Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Dibalik Seramnya Cerita Horor, Ada Manfaat Membacanya

Dibalik Seramnya Cerita Horor, Ada Manfaat Membacanya

Saat ini mulai cukup banyak content creator yang menyelam dalam pembuatan karya genre horor, baik lewat tulisan di buku, film, blog, maupun channel di YouTube. Tak disangka, banyak penggemar setianya mengikuti perjalanan para creator tersebut dalam menceritakan kisah magis nan menyeramkan. Salah satunya, lewat membaca buku bertemakan horor.

Buku ini akan memberikan nuansa berbeda yang membuat pembacanya merasa ketakutan dan ketegangan. Dari tokoh yang dihantui oleh makhluk-makhluk yang menyeramkan ataupun dari kisah pembunuhan, kecelakaan, atau kriminalitas lainnya.

Walaupun rasanya merinding, tapi keseruan itu jadi salah satu hiburan yang menarik perhatian dan ternyata bisa membawa manfaat serta dampak positif buat kita, lho! Apa saja sih?

Manfaat Membaca Cerita Horor

1. Mampu Meningkatkan Ketahanan Diri

Dilansir dari Kumparan, teori penelitian Davis DiSalvo mengatakan bahwa mencari, menonton, atau membaca sesuatu yang menakutkan, dapat memberi penyeimbang pada tekanan hidup. Secara tidak sadar tubuh akan membangkitkan respon fight-or-flight saat membaca hal-hal yang menyeramkan.

Hal ini jadi salah satu cara efektif untuk mengurangi kecemasan dan membantu meningkatkan ketahanan pada diri seseorang. Dengan sering membaca cerita horror, seseorang jadi mampu menghadapi kecemasan dan memperkuat sistem kekebalan terhadap ancaman yang lebih besar.

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!

2. Meningkatkan Mood, Mempertajam Fokus, dan Mengurangi Rasa Stres

Dr. Margee Kerr dalam bukunya yang berjudul Scream: Chilling Adventures in the Science of Fear, disimpulkan bahwa ketika seseorang membaca atau menonton film seram, dia akan dibanjiri sistem saraf dengan neurotransmiter dan hormone endorphin, dopamine, hingga adrenaline yang mampu melahirkan euforia ringan, mampu meningkatkan mood, dan merasa lebih percaya diri jika telah berhasil menyelesaikannya.

Hormon adrenalin ini mempertajam fokus mental kita agar dapat berpikir lebih cepat, mengurangi kemampuan tubuh untuk merasakan rasa sakit dan meningkatkan kekuatan untuk sementara waktu. Sedangkan hormon endorfin dapat mengurangi rasa stres dan sakit, dan hormon dopamin yang dikenal sebagai "hormon bahagia" terlibat dalam sistem penghargaan, motivasi, memori dan atensi.


Baca juga: Alasan Kenapa Orang Suka Cerita Horor


Jadi, kamu mau coba ikut larut dalam kisah menegangkan dan menyeramkan? Berikut Admin akan bagikan bacaan horor yang mampu membuat bulu kudukmu merinding!

Rekomendasi Buku Horor

1. Kisah Tanah Jawa: Sihir Mesir di Tanah Jawa

RekomendasiBaca Bukunya Sekarang!

Lanjutan dari investigasi sejarah, mitos, dan kisah-kisah mistis di pulau Jawa dari kelompok yang beranggotakan Om Hao. Kisah Tanah Jawa kali ini menceritakan tentang sihir mesir di pulau Jawa. Berawal dari salah satu episode dalam channel YouTubenya, buku ini akan membahas lebih dalam tentang misteri keberadaan sihir.

Tak hanya itu, buku ini akan menyajikan cerita fiksi ilmiah, dengan berbagai fakta mengenai sihir Mesir yang dibawa ke Jawa pada awal Daendels hadir di sini. Membicarakan tentang Kitab Black Pullet, Freemason, Kanuragan, Macan Putih, tumbal, dan cerita-cerita dari masa lalu lainnya yang telah membentuk peradaban.

Ada banyak kisah mistis lainnya yang diselidiki oleh tim Kisah Tanah Jawa, bisa kamu pilih di sini.

2. Hilang dalam Dekapan Semeru

RekomendasiBaca Bukunya Sekarang!

Masih sama seperti sebelumnya, yaitu berawal dari cerita dalam channel Youtube. Kini, RJL 5 membagikan kisah mistis yang biasa dirasakan saat berada di gunung lewat sebuah tulisan. Hilang dalam Dekapan Semeru berisikan beberapa cerita pendek dari para tokoh yang pernah membagikan ceritanya di Youtube RJL 5.

Segala kejadian di luar nalar saat mendaki gunung, terasa lebih mencekam karena kita bisa membacanya sendiri dengan tambahan ilustrasi yang mengerikan. Tak hanya menyajikan cerita horor pendakian semata, tetapi juga membawa pesan tentang kewaspadaan dalam proses pendakian gunung.


Baca juga: Buku Hilang dalam Dekapan Semeru dari RJL 5 Ajak Kita Menjelajah Dimensi Lain dalam Pendakian Gunung


3. Wingit

RekomendasiBaca Bukunya Sekarang!

Ada novel dari Sara Wijayanto yang menceritakan 7 hantu yang pernah ia dan beserta timnya temukan, selama perjalanannya dalam menekuni dunia supranatural. Kisahnya diceritakan dalam novel Wingit berdasarkan komunikasinya bersama hantu-hantu tersebut. Tak hanya membuat bulu kudukmu merinding, tapi tiap ceritanya mampu membuatmu meneteskan air mata dan menjadi pelajaran bagi kita yang masih hidup di dunia. Hilangkan penasaranmu dengan beli bukunya sekarang juga!

4. Mamat Ujang

RekomendasiBaca Bukunya Sekarang!

Selain ada Peter CS, akhirnya Risa Saraswati dalam bukunya Jurnal Risa: Mamat Ujang, menceritakan tentang dua hantu laki-laki yang baru ia temui di lokasi syuting. Penampilan keduanya dibilang cukup menyeramkan, tapi jiwanya periang dan hangat. Coba kamu beli sekarang hanya di Gramedia.com untuk kenalan lebih lanjut dengan sosoknya!


Baca juga: 8 Teman Hantu Risa Saraswati yang Kisahnya Dibukukan


5. Laknat

RekomendasiBaca Bukunya Sekarang!

Ada gadis bernama Inggrid yang merasa hidupnya bahagia dengan pernikahannya bersama Mas Andro dan sedang mengandung buah hatinya. Namun bahaya senantiasa mengancam kala Inggrid mulai mendapati sosok wanita berkebaya merah, yang tidak semestinya ada berada di dekatnya dan mulai menjadi ancaman keluarga kecilnya. Apakah Inggrid bisa menyelamatkan keluarganya? Coba langsung ikuti kisahnya pada buku Laknat!

Buku ini juga bisa kamu baca dalam versi e-book >>> Laknat

6. Mereka Ada dan Mereka Ada 2

RekomendasiBaca Bukunya Sekarang!

Berisi kumpulan kisah nyata horor yang diambil dari narasumber yang jelas kebenarannya. Mereka Ada 2 akan menceritakan kembali kisah-kisah yang tak kalah menegangkan dan membuat bulu kudukmu berdiri seperti pada buku sebelumnya di Mereka Ada.


Baca juga: Rekomendasi Buku Horor Terbaru di Tahun 2021


Masih banyak koleksi buku-buku horor yang siap meneror dan memacu adrenalin kamu di Gramedia.com. Cek dan beli sekarang karena banyak promo yang menantimu!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: instagram.com/pengabdisetanfilm


Almira R. Natasya

Almira R. Natasya

Digital Content Officer Gramedia Digital

Enter your email below to join our newsletter