Dibalik Seramnya Cerita Horor, Ada Manfaat Membacanya

Dibalik Seramnya Cerita Horor, Ada Manfaat Membacanya

. 3 min read

Saat ini mulai cukup banyak content creator yang menyelam dalam pembuatan karya genre horor, baik lewat tulisan di buku, blog, maupun channel di YouTube. Tak disangka, banyak penggemar setianya mengikuti perjalanan para creator tersebut dalam menceritakan kisah magis nan menyeramkan. Salah satunya, lewat membaca buku bertemakan horor.

Buku ini akan memberikan nuansa berbeda yang membuat pembacanya merasa ketakutan dan ketegangan. Dari tokoh yang dihantui oleh makhluk-makhluk yang menyeramkan ataupun dari kisah pembunuhan, kecelakaan, atau kriminalitas lainnya.

Walaupun rasanya merinding, tapi keseruan itu jadi salah satu hiburan yang menarik perhatian dan ternyata bisa membawa manfaat serta dampak positif lho buat kita!

Mampu Meningkatkan Ketahanan Diri

manfaat
Sumber foto: Deposit Photos

Dilansir dari Kumparan, teori penelitian Davis DiSalvo mengatakan bahwa mencari, menonton atau membaca sesuatu yang menakutkan, dapat memberi penyeimbang pada tekanan hidup. Secara tidak sadar tubuh akan membangkitkan respon fight-or-flight saat membaca hal-hal yang menyeramkan. Hal ini jadi salah satu cara efektif untuk mengurangi kecemasan dan membantu meningkatkan ketahanan pada diri seseorang. Dengan sering membaca cerita horror, seseorang jadi mampu menghadapi kecemasan dan memperkuat sistem kekebalan terhadap ancaman yang lebih besar.

Meningkatkan Mood, Mempertajam Fokus, dan Mengurangi Rasa Stres

manfaat
Sumber foto: Mojok.co

Dr. Margee Kerr dalam bukunya yang berjudul Scream: Chilling Adventures in the Science of Fear, disimpulkan bahwa ketika seseorang membaca atau menonton film seram, dia akan dibanjiri sistem saraf dengan neurotransmiter dan hormone endorphin, dopamine, hingga adrenaline yang mampu melahirkan euforia ringan, mampu meningkatkan mood, dan merasa lebih percaya diri jika telah berhasil menyelesaikannya.

Hormon adrenalin ini mempertajam fokus mental kita agar dapat berpikir lebih cepat, mengurangi kemampuan tubuh untuk merasakan rasa sakit dan meningkatkan kekuatan untuk sementara waktu. Sedangkan hormon endorfin dapat mengurangi rasa stres dan sakit, dan hormon dopamin yang dikenal sebagai "hormon bahagia" terlibat dalam sistem penghargaan, motivasi, memori dan atensi.

Jadi, mau coba ikut larut dalam kisah menegangkan dan menyeramkan?

wingit
Sumber: gramedia.com

Ada novel dari Sara Wijayanto yang menceritakan 7 hantu yang pernah ia dan beserta timnya temukan, selama perjalanannya dalam menekuni dunia supranatural. Kisahnya diceritakan dalam novel Wingit berdasarkan komunikasinya bersama hantu-hantu tersebut. Hilangkan penasaranmu dengan beli bukunya sekarang juga! Ada diskon spesial 20% sampai akhir Januari 2021 nih!

kisah
Sumber: gramedia.com

Lanjutan dari investigasi sejarah, mitos dan kisah-kisah mistis di pulau Jawa dari kelompok yang beranggotakan Genta, Om Hao (Hari), serta Mada Zidan. Kisah Tanah Jawa: Tikungan Maut menceritakan kisah ngeri kecelakaan bus study tour di tikungan maut Paiton, Jawa Timur. Ada banyak kisah mistis lainnya yang diselidiki oleh tim Kisah Tanah Jawa, bisa kamu pilih di sini.

jurnal
Sumber: gramedia.com

Selain ada Peter CS, akhirnya Risa Saraswati dalam bukunya Jurnal Risa: Mamat Ujang, menceritakan tentang dua hantu laki-laki yang baru ia temui di lokasi syuting. Penampilan keduanya dibilang cukup menyeramkan, tapi jiwanya periang dan hangat. Coba kamu beli sekarang hanya di Gramedia.com untuk kenalan lebih lanjut dengan sosoknya!

buku
Sumber: gramedia.com

Ada gadis bernama Inggrid yang merasa hidupnya bahagia dengan pernikahannya bersama Mas Andro dan sedang mengandung buah hatinya. Namun bahaya senantiasa mengancam kala Inggrid mulai mendapati sosok wanita berkebaya merah, yang tidak semestinya ada berada di dekatnya dan mulai menjadi ancaman keluarga kecilnya. Apakah Inggrid bisa menyelamatkan keluarganya? Coba langsung ikuti kisahnya pada buku Laknat.

buku
Sumber: gramedia.com

Berisi kumpulan kisah nyata horor yang diambil dari narasumber yang jelas kebenarannya. Mereka Ada 2 akan menceritakan kembali kisah-kisah yang tak kalah menegangkan dan membuat bulu kudukmu berdiri seperti pada buku sebelumnya di Mereka Ada.

Masih banyak koleksi buku-buku horor yang siap meneror dan memacu adrenalin kamu di Gramedia.com. Cek dan beli sekarang karena banyak promo yang menantimu!


(Sumber foto header: Alamy Stock Photo)