Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

10 Rekomendasi Buku untuk Booster Iman di Bulan Ramadan

10 Rekomendasi Buku untuk Booster Iman di Bulan Ramadan

Ramadan tentunya menjadi bulan yang istimewa bagi kita. Setiap menit waktunya menjadi begitu berharga untuk tidak dilewatkan dalam mendulang pahala kebaikan. Banyak ragam perbuatan baik pendamping puasa yang dapat kita lakukan, di antaranya dengan merenung, mengevaluasi diri, atau bahasa lainnya adalah muhasabah.

Dengan melakukan muhasabah diri, kita dapat merasakan ketenangan jiwa dan meningkatkan keimanan. Hal ini tentunya sangat pas dengan momen Ramadan ini. Muhasabah dapat kita lakukan sendiri dengan cara membaca buku. Yap, membaca bukan saja menghibur diri, namun juga dapat menjadi booster keimanan.

Berikut ini rekomendasi buku yang cocok untuk menemani kamu sekaligus meningkatkan keimanan di bulan Ramadan tahun ini.

10 Rekomendasi Buku untuk Meningkatkan Iman di Bulan Ramadan 2023

1. God, I Need You

Tak ada satu pun manusia yang tidak pernah dihinggapi masalah. Masalah hidup laksana angin. Berembus kapan pun ia mau. Kadang bersemilir lembut, tapi tak jarang bertiup dengan kencang. Orang kuat bukan orang yang jiwanya selalu kokoh bak pohon besar yang selalu tegar. Terkadang kita butuh menjadi manusia lembut laksana rumput. Sekencang apa pun angin bertiup, rumput hanya bergoyang. Tak akan pernah tumbang.

rekomendasiTingkatkan Iman dan Baca Bukunya Sekarang!

Buku ini dikemas dengan kata-kata sederhana penuh hikmah dan makna berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah. Kisah-kisah inspiratif dan penyajian cerita yang menggugah pikiran membuat ini tidak membosankan tetapi sangat mengasyikkan.

2. Secrets of Divine Love

Buku yang satu ini ditulis untuk hati yang rindu, untuk orang yang mencari sesuatu yang belum bisa mereka temukan. Untuk orang yang kadang-kadang berputar ke dalam keputusasaan dan tidak bisa tidak merasa terlalu tidak sempurna untuk mencintai Tuhan yang sempurna. Buku ini untuk orang yang berada di tepi iman mereka, yang telah mengalami agama sebagai musim dingin yang keras bukannya musim semi yang menopang kehidupan dari Tuhan.

rekomendasiTingkatkan Iman dan Baca Bukunya Sekarang!

Selain menawarkan perspektif yang tulus tentang teologi Islam, buku ini akan menuntun Anda melalui latihan praktis yang mengilhami cinta, memperkuat iman, dan meningkatkan ketergantungan pada keintiman dengan Tuhan. Dengan memanfaatkan kata-kata inspiratif Al-Quran dan Nabi Muhammad, menggali puisi spiritual, dan belajar melalui kisah-kisah dari guru spiritual terbesar di dunia, buku ini berupaya menghubungkan hati pembaca dengan Tuhan.

3. Kisah-Kisah dalam Al-Qur'an

Buku ini menukil kisah-kisah inspiratif yang dimuat dalam Al-Qur'an. Kisah yang merangkum sisi terang dan gelap dari kehidupan manusia-antara kebaikan dan keburukan, kesabaran dan keangkuhan, serta keimanan dan kekufuran-sekaligus beragam pengetahuan dan hikmah yang terhimpun di dalamnya.

rekomendasiTingkatkan Iman dan Baca Bukunya Sekarang!

Allah SWT telah menyuguhkan kisah orang-orang terdahulu dalam Al-Qur'an sebagai pembelajaran bagi umat manusia untuk menajamkan akal yang tumpul dan melembutkan jiwa yang bengal bahwa hidup ada akhirnya dan akhir itu adalah sebuah pilihan, yakni berakhir dengan kemuliaan ataukah kehinaan.

Buku ini tersedia dalam 2 jilid berbeda. Keduanya bisa kamu dapatkan di Gramedia.com! Jilid 2 >>> Kisah-Kisah dalam Al-Quran 2

Melalui kedua jilid buku ini, kamu akan membaca kisah-kisah pilihan tersebut secara gamblang dan komprehensif. Dengan kepakarannya, penulis mengurai setiap kisah secara terperinci dengan berpijak pada Al-Qur'an dan Sunnah sebagai dalil syar'i serta merangkum pendapat ulama shalafush shalih sebagai referensi tambahan.

4. 99 Pesan Positif Untuk Jiwa-Jiwa yang Insecure dan Flop

Merasa insecure dan flop? Itu tandanya jiwamu butuh suntikan nasihat-nasihat yang positif!

rekomendasiTingkatkan Iman dan Baca Bukunya Sekarang!

Buku ini berisi petikan 99 ayat dan hadits atau nasihat-nasihat para sahabat, tabi'in, maupun ulama lainnya, yang mengajak kita untuk tetap bersemangat dalam menjalani hidup, seberapa pun kepahitan hidup yang kita rasakan. Jangan biarkan tipuan dunia mempengaruhi dirimu. Cukup letakkan ia di tanganmu, tanpa mengikat hatimu.  Setelah membaca buku ini, dijamin kamu akan menemukan kembali semangat kita yang hilang dan terus berjuang tanpa kenal lelah untuk meraih ridha Allah Ta'ala!

5. Rahasia Semesta Sebelum Dunia

Tidak bisa dipungkiri, banyak pertanyaan seputar ajaran dan doktrin Islam seperti di atas yang masih berputar-putar di benak kita dan belum terjawab. Sesuai dengan judulnya, Hakim Tirmidzi membawa kita menjelajahi rahasia di dasar palung samudra ajaran Islam, dan menjawab berbagai pertanyaan seputar Islam yang bahkan belum pernah kita bayangkan secara mindblowing.

rekomendasiTingkatkan Iman dan Baca Bukunya Sekarang!

Dengan gaya penulisan yang menakjubkan, Hakim Tirmidzi mampu menjelaskan hal hal gaib dengan luwes dan mengalir. Inilah buku yang akan membuat kita menjelajahi ruang, menuntun kita untuk menyaksikan kejadian pada semesta sebelum dunia (azali) dan setelah kehidupan kita di dunia purna (akhirat). Selamat menyelami samudera ilmu Hakim Tirmidzi!

6. Ngaji Bareng Gus Baha

Gus Baha adalah sosok kiai muda yang cerdas, santai, dan humoris. Kajiannya banyak diikuti oleh santri dan anak-anak muda zaman sekarang. Selain argumentasinya renyah dan menenangkan, beliau juga mampu membahas persoalan-persoalan agama yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari dengan cermat, tepat, dan mendalam. Dimanapun beliau ceramah, selalu ada pengikut setia yang menyimak petuah-petuah yang disampaikan.

rekomendasiTingkatkan Iman dan Baca Bukunya Sekarang!

Yang pasti, buku ini merangkum materi-materi pengajian Gus Baha yang inspiratif dan dijamin ampuh meningkatkan semangat beribadahmu di bulan suci Ramadan ini!

7. The Power Of Shalat Khusyuk

Seseorang yang khusyuk dalam shalatnya berarti hati dan pikirannya tertuju kepada Allah semata. Dia merasa berhadapan langsung dengan Allah dalam shalatnya. Dalam hatinya akan muncul perasaan takut akan dosa-dosa yang telah diperbuatnya, di samping harapan yang tinggi pada limpahan pahala, rahmat, dan karunia-Nya. Ia pun berjanji dalam hatinya untuk menjauhi larangan-larangan-Nya. Ia menyerahkan diri kepada-Nya. Orang yang menghayati shalat seperti itu akan terhindar dari perbuatan keji dan mungkar.

rekomendasiTingkatkan Iman dan Baca Bukunya Sekarang!

Namun, tidak semua orang mampu memahami cara menghayati shalat tersebut. Jadi, bagaimana sebenarnya menerapkan penghayatan shalat yang khusyuk? Apakah manfaat di baliknya? Kamu akan mengetahuinya secara detail dan lengkap melalui buku yang satu ini!

8. Saripati Islam

Saripati Islam adalah buku yang membahas konsep dasar Islam secara komprehensif. Buku ini ditulis dengan gaya bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca yang awam sekalipun, namun tetap mendalam dan mengandung banyak informasi yang berguna bagi pembaca yang ingin memahami Islam lebih dalam.

rekomendasiTingkatkan Iman dan Baca Bukunya Sekarang!

Menariknya, buku ini terdiri dari 21 bab yang membahas berbagai topik yang berkaitan dengan Islam, seperti pengenalan tentang Islam, Tuhan, kitab suci Al-Quran, nabi dan rasul, malaikat, hari akhir, ibadah, muamalah, dan sebagainya. Setiap bab dijelaskan secara terperinci dengan menggunakan referensi dari Al-Quran dan hadis, sehingga pembaca dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang konsep-konsep tersebut.

Bukan cuma itu, buku ini juga tersedia dalam 2 jilid berbeda yang bisa kamu dapatkan di Gramedia.com! Untuk membaca jilid kedua, kamu bisa klik di sini! Jilid 2 >>> Saripati Islam 2.

Kedua buku ini membahas sejumlah masalah penting yang terkait dengan agama Islam, seperti peran agama dalam kehidupan manusia, peran wanita dalam Islam, serta hubungan antara Islam dan masyarakat. Selain itu, buku ini juga membahas sejumlah kontroversi yang terkait dengan Islam, seperti jihad, hakimah (pemerintahan Islam), dan perang salib.

9. The Art of Istiqomah

Buku ini berisi kumpulan motivasi bagi para muslimah yang dilengkapi dengan kisah-kisah inspiratif serta ulasan mengenai teladan yang dapat diambil dari kisah tersebut. Setiap materi berupa tulisan-tulisan lepas, tidak terikat bab, dan dikemas menyerupai jurnal harian mulai dari Senin hingga Minggu. Di setiap bagian akan dilengkapi pula dengan catatan ibadah harian yang dapat diisi sendiri oleh kamu!

rekomendasiTingkatkan Iman dan Baca Bukunya Sekarang!

Yang pasti, buku ini akan menjadi booster semangat beribadah yang fun. Kita tidak hanya akan membaca nasihat-nasihat yang menggurui, tetapi juga diajak untuk turut serta melakukan aksi dan menuliskannya ke dalam jurnal di buku ini.

10. Bahagia Beragama Bersama Gus Baha

Buku yang satu ini adalah buku yang berisi kumpulan catatan dan tulisan dari Khoirul Anam, seorang pengamat Islam yang mengenal dan terinspirasi oleh pemikiran dan ajaran Gus Baha. Buku ini membahas berbagai topik yang berkaitan dengan agama Islam, seperti akidah, ibadah, akhlak, masyarakat, dan sebagainya dengan sudut pandang yang segar dan inspiratif mengenai cara hidup Islam yang benar.

rekomendasiTingkatkan Iman dan Baca Bukunya Sekarang!

Di dalam buku ini diberikan pula contoh-contoh nyata mengenai bagaimana kita dapat menerapkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Dalam buku ini, Khoirul Anam juga membahas sejumlah isu sosial dan politik yang terkait dengan Islam, seperti isu keadilan sosial dan pluralisme agama.


Baca Juga: 5 Buku Islam untuk Perdalam Iman Si Kecil


Sambil mengisi waktu, kamu juga bisa mengikuti challenge membaca yang diadakan oleh Gramedia.com, lho! Tantangan baca bertajuk Ngabuburead ini akan diadakan selama bulan Ramadan. Hadiah untuk para pemenang totalnya mencapai JUTAAN RUPIAH!💸 Seru banget, kan? Tunggu apa lagi, segera cek info lengkapnya dalam postingan berikut ini, ya!⤵️✨

Jangan lupa cek juga promo khusus bulan Ramadan yang ada di Gramedia.com untuk borong buku dengan harga spesial. Buruan check out sekarang, Grameds, nanti kehabisan!👀🛒⤵️

RekomendasiInfo Selengkapnya Cek di Sini!

6 Rekomendasi Buku untuk Meningkatkan Iman di Bulan Ramadan 2022

1. Seni Merayu Tuhan

Buku ini mengajak kita untuk mengetahui dan bertukar pikiran, mengenai apakah benar merayu Tuhan itu memerlukan seni? Lalu, untuk apa merayu Tuhan? Bukankah Tuhan sudah Maha Baik?

rekomendasiTingkatkan Iman dan Baca Bukunya Sekarang!

Nah, buku ini dikemas dengan sangat menarik. Melalui ilustrasi dari bagian awal hingga akhir buku, membuat tampilannya jadi lebih enak dipandang dan tidak membosankan. Bahasa yang digunakan pun sangat cocok untuk anak muda. Jadi, bahasa yang digunakan tidak rumit dan mudah dicerna.

Unsur komedi yang ditambahkan pun menghilangkan kesan kaku dari buku ini. Meskipun disisipi gaya komedi, pesan-pesan yang disampaikan tetap mampu menampar diri dan berkesan, karena sangat relate dengan kehidupan.

2. Menjadi Manusia Menjadi Hamba

Menurutmu, apakah filsafat adalah hal yang berat dan sungkan untuk dibahas?Kita coba baca buku ini, yuk, di mana sang penulis menyampaikan pembahasan mengenai filsafat dengan cara yang unik. Penulis seperti mengajak kamu mengobrol, bercerita dengan bahasa yang mudah dimengerti, sederhana, dan ringan.

rekomendasiTingkatkan Iman dan Baca Bukunya Sekarang!

Buku ini terbagi ke dalam tiga bagian, yaitu tentang manusia, waktu, dan penghambaan. Tidak hanya pandangan atau pemikiran filsuf muslim yang dibahas, namun juga filsuf barat yang dikemas dengan cara menarik, sehingga tidak akan membuat kita berpikir keras.

Melalui buku ini, kita diajak untuk memahami fitrah, dan bisa menjadi reminder saat diri terasa hilang gairah untuk ibadah. Uniknya, pembahasan dalam buku ini erat sekali dengan Al-Qur'an dan hadis, yang kemudian dikaitkan dengan pandangan psikologi serta teori filsafat dunia, yang membuka pikiran dan menemukan hal-hal untuk evaluasi diri.


Baca juga: Jadi Pribadi yang Lebih Baik dengan Memaknai Istimewanya Ramadan


3. IMAN (Ilmu-Moral-Amal-Nasionalisme): Modal Milenial Menaklukkan Dua Dunia

Perjalanan hidup manusia dapat diibaratkan pelayaran di tengah lautan. Sebuah perjalanan panjang yang tentu dipenuhi dengan berbagai ujian dan cobaan, seperti diterpa angin topan, badai, serta gulungan ombak yang selalu siap menghadang.

rekomendasiTingkatkan Iman dan Baca Bukunya Sekarang!

Laut itu dalam dan manusia tidak bisa bertahan lama di dalam air. Maka, pilihan terbaik adalah mempersiapkan bekal. Bukan sembarang bekal yang disiapkan, tapi bekal yang sempurna, dan tidak boleh asal-asalan. Nah, buku ini akan mengajarkan kita pada IMAN.

Buku ini mengurai kata IMAN menjadi Ilmu, Moral, Amal, dan Nasionalisme (cinta tanah air). Semua bagian itu dijabarkan dengan apik, tentang bagaimana saktinya kalimat iman yang harus selalu kita bawa, kekuatan sayap ilmu yang menopang keimanan, benteng moral yang menjadi penjaga sayap ilmu, taman amal penghias kualitas keimanan, hingga cinta tanah air (nasionalisme) yang menjadi pelengkap itu semua.

Kamu juga bisa baca versi e-book-nya di aplikasi Gramedia Digital >>> IMAN (Ilmu-Moral-Amal-Nasionalisme)

4. Istikamah itu Berat, yang Ringan Istirahat

Hakikatnya, semua manusia dilahirkan dalam keadaan beriman kepada Allah. Namun, manusia bisa terjatuh ke dalam kesalahan dan perbuatan dosa yang memengaruhi keimanannya. Lantas saat dosa kita menumpuk begitu banyak, apakah masih ada kesempatan untuk menjadi penghuni surga-Nya?

rekomendasiTingkatkan Iman dan Baca Bukunya Sekarang!

Buku ini hadir untuk memberikan suntikan motivasi bahwa saat kita berdosa, kita masih memiliki banyak kesempatan untuk dapat menjadi salah satu penghuni surga. Secara khusus, penulis mengajak kita untuk mengindentifikasi sebab-sebab manusia bisa terjatuh ke dalam kesalahan dan perbuatan dosa, sehingga saat kita menyadari diri mulai kembali menjauh dari jalan-Nya, alarm kita akan berbunyi mengingatkan diri untuk terus istikamah mengikuti rambu-rambuNya. Karena istikamah itu berat, kita perlu untuk terus mengingatkan ulang diri bahwa hadiahnya juga besar, yaitu surga.

5. #HidupKadangBegitu

Buku karya kolaborasi antara Gus Nadir dan Kang Maman ini yang terdiri dari tiga bagian, yaitu Ngobrol Ringan tentang Agama, Ngobrol Ringan tentang Ilmu, dan Ngobrol Ringan tentang Kehidupan. Ditulis secara bergantian antara Gus Nadir dan Kang Maman dengan bahasa yang ringan dan sederhana, membuat buku ini sangat mudah dinikmati, dipahami, dan diambil manfaatnya, karena banyak pesan kehidupan yang dapat kita petik, yang dekat dengan keseharian kita.

rekomendasiTingkatkan Iman dan Baca Bukunya Sekarang!

Di antaranya saat Gus Nadir menyinggung kemajuan teknologi yang membuat generasi muda berkurang minatnya dalam membaca, dan lebih banyak berkutat dengan media sosial, serta mengajak para akademisi untuk memanfaatkan fitur media sosial untuk menebar lebih banyak positive value kepada para followers-nya. Sementara itu, Kang Maman menyoroti gaya hidup yang berat di gengsi. Perbedaan latar dari kedua penulis ini menghadirkan rasa baru dalam sebuah buku.

6. Wali Berandal Tanah Jawa

Selain kelima buku serasa self improvement di atas, Admin mau kasih kamu bonus rekomendasi buku lainnya yang membahas mengenai sejarah praktik ziarah yang tumbuh subur di pulau Jawa. Menarik bukan?

Buku ini berisikan penelusuran pribadi George Quinn, seorang dosen senior di Australian National University (ANU) kelahiran Te Kuiti, New Zealand, ke puluhan makam para wali, lengkap dengan cerita-cerita fantastis seputar para sosok walinya. Buku ini adalah buku terjemahan dari buku yang berjudul asli “Bandit saints of Java: How Java’s Eccentric Saints are Challenging Fundamentalist Islam in Modern Indonesia”.

rekomendasiTingkatkan Iman dan Baca Bukunya Sekarang!

Tak hanya membahas praktik ziarah makam Wali Songo, penulis juga menelusuri makam-makam keramat lain yang penduduk setempat hormati. Sebuah makam biasanya cenderung memiliki sebuah legenda masing-masing, tak sedikit pula yang memiliki berbagai versi. Penulis pun membatasinya pada cerita yang banyak diterima dan memiliki rujukan valid.

Hal menarik lainnya dari situs-situs makam tersebut adalah praktik agama yang menyarukan dengan budaya pra-Islam. Makam 'keramat' tempat para peziarah mengutarakan hajat bersanding dengan musala atau masjid yang membuatnya seperti menciptakan terjadinya negosiasi antara budaya Jawa Kuno dengan Islam Ortodoks. Banyak situs makam yang mengalami 'pengislaman', baik dari segi hikayat tokohnya, ritual, hingga ornamen-ornamen di wilayah makam. Tak sedikit pula yang terilhalmi cerita Mahabarata dan kisah-kisah nabi dalam Al-Qur'an.

Kamu juga bisa baca versi e-book-nya di aplikasi Gramedia Digital >>> Wali Berandal Tanah Jawa


Baca juga: Yuk, Pertebal Iman dengan 15 Buku Islami Terpopuler!


Nah, itu dia buku-buku yang bisa dijadikan booster untuk memperteguh iman kamu. Di bulan Ramadan seperti ini, memang sudah waktunya kita men-charge ulang ibadah kita sambil menebalkan iman.

Yuk, segera dapatkan buku ini di Gramedia.com dan gunakan berbagai diskon serta penawaran menarik lainnya yang bisa kamu temukan di bawah ini. Belanja jadi makin hemat dan lebih maksimal!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: Unsplash

Penulis: Siti Rochmawati


Enter your email below to join our newsletter