Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Rekomendasi Buku yang Ditulis Artis Korea, Public Figure yang Karyanya Mendunia!

Rekomendasi Buku yang Ditulis Artis Korea, Public Figure yang Karyanya Mendunia!

Sudah menjadi rahasia umum jika seorang public figure memiliki beberapa bidang profesi sekaligus. Kadang title tersebut juga mengharuskan mereka untuk menekuni atau belajar tentang bidang-bidang yang sebenarnya tidak mereka minati, mulai dari menjadi seorang pembawa acara, model, pemain film, penyanyi, bahkan sampai penari.

Namun, tidak semua public figure merasa terpaksa untuk mempelajari hal-hal tersebut, bahkan ada beberapa dari mereka yang senang dan malah ingin mencoba hal-hal baru di bidang lainnya, salah satunya menjadi seorang penulis buku. Tujuan mereka menekuni dunia literasi ini juga bermacam-macam, ada yang murni karena hobi, sekadar untuk menuangkan buah pikiran dan bakat menulisnya, atau memang ingin melebarkan sayapnya di bidang tersebut.

Public figure yang menekuni dunia tulis menulis sampai saat ini juga terbilang cukup banyak, dan beberapa artis Korea Selatan yang akan dibahas di sini adalah salah satunya. Bahkan, beberapa buku dari hasil karya mereka juga ada yang berhasil menjadi best seller dan mendapat pengakuan dari masyarakat luas.

Penasaran siapa saja sosok dari artis-artis Korea Selatan tersebut? Yuk, langsung baca di bawah ini sampai habis!

4 Rekomendasi Buku yang Ditulis Artis Korea

1. Koo Hye Sun — Heart-Shaped Tears

Perempuan cantik yang terkenal lewat perannya di drama Boys Over Flowers ini, merupakan public figure yang sangat multitalenta, mulai dari menjadi pemain film, penyanyi, model, musisi, sutradara, bahkan sampai penulis. Tidak hanya cantik, perannya di dunia hiburan selama 14 tahun telah memberikannya berbagai penghargaan dan gelar kehormatan.

Koo Hye Sun telah menerbitkan empat buku yang sukses terjual hingga puluhan ribu copy. Pertama, ia menerbitkan buku berjudul Tango di tahun 2009, lalu buku The Story Behind the Making of  “Magic” di tahun 2010, dan merilis novel yang diangkat dari film The Peach Tree dengan judul yang sama di tahun 2012.

Baru-baru ini, tepatnya pada tahun 2019, ia kembali hadir dengan buku terbarunya yang berjudul Heart-Shaped Tears. Buku yang hanya memerlukan waktu tiga untuk menyabet gelar best seller di Korea Selatan ini, merupakan buku yang terinspirasi dari kisah nyata kehidupan cinta antara Koo Hye Sun dengan mantan kekasihnya di masa lalu.

rekomendasi
Rekomendasi Buku yang Ditulis Artis Korea, Koo Hye Sun (Sumber Foto: instagram.com/kookoo900)

Novel yang lebih pas disebut novela ini mengisahkan tentang cinta pertama, yang kadang tidak logis, gila, ajaib, dan aneh. Kisah ini bermula ketika Sang-Sik bertemu dengan perempuan manis namun aneh bernama So-Ju di sebuah bar. Pertemuan antara keduanya ini terjadi ketika Young-Hee, teman So-Ju, dan Cheol-Su, teman Sang-Sik, mengundang mereka ke sebuah bar untuk mengumumkan bahwa temannya tersebut akan segera menikah.

Saat itu seluruh teman berkumpul dalam satu meja, tetapi tidak dengan So-Ju. Ia malah memilih untuk duduk terpisah dua meja dari mereka semua. So-Ju yang cantik dengan mata bulat seperti bulan purnama berhasil membuat Sang-Sik luluh dan jatuh cinta pada pandangan pertama. Namun, di malam itu So-Ju mabuk dan hampir mencelakakan mereka berdua, hingga tiba-tiba mengajak Sang-Sik menikah.

Sang-Sik yang makin merasa bahwa perempuan itu sangat aneh pun tentu menolak ajakannya tersebut. Setelah mengucapkan itu, So-Ju tiba-tiba pergi dan menghilang begitu saja tanpa penjelasan. Sang-Sik kemudian berusaha untuk melupakan dan mengabaikan sosok So-Ju. Namun So-Ju yang selalu datang dan pergi sesuka hati itu, berhasil mengaduk-ngaduk perasaan Sang-Sik yang awalnya benci menjadi ingin So-Ju terus berada di dekatnya.

rekomendasiDapatkan Bukunya di Sini!


Baca juga: Heart-Shaped Tears, Novel Goo Hye Sun yang Rilis di Indonesia


2. Tablo — Blonote

Lee Seon Woong atau yang lebih dikenal dengan nama Tablo, merupakan rapper berkebangsaan Korea-Kanada yang tergabung dalam sebuah grup bernama Epik High. Selain menjadi rapper untuk grup hip-hop alternatifnya ini, ia juga merupakan seorang produser rekaman, penulis lagu, dan penulis buku.

Sejauh ini ia telah berhasil menerbitkan dua buku. Pertama, ia merilis buku Pieces of You yang terbit pada tahun 2009 silam, berisi tentang kisah pribadinya saat ia masih berkuliah di tahun 1998 hingga 2001. Buku ini mampu menyedot banyak pujian dan review positif, hingga membuatnya laris terjual sampai ratusan ribu copy. Kemudian pada tahun 2016, ia kembali menerbitkan karya melalui buku berjudul Blonote.

rekomendasi
Rekomendasi Buku yang Ditulis Artis Korea, Tablo (Sumber Foto: twitter.com/caratstalk)

Buku ini berisi tentang pemikiran-pemikiran unik Tablo yang terinspirasi dari pengalaman pribadinya saat ia menjadi seorang penyiar radio. Pada acara radio tersebut, ia sering memberikan catatan-catatan kecil untuk para pendengarnya. Semua pesan-pesan tersebut ia gabungkan dalam buku ini. Selain quotes dari dirinya, ada pula tulisan dari artis Korea Selatan lainnya, seperti G-Dragon, Gong Hyo Jin, Yoo Hee Yeol, Lee Sung Kyung, Park Chan Wook, dan lainnya.

Di setiap lembarnya, buku ini diisi oleh sebuah catatan-catatan singkat atau quotes tentang kehidupan, cinta, penyesalan, kenangan, dan juga kegagalan yang sangat relate dengan kehidupan kita. Walau hanya berupa catatan singkat, namun di setiap kalimat dari buku ini terasa begitu bernyawa karena kepiawaian Tablo dalam bermain kata. Setiap kalimat dalam buku ini berhasil mengajak para pembacanya seperti diombang-ambing dalam makna, dan kembali merenungi setiap kalimatnya.

rekomendasiDapatkan Bukunya di Sini!

3. Lee Chanhyuk — Fish in the Water

Seorang penyanyi, penulis lagu, rapper, sekaligus komponis dari sebuah grup bernama Akdong Musician atau AKMU ini telah mendapatkan banyak sekali penghargaan bergengsi dalam kariernya di dunia musik bersama sang adik. Meski sudah sukses di industri musik Korea, namun kesuksesannya tersebut tidak menghalanginya untuk mencoba hal-hal baru, seperti pada September 2020 lalu, Lee Chanhyuk memutuskan untuk menerbitkan karya tulisnya yang berjudul Fish in the Water.

rekomendasi
Rekomendasi Buku yang Ditulis Artis Korea, Lee Chanhyuk (Sumber Foto: Koreaboo)

Buku yang masih terhubung dengan album AKMU yang berjudul Sailing ini, bercerita tentang Seon. Ia adalah seorang musisi yang sedang kehilangan gairahnya dalam bermusik. Lalu, ia bertemu dengan Hae-ya, seorang gadis cantik namun misterius yang selalu tertarik dan ingin mendengarkan cerita tentang seniman manapun dari Seon.

Bagi Seon, Hae-ya adalah seseorang yang akan selalu ada pada Seon dalam keadaan apapun, karena ia yang membuat Seon jujur pada dirinya, dan membuat Seon berusaha mencari jati dirinya. Namun, sayangnya Seon dan Hae-ya memiliki impian yang berbeda. Seon ingin menjadi Seniman sejati dan mimpi Hae-ya adalah ingin hidup bebas di lautan.

Jika seseorang merasa kematian bukan "akhir hidup" seperti yang dipikirkan sebagian orang, maka tak ada alasan bagi kita untuk berkabung baginya. Hae-ya adalah orang seperti itu.

rekomendasiDapatkan Bukunya di Sini!

Kamu juga bisa baca versi e-booknya di sini >>> Fish in the Water

4. Jessica Jung — Shine

Siapa sih yang tidak kenal dengan SNSD atau Girls Generation? Baru dengar namanya saja, pasti beberapa lagu dari mereka sudah terngiang-ngiang di kepala kita. Jessica Jung adalah salah satu dari sembilan anggota dalam girl group ini. Namun, Jessica keluar pada SNSD di tahun 2014 dan mulai menekuni bisnis fashion-nya yang bernama Blanc & Eclare. Baru-baru ini, tepatnya pada September 2020 lalu, ia memulai karirnya sebagai penulis dan menerbitkan sebuah buku fiksi berjudul Shine.

Buku yang membutuhkan waktu kurang lebih 2,5 tahun untuk dirampungkan itu menceritakan tentang kisah seorang gadis berkebangsaan Korea-Amerika bernama Rachel. Ia memiliki mimpi besar untuk menjadi seorang idol K-Pop terkenal. Rachel pun akhirnya menjadi seorang trainee di salah satu agensi hiburan terbesar di Korea Selatan. Ia harus menjalani pelatihan dan mengikuti semua aturan agensi yang ketat, salah satunya larangan berpacaran, baik antara sesama trainee maupun dengan orang diluar agensi.

rekomendasi
Rekomendasi Buku yang Ditulis Artis Korea, Jessica Jung (Sumber Foto: instagram.com/jessica.syj)

Buku ini terinspirasi dari pengalaman Jessica di dunia entertainment. Ia juga mencoba mengungkap bagaimana gemerlap industri hiburan yang selama ini ia rasakan. Mulai dari soal jam latihan dan kerja yang berlebihan, soal tekanan di dalam agensi, soal pengorbanan yang mereka lakukan, bahkan soal risiko dalam menjalin hubungan.

Semua itu dikemas dalam satu novel fiksi menghibur yang juga dapat mengedukasi kita soal industri hiburan dan K-Pop. Terlepas dari banyak kontroversi dibaliknya, buku ini nyatanya berhasil menjadi best-seller the New York Times. Seiring dengan kesuksesan Shine di berbagai negara, pihak penerbit bahkan menyatakan bahwa mereka memiliki niatan untuk mengadaptasikan ke bentuk film.

rekomendasiDapatkan Bukunya di Sini!

Baca versi e-booknya di sini >>> Shine


Baca juga: 5 Fakta Seru Shine, Novel Debut Jessica Jung


Nah, itulah beberapa daftar artis-artis Korea Selatan yang selain menjadi seorang public figure, ternyata juga seorang penulis berbakat, hingga diterjemahkan ke berbagai bahasa dan menjadi novel best-seller. Dari keempat buku tersebut, kira-kira ada nggak, nih, yang menarik perhatianmu dan ingin membacanya? Ayo, segera koleksi buku-buku buku-buku tersebut hanya di Gramedia.com!

Eits, tapi jangan close artikelnya dulu, ya, karena Admin masih akan memberikan rekomendasi buku karya penulis asal Korea Selatan lainnya yang tentunya nggak kalah seru!

Rekomendasi Buku Karya Penulis Asal Korea Selatan

VegetarianHan Kang

Buku yang memenangkan Man Booker International Prize di tahun 2016 ini menceritakan kisah seorang wanita biasa sekaligus istri bernama Yeong-Hye. Ia memutuskan untuk menjadi seorang vegetarian setelah mengalami mimpi-mimpi buruk yang berkepanjangan.

Namun, keputusan Yeong-Hye yang memilih untuk menjadi seorang vegetarian itu malah membawa masalah besar, yang tidak hanya membuat mentalnya terganggu, tapi juga memengaruhi kehidupan orang-orang di sekitarnya. Yeong-Hye bahkan harus dirawat di rumah sakit jiwa dan divonis menderita penyakit skizofrenia dan anoreksia karena menolak memakan makanan apapun.

rekomendasiDapatkan Bukunya di Sini!

Hal  unik dari buku ini adalah kisahnya yang ditulis dari tiga sudut pandang. Pertama dari sudut sang suami, kedua dari sudut kakak ipar Yeong-Hye, dan yang terakhir dari kakak perempuan Yeong-Hye. Selain itu, ketiga sudut pandang ini juga melambangkan alur waktu masalah kesehatan mental Yeong-Hye dengan tutur bercerita yang berbeda-beda dari ketiga tokoh tersebut.

Melalui karyanya ini, penulis berhasil membuat para pembacanya menyelami pikiran-pikiran dari setiap tokoh lebih dalam dan lebih jauh lagi tentang hidup mereka yang berantakan, serta merasakan semua perasaan yang dialami oleh mereka, mulai dari rasa marah, frustasi, bingung, sampai gejolak nafsu yang memberikan sensasi bacaan baru dan segar dalam buku ini.

Things Left Behind: Hal-Hal yang Kita Pelajari dari Mereka yang Telah Tiada — Kim Sae Byoul

Ada yang pernah menonton K-Drama berjudul Move to Heaven? Ternyata drama dengan judul tersebut terinspirasi dari buku ini, lho! Buku yang bisa dikatakan sebagai memoar ini merupakan hasil dari buah pemikiran sang penulis selama bekerja sebagai pengurus barang orang yang sudah meninggal. Selama bekerja, ia selalu berhadapan dengan berbagai kisah kematian, mulai dari yang hangat, menyedihkan, sampai yang tragis. Kisah-kisah itulah yang ia tuangkan dalam buku ini.

rekomendasiDapatkan Bukunya di Sini!

Sambil meresapi kisah-kisah tersebut, penulis juga merefleksikannya ke dirinya sendiri melalui berbagai pertanyaan. Hasil dari pemikiran serta pertanyaan dari diri penulis tersebut kemudian ia tuangkan juga ke dalam buku ini melalui pesan-pesan penuh makna yang mengajak para pembacanya untuk semakin bersimpati dan berempati dengan orang lain, serta mengajak para pembacanya untuk lebih menghargai hidup beserta orang-orang terdekat mereka.

Baca versi e-booknya di sini >>> Things Left Behind: Hal-hal yang Kita Pelajari Dari Mereka yang Telah Tiada


Baca juga: Things Left Behind, Buku Self Improvement yang Mengilhami Drakor Move to Heaven


Ibu Tercinta (Please Look After Mom)Kyung Sook Shin

Definisi dari kalimat 'terkadang kita baru sadar seseorang begitu berharga saat orang itu sudah tidak ada' terdeskripsikan di buku ini. Seorang ibu bernama Park So-Nyo tertinggal dan hilang di stasiun Seoul saat ia dan suaminya hendak pergi ke kota Seoul untuk menjenguk anak-anaknya. Sejak terpisah, keluarga yang kehilangan istri, ibu, dan saudara ipar ini pun mulai menyadari betapa selama ini kehadiran sang ibu telah memberikan pengaruh besar pada diri mereka masing-masing.

rekomendasiDapatkan Bukunya di Sini!

Please Look After Mom mengisahkan tentang berbagai penyesalan, harapan, pengorbanan seorang suami dan anak-anak yang mencari ibunya yang hilang. Terdiri dari lima bab dan diceritakan dengan sudut pandang yang berbeda-beda, buku ini berhasil membuat para pembacanya merasakan perasaan marah dan sedih ketika membacanya.

Aroma keputusasaan yang begitu pekat juga ikut andil dalam mencampur adukan dan menguras emosi ketika membacanya. Tak heran jika di beberapa bab dalam buku ini, penulis menggunakan sudut pandang orang kedua, seolah ia hendak menyindir perlakuan kita terhadap ibu selama ini.

Kamu juga bisa baca versi e-booknya di sini >>> Ibu Tercinta (Please Look After Mom)

My Brilliant Life — Kim Ae-Ran

Kenapa orang tua selalu terlihat seperti orang tua, tidak peduli semuda apapun mereka? Dan kenapa seorang anak masih tampak seperti anak-anak, tidak peduli setua apapun mereka?

Inilah kisah tentang sepasang orang tua muda dan anak mereka yang menderita progeria, sebuah kelainan langka yang membuat tubuhnya menua lebih cepat dibandingkan orang lain pada umumnya. Ditulis dari sudut pandang sang anak, yaitu Han Areum, ia menceritakan bagaimana perjalanan hidupnya, memori tentang masa kecilnya, dan menceritakan kisah orang tuanya saat pertama kali bertemu sampai Areum lahir.

Dalam buku ini, Areum juga menumpahkan pikiran-pikirannya tentang hidup, yang bahkan tidak akan pernah terpikirkan oleh kita. Selain itu, kita juga diajak untuk melihat bagaimana seorang anak dengan tulus memandang kagum kepada kedua orang tuanya dengan segala lebih dan kurangnya, serta bagaimana orang tua akan selalu tegar dan mau berjuang sekuat tenaga hanya untuk kebahagiaan anaknya seorang.

rekomendasiDapatkan Bukunya di Sini!

Itulah dia rekomendasi buku karya penulis asal Korea Selatan lainnya yang tak kalah seru! Dari buku-buku tersebut, mana nih yang sudah masuk ke reading list kamu?

Yuk, segera baca buku-buku menarik ini dan dapatkan bukunya hanya di Gramedia.com! Ada banyak diskon dan penawaran spesial lainnya yang nggak boleh kamu lewatkan, lho. Beli semua buku di atas jadi lebih hemat! Cusss, langsung klik gambar di bawah ini.

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: instagram.com/jessica.syj/

Penulis: Ikha Destryani


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus