Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Things Left Behind, Buku Self Improvement yang Mengilhami Drakor Move to Heaven

Things Left Behind, Buku Self Improvement yang Mengilhami Drakor Move to Heaven

Beberapa dari kita mungkin bertanya-tanya akan apa yang sebenarnya terjadi setelah kematian, kisah dibalik kematian atau kesepian karena ditinggalkan orang yang dicintai, hingga alasan seseorang mengakhiri hidupnya.

Pertanyaan itu akan kamu dapatkan saat membaca kumpulan esai dalam buku ini. Things Left Behind merupakan esai populer dari Korea Selatan yang ditulis oleh Kim Sae Byoul. Buku ini mengungkap berbagai macam kisah nyata dibalik kematian yang diceritakan langsung oleh seorang pengurus barang-barang peninggalan orang yang telah meninggal dunia.

Mereka yang telah tiada, ada yang meninggal secara natural ataupun pembunuhan dan bunuh diri. Ternyata, barang-barang peninggalan milik orang yang telah tiada seringkali ditemui kasus-kasus mengejutkan, seperti orang tua yang meninggal tanpa diketahui orang lain dan jenazahnya baru ditemukan beberapa minggu kemudian, hingga kasus-kasus menyedihkan lainnya.

"Bunga adalah bunga, dan ulat adalah ulat. Begitulah adanya. Jika bunga dianggap indah dan ulat dipandang menjijikan, itu karena prasangka kita. Sebenarnya, tidak ada yang baik atau buruk. Demikian pula dengan hidup dan mati."

Buku yang ditulis melalui hati dengan jerih payah sekuat tenaga ini, akhirnya diadaptasi dalam drama korea Move to Heaven pada pertengahan tahun lalu dan sudah bisa kamu tonton serialnya. Buku dan drama ini berhasil menggabungkan pengalaman pribadi dan renungan personal dengan bahasa yang mudah dipahami.

Pembaca akan menangis terharu, sekaligus menyadarkan kita akan hal-hal penting yang ternyata selama ini telah luput dari perhatian, antara lain seperti betapa berharganya kehidupan, keluarga, kasih sayang dan persahabatan.

Antara Move to Heaven dan Things Left Behind

Bagi kamu penggemar K-Drama dan sudah menonton Move to Heaven, pastinya tidak asing lagi dengan alur ceritanya. Bedanya dalam drama yang ditayangkan di Netflix ini menceritakan tentang Geu Ru dan sang Paman yang juga tidak kalah menyayat hati. Namun, dalam versi buku esainya, hanya berisi kisah-kisah pilu dan hal-hal yang bisa dipelajari dari mereka yang telah tiada.

Move to Heaven yang mengadaptasi novel Things Left Behind ini menceritakan Han Geu Ru yang diperankan oleh Tang Joon Sang, seorang pemuda dengan sindrom asperger mencoba menjalani bisnis pembersih TKP bernama Move To Heaven bersama sang ayah bernama Han Jeong Woo.

Menariknya ada pada satu adegan di mana pemeran Sang-gu ini membacakan kumpulan esai dan tips dalam buku Things Left Behind. Tips ini berguna bagi mereka yang ingin mempersiapkan kematian dengan baik, termasuk memastikan agar pesan penting terakhirnya bisa diketahui oleh orang-orang yang ia cintai.

Tujuh cara untuk menjadi bahagia yang ditulis Kim Sae Byoul dalam salah satu esainya adalah:

  • Membiasakan diri hidup rapi dan bersih agar hidup lebih teratur,
  • Tulis hal yang sulit dibicarakan kepada orang lain menjadi sebuah kata-kata,
  • Simpan benda penting di tempat yang mudah ditemukan,
  • Jangan sembunyikan masalah kesehatan dari keluarga,
  • Gunakan dan hargai berbagai hal yang dimiliki dengan sebaik mungkin,
  • Hidup untuk diri sendiri dan bukan untuk orang lain,
  • Serta pada akhirnya yang tersisa hanyalah kenangan orang yang kita cintai.
"Sosok anak yang selalu dibanggakan orang tuanya, tidak akan pernah tahu bahwa yang dibanggakan bukan karena ia jenius atau seorang calon dokter. Melainkan, karena seorang anak sangat berharga hanya dengan keberadaannya saja."

Hingga suatu ketika, ayah Geu Ru ditimpa musibah dan ia meninggal dunia. Meninggalkan Geu Ru sebatang kara. Hal paling mengejutkan, ternyata sang ayah telah memberikan hak asuhnya kepada paman yang belum pernah ia temui seumur hidupnya.

Sosok paman yang dingin dan sering kali membuat onar akhirnya menjalani hidup bersama Geu Ru dan melanjutkan bisnis peninggalan sang kakak. Kisah kematian yang ada dalam setiap episodenya mampu menguras air mata pilu. Apalagi dengan kisah Geu Ru yang harus bergelut juga dengan trauma yang selama ini dialaminya.

Makna hidup yang dipelajari dari jejak hidup mereka yang telah tiada, dialami langsung oleh para pengurus jasa Move to Heaven yang membersihkan barang-barang peninggalan orang yang telah meninggal dunia. Mereka mencoba mencari tahu kebenaran dan alasan dibalik kisahnya.

bukuPelajari Kisah Mereka Melalui Buku Ini!

Bagi kamu yang sedang berkelana mencari arti kehidupan, cobalah untuk membaca buku ini yang setiap kisahnya memiliki pesan moral masing-masing. Buku esai populer ini akan membuat pembaca memanjatkan rasa syukur sekaligus penyesalan yang hinggap dihati saat mulai mengikuti berbagai kisah menariknya.

Jangan lupa untuk segera klik sampul buku di atas, checkout, dan ikuti kisah-kisah mereka yang telah tiada melalui buku Things Left Behind ini.🌻💛

Admin juga masih berikan diskon spesial untuk berbelanja di Gramedia.com. Cek semua promo dari diskon spesial hingga penawaran menarik lainnya yang sedang berlangsung di bawah ini!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!

Sekarang, belanja di Gramedia.com bisa dikirim dan diambil dari beberapa toko Gramedia yang terdekat dari rumahmu. Belanja jadi makin asyik, tanpa ribet, hemat ongkir, dan cepat sampai rumah!

warehouse

Sumber foto header: Dok. Netflix dan Dok. Gramedia.com


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus