5 Buku Islam untuk Perdalam Iman Si Kecil

5 Buku Islam untuk Perdalam Iman Si Kecil

. 4 min read

Sayang rasanya jika anak hanya bermain games atau menonton TV di rumah. Padahal saat bulan puasa, banyak aktivitas lain yang dapat membawa dampak lebih positif untuk buah hati Anda. Walaupun semisal anak belum wajib berpuasa, Anda bisa mulai mengajarinya secara perlahan. Kalau merasa si kecil masih terlalu dini untuk belajar puasa di usianya yang sekarang, Anda dapat mengajari budi pekerti dalam Islam dan ajaran-ajaran Islam lainnya. Tidak ada ruginya bukan?

Berikut lima buku rekomendasi untuk memancing perhatian si kecil agar semakin berminat mempelajari seluk-beluk Islam.

Rukun Islam dan Rukun Iman

for-blog-fixed---rukun-islam-dan-iman
Anda mungkin sudah khatam mengenai seluk-beluk lima rukun Islam dan enam rukun iman. Keduanya termasuk pilar utama dalam Islam yang mana menjadi fondasi keimanan umat muslim. Oleh karena itu, rukun Islam dan rukun iman ini perlu ditanamkan kepada seorang muslim sejak belia, termasuk kepada buah hati Anda.

Buku Islam berjudul Rukun Islam dan Rukun Iman mungkin bisa menjadi salah satu jalan untuk mengajarkan pilar-pilar Islam kepada si kecil. Terdapat 11 kisah-kisah sederhana yang biasanya dialami dalam keseharian si kecil sebagai bahan pelajaran untuknya. Misalnya cerita tentang belajar salat berjemaah, mengaji Alquran, dan berpuasa. Tidak ketinggalan, buku karya Avan Fathurrahman ini juga mengulas hal-hal terkait rukun Islam dan rukun iman. Dilengkapi juga dengan gambar-gambar menarik agar si kecil tak cepat bosan.

Islam Itu Ramah, Mudah, Indah

for-blog-fixed---islam-itu-ramah-mudah
Sebagaimana judulnya, buku ini ingin menyampaikan bahwa dalam Islam, hal sederhana seperti tersenyum saja mampu mendatangkan pahala. Berbagai cerita mengenai kebaikan-kebaikan dalam Islam yang dapat dicontohkan kepada buah hati Anda. Mulai dari selalu bersyukur, membantu sesama, tidak mengejek, hingga menyayangi hewan.

Tethy Ezokanzo dan Wawan Kungkang sebagai sang penulis juga mencantumkan ajaran-ajaran Islam berupa kutipan dari berbagai hadis pilihan. Islam Itu Ramah, Mudah, Indah sendiri dikemas dalam bentuk komik. Maka dari itu, cerita-cerita yang dikisahkan dilengkapi dengan percakapan antartokoh dan gambar-gambar menarik. Ada Umar, Alya, Abid, Husna, dan Hana yang akan mengajak si kecil untuk mengenal dan belajar tentang kebaikan dalam Islam.

Buku Pintar Islam for Kids

for-blog-fixed---buku-pintar-islam-for-kids
Anda tentu ingin membangun dan memperkuat iman sang anak sejak usia dini. Berharap agar ketika sudah tumbuh besar, iman si anak tidak mudah goyah oleh berbagai godaan. Namun, mungkin sulit untuk mencari cara agar si kecil bisa tertarik belajar mengenai Islam. Apalagi pada usia yang masih belia, anak-anak lebih senang bermain ketimbang belajar.

Nah, mungkin mengajari si kecil dengan buku Islam khusus untuk anak-anak bisa menjadi salah satu jalan keluarnya. Seperti Buku Pintar Islam for Kids yang ditulis oleh Asep Maulana. Di dalam buku ini, banyak ajaran-ajaran Islam yang bisa dipelajari anak Anda. Mulai dari rukun iman dan rukun Islam, haji, zakat, puasa, hingga sejarah hidup Nabi Muhammad SAW. Buku Pintar Islam for Kids juga dilengkapi oleh ilustrasi penuh warna yang memikat dari Innerchild Studio. Dijamin si kecil tidak akan bosan!

Kumpulan Cerita Islam Populer untuk Anak

for-blog-fixed---kumpulan-cerita-islam-populer
Masalah tidak hanya dihadapi oleh orang dewasa saja. Saat masih belia, anak-anak juga dihadapkan pada berbagai masalah hidup. Mulai dari berkelahi dengan teman sekolah, mimpi buruk, sampai terluka karena bermain. Mungkin persoalan-persoalan itu terlihat sepele bagi orang dewasa, tetapi tidak untuk anak-anak. Namun, masalah tersebut bisa menjadi suatu pelajaran berharga jika diselesaikan dengan baik dan tepat.

Dalam Kumpulan Cerita Islam Populer untuk Anak, Anda dapat membimbing si kecil agar terbiasa dalam menyelesaikan berbagai kesulitan yang dialaminya. Cerita-cerita yang dibagikan dalam buku ini sangat menarik. Yoli Hemdi mengaitkan kumpulan cerita tersebut dengan kisah-kisah yang berlangsung pada masa Nabi Muhammad sebagai pedoman untuk si kecil. Kumpulan Cerita Islam Populer untuk Anak dipermanis pula oleh gambar-gambar yang mengilustrasikan beragam kisah di dalamnya. Lengkap dengan kutipan-kutipan Hadis Riwayat (HR).

41 Fabel Penuntun Perilaku Anak Muslim

for-blog-fixed---41-fabel
Barangkali Anda sering mendengar penuturan bahwa pintar saja tidak cukup. Bisa dibilang ada benarnya juga. Misalnya saja, pintar tapi suka bersikap seenaknya atau pintar tapi suka merendahkan orang lain. Amat disayangkan kepintaran itu tidak segaris dengan akhlak yang baik. Seharusnya, seseorang berusaha menyeimbangkan antara kepandaian dan kelakuan yang dimiliki. Perilaku baik ini perlu ditanamkan dalam diri seseorang sedini mungkin.

Begitu pula dalam ajaran Islam. Tidak cukup hanya dengan memiliki kepintaran, tetapi harus berperilaku baik sebagai seorang muslim sejati. Tingkah laku yang baik menurut ajaran Islam dapat dipelajari berdasarkan ayat-ayat suci Alquran dan hadis. Khusus untuk sang buah hati, Anda bisa memberi contoh perilaku-perilaku baik melalui kisah-kisah yang diceritakan dalam 41 Fabel Penuntun Perilaku Anak Muslim. Seperti judulnya, cerita dalam buku ini dibagikan dalam bentuk fabel. Dilengkapi gambar-gambar hewan yang atraktif, diharapkan si kecil semakin tertarik untuk belajar berbudi pekerti yang baik dalam Islam!