masih memadai untuk digunakan sebagai alat peraga pendidikan. Di samping mempunyai sarana prasarana lain yang dapat digunakan.

Awalnya, pendidikan Akademi Minyak dan Gas Bumi dilaksanakan selama tiga tahun.  Setelah menghasilkan sebanyak sembilan angkatan Diploma III, Akademi Minyak dan Gas Bumi merasa cukup untuk memenuhi kebutuhan tenaga perminyakan pada jenjang menengah dengan berbagai jenis profesi.

Seiring dengan meningkatnya kegiatan PERTAMINA dan perusahaan perminyakaan lain. Timbul, masalah kebutuhan tenaga pada jabatan tingkat operator pemula dan asisten pengawas. Dengan latar belakang tersebut, akhirnya terhitung mulai tahun akademik 2002/2003, Akademi Minyak dan Gas Bumi menyelenggarakan Program Studi Diploma IV.

Pada akhir tahun 2017, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral kembali menerbitkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 55 Tahun 2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Energi dan Mineral Akamigas pada tanggal 8 November 2017. Bersamaan itu, Sekolah Tinggi Energi dan Mineral (STEM AKAMIGAS) resmi berubah menjadi Politeknik Energi dan Mineral Akamigas atau yang dikenal dengan singkatan PEM AKAMIGAS.

Di awal tahun 2018, Menteri ESDM menerbitkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 01 Tahun 2018, tanggal 9 Januari 2018 tentang Statuta Politeknik Energi dan Mineral Akamigas, sebagai acuan pengelolaan Politeknik Energi dan Mineral Akamigas. Terhitung sampai sekarang, Politeknik Energi dan Mineral Akamigas terus meningkatkan kualitas pendidikan vokasi program Diploma dan Sarjana Terapan di bidang energi dan sumber daya mineral.

Politeknik Energi dan Mineral Akamigas menyelenggarakan empat program studi dengan jenjang Diploma IV, yaitu program studi Logistik Minyak Dan Gas, program studi Teknik Mesin Kilang, program studi Teknik Instrumentasi Kilang, program studi Teknik Produksi Minyak dan Gas, dan Teknik Pengolahan Minyak dan Gas. Berikut penjabaran singkat dari masing-masing program studi Politeknik Energi dan Mineral Akamigas.

Program studi Teknik Pengolahan Minyak dan Gas merupakan program studi yang berkaitan dengan proses pengolahan minyak dan gas pada sektor hilir, pengembangan bioenergi, dan petrokimia.

Selama ini, program studi Teknik Pengolahan Minyak dan Gas telah berkolaborasi dengan para tenaga ahli baik dari nasional maupun internasional serta pelaku sektor industri untuk mengajar mata kuliah kompetensi inti di bidangnya.

Harapannya, setelah lulus dari program studi tersebut. Mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dan kompetensi dalam bidang operasional pengolahan hilir migas, bioenergi, dan petrokimia yang tera terampil, ahli, profesional, berintegritas, dan mampu bersaing di kancah internasional.

Program studi Teknik Produksi Minyak dan Gas merupakan program studi yang terkait dengan proses eksplorasi dan eksploitasi energi dan sumber daya mineral. Demi meningkatkan kualitas mahasiswanya, program studi Teknik Produksi Minyak dan Gas bekerja sama dengan para praktisi atau tenaga pengajar ahli baik dari nasional maupun internasional untuk mengajar mata kuliah inti.

Selain itu, program studi Teknik Produksi Minyak dan Gas juga berkolaborasi dengan pelaku di sektor industri yang juga diminta untuk mengajar mata kuliah kompetensi inti di bidang produksi minyak dan gas.

Harapannya, setelah selesai menyelesaikan program studi ini, mahasiswa memiliki kemampuan yang profesional dan bermoral agar dapat melaksanakan pekerjaan rutin, memecahkan masalah, mengevaluasi kegiatan, merencanakan dan mengoptimalkan produksi sesuai perkembangan ilmu dan teknologi.

Program studi Teknik Instrumentasi Kilang merupakan program studi yang mencakup dengan intrumentasi dan kelistrikan dalam penguasaaan teknologi instrumentasi lapangan yang meliputi instalasi, operasi, maupun maintenance pada industruk sektor energi dan mineral.

Program studi teknik instrumentasi kilang diselenggarakan dengan tujuan agar mahasiswa lulusan program studi teknik instrumentasi kilang memliki kompetensi dan kemampuan yang mumpuni di bidang teknik instrumen dan elektronika pada sektor energi dan mineral yang terampil, ahli profesional, dan berintegritas tinggi serta mampu bersaing di dunia internasional

Program studi Teknik Mesin Kilang ini mempelajari bidang operasi, pemeliharaan, evaluaso, dan mengoptimalkan unjuk kerja, inpeksi atau quality control, perancangan , dan konstruksi peralatan mekanik yang ada di kilang minyak dan gas, petrokimia, lapangan migas, dan pembangkitan.

Demi memaksimalkan potensi mahasiswanya, program studi Teknik Mesin Kilang berkolaborasi dengan beberapa pihak secara teknis akademis. Selama ini, program studi Teknik Mesin Kilang telah bekerja sama dengan para praktisi baik dari nasional maupun internasional, serta beberapa tenaga ahli di bidang industri untuk mengajar mata kuliah kompetensi inti di bidang masing-masing.

Mahasiswa lulusan program studi Teknik Mesin Kilang diharapkan memiliki kemampuan yang profesional, berkarakter, mempunyai integritas yang tinggi, dan mampu beradaptasi dengan berkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), serta memiliki kemampuan manajerial dan siap kerja di bidangnya.

Walaupun Politeknik Energi dan Mineral Akamigas tidak menyelenggarakan pendidikan dengan sistem ikatan dinas lagi, tetapi perguruan tinggi kedinasan yang berkedudukan di Cepu tersebut menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan yang bergerak di bidang minyak dan gas, diantaranya:

  1. PT Pertamina (Persero)
  2. PT Pertamina EP Cepu
  3. PT PGN (Persero)
  4. PT AKR Corporindo
  5. PT Petrochina International Jabung Ltd
  6. Saka Energi Indonesia
  7. Pemerintah provinsi Aceh
  8. Pemerintah provinsi Sumatera Selatan
  9. Pemerintah kabupaten Kepulauan Tanimbar
  10. Pemerintah kota Prabumulih
  11. Pemerintah kabupaten Maluku Barat Daya
  12. Pemerintah kabupaten Tanjung Jabung Barat
  13. Pemerintah kabupaten Bojonegoro

Visi dan Misi Politeknik Energi dan Mineral Akamigas

Visi Politeknik Energi dan Mineral Akamigas

Menjadi Politeknik Energi dan Mineral Terbaik di Indonesia serta Berstandar Internasional

Misi Politeknik Energi dan Mineral Akamigas

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan vokasi dengan kurikulum, metode pembelajaran, sarana dan prasarana, serta Dosen berstandar internasional.
  2. Berperan aktif dalam penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang energi dan sumber daya mineral yang berwawasan lingkungan.
  3. Berperan aktif dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Menyiapkan sumber daya manusia yang siap kerja, terampil, profesional dan bermartabat serta mampu bersaing di pasar global di bidang energi dan sumber daya mineral.

Akreditasi Politeknik Energi dan Mineral Akamigas: B

Akreditasi merupakan salah satu faktor yang harus dipertimbangkan dengan baik, pasalnya semakin baik akreditasinya maka sistem pendidikan dan fasilitas di perguruan tinggi tersebut semakin terjamin. Politeknik Energi dan Mineral Akamigas Cepu telah mengantongi akreditasi “B” berdasarkan Surat Keputusan No 658/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/PT/IX/2020.

Video Profil Politeknik Energi dan Mineral Akamigas

Profil Politeknik Energi dan Mineral Akamigas dapat disimak melalui link berikut.

Jurusan dan Program Studi di Politeknik Energi dan Mineral Akamigas

Biaya Kuliah di Politeknik Energi dan Mineral Akamigas

Seluruh rincian biaya kuliah di Politeknik Energi dan Mineral Akamigas dapat diunduh melalui link berikut.

Fasilitas di Politeknik Energi dan Mineral Akamigas

Perguruan tinggi kedinasan yang beralamat di  Jalan Gajah Mada No. 38 Cepu, Blora, Jawa Tengah tersebut. Terkenal dengan berbagai fasilitasnya yang lengkap dan memadai, demi menunjang kegiatan belajar mengajar.  Berikut fasilitas-fasilitas yang disediakan untuk mahasiswa:

  1. Lapangan basket
  2. Lapangan mini soccer
  3. Lapangan voli
  4. Perpustakaan
  5. Gedung asrama Vyatra I (47 kamar)
  6. Gedung asrama Vyatra II (45 kamar)
  7. Gedung asrama Vyatra III (20 kamar)
  8. Poliklinik
  9. Gedung pertemuan Graha Oktana
  10. Gedung asrama Vyatra IV (28 kamar)
  11. Gedung asrama putri Vyatra V  (40 kamar)
  12. Gedung asrama Vyatra VI (15 kamar)
  13. Gedung asrama Vyatra VII (55 kamar)
  14. Gedung asrama Vyatra VIII (89 kamar)
  15. Lapangan futsal
  16. Lapangan mini golf
  17. Akses Jaringan Internet yang mencakup seluruh wilayah Lokus Asrama dan Lokus Kampus PEM Akamigas
  18. Komputer Center Asrama Vyatra
  19. Smart Class Gedung Kuliah Kuda Laut dan Soebroto
  20. Ruang Audio Visual Rektorat, Grha Oktana dan Kuda Laut
  21. Online Test
  22. Lisensi Resmi Microsoft Office OVS-ES untuk seluruh Civitas Akademika Politeknik Energi Mineral Akamigas
  23. Sistem Informasi Akademik
  24. Laboratorium Fundamental
  25. Laboratorium hulu migas
  26. Laboratorium hilir migas
  27. Laboratorium energi dan intrumensi
  28. Laboratorium Logistik
  29. Laboratorium mekanik
  30. E-Learning
  31. Digital Library
  32. Sistem Informasi Alumni
  33. Sistem Informasi PMB
  34. Sistem Informasi Layanan Vyatra
  35. Jurnal PEM Akamigas
  36. Student center
  37. Gedung arsip
  38. Wisma tamu
  39. Bengkel mekanik
  40. Lapangan bulu tangkis
  41. Sport center
  42. Gedung rektorat
  43. Gedung kuliah soebroto

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Buku Pelajaran SD, SMP, SMA
  • Buku SBMPTN
  • Buku Persiapan Ujian
  • Buku Uji Kompetensi
  • Buku Tes Masuk TNI & Polri
  • Berbagai macam kategori buku seperti buku novel, hobi, motivasi, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Buku Pelajaran SD, SMP, SMA
  • Buku SBMPTN
  • Buku Persiapan Ujian
  • Buku Uji Kompetensi
  • Buku Tes Masuk TNI & Polri
  • Berbagai macam kategori buku seperti buku novel, hobi, motivasi, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Biaya Hidup Di Blora

Terendah (Rp 1.000.000)
Rata-rata (Rp 1.500.000)
Tertinggi (Rp 2.500.000)

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apakah di PEM Akamigas disediakan asrama?

Di PEM Akamigas terdapat 8 gedung asrama yang disediakan untuk mahasiswa.

Apakah PEM Akamigas masih menggunakan sistem ikatan dinas?

Tidak.

[algolia_carousel]
Spesialisasi
  • Teaching skills
Video

Event