Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Manfaat Mendongeng untuk Tumbuh Kembang si Kecil

Manfaat Mendongeng untuk Tumbuh Kembang si Kecil

Halo parents, kegiatan apa saja sih yang sudah dilakukan oleh Ayah dan Bunda untuk mengisi waktu luang bersama anak-anak? Sudah pernah mencoba mendongeng untuk si kecil belum?

Meskipun kegiatan mendongengkan cerita untuk anak saat ini sudah mulai ditinggalkan, entah karena kita sibuk atau memang sang anak yang lebih menyukai aktivitas lain, namun ternyata kegiatan ini mampu memberikan banyak manfaat, khususnya untuk perkembangan anak-anak.

Bahkan, di usia awal perkembangan anak, di mana indera pendengaran dan penglihatannya sedang sangat aktif dan dominan, kegiatan mendongeng ini perlu dilakukan para orang tua untuk memberikan stimulasi yang tepat dalam melatih indera-indera tersebut.

manfaat
Manfaat Mendongeng untuk Si Kecil (Sumber Gambar: pexels.com/@william-fortunato)

Hal ini sejalan dengan pendapat dari beberapa pakar, bahwa cara ini bertujuan untuk merangsang kualitas dan kuantitas sel-sel otak, dapat mengembangkan koordinasi otot, serta mengoptimalkan kemampuan sensorik anak agar dapat bekerja dan berfungsi secara optimal.

Maka dari itu, aktivitas mendongengkan cerita untuk anak ini bisa menjadi pilihan orang tua dalam mengisi waktu luang bersama anak. Lalu, apa saja sih manfaat mendongeng terhadap perkembangan si kecil?

6 Manfaat Mendongeng untuk Tumbuh Kembang si Kecil

1. Melatih Perkembangan Kognitif

Perkembangan kognitif adalah tahapan kemampuan seorang anak dalam memperoleh atau memahami makna dan pengetahuan dari pengalaman serta informasi yang ia dapatkan dari lingkungan sekitar.

Hal ini meliputi proses mengingat, menggunakan kata-kata dalam berkomunikasi, pemecahan masalah, kemampuan untuk fokus pada suatu hal, dan juga kemampuan bernalar atau pengambilan keputusan.

Ketika orang tua membacakan cerita untuk anak, mereka akan terdorong untuk fokus pada cerita yang sedang kita sampaikan. Dari situ, ia kemudian akan belajar untuk memahami cerita sesuai penafsiran mereka yang akan bermanfaat dalam melatih kecerdasan serta perkembangan kognitifnya selama masa pertumbuhan.

2. Menambah Kosakata Baru

Saat orang tua mendongeng, secara tidak langsung kosakata dalam cerita yang orang tua bacakan akan terserap dalam memori si anak. Mereka akan belajar untuk memahami kata dan kalimat yang diceritakan dari buku-buku dongeng tersebut, dan menyimpannya dalam memori mereka.

Semakin banyak kata yang anak dengar, maka akan semakin baik dan lancar pula kemampuan bahasa dan berbicara mereka kelak, sebab sedari kecil otaknya telah dirangsang untuk memperkaya kata dan gaya bahasa yang berbeda-beda, sehingga anak menjadi lebih mahir dalam berkomunikasi dan menyampaikan keinginan serta perasaannya.


Baca juga: 10 Buku Dongeng Terlaris, Ini Manfaat Membacakan Dongeng untuk Anak


3. Meningkatkan Imajinasi

Cerita fiksi kebanyakan mengandung unsur imajinatif, dan hal itu baik bagi perkembangan kemampuan imajinasi dan kreativitas anak, karena dapat meningkatkan fungsi otak anak pada berbagai tingkatan.

Selain itu, imajinasi juga akan mendorong mereka untuk berpikir kreatif dan cepat dalam menganalisa sesuatu. Namun, karena perkembangan imajinasi pada setiap anak berbeda-beda, maka orang tua juga perlu untuk memberi rangsangan agar imajinasi anak dapat berkembang dengan baik, salah satunya dengan membacakan cerita.

manfaat
Manfaat Mendongeng untuk Si Kecil (Sumber Gambar: pexels.com/@marta-wave)

4. Membuka Wawasan Baru

Cerita yang disampaikan oleh orang tua akan membuka pengetahuan anak tentang berbagai kebudayaan dan pemikiran baru yang ada di lingkungan sekitarnya. Nantinya anak pun akan menjadi sosok yang open-minded atau berpikiran terbuka terhadap perbedaan-perbedaan tersebut, yang tentunya akan bermanfaat hingga ia dewasa nanti. Selain itu, kegiatan mendongeng juga akan bermanfaat untuk memberikan pemahaman awal pada anak tentang toleransi antar sesama manusia.

5. Mengajarkan Kecerdasan Sosial dan Emosional

Dari tokoh-tokoh yang ada di dalam cerita, orang tua dapat mencontohkan kepada anak bagaimana cara untuk bersikap ketika menghadapi sebuah masalah, dan bagaimana ia sebaiknya berperilaku kepada orang lain. Hal ini termasuk untuk melatih kecerdasan interpersonal dan intrapersonal pada anak.

6. Mempererat Hubungan antara Anak dan Orang Tua

Kegiatan mendongeng bisa dimanfaatkan oleh orang tua sebagai sarana untuk membangun dan mempererat hubungan antara anak dan orang tua. Ketika sedang mendongeng, proses komunikasi yang interaktif akan terjalin antara orang tua dan anak, dan tanpa disadari hal tersebut akan memunculkan kehangatan antara keduanya, yang kemudian membuat hubungan semakin erat.


Baca juga: Ini Alasan Kenapa Quality Time Bersama Anak Sangat Penting!


Itulah manfaat mendongeng bagi tumbuh kembang si kecil yang tidak hanya dapat menstimulasi perkembangan kognitif, namun juga kecerdasan majemuk lainnya seperti kecerdasan visual-spasial, dan kecerdasan interpersonal serta intrapersonal sang anak.

Dengan mengetahui manfaat-manfaat tersebut, semoga Ayah dan Bunda menjadi lebih bisa meluangkan waktu dan bersemangat untuk mendongengkan cerita kepada si kecil sedini mungkin.

Untuk para orang tua yang ingin mengisi waktu luang si kecil dengan cara yang asyik dan ingin mengetahui bagaimana cara mendongengkan sebuah cerita dengan cara yang seru untuk anak, Ayah dan Bunda semua bisa, lho, mendaftarkan si kecil dalam kegiatan virtual "Fun Storytelling Time with BOOKR Class!" yang akan berlangsung pada 23 Juli 2022.

Kegiatan tersebut merupakan serangkaian acara dari event virtual Kids & Parents Festival yang diselenggarakan oleh Gramedia Digital bersama Ibu Pembelajar Indonesia (IPI), dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli.

KidsKlik untuk Info Lebih Lengkap!

Bagi Ayah dan Bunda yang ingin mengajak si kecil untuk mendengarkan dongeng langsung dari storyteller berpengalaman, online activity bertajuk "Fun Storytelling Time with BOOKR Class!" akan menghadirkan Storyteller dan Coach Storyteller dari Komunitas Pendongeng, yaitu Rika Triyani. Beliau juga pernah menjadi pemenang SOSOK Kompas bulan Juni 2016 atas jasanya dalam memberikan edukasi yang menarik untuk anak-anak.

Cerita yang dibawakan akan diambil dari animated e-book di BOOKR Class, yaitu aplikasi yang berisi ratusan buku digital interaktif sebagai platform pendidikan anak untuk mempelajari bahasa Inggris. Ibu Rika akan mendongeng dengan cara yang fun, mengasyikkan, dan akan sangat menarik untuk anak-anak. Selain itu, ada pula Novalya Putri selaku Editor Buku di BIP yang akan ikut meramaikan dongeng nanti. Yuk, ajak si kecil mendengarkan dongeng!

KidsKlik untuk Ikutan Kegiatannya!

Selain kegiatan mendongeng untuk anak, acara Kids & Parents Festival juga masih punya tiga webinar parenting lainnya serta dua aktivitas edukatif untuk anak usia TK dan SD. Yuk, kepoin detail event dan link pendaftarannya!

Kegiatan Virtual untuk Orang Tua dan Anak

Kids & Parents Festival berisi lima kegiatan virtual untuk anak dan orang tua. Seluruh rangkaian acara dalam Kids & Parents Festival ini akan diadakan secara virtual melalui Zoom Meeting pada tanggal 22-24 Juli 2022. Segera dicatat, ya!

Hari Pertama Kids and Parents Festival

Di hari pertama ini ada webinar parenting untuk para orang tua yang ingin tahu serba-serbi quality time bersama anak yang efektif melalui literasi dan digitalisasi. Webinar bertajuk "Nak, Quality Time Sama Mama Papa, Yuk!" akan berlangsung bersama Mutiara Hikma, CEO dari Educourse, platform belajar online STEAM Learning (Science, Technology, Engineering, Art, Math), sekaligus founder dari komunitas IPI, dan bersama Danesya Juzar,  founder dari @productivemamas, yang membagikan informasi mengenai wisata dan kegiatan edukatif untuk anak dan keluarga. Webinar ini akan berlangsung pada pukul 19.00 - 20.30 WIB.

KidsKlik untuk Ikutan Webinarnya!

Hari Kedua Kids and Parents Festival

Di hari kedua akan ada kegiatan yang edukatif untuk anak, yakni kegiatan mendongeng seperti yang telah dijelaskan di atas.

Tak hanya kegiatan untuk anak-anak, di hari kedua ini juga ada webinar parenting yang bertajuk Nutrisi dan Kegiatan Produktif untuk Generasi Alpha: Apa Saja?, yang akan membahas tentang asupan nutrisi dan kegiatan menyehatkan untuk anak generasi Alpha, yakni mereka yang lahir mulai dari tahun 2010.

Webinar ini akan dihadiri oleh dr. Citra Amelinda, seorang dokter anak, konsultan laktasi, sekaligus penulis buku MPASI 101, dan juga oleh Cantika Felder, influencer dan zumba trainer untuk anak-anak. Webinar ini akan berlangsung pada pukul 14.00 - 15.30 WIB.

KidsKlik untuk Ikutan Webinarnya!

Hari Ketiga Kids and Parents Festival

Kemudian, di hari ketiga akan ada aktivitas edukatif untuk anak, yakni Let’s Doodle & Color Together!. Aktivitas ini akan mengajak si kecil untuk belajar menggambar dan mewarnai bersama Luluk Nailufar, seorang illustrator dan digital content creator. Kegiatan ini akan berlangsung pada Minggu, 24 Juli 2022 pukul 10.00 - 11.00 WIB.

KidsKlik untuk Ikutan Kegiatannya!

Mama dan Papa juga masih bisa ikutan webinar parenting di hari ketiga ini, yakni webinar bertajuk No Drama Please! Tips Berdiskusi Asyik dengan Anak. Webinar ini akan membahas tips dan trik dalam membangun bonding serta menginisiasi diskusi dengan anak. Inspiratif banget, kan? Mama dan Papa bisa ngobrol bersama psikolog Jovita Maria Ferliana, penulis buku anak Watiek Ideo, dan influencer parent Jogi Hutabarat. Webinar ini akan dilakukan pada pukul 14.00 - 15.00 WIB. Jangan lupa dicatat, ya!

KidsKlik untuk Ikutan Kegiatannya!

Harga Tiket dan Berbagai Keuntungannya!

Harga tiket setiap kegiatan virtual ini adalah Rp100.000 saja, lho. Selain mendapatkan ilmu dari para pembicara, orang tua dan anak juga akan mendapatkan berbagai benefit yang menarik dan bermanfaat. Untuk pembelian tiket aktivitas anak, yakni “Fun Storytelling Time with BOOKR!” atau “Let’s Doodle & Color Together!”, tiket peserta sudah termasuk:

  1. Langganan BOOKR Class senilai Rp49.000
  2. Kids Premium Package Gramedia Digital senilai Rp49.000
  3. Voucher free trial course dari Educourse
  4. Voucher belanja Astro dengan diskon 15% (minimal belanja Rp100.000 dengan maskimal diskon Rp50.000)
  5. e-Certificate

Eits, untuk pembelian tiket webinar orang tua juga akan mendapatkan benefit menarik, lho. Mama dan Papa yang membeli tiket webinar “Nak, Quality Time sama Mama Papa, Yuk!”, “Nutrisi dan Kegiatan Produktif untuk Generasi Alpha: Apa Saja?”, atau “No Drama Please! Tips Berdiskusi Asyik dengan Anak”, akan mendapatkan benefit sebagai berikut:

  1. Full Premium Package Gramedia Digital 1 Bulan senilai Rp99.000
  2. Voucher free trial course dari Educourse
  3. Voucher belanja Astro dengan diskon 15% (minimal belanja Rp100.000 dengan maskimal diskon Rp50.000)
  4. e-Certificate

Hadiah Bagi 3 Penanya Terbaik

Masih ada hadiah melimpah dari rangkaian acara Kids & Parents Festival, lho! Untuk Mama dan Papa yang mengikuti webinar parenting dan menjadi penanya terbaik, maka berhak untuk mendapatkan hadiah! Hadiahnya apa saja, ya?

Untuk juara pertama dan kedua akan mendapatkan Goodie Bag IPI, free Educouse 1 Bulan, dan Astro Poin sebanyak Rp250.000. Sedangkan untuk juara ketiga akan mendapatkan Goodie Bag IPI dan free Educourse 1 Bulan. Hadiah-hadiah ini akan diberikan kepada para penanya terbaik di setiap acara webinar.

Lebih Hemat dengan Harga Pre-Sale dan Bundling

Nah, bagi Mama dan Papa yang udah nggak sabar untuk segera pesan tiketnya, kalian bisa beli tiket pre-sale yang sudah dapat potongan harga, lho! Dengan harga pre-sale, kalian cukup membeli tiket seharga Rp50.000 saja untuk setiap aktivitas. Hemat sampai 50%, lho!  Tiket pre-sale ini hanya dijual pada tanggal 11-20 Juli 2022 saja. So, jangan sampai tertinggal, ya!

KidsKlik untuk Beli Tiket Bundling Day 2!

Selain itu, Mama dan Papa juga bisa nih beli tiket bundling untuk 2 tiket di hari yang sama. Akan ada harga tiket pre-sale untuk bundling pada hari kedua dan tiga, yakni pada tanggal 23 dan 24 Juli 2022. Untuk tiket bundling, Papa dan Mama bisa mendapatkan 2 tiket untuk kegiatan di hari tersebut dengan harga Rp80.000 saja!

KidsKlik untuk Beli Tiket Bundling Day 3!

Dengan begitu, orang tua dan anak bisa mengajak teman untuk mengikuti acara ini. Dengan harga Rp80.000, keuntungan lain yang bisa didapatkan dari tiket pre-sale bundling ini adalah sebagai berikut:

  1. Langganan BOOKR Class 1 Bulan senilai Rp49.000
  2. Langganan Kids Premium Package 1 Bulan senilai Rp49.000
  3. Langganan Full Premium Package 1 Bulan senilai Rp99.000
  4. 2 voucher free trial course dari Educourse
  5. 2 voucher belanja Astro dengan diskon 15% (minimal belanja Rp.100.000 dengan maskimal diskon Rp50.000)
  6. 2 e-Certificate

Melimpah banget, kan? Udah nggak sabar untuk pesan tiketnya? Yuk, Admin kasih tau tata cara pemesanan tiket Kids & Parents Festival kali ini. Simak informasinya, ya!

Cara Pemesananan Tiket Kids & Parents Festival

Pertama, kamu perlu klik link pendaftaran sesuai dengan acara yang ingin kamu ikuti.

Jumat, 22 Juli 2022

Sabtu, 23 Juli 2022

Minggu, 24 Juli 2022

2. Masuk dengan Akun IPI Kamu

Setelah klik tautan di atas, kamu perlu masuk ke akun kamu. Jika belum memiliki akun, maka kamu perlu membuat akun terlebih dahulu. Untuk mendaftar akun, kamu perlu mengisi data nama, alamat email, nomor hp (WA), dan alamat rumah.

3. Klik “DAFTAR / BAYAR"

Kamu perlu scroll ke bawah deskripsi acara dan klik “DAFTAR”. Setelah itu, akan muncul nominal yang harus dibayar. Kamu bisa memilih metode pembayaran yang kamu inginkan.

4. Lakukan Pembayaran

Setelah memilih metode pembayaran, kamu akan dialihkan ke aplikasi atau layar pilihan untuk membayar. Setelah pembayaran berhasil, akan ada keterangan “BERHASIL”.

5. Kembali ke Detail Acara untuk Masuk Grup WA

Setelah sukses melakukan pembayaran, kamu perlu kembali ke detail acara. Di sana akan tertera tautan untuk masuk ke grup WhatsApp yang akan memberimu informasi seputar Kids & Parents Festival. Jangan lupa untuk masuk ke grup tersebut agar selalu update dengan acara ini.


Baca juga: Tips Membacakan Anak Buku Cerita agar Manfaatnya Lebih Maksimal


Jadi, jangan lupa untuk segera ikuti serangkaian aktivitas dan webinar di Kids & Parents Festival! Dijamin, semua kegiatannya sangat inspiratif, edukatif, dan menyenangkan. Apalagi, banyak hadiah bertebaran yang bisa kamu dapatkan. Yuk, ajak si kecil, keluarga, atau kerabat lain untuk ikutan!

Sampai bertemu di Kids & Parents Festival! 🤗💕


Sumber gambar header: pexels.com/@shkrabaanthony

Penulis: Ikha Destryani

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus