Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

5 Rekomendasi Novel Thriller Jepang yang Penuh dengan Teka-Teki

5 Rekomendasi Novel Thriller Jepang yang Penuh dengan Teka-Teki

Suka baca novel yang menegangkan dengan plot twist yang bikin kepikiran berhari-hari? Atau suka baca novel yang penuh dengan misteri dan teka-teki? Kalau kamu salah satunya, kamu wajib banget nih untuk baca novel-novel thriller terbaik dari karya para penulis asal Jepang ini!

Jepang selalu memiliki penulis jagoan dalam menulis karya thriller yang memukau. Mulai dari novel karya Akiyoshi Rikako, Soji Shimada, sampai Keigo Higashino, yang dijamin akan membuat kamu merinding dan menerka-nerka akan jalan ceritanya. Pokoknya seru abis! Penasaran? Yuk, mari kita lihat ada novel apa saja.

5 Rekomendasi Novel Thriller Jepang

1. Absolute JusticeAkiyoshi Rikako

Seharusnya monster itu sudah mati…

Kalimat di atas merupakan blurb dari novel Absolute Justice, sebuah kalimat singkat namun cukup kuat untuk membuat para pembacanya penasaran tentang apa isi dari buku ini.

rekomendasiDapatkan Bukunya Disini!

Kisah ini sendiri bermula ketika Kazuki, Yumiko, Riho, dan Reika, mendapatkan sebuah kartu undangan cantik berwarna ungu yang berisikan sebuah ajakan pertemuan yang dikirimkan oleh teman SMA mereka, Noriko. Mendapati pengirim surat tersebut yang ternyata dari teman yang sudah meninggal lima tahun lalu, tentu saja membuat mereka terkejut dan terheran-heran, bagaimana bisa ada sepucuk surat yang dikirim dari orang yang bahkan jiwa dan raganya sudah tidak ada di bumi.

Dari situlah kemudian kisah ini bergulir ke masa lalu dan membawa kita untuk melihat kehidupan masa lalu atau latar belakang dari kelima tokoh tersebut. Mulai dari bagaimana awal kehidupan dan masalah yang mereka hadapi, bagaimana Noriko hadir dan turut campur dalam kehidupan mereka, sampai bagaimana Noriko bisa meninggal pada lima tahun lalu dan kembali lagi di masa sekarang.

2. Pembunuhan Zodiak Tokyo (The Tokyo Zodiac Murders)Soji Shimada

Pada tahun 1936, sebuah catatan milik Heikichi Umezawa mengenai penciptaan Azoth, sang dewi kesempurnaan, yang terbuat dari enam potong tubuh wanita dengan zodiak yang berbeda, berhasil membuat gempar masyarakat Tokyo. Namun sebelum melaksanakan ide gila itu, Heikichi Umezawa ditemukan tewas secara misterius di balik pintu studionya yang terkunci.

rekomendasiDapatkan Bukunya Disini!

Heikichi yang memiliki obsesi dan minat terhadap ilmu astrologi dan dunia pembuatan manekin itu menulis secara detail terkait syarat dan cara pembuatan Azoth dalam suratnya tersebut. Mulai dari syarat manusia yang dibutuhkan dalam pembuatan Azoth, yang kebetulan sangat sesuai dengan karakter dan zodiak-zodiak dari keenam putrinya yang juga ditemukan tewas tidak lama dari kasus tewasnya Heikichi, sampai bagaimana cara membunuh, serta bagian tubuh apa saja yang dibutuhkan dari tiap orang-orang yang sesuai dengan syarat pembuatan sang dewi kesempurnaan tersebut.

Dari catatan itulah, kemudian seorang detektif amatir bernama Kiyoshi Mitarai tertarik untuk memecahkan kasusnya. Pengungkapan kasus ini kemudian membawa Mitarai beserta asistennya dalam penyelidikan yang mendetail, ditambah dengan hadirnya Lida, anak dari Heikichi yang membawakan sepucuk catatan lain milik ayahnya, yang isinya masih berkaitan dengan kasus pembunuhan berantai ini, dan menjadi kunci dari kasus ini.

Kamu juga bisa baca versi e-booknya disini >>> Pembunuhan Zodiak Tokyo (The Tokyo Zodiac Murders)

3. Black Showman dan Pembunuhan di Kota Tak BernamaKeigo Higashino

Seorang mantan guru SMP bernama Kamio Eiichi ditemukan tewas tercekik di halaman rumahnya secara misterius. Berlatar di sebuah kota kecil pada pandemi Covid-19, polisi yang menyelidiki kasus ini pun harus menghadapi keterbatasan. Di tengah investigasinya ini, polisi harus tetap mentaati aturan jaga jarak. Selain itu, mobilitas yang dibatasi di kota itu pun juga ikut membuat penyelidikan ini terasa begitu lamban.

rekomendasiDapatkan Bukunya Disini!

Putri korban, Kamio Mayo, merasa tidak puas dengan cara kerja polisi. Bersama dengan pamannya, Kamio Takeshi yang merupakan mantan pesulap eksentrik, berusaha untuk menyelidiki dan mengungkap sendiri siapa pelaku dari kasus pembunuhan ayahnya tersebut.

Investigasi yang dilakukan oleh keduanya pun dimulai saat upacara kematian sang korban. Upacara yang dihadiri oleh banyak orang, termasuk mantan murid sang guru itu pun menjadi tempat untuk mengintai para terduga tersangka, dan berbekal intrik dari sang paman, petunjuk demi petunjuk pun sedikit demi sedikit akhirnya mulai terkuak.

Baca versi e-booknya disini >>> Black Showman dan Pembunuhan di Kota Tak Bernama


Baca juga: Mengenal Keigo Higashino dan Novel-Novel Misterinya yang Ikonik


4. Real Face — Chinen Mikito

Novel ini menceritakan tentang Asagiri Asuka, seorang dokter anestesi yang baru saja lulus kuliah dan sedang mencari pekerjaan. Karena sedang membutuhkan uang dan atas rekomendasi dari salah satu profesor di Universitas Kedokteran Junsei, Asuka pun akhirnya melamar di klinik kecantikan milik dokter Hiiragi Takayuki, seorang ahli bedah plastik yang amat sangat genius. Asuka pun akhirnya diterima bekerja di klinik milik Hiiragi.

rekomendasiDapatkan Bukunya Disini!

Di awal ia bekerja, Asuka masih merasa biasa-biasa saja sampai Hiiragi tiba-tiba memberikan persyaratan khusus kepada Asuka. Pertama, Asuka harus memberikan anestesi (bius) dengan sempurna pada saat operasi, yang tentu langsung disanggupi oleh dirinya. Kedua, ia harus berjanji untuk menjaga rahasia yang ada di dalam klinik dan kalau ketahuan membocorkannya, maka ia harus membayar semua kerugian yang disebabkan.

Asuka yang saat itu tidak mengerti maksud dari Hiiragi pun akhirnya hanya menurut saja, sampai kemudian ia mengetahui bahwa dokter bedah itu ternyata bisa mengubah wajah pasiennya jadi apapun selama ada uang, tidak peduli bahwa ia sebenarnya telah melanggar norma masyarakat.

Asuka yang sadar akan hal itu tentu tidak setuju dan tidak bisa mengikuti jalan pikiran Hiiragi. Ditambah dengan ia yang semakin tahu bahwa ternyata Hiiragi tengah menyembunyikan sesuatu yang berhubungan dengan kasus pembunuhan yang terjadi pada empat tahun yang lalu.

5. ConfessionsMinato Kanae

Terdiri dari enam bab dan dengan sudut pandang yang berbeda di setiap babnya, buku ini mengisahkan tentang seorang guru SMP bernama Moriguchi Yuko yang baru kehilangan anak perempuan satu-satunya yang berusia 4 tahun. Anaknya yang bernama Manami itu ditemukan meninggal dalam keadaan mengambang di kolam renang sekolah tempat dirinya mengajar.

Semua orang mengira bahwa kematian anaknya tersebut merupakan sebuah kecelakaan biasa, akan tetapi Moriguchi sangat yakin bahwa kematian anaknya bukan karena kecelakaan melainkan karena dibunuh, yang pelakunya ternyata adalah murid didiknya sendiri di kelas B.⁣

rekomendasiDapatkan Bukunya Disini!

Kemudian di hari terakhirnya mengajar di sekolah tersebut, melalui pidato terakhirnya, Moriguchi Yuko mendeklarasikan balas dendamnya pada anak murid yang membunuh anaknya tersebut, yang menjadi mimpi buruk dan menjadi awal dari kasus-kasus berdarah yang terjadi di kelas B.

Dengan cara pembalasan dendam yang didasari oleh logika sederhana, di mana jika seorang anak melakukan kejahatan dan diserahkan pada hukum, hukum akan membebaskannya, jadi ia mencari cara untuk menegakkan hukumnya sendiri. Penghakiman inilah yang kemudian ditimpakan Moriguchi kepada anak muridnya sebagai sebuah bentuk penghakiman brutal dari seorang ibu.⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣


Baca juga: 7 Novel Thriller yang Super Menegangkan!


Nah, itulah beberapa rekomendasi novel thriller Jepang yang wajib banget kamu baca. Bagaimana? Seru kan? Makanya, untuk kamu yang belum memiliki buku-buku tersebut dan ingin segera membaca dan mengoleksinya, yuk, buruan dapatkan bukunya sekarang juga di Gramedia.com atau langsung baca e-booknya di Gramedia Digital.

Selain itu, saat ini Gramedia juga sedang ada promo-promo menarik yang sangat sayang untuk kamu lewatkan lho! Jadi, langsung checkout dan gunakan promo di bawah ini ya!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Baca juga: Rekomendasi Novel Jepang Terjemahan yang Seru Abis!


Sumber foto header: Canva

Penulis: Ikha Destryani


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus