Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Ini Alasan Kenapa Quality Time Bersama Anak Sangat Penting!

Ini Alasan Kenapa Quality Time Bersama Anak Sangat Penting!

Sebagai orang tua, apakah kamu sudah meluangkan waktu yang cukup untuk si kecil? Meski pandemi ini membuat orang tua lebih sering berada di rumah, tetapi masih banyak yang belum memanfaatkan momen ini untuk memiliki quality time bersama anak. Padahal, quality time ini penting banget, lho. Bukan hanya bermanfaat bagi anak saja, tetapi juga untuk orang tua.

Dengan quality time, orang tua bisa memantau perkembangan anak dan semakin mengenal mereka. Sebagai orang tua yang hidup di zaman modern ini, penting untuk menjadwalkan waktu bersama anak tanpa ada gangguan apapun.

Arti Quality Time

Quality time itu sendiri apa sih? Nah, quality time ini berarti meluangkan waktu untuk memberikan perhatian penuh tanpa ada distraksi. Orang tua dan anak bisa melakukan hal-hal baru atau melakukan hobi bersama. Quality time juga bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana, misalnya seperti berbincang dan saling bertukar cerita dengan anak.

Lalu, apa saja manfaat dari quality time bersama anak?

Manfaat Quality Time Bersama Anak

1. Mendorong Komunikasi yang Terbuka

Dengan melakukan quality time, anak bisa berbincang dan bercerita tentang berbagai hal. Mulai dari hal-hal yang sederhana, seperti cerita sehari-hari, hingga membicarakan hal-hal yang mereka rasakan atau pikirkan. Hal ini akan mendorong hubungan komunikasi yang baik dengan anak.

quality
Manfaat Quality Time Dengan Anak (sumber gambar: parentalk.id)

Ingat, penting sekali untuk menjadi pendengar yang baik untuk anak. Maka dari itu, orang tua perlu memberikan perhatian dan fokus yang penuh ketika anak sedang bercerita, sehingga mereka merasa nyaman dan mau untuk terbuka. Komunikasi yang terbuka ini akhirnya akan membangun bonding antara orang tua dan anak.

2. Membangun Self-Esteem Anak

Nah, masih berkaitan dengan poin pertama, quality time juga bisa membantu anak membangun self-esteem atau harga diri mereka. Anak yang terbiasa berkomunikasi dengan orang tuanya akan lebih percaya diri untuk berkontribusi dalam percakapan dan menyampaikan pendapat mereka.

quality
Manfaat Quality Time Dengan Anak (sumber gambar: Liputan6.com)

Selain karena komunikasi yang bagus, self-esteem yang baik juga dapat dibentuk dengan memberikan apresiasi kepada anak. Orang tua juga bisa mengajak anak melakukan kegiatan yang berkesan dan bermakna bagi mereka.

3. Meningkatkan Kesehatan Mental

Perhatian dan kasih sayang yang orang tua tunjukkan kepada anak mereka, tentu akan berdampak pada kesehatan mental dan emosional. Anak harus sadar dan tahu bahwa mereka dicintai oleh orang tua mereka.

quality
Manfaat Quality Time Dengan Anak (sumber gambar: parentalk.id)

Orang tua juga tidak hanya memberi tahu bahwa mereka mencintai anak-anak mereka, tetapi juga menunjukkannya. Ini penting, lho! Kasih sayang dan cinta yang orang tua tunjukkan juga bukan hanya di waktu-waktu penting saja, seperti Hari Anak atau hari ulang tahun, tetapi di kehidupan sehari-hari secara teratur, salah satunya dengan cara quality time.


Baca juga: 15 Buku Parenting Best Seller yang Wajib Dibaca & Dilakukan Orang Tua


Nah, itu dia manfaat dari quality time bersama anak. Quality time menjadi salah satu kegiatan yang penting untuk dilakukan oleh orang tua dan anak, karena dapat membangun hubungan yang erat dan harmonis.

Orang tua yang sibuk mungkin sulit untuk meluangkan waktu untuk quality time, tetapi Gramin punya solusi untuk itu! Kenalan sama BOOKR Class, yuk!✨

BOOKR Class sebagai Solusi Jitu untuk Mengajarkan Anak Bahasa Inggris

BOOKR Class adalah aplikasi belajar bahasa Inggris berbasis storytelling yang berasal dari Hungaria. BOOKR Class dirancang untuk keterampilan bahasa, literasi, dan reading comprehension untuk anak-anak usia 4-14 tahun dengan tingkat kesulitan yang bisa disesuaikan. Pelanggan dapat mengakses lebih dari 700 buku animasi yang interaktif, lengkap dengan narasi (voice over) dari native speaker.

Koleksi buku animasi yang dapat diakses juga bervariasi, mulai dari cerita klasik hingga modern, dari tema pendidikan, kehidupan sehari-hari, dan lain-lain. Dalam buku animasi yang interaktif ini juga disediakan 1.400 games edukasi, seperti lagu-lagu, sajak, kuis, permainan memori, dan flashcards.


Baca juga: Mendongeng dan Mengajari Anak Bahasa Inggris Lewat E-Book Animasi Interaktif di BOOKR Class


Buku-buku dari BOOKR Class merupakan buku-buku pilihan terbaik, yang disediakan dalam berbagai tingkatan sesuai dengan usia dan kemampuan anak.

Kabar baik untuk kamu sampai tanggal 30 April 2023 ada promo BOOKR Class di Gramedia.com! Hanya dengan Rp45.000,00 kamu dapat berlangganan BOOKR Class selama sebulan. Sementara, untuk berlangganan selama setahun, kamu hanya perlu membayar sebesar Rp540.000,00.

Pelanggan yang ingin menggunakan BOOKR Class untuk keperluan sekolah juga bisa membeli paket B2B untuk 50 user selama 1 tahun dengan harga Rp15.000.000,00 atau paket untuk 100 user dengan harga yang lebih hemat lagi, yaitu Rp19.000.000,00.

Pembelian BOOKR Class B2B akan mendapatkan benefit ekstra, yaitu dashboard untuk memantau siswa dalam penggunaan aplikasi untuk pembelajaran, teacher's handbook untuk mengajar, kegiatan dan tes yang dapat dicetak, serta gratis dua bulan berlangganan.

Tunggu apa lagi, Grameds? Yuk, langsung berlangganan BOOKR Class! Dapatkan promo superhemat dengan mengeklik banner berikut ini!⤵️🛒

dampakBerlangganan Sekarang!


Sumber gambar header: primroseschools.com

Penulis: Almanda Jazroh Hardiyanti

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Enter your email below to join our newsletter