5 Fakta Seru Shine, Novel Debut Jessica Jung

5 Fakta Seru Shine, Novel Debut Jessica Jung

. 4 min read

Para penggemar K-Pop, mari merapat!

Ada kabar menarik nih dari salah satu selebriti Korea Selatan yang juga mantan personil Girls Generation atau SNSD yaitu Jessica Jung.

Sudah hampir enam tahun sejak Jessica Jung hengkang dari SNSD. Meski begitu, berita mengenai kehidupan para anggota eks-SNSD masih menjadi topik yang menarik bagi para penggemar setianya.

Khususnya Jessica, yang kali ini kembali menyapa penggemarnya dengan karya terbarunya, yaitu sebuah novel berjudul Shine.

Penasaran seperti apa sih novel yang akan rilis pada bulan September 2020 ini? Simak beberapa fakta menarik novel Shine di bawah ini, ya!

1. Shine adalah buku pertama yang ditulis Jessica Jung

shine
sumber: Instagram @jessica.syj

Setelah memutuskan keluar dari girl band yang membesarkan namanya, SNSD, pada tahun 2014, Jessica menjelajahi minatnya di luar dunia musik.

Ia pun berhasil keluar dari bayang-bayang SNSD dengan membangun merek fashionnya sendiri yang bernama Blanc & Eclare.

Ia juga mencoba peruntungannya dalam dunia menulis dengan merilis novel young adult berjudul Shine yang akan rilis pada September 2020.

Bahkan, Jessica telah menjalani kesepakatan dengan Simon Pulse, yaitu imprint dari Simon & Schuster Children’s Publishing untuk mengeluarkan tidak hanya satu judul saja, namun dua buku.

2. Mengungkap sisi lain industri hiburan Korea Selatan

shine
sumber: Instagram @jessica.syj

Seperti dilansir dari Teen Vogue, lewat Shine, Jessica mencoba mengungkap bagaimana gemerlap industri hiburan yang selama ini ia rasakan.

“Shine lahir karena saya ingin mengatakan yang sebenarnya mengenai pengalaman saya selama ini, dan cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menulis kisah fiksi yang bagus." ungkap Jessica.

Menurut Jessica, buku ini merupakan paduan kisah nyata dunia k-pop, dan juga bacaan serta tontonan favoritnya.

“Jadi, proyek ini adalah perpaduan sempurna dari berbagai jenis tontonan dan juga buku yang saya suka, bercampur dengan hal-hal nyata yang terjadi pada saya dan informasi nyata tentang dunia k-pop.” lanjutnya.

Baca juga: Fans Drakor Mari Merapat! Novel Terjemahan School Nurse Ahn Eunyoung Rilis Agustus Ini


3. Shine menjadi tumpahan perasaan mengenai kehidupan cinta Jessica

shine
sumber: Instagram @jessica.syj

Karena ini adalah buku young adult, banyak yang mengharapkan kisah cinta yang manis dan romantis terjadi.

Seperti dilansir dari Entertainment Weekly, editor senior dari Simon Pulse, Jennifer Ung, mengungkap bahwa Shine mewujudkan semua unsur yang ada dalam novel young adult.

“Buku ini mewujudkan semua yang saya suka tentang novel young adult - romantis dan menarik, serta relate dengan kita semua, dan siapa saja yang membacanya akan merasa seperti ikan yang keluar dari air.” ujarnya.

Memang, meski memiliki karir yang super sibuk, Jessica juga tak luput sebagai sasaran gosip, terutama kabar mengenai hubungannya dengan bintang k-pop lainnya.

Dalam sinopsis Shine mengungkapkan bahwa, "She begins to develop feelings for K-pop star and DB golden boy Jason Lee."

Hal ini membuat para penggemar bertanya-tanya, berdasarkan siapa sosok Jason Lee ini? Apakah ia mengambil inspirasi dari kehidupan nyata seperti banyak aspek dari buku ini?

4. Rencananya, Shine akan dibuat versi film

shine
sumber: Instagram @jessica.syj

Tahun 2020 tampaknya menjadi tahun yang besar bagi karir kepenulisan Jessica.

Selain karena Shine berhasil laris terjual di berbagai negara, Glasstown Entertainment selaku perusahaan pengembang buku Shine, juga sudah bekerja sama dengan Matt Kaplan untuk mengadaptasi bukunya ke dalam film.

Seperti diketahui Matt Kaplan adalah sosok yang telah sukses memproduseri film laris besutan Netflix berjudul To All The Boys I Loved Before.

Wah, kita tunggu saja kabar kelanjutan kabarnya, ya!

5. Banyak yang berasumsi bahwa Shine adalah buku semi-biografi Jessica

shine
sumber: Instagram @jessica.syj

Meski buku ini adalah novel fiksi, namun banyak yang melihat bahwa cerita Shine memiliki kemiripan dengan kisah hidup Jessica Jung.

Shine bercerita tentang remaja keturunan Korea-Amerika, Rachel Kim, (Jessica Jung lahir di San Fransisco) yang bergabung dengan salah satu agensi paling terkenal di Korea Selatan yang bernama DB Entertainment (SNSD di bawah naungan SM Entertainment).

Di sana, ia memulai debutnya dalam sebuah grup yang terdiri dari sembilan gadis (SNSD berjumlah 9 orang sebelum Jessica keluar).

Saat pamornya mulai naik, dia juga jatuh cinta dengan seorang ‘bad boys’ yang juga menjadi kesayangan media, bernama Jason Lee. (Sebelumnya, Jessica dikabarkan pernah dekat dengan Taecyeon, yang dikenal sebagai personil 2PM dari agensi JYP Entertainment)

Hmmm, terdengar akrab ya?


Baca juga: 10 Novel Korea Terjemahan Ini Nggak Kalah Seru sama Drakor, Lho!


shine
sumber: Instagram Gramedia Pustaka Utama

Rencananya, Gramedia Pustaka Utama akan menerbitkan versi terjemahan Bahasa Indonesianya, lho. Memang kapan ya, novel terjemahannya akan rilis?

Bersabar dulu, para penggemar k-pop, tunggu tanggal mainnya. Pantengin terus kabarnya di Gramedia.com!


Photo header by: Instagram @jessica.syj