Jadi Pribadi yang Lebih Baik dengan Memaknai Istimewanya Ramadan

Jadi Pribadi yang Lebih Baik dengan Memaknai Istimewanya Ramadan

. 7 min read

Bulan Ramadan adalah bulan yang istimewa dibandingkan bulan-bulan lainnya. Dikatakan begitu karena saat bulan Ramadan, ada malam yang lebih baik dari seribu bulan, pintu kebaikan dibuka dan dipenuhi keberkahan, serta setiap amal perbuatan akan dilipatgandakan pahalanya.

Kelebihan dari bulan Ramadan jangan sampai terlewat dengan sia-sia. Kita bisa memaknai lebih dalam bulan ini, dengan meningkatkan diri menjadi pribadi yang lebih baik dan melakukan evaluasi diri.

Bukan sekadar berpuasa dan menahan haus dahaga, makna menahan diri akan menuntun kita dalam menunaikan ibadah yang meningkatkan taqwa. Jadikan bulan Ramadan sebagai waktu untuk memperbaiki dan mensucikan diri kembali. Berikut beberapa cara yang sudah Admin rangkum dari beberapa sumber:

Ubah Kebiasaan Buruk dan Tetapkan Rencana Ramadan

Berpuasa bukan berarti kamu jadi malas-malasan, demi mengurangi kegiatan yang menguras tenaga. Padahal, menahan godaaan itu lah yang menjadi pahalamu. Lawan rasa malas dan kebiasaan buruk lainnya, tetapkan rencana untuk mengisi Ramadan yang positif.

jadi
Sumber foto: sbs.com.au

Buat resolusi Ramadan seperti khatamkan Al-Qur’an, melaksanakan salat Tarawih sebulan penuh, memperbanyak ibadah sunnah, banyak berdzikir, lebih banyak berdonasi, dan kegiatan positif lainnya yang membuat dirimu menjadi lebih baik.


Baca juga: Rekomendasi Buku-Buku Agama untuk Sambut Bulan Ramadhan


Bulatkan Tekad

Tetap semangat dan bulatkan tekad agar resolusimu sungguh-sungguh tercapai, serta dapat membuang hal-hal negatif dalam hidupmu. Agar kamu fokus dan tidak terlalu berat menjalankannya, pertimbangkan apa yang benar-benar bisa kamu capai.

jadi
Sumber foto: Freepik

Mulailah dengan perubahan kecil namun berkala. Misalnya kamu berharap untuk tidak makan gorengan setiap buka puasa, kurangi porsinya sedikit demi sedikit, hingga kamu tidak lagi makan gorengan. Lalu membaca Al-Qur’an setiap habis salat, lakukan dari satu lembar hingga nanti kamu bisa sampai menyelesaikan Al-Qur’an dalam satu bulan.

Lanjutkan setiap hari hingga dirimu terbiasa, jangan biarkan dirimu goyah dan kendalikan pikiranmu. Dan jadikan perubahan ini bukan hanya terjadi di bulan Ramadan saja, tapi berlanjut terus walaupun Ramadan berakhir.

Pelajari Ramadan Lebih Dalam

Gunakan momen bulan ini untuk mengenal arti Ramadan lebih dalam, dan jadikan juga sebagai pembersihan hati serta pikiran. Kamu bisa mendengarkan ceramah atau membicarakan lebih lanjut kepada orang-orang bijak dan memiliki pengetahuan spiritual yang tinggi.

jadi
Sumber foto: Freepik

Basuh batinmu dengan pembicaraan yang menginspirasi dan membangun diri. Dengan cara ini akan membuatmu lebih memahami agamamu sendiri, dan perlahan bisa membuat perubahan positif dalam hidup.

Mempelajari berbagai hal baru juga bisa kamu dapatkan dari buku. Nah, kamu bisa membaca buku-buku di bawah ini, yang akan membantumu menjadikan ibadah di bulan Ramadan sebagai tempat mengembangkan atau merubah diri menjadi pribadi yang lebih baik.

Ramadhan, Maaf Kami Masih Sibuk

ramadhanBeli dan Baca Sekarang!

Dari buku ini kamu akan diajak menyelami kembali arti Ramadan yang sesungguhnya, sehingga kamu akan lebih banyak melakukan hal bermanfaat selama bulan Ramadan ini.

Secrets of Divine Love: A Spiritual Journey into the Heart of Islam

Kamu merasa terpuruk, putus asa, dan tidak pantas dicintai Allah? Baca buku ini agar kamu lebih mengetahui bahwa agama yang menopang kehidupan dan air matamu. Kamu juga akan dituntun kembali ke sumber kedamaian dan berserah diri kepada Allah, melalui praktik dan rukun Islam yang membuka potensi spiritual, serta mengungkap keilahian.

SecretsBeli dan Baca Sekarang!

Menjadi buku best-seller #1 International dan paling dicari di Amazon Books pada kategori spiritual, buku ini menggunakan pendekatan rasional namun berbasis Al-Qur'an. Tentunya mencerahkan pikiran dan menginspirasi jiwa menuju keintiman yang lebih dalam dengan Tuhan. Dengan merangkai puluhan kisah yang menginspirasi, ayat-ayat Al-Qur'an, Hadis, puisi Rumi dan Hafez, psikologi, dan sains, penulis menjelaskan Islam dengan cara yang mudah dicerna dan menginspirasi bagi milenial Muslim.

Puncak Ilmu Adalah Akhlak

puncakBeli dan Baca Sekarang!

Dari buku ini kamu akan diberikan penjelasan tentang ilmu adalah akhlak terpuji. Yuk, pelajari segala hal yang harus diketahui tentang cara menunjukkan akhlak terpuji, kepada Allah SWT, Rasulullah SAW, Al-Qur’an, agama, orang tua, keluarga, guru, saudara, dan tetangga. Selain itu, juga akhlak dalam peran-peran kita di keseharian dalam bekerja, berniaga dan juga memimpin.


Baca juga: Memperingati Isra Miraj, Ketahui dan Teladani Kisah Nabi Muhammad dari Buku


Jatuh Sekali, Bangkit Berkali-Kali

Jangan merasa minder pada diri sendiri, kita juga bisa menjadi orang hebat! Kamu hanya belum mengenal diri, dan keterbatasanmu itu justru peluang baik jika disikapi dan diolah dengan cara yang benar. Jadi, ambil buku ini dan dapatkan kiat-kiat praktis agar kamu tumbuh menjadi pribadi yang menang dan tangguh.

jatuhBeli dan Baca Sekarang!

Buku ini juga dilengkapi dengan kisah-kisah inspiratif yang kaya ibrah dan teladan. Dan patut dibaca oleh siapa saja yang ingin menjadi pribadi juara dan pemenang sejati!

The Miracle Of Ikhlas

Ikhlas merupakan pintu yang akan membuka banyak hal tak terduga untuk kita. Termasuk dengan beribadah, jika dilakukan dengan ikhlas, akan lebih terasa ringan, sebab tujuannya hanya satu, Allah SWT.

theBeli dan Baca Sekarang!

Buku ini mencoba menguak mukjizat yang tersimpan dalam kekuatan ikhlas yang mampu meruntuhkan tembok kedurjanaan. Kita juga akan belajar bagaimana kita mampu melalui proses untuk mencapai ikhlas.

Bekalku Masih Sedikit Sedangkan Kematianku Semakin Dekat

Sudah berapa banyak bekal akhirat yang kamu siapkan? Saatnya mawas diri bersama buku ini yang menghimpun kisah-kisah kaum terdahulu, yang mengakhiri hidupnya dengan buruk karena amal tercela mereka.

bekalkuBeli dan Baca Sekarang!

Meskipun kisah-kisah akhir ini tragis, tapi semoga bisa menjadi renungan dan motivasi agar menjadi pribadi yang lebih baik, serta menghindarkan kita dari penuhnya dosa dunia.

Jangan Takut

janganBeli dan Baca Sekarang!

Kamu pernah merasa takut karena berbeda? Menua? Takut salah sampai takut kalah? Sangat wajar kalau kita mempunyai perasaan takut dalam mengarungi kehidupan ini. Tapi yang terpenting, kita dapat mengelola rasa takut tersebut dengan berusaha mencegah, agar rasa takut tidak menjadikan kita tersesat. Dari buku ini, kamu akan diterangkan tentang mengendalikan rasa takut yang tidak bertentangan dengan petunjuk Allah SWT.

La Taghdab (Jangan Marah): Seni Berdamai dengan Sakit Hati & Terapi untuk Mengatasi Emosi

laBeli dan Baca Sekarang!

Semua orang mempunyai emosi dalam dirinya. Marah juga hal manusiawi dan tak mungkin hilang dari kehidupan kita. Tapi kamu bisa loh mengontrol dan mengelola gejolak amarah dalam dirimu. Nah, caranya ada di dalam buku ini yang dapat membuatmu berintrospeksi diri, sehingga mampu menahan serta meredam marah. Yuk, jadi pribadi yang lemah lembut dan pemaaf setelah meneladani apa yang telah dicontohkan oleh Rasulullah dalam buku ini.

Dia di Mana-Mana: "Tangan" Tuhan di Balik Setiap Fenomena

Pernahkah kamu berpikir bagaimana bisa batu yang keras jadi berlubang hanya dengan dibasahi air setetes demi setetes? Hal tersebut memang bisa dijelaskan dengan sains, tapi sesungguhnya, kita bisa menemukan "tangan"-Nya dari fenomena tersebut.

diaBeli dan Baca Sekarang!

Mari sejenak kita lepas dari hiruk-pikuk rutinitas kehidupan untuk memperhatikan setiap makhluk dan peristiwa yang ada di dunia ini. Jika semua ciptaan-Nya direnungkan secara tulus dan benar, niscaya kita akan sampai pada kesadaran bahwa tangan Tuhan benar hadir di mana-mana, setiap saat dan di semua tempat.

The Happiness Story of Muslimah: Sejumlah Amalan Ringan yang Akan Membuat Muslimah Bahagia Dunia Akhirat

theBeli dan Baca Sekarang!

Sebagai seorang muslimah yang perasa, tentunya kebahagiaan selalu didamba. Tapi kadang malah penderitaan yang sering datang. Tahukah kamu bahwa muslimah bisa bahagia dunia sekaligus akhirat hanya dengan sekali amalan ringan? Apa saja amalannya? Langsung baca buku ini yang akan memandu kamu mencapai kebahagiaan dari melaksanakan amalan-amalan ringan.

Setiap amalan baik yang kamu lakukan di bulan Ramadan, nilainya akan dilipatgandakan lho! Jadi, segera benahi diri menjadi lebih baik, dan coba baca buku-buku ini untuk membantumu mencapai hal tersebut.

Asyiknya lagi, ada beragam diskon menarik di Gramedia.com di bulan istimewa ini. Mulai dari diskon buku-buku religi seperti buku yang sudah Admin rekomendasikan di atas, buku masak, buku religi anak, parcel Al-Qur'an, dan masih banyak lainnya. Klik gambar di bawah ini untuk info promo lebih lengkap.

GramediaKlik untuk Cek Promo Lebih Lanjut!

Jangan lupa, sebulan penuh April ini ada  flash sale setiap harinya. Langsung borong buku buruanmu!

promoKlik untuk Ikutan Flash Sale!

Gramedia.com juga bakal kasih hadiah THR buat kamu! Caranya, langsung ulas buku bacaanmu ke media sosial dan dapatkan hadiah THR total Rp 4 juta! Klik gambar di bawah untuk info lebih lanjut.

ngabubureadKlik untuk Ikutan!

Yuk, jadikan buku sebagai teman belajarmu untuk memperbaiki diri lebih baik. #BerbagiTanpaBatas


Sumber foto header: aboutislam.net