Tips Membacakan Anak Buku Cerita agar Manfaatnya Lebih Maksimal

Tips Membacakan Anak Buku Cerita agar Manfaatnya Lebih Maksimal

. 6 min read

Semuanya pasti setuju bahwa membacakan anak buku itu banyak sekali manfaatnya. Salah satunya, sangat bagus untuk perkembangan anak jika sudah terbiasa membaca buku. Nah, membacakan anak buku cerita, ternyata bisa menstimulasi perkembangan otak, terlebih pada penguasaan kosakata, pelafalan bahasa, dan keterampilan komunikasi yang jadi lebih baik.

Buku cerita mempunyai nilai-nilai positif yang terkandung di dalamnya. Dengan membacakan buku cerita pada anak, orang tua bisa terbantu dalam menanamkan pelajaran pesan moral. Nah, agar anak terus mengingat pesan tersebut dalam memorinya, bacakan buku sesering mungkin ya.

Dikutip dari beberapa sumber, agar manfaat membacakan buku kepada anak lebih maksimal, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

3 Tips Membacakan Anak Buku Cerita agar Manfaatnya Lebih Maksimal

1. Perhatikan Artikulasi dan Intonasi Suara (Read Aloud)

Anak-anak khususnya balita, akan lebih menyukai mendengar cerita yang memiliki ritme. Jadi, jangan sekadar membaca kalimat, tapi bacakan dengan artikulasi yang jelas dan lantang. Hal ini juga bisa diartikan sebagai read aloud, atau membacakan buku dengan suara yang nyaring dan jelas.

perhatikan
Sumber foto: alamy.com

Read aloud memiliki banyak manfaat baik untuk perkembangan anak, baik dalam membaca, menulis, mendengar, bahkan berbicara. Sambil membacakan cerita, jangan lupa untuk tunjuk tiap kata dan kalimat yang sedang kita bacakan, agar otak anak dapat meresap bagaimana cara membaca dari sebuah kata dan huruf.

Saat membacakan cerita, gunakan intonasi yang berbeda-beda menggunakan nada bicara yang benar. Lalu, sesuaikan dengan cerita yang sedang disampaikan. Misalnya tokoh sedang sedang marah dan berteriak, ucapkan juga dengan nada yang tinggi. Dengan begitu, anak bisa belajar mengucapkan kata yang benar dan menangkap jalan serta makna cerita yang tepat.

2. Sesuaikan Ekspresi

perhatikan
Sumber foto: parents.com

Memberikan sedikit dramatisasi saat membacakan buku, bisa membuat anak lebih tertarik dan semangat mendengarkannya. Pasang mimik wajah sesuai dengan adegan yang dilakukan pada tokoh di buku cerita, misalnya saat tokoh sedang sedih, bisa ikut pasang raut wajah murung saat membacakannya.

3. Beri Kesempatan Anak untuk Bertanya

perhatikan
Sumber foto: motherspedia.com

Dengan anak bertanya saat kita membacakannya cerita, berarti ia menyimak dan menjadi tanda bahwa ia mencoba menginterpretasikan cerita dalam imajinasinya. Manfaat membaca buku adalah melatih anak berimajinasi dan merangsang kreativitasnya.

Kemampuan berpikir anak pun jadi terasah, karena dengan ia bertanya, berarti kemampuan nalarnya berjalan, perhatian, dan mampu menggunakan kata-kata dalam komunikasi. Hal ini jadi bekal yang positif untuk anak bersosialisasi.


Baca juga: 7 Nilai Pendidikan Moral untuk Anak dari Membaca Dongeng


Selain menguatkan pemahaman pada otak anak, membacakan buku cerita juga menguatkan hubungan kedekatan antara anak dan orang tua. Nah, di Gramedia.com tersedia banyak buku cerita lucu dan terbaru yang bisa kamu pilih. Berikut beberapa rekomendasi dari Admin.

Rekomendasi Buku Cerita Terbaru

Dongeng Sebelum Tidur: Warna-Warni Balon Rubi

bukuBacakan si Kecil Dongeng Sekarang!

Membacakan cerita sebelum tidur adalah waktu yang sangat tepat. Buku ini berisi delapan cerita yang seru dan menarik untuk menemani si kecil. Dengan kisah yang sederhana, singkat, dan mudah dipahami, cerita-cerita di buku ini mampu mengajak anak untuk peduli dengan sesama dan lingkungannya, serta mengajarkan anak agar bertanggung jawab. Setiap konflik dan penyelesaian dari ceritanya, selalu disajikan dengan problem solving sederhana yang mudah dicerna anak-anak.

Ceritaku dan Alam Semesta

bukuBacakan si Kecil Dongeng Sekarang!

Membaca buku jadi lebih seru dengan fitur Augmented Reality yang bisa menghidupkan gambar! Buku ini juga akan mengenalkan anak pada alam sekitar dan menjaga bumi, mulai dari air, tanah, api, dan angin. Mengenal alam semesta serta berbagai fenomena di bumi pun jadi lebih menyenangkan dan mudah dimengerti karena fitur AR.

Jangan Dimakan

bukuBacakan si Kecil Dongeng Sekarang!

Buku cerita bisa menjadi alat untuk menanamkan karakter kepada anak, salah satunya tentang menjaga lingkungan. Nah, buku ini akan mengajak si kecil untuk mengetahui pentingnya membuang sampah pada tempatnya, dan apa akibatnya jika sampah dibuang sembarangan. Tokoh Dian dalam buku ini, akan mengajak si kecil untuk belajar bahwa membuang sampah sembarangan dapat membahayakan hewan.

Aku Suka Sikat Gigi

bukuBacakan si Kecil Dongeng Sekarang!

Selain tentang pentingnya menjaga lingkungan, menjaga kesehatan seperti harus menggosok gigi juga bisa disampaikan melalui cerita. Lewat cerita Ruru yang mendapat sekotak besar biskuit dari Ayah, lalu Ruru langsung ingin sikat gigi karena merasa giginya sangat kotor, mampu mengingatkan si kecil untuk jangan lupa sikat gigi setelah makan.

Kumpulan Fabel Terbaik Pengantar Tidur

bukuBacakan si Kecil Dongeng Sekarang!

Selain mendapatkan pesan moral, kumpulan cerita dengan tokoh binatang bisa menjadi cara untuk mengenalkan anak pada hewan. Menanamkan karakter baik pada anak, bisa dilakukan melalui belasan cerita dari berbagai negara ini.

Ada cerita tentang Merak yang sombong dari Bhutan, Tikus Desa dan Tikus Kota dari Inggris, Anjing dan Ayam Petelur dari Filipina,  Kambing Hitam dan Kambing Putih dari Ukraina, Kucing Mencari Induknya dari Belgia, Penyesalan Kupu-Kupu dari Prancis, dan masih banyak cerita lainnnya.

Kumpulan Dongeng Kerajaan

bukuBacakan si Kecil Dongeng Sekarang!

Bagi si kecil yang senang dengan cerita putri, pangeran, dan kerajaan, kumpulan cerita dari buku ini cocok untuk dijadikan bahan mendongengkan anak. Buku ini pun terdiri dari bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang terdiri dari 10 dongeng yang berlatar belakang istana. Kisah-kisahnya orisinal dan mengandung pesan moral bagi anak.

Dongeng Pertamaku: Brer Kelinci & Sumur yang Dalam

bukuBacakan si Kecil Dongeng Sekarang!

Buku ini cocok untuk anak yang baru mulai belajar membaca, karena selain cerita, dilengkapi pula dengan aktivitas sederhana. Isinya penuh dengan ilustrasi menarik dengan bahasa yang sederhana, sehingga si kecil mampu mengikuti ceritanya dengan baik meskipun belum bisa membaca.

Cerita ini tentang Brer Kelinci yang bersembunyi dari kejaran Brer Rubah, namun dia malah terjebak di sumur. Bisakah Brer Kelinci keluar dari sumur? Dan apakah Brer Kelinci akan selamat dari Brer Rubah.

Dongeng Aktivitas: Pesawat Ajaib

bukuBacakan si Kecil Dongeng Sekarang!

Selain membacakan si kecil cerita, buku ini juga bisa mengajak anak untuk belajar menulis, menggambar, mewarnai, dan mengenal kata-kata dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Dipadu dengan aktivitas yang pasti disukai anak-anak, belajar pun jadi terasa lebih menyenangkan.

Pada edisi ini, diceritakan tentang Tyo yang menemukan pesawat mainan di taman bermain. Tiba-tiba pesawat ajaib itu dapat berbicara dan mengajaknya terbang bersama. Mereka berkeliling mengunjungi gunung, danau, sungai, dan pantai sambil belajar mengenal benda dan kata-kata baru, nama hewan dan makanan hewan, serta tumbuh-tumbuhan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Sepekan Dongeng Anak Satu Hari Satu Cerita: Dodo si Kelinci dan Negeri Mimpi

sepekanBeli Sekarang!

Menceritakan Dodo, si Kelinci yang merasa bosan berada di toko mainan. Teman-teman bonekanya diam saja saat dia mengajak mereka bermain. Saat Dodo pergi keluar untuk mencari teman baru, dia melihat jejak kaki di sebuah bukit pasir. Dodo lalu pergi ke bukit pasir agar bisa bertemu teman baru. Berhasilkah Dodo bertemu si pemilik jejak kaki itu? Buku ini akan mengajak bertualang selama 7 hari dengan 7 teman baru, dengan dongeng yang indah plus pelajaran berharga.

Buku Dongeng Paling Populer

bukuBeli Sekarang!

Dalam buku dongeng paling populer ini, anak-anak dapat mengambil contoh dari sebuah perbuatan dan akibatnya, sehingga mereka akan lebih mengerti akan konsekuensi atas sebuah perbuatan.

Sepekan Dongeng Anak : Putri Dari Pulau Kecil

sepekanBeli Sekarang!

Sang putri mulai bosan tinggal di pulau kecilnya. Suatu hari, sang putri berlayar meninggalkan pulau dengan kapal pemberian orang tuanya. Tak disangka ia mulai menemukan teman. Berbagai kejutan dan keajaiban pun terus mengiringi petualangan mereka!

Cerita Negeri Tetangga : Kumpulan Dongeng Asia Tenggara

ceritaBeli Sekarang!

Kumpulan dongeng menghibur dari negara-negara di Asia Tenggara akan mengajak sang buah hati memahami rupa-rupa cerita kehidupan dari berbagai negara. Terdapat lebih dari 15 dongeng sederhana namun mengena, yang bisa membawa berpetualang ke negeri seberang.


Baca juga: Manfaat Membacakan Buku Cerita untuk Perkembangan Anak


Masih banyak buku cerita lainnya yang bisa kamu pilih bersama si buah hati. Semuanya tersedia di Gramedia.com dan jangan lupa untuk temukan berbagai promo menarik agar belanja jadi lebih hemat dan maksimal! Langsung klik di bawah ini untuk ketahui semua promonya.

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: shutterstock.com