Jurusan Teknik Perkapalan

Jurusan Teknik Perkapalan

Kategori Teknik

Jurusan Teknik Perkapalan

Kategori Teknik

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Teknik Perkapalan

Jurusan Teknik Perkapalan merupakan program studi yang mempelajari tentang seluk beluk atau berbahai hal yang berkaitan dengan kapal. Sehingga, semua hal yang berhubungan dengan kapal akan dipelajari secara lebih mendalam dan detail. Prodi ini lebih fokus untuk mempelajari cara merancang sebuah kapal, mempelajari lebih dalam mengenai mesin kapal, dan lain sebagainya. Selain itu, dengan masuk ke jurusan ini, kamu akan bisa menjadi lebih paham tentang bagaimana navigasi kapal, dapat mengetahui secara lebih mendalam mengenai mesin kapal, dan bagaimana perkembangan dari salah satu alat transportasi laut ini. Pastinya, ini akan menjadi salah satu prodi yang seru dan juga mengasyikkan untuk kamu yang mempunyai minat di dunia perkapalan dan kelautan.

Kenapa Jurusan Teknik Perkapalan?

Terdapat beberapa alasan yang bisa menjadi pertimbangan mengapa kamu harus memilih Jurusan Teknik Perkapalan, antara lain:

1. Indonesia merupakan negara maritim yang pastinya membutuhkan banyak tenaga ahli di bidang kelautan, khususnya perkapalan. Kapal adalah salah satu alat transportasi yang cukup penting di Indonesia. Maka dari itu, peluang kerja bagi lulusan dari Jurusan Teknik Perkapalan tergolong cukup menjanjikan.

2. Seorang ahli perkapalan dapat memperoleh gaji ataupun upah yang cukup tinggi. Terlebih lagi didukung dengan peluang kerja yang sangat luas, pastinya lulusan perkapalan ini memiliki peluang kerja dan masa depan yang cerah.

3. Untuk kamu yang suka dengan dunia teknik, khususnya memperbaiki mesin dan juga merancang sebuah mesin, maka pastinya Jurusan Teknik Perkapalan ini sangat cocok untuk dipilih.

4. Peluang untuk bisa bekerja di luar negeri sangat terbuka lebar karena perusahaan perkapalan dan juga pelayaran tidak hanya sebatas di Indonesia saja.

Keahlian Jurusan Teknik Perkapalan

✓ Detail, tekun, teliti
✓ Pemahaman logika
✓ Kemampuan riset dan analisis
✓ Kemampuan bekerja individu maupun dalam tim
✓ Kemampuan berpikir terstruktur

Kebutuhan Lulusan Jurusan Teknik Perkapalan

Pada dasarnya, lulusan dari Jurusan Teknik Perkapalan ini memiliki lingkup kerja yang sangat luas dan tidak hanya sebatas di dalam negeri saja. Lulusan dari jurusan ini dapat bekerja di dalam ataupun luar negeri, di perusahaan swasta ataupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan juga instansi pemerintah lain. Pekerjaan yang dapat dipilih adalah pekerjaan di bidang perencanaan kapal, pembangunan kapal, sampai perbaikan kapal. Akan lebih baik lagi bila bekerja di industri maritim sendiri, misalnya saja PT PAL Indonesia, BUMN yang bergerak di bidang industri galangan kapal, yang pastinya akan selalu membutuhkan insinyur perkapalan.

Selain itu, ada juga Kementerian Perhubungan, yakni salah satu kementerian yang selalu membutuhkan banyak tenaga ahli dalam perkapalan melalui Ditjen Perhubungan Laut. Selain itu, ada juga BKI atau Biro Klasifikasi Indonesia yang juga termasuk ke dalam jenis BUMN yang melakukan pengkelasan kapal niaga. BKI ini selalu membutuhkan lulusan dari Jurusan Teknik Perkapalan sebagai tenaga surveyor.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Teknik Perkapalan

Mata Kuliah Jurusan Teknik Perkapalan

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Teknik Perkapalan:

1. Pengantar Teknik Perkapalan
2. Mekanika Teknik
3. Termodinamika
4. Teori Bangunan Kapal
5. Matematika Terapan
6. Proses Produksi
7. Ekonomi Teknik
8. Konstruksi Kapal
9. Permesinan Kapal
10. Kapal Ikan
11. Perancangan Kapal
12. Kekuatan Kapal
13. Tahanan dan Propulsi Kapal
14. Elemen Mesin
15. Getaran Kapal
16. Manajemen Pelayaran
17. Manajemen Pelabuhan
18. Sistem Transportasi Laut.
19. Menggambar Teknnik
20. Metode Numerik dan Komputer
21. Teknologi Las
22. Simulasi dan Pemodelan
23. Dinamika Kapal
24. Kapal Militer
25. Teknologi Perawatan & Reparasi Kapal
26. Perencanaan Operasi Kapal
27. Sistem Transportasi Laut

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Teknik Perkapalan

✓ Teliti
✓ Tekun
✓ Detil
✓ Rasional
✓ Terstruktur
✓ Senang berhitung
✓ Senang melakukan riset

Universitas Terbaik Jurusan Teknik Perkapalan

Berikut ini adalah universitas terbaik untuk Jurusan Teknik Perkapalan di Indonesia:

  1. Universitas Indonesia
  2. Institut Teknologi Bandung
  3. Universitas Hasanuddin
  4. Universitas Diponegoro
  5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Prospek Kerja Jurusan Teknik Perkapalan

Arsitek Perkapalan

Profesi ini memiliki tugas seperti arsitek pada umumnya, hanya saja apa yang dirancang bukanlah sebuah bangunan, tapi kapal. Arsitek Perkapalan ini dikenal sangat prestise karena penawaran gajinya yang sangat menggiurkan.

Engineer

Profesi ini sangat erat kaitannya dengan teknologi yang digunakan di dalam sebuah kapal. Jika kamu sudah mempunyai ijazah, maka akan lebih mudah untuk melamar di perusahaan perkapalan. Kamu dapat bekerja sebagai teknisi di galangan kapal atau di kapalnya langsung.

Surveyor Production

Profesi ini dikenal sebagai salah satu jabatan yang sangat penting di sebuah perusahaan perkapalan. Untuk kisaran gajinya sendiri mulai dari Rp. 5 juta hingga Rp. 10 juta. Semakin tinggi jam kerjanya, maka akan semakin besar gaji yang akan diterima.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa yang dipelajari di Jurusan Teknik Perkapalan?

Mempelajari tentang seluk beluk dan semua hal yang berhubungan dengan kapal, mulai dari perancangan dan pembangunan kapal, struktur, bentuk, produksi, perbaikan, hingga pengoperasian sebuah kapal yang sudah siap menjadi alat transportasi.

Apa prospek kerja untuk para lulusannya?

Profesi di bidang Manajer Logistik, Ahli Perkapalan, Insinyur Perkapalan, Pelaut, Ahli Teknik Transportasi, dan lain sebagainya.

Apa saja Jurusan yang serupa dengan Jurusan Teknik Perkapalan?

Jurusan Teknik Kelautan, Transportasi Laut, Teknik Mesin, Teknik Sistem Perkapalan, dan lainnya.